Facebook Pixel Code 10 Ikan yang Bagus untuk Anak, Kaya Omega-3

10 Ikan yang Bagus untuk Anak, Tinggi DHA dan Omega-3

10 Ikan yang Bagus untuk Anak, Tinggi DHA dan Omega-3

 

Ikan adalah sumber protein dan asam lemak esensial yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Ada banyak, lho, pilihan ikan yang bagus untuk anak. Yuk, simak rekomendasinya dan tips menyajikan ikan untuk anak! 

Pilihan Ikan yang Bagus untuk Anak 

Ikan menyimpan nutrisi penting, seperti protein, omega-3 dan 6, DHA, magnesium, zink, dan masih banyak lagi. Bahkan, kandungan omega-3 dalam ikan lebih tinggi daripada sumber protein hewani lainnya. 

Mengingat Indonesia terdiri atas 70% perairan dan 30% daratan, tak heran kalau negara kita termasuk kaya akan hasil laut. IDAI merekomendasikan anak usia 1-2 tahun mengonsumsi ikan 80-120 gram per hari. Oleh karena itu, Bunda bisa variasikan menu MPASI si Kecil dengan bahan dasar ikan.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis ikan yang bagus untuk anak:

1. Ikan Kembung

Ikan kembung termasuk ikan lokal yang harganya murah dan mudah ditemukan di pasar atau supermarket. 

Meski harganya murah, ikan kembung tinggi protein dan mengandung zat gizi penting untuk anak seperti zat besi, omega-3, dan DHA yang bagus untuk perkembangan kognitifnya. 

Kemenkes RI bahkan menyebutkan bahwa kandungan omega-3 ikan kembung 1,5 kali lebih banyak daripada ikan salmon. 

2. Ikan Lele

Ikan lele bagus untuk anak karena kaya akan protein, lemak, fosfor, tiamin (vitamin B1), dan kobalamin (vitamin B12). 

Fungsi utama fosfor adalah untuk bantu pembentukan tulang dan gigi. Fosfor juga memainkan peran penting dalam bagaimana tubuh si Kecil menggunakan karbohidrat dan lemak secara lebih efisien sebagai energi.

Selain itu, fosfor dibutuhkan untuk membuat protein yang mendukung proses pertumbuhan, pemeliharaan, serta perbaikan sel dan jaringan dalam tubuh.

Cara penyajiannya juga mudah, ikan lele bisa langsung digoreng atau diolah menjadi nugget atau lele fillet crispy.

Baca Juga: 8 Manfaat Omega 3 untuk Tumbuh Kembang Anak

3. Ikan Bandeng

Ikan bandeng bisa jadi pilihan lauk makan anak yang tinggi protein dan mudah diolah.

Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot serta tinggi badan. Ikan bandeng juga kaya akan kandungan mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor yang juga bagus untuk pertumbuhan si Kecil.

Bunda mungkin sudah familiar dengan manfaat kalsium untuk pertumbuhan tinggi badan dan kekuatan tulang. Nah dibarengi dengan asupan magnesium, kedua mineral ini akan mengoptimalkan pertumbuhan massa dan kepadatan tulang.

Magnesium juga membantu pembentukan antibodi yang mendukung sistem kekebalan tubuh, dan diperlukan untuk membangun otot yang kuat dan sehat.

Tapi, Bunda perlu hati-hati mengolah bandeng untuk lauk makan anak karena durinya cukup banyak dan halus. Supaya lebih aman, Bunda bisa mengolahnya dengan cara presto agar durinya lunak dan aman dikonsumsi anak.

4. Ikan Mujair

Ikan mujair juga salah satu ikan yang bagus untuk anak. Ikan mujair mempunyai kandungan kalsium yang tinggi. Tentunya sangat baik untuk menguatkan tulang dan gigi si Kecil.

Di dalam ikan mujair, terdapat 11,3% manfaat kalsium yang dibutuhkan tulang, sedangkan kebutuhan kalsium harian yang disarankan oleh pakar hanya sekitar 10% saja. Itu artinya, mengonsumsi ikan mujair dapat bantu memenuhi kebutuhan kalsium harian si Kecil.

5. Ikan Cakalang

Ikan cakalang juga baik untuk dikonsumsi anak, Bun. Ikan yang khas dengan kuliner Manado ini memiliki kandungan protein yang lengkap, serta asam lemak omega-3.

Manfaatnya beragam, seperti dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, ikan cakalang juga bisa mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah.

Ikan cakalang memiliki rasa yang lezat dan durinya tidak terlalu banyak. Bunda bisa mengolahnya menjadi abon, yang pasti disukai si Kecil.

6. Ikan Nila

Ikan nila termasuk ikan air tawar yang baik untuk anak. Ikan nila mengandung vitamin B12, protein, dan mineral. Kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga energi dalam tubuh.

Ikan nila juga mempunyai tekstur lembut dan rasa yang gurih. Biasanya ikan nila diolah dengan cara digoreng atau dibakar.

7. Ikan Tuna

Ikan tuna bagus untuk anak karena kandungan fosfor, omega-3, kalium, dan magnesium yang dapat mengoptimalkan perkembangan kognitif si Kecil. 

Kandungan protein ikan tuna juga termasuk tinggi. Menurut penelitian, ikan tuna mengandung tinggi protein tanpa banyak lemak jenuh di dalamnya.

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Anak

8. Ikan Kakap Merah

Ternyata ikan kakap merah termasuk ikan yang bagus untuk anak lho, Bun. Di dalam ikan kakap merah mengandung vitamin A yang bagus untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin A juga berperan penting untuk pertumbuhan tulang serta membantu tubuh terlindungi dari berbagai infeksi. Bunda bisa mengolah kakap merah menjadi gulai atau digoreng agar lebih mudah.

9. Ikan Salmon

Pasti Bunda sudah sering dengar kalau salmon adalah ikan yang bagus untuk anak, kan? Ikan salmon mengandung lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan perkembangan mata.

Selain itu, mengonsumsi salmon juga dapat mendapat nutrisi seperti vitamin D dan kalsium, yang diperlukan untuk perkembangan tulang. 

10. Ikan Patin

Ikan patin menjadi salah satu pilihan ikan yang bagus untuk MPASI anak. Pada 100 gram ikan patin, memiliki kandungan 17 gram protein, 6,60 gram lemak, dan 1,10 gram karbohidrat.

Manfaat dari mengonsumsi ikan patin, yaitu dapat membantu pembentukan otot, menjaga kesehatan tulang, serta mencegah penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

Baca Juga: 6 Manfaat DHA dan EPA untuk Tumbuh Kembang Anak

Nah, selain berbagai pilihan ikan yang bagus untuk anak di atas, Bunda juga bisa bantu lengkapi kebutuhan gizi harian anak dengan memberikan dua gelas SGM Eksplor 1+ tiap pagi dan malam.

SGM Eksplor 1+ adalah satu-satunya susu pertumbuhan yang mengandung IronC™, yaitu kombinasi unik antara zat besi dan vitamin C untuk bantu memaksimalkan penyerapan nutrisi 2x lipat.

Selain itu, susu pertumbuhan SGM Eksplor juga dilengkapi dengan kandungan tinggi zink, minyak ikan yang mengandung DHA, minyak ikan, omega 3 dan 6, dan nutrisi penting lainnya yang membantu si kecil tumbuh maksimal jadi Generasi Maju yang berpikir cepat dan berani.

Dapatkan juga manfaat lengkap dari SGM eksplor dengan daftarkan diri Bunda di Klub Generasi Maju untuk dapatkan berbagai promo dan penawaran menarik seputar susu SGM Eksplor! ​​​

 

Referensi:

  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Kemkes.go.id. https://www.kemkes.go.id/article/print/18032900001/sumber-protein-bukan-hanya-susu.html

  2. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Kemkes.go.id. https://www.kemkes.go.id/article/view/17051500001/ayo-makan-ikan-untuk-generasi-sehat-dan-cerdas.html

  3. KKP | Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2018). Kkp.go.id. https://kkp.go.id/djpdspkp/artikel/41030-kaya-nutrisi-kkp-ajak-masyarakat-tak-sepelekan-ikan-lele

  4. Healthy Fish Choices for Kids. (2023). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/safety-prevention/all-around/Pages/Protecting-Your-Children-From-Contaminated-Fish.aspx

  5. Is it safe for young kids to eat fish? (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/family/house-and-home/is-it-safe-for-young-kids-to-eat-fish_10319857

  6. Landes, E. (2021, August 27). Everything You Need to Know About Introducing Your Baby to Fish. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/fish-for-babies

  7. Malle, S., Tawali, A. B., Muhammad Tahir, M., & Bilang, M. (2019). Nutrient composition of milkfish (Chanos chanos, Forskal) from Pangkep, South Sulawesi, Indonesia. Malaysian Journal of Nutrition, 25(1), 155–162. https://doi.org/10.31246/mjn-2018-0105

  8. ‌Nutten, S. (2016). Proteins, Peptides and Amino Acids: Role in Infant Nutrition. https://doi.org/10.1159/000442697

  9. Terungkap Inilah Kandungan Gizi Ikan Mujair – DKP3. (2019). Tasikmalayakota.go.id. https://dkp3.tasikmalayakota.go.id/terungkap-inilah-kandungan-gizi-ikan-mujair/

  10. ‌KKP | Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2021). Kkp.go.id. https://kkp.go.id/bkipm/artikel/32948-segudang-manfaat-mengonsumsi-ikan-cakalang#:~:text=Ikan%20cakalang%20misalnya%2C%20mengandung%20 protein,anemia%20serta%20mengurangi%20risiko%20demensia.

  11. KKP | Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2021). Kkp.go.id. https://kkp.go.id/bkipm/artikel/33882-kaya-manfaat-ikan-patin-makin-sedap-dipadukan-dengan-rempah#:~:text=Dalam%20100%20gram%20ikan%20 patin,janin%20dan%20menjaga%20kesehatan%20tulang.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline