Facebook Pixel Code 7 Makanan Mengandung Zinc yang Baik untuk Anak

8 Makanan Mengandung Zinc yang Baik untuk Anak

8 Makanan Mengandung Zinc yang Baik untuk Anak

Sebagai orang tua pasti ingin anak tumbuh dengan optimal dan sehat. Oleh karena itu, Bunda haruslah memberikan makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang, termasuk zinc. Lantas, apa saja makanan apa saja yang banyak mengandung zinc? Simak artikel ini sampai habis yuk, Bun!

Daftar Makanan yang Mengandung Zinc Tinggi untuk Anak

Ada begitu banyak manfaat zinc yang penting untuk tumbuh kembang anak. Mencukupi kebutuhan zinc dapat membantu si Kecil meningkatkan kekebalan tubuhnya, mempercepat penyembuhan luka kulit, membantu mencapai tinggi dan berat badan yang optimal, dan meningkatkan fungsi kognitif untuk membantunya lebih siap belajar.

Tapi sayangnya, tubuh si Kecil tidak memproduksi mineral ini. Oleh sebab itu, Bunda perlu mencukupi kebutuhannya dengan cara memberikan makanan yang kaya akan kandungan zinc.

Berikut berbagai makanan mengandung zinc yang bisa Bunda berikan pada anak di rumah:

1. Daging Merah

Daging menjadi sumber makanan yang mengandung zinc, terutama daging merah seperti daging sapi dan kambing. Pada 1 porsi 100 gram daging mengandung 4,79 miligram zinc yang merupakan 43,5% sampai 59.9% dari kebutuhan zinc harian. Selain itu, daging mengandung 176 kalori, 20 gram protein, dan 10 gram lemak.

Kandungan kalori dan protein yang tinggi dalam daging dapat memberikan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sehari-hari. Namun, disarankan untuk tidak mengonsumsi daging secara berlebihan dan harus dengan porsi yang sesuai.

2. Susu Pertumbuhan Terfortifikasi

Selama masa keemasan pertumbuhannya, Bunda bisa bantu cukupi si Kecil asupan zinc lebih banyak melalui susu pertumbuhan terfortifikasi seperti susu SGM Eksplor 1+.

SGM Eksplor adalah satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™, kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi penting hingga 2x lipat. Dilengkapi juga dengan DHA, kalsium, Minyak Ikan, Omega 3&6, zinc, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu si Kecil tumbuh maksimal jadi generasi maju yang berpikir cepat dan berani.

Selain itu, susu mengandung nutrisi penting untuk tulang seperti kalsium dan vitamin D.

3. Kepiting dan Udang

Jika si Kecil tidak memiliki alergi seafood, memberikan menu makan dari olahan hewan laut bercangkang, seperti kepiting, udang, dan remis (kerang sungai) juga dapat membantu mencukupi kebutuhan zinc hariannya, lho!

4. Jamur

Jamur mengandung zinc dalam jumlah yang cukup untuk bantu memenuhi kebutuhan si Kecil. Jamur Shiitake adalah pilihan terbaik Bunda, karena 145 gram jamur Shiitake mengandung 2 mg zinc serta nutrisi penting lainnya seperti serat yang tinggi, vitamin B, riboflavin, dan tembaga alias copper. Tembaga adalah jenis mineral dalam makanan yang mendukung fungsi pembuluh darah, tulang, dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Baca Juga: 7 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

5. Tahu

Satu porsi tahu dengan berat sekitar 4 ons mengandung 1,8 miligram zinc. Karena tahu terbuat dari kacang kedelai, tahu juga merupakan sumber protein, kalsium, mangan, dan magnesium yang sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

6. Kacang-kacangan

Bunda mungkin takut memberikan kacang kepada si Kecil karena dapat membuatnya tersedak. Padahal, mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang pinus, kacang mete, dan almond dapat meningkatkan asupan zinc.

Sebagai contoh, satu ons kacang mete mampu memberikan asupan zinc sekitar 15% sampai 20%. Selain itu, kacang mengandung banyak nutrisi lain, termasuk serat, lemak, serta sejumlah vitamin dan mineral.

Baca Juga: Tips Memberikan Vitamin Sesuai Kebutuhan Anak 

7. Telur

Salah satu protein hewani ini dapat membantu si Kecil memenuhi target zinc hariannya. Memang di dalam telur tidak terlalu banyak mengandung zinc, dari 1 telur berukuran besar dapat memberikan asupan zinc sekitar 4,8% sampai 6,8%.

Namun, telur juga sumber kolin yang penting bagi anak. Kolin berfungsi mengatur sel-sel dalam tubuh dan menjaga fungsi organ hati. Jadi, tidak ada salahnya menjadikan telur sebagai tambahan asupan zinc yang penuh protein dan lemak bagi anak.

8. Sayuran

Pada umumnya, buah dan sayuran bukanlah sumber zinc terbaik. Sayuran hanya mengandung zinc dengan jumlah sedikit dan hanya dapat menjadi pendamping kebutuhan zinc harian. Sayuran hijau seperti kangkung dan buncis hanya memiliki kandungan zinc sekitar 2,5% sampai 3,5% dari kebutuhan harian.

Meski sedikit mengandung zinc, sayuran tetap bagian penting sebagai asupan nutrisi anak ya, Bun! Karena sayur-sayuran juga mengandung serat serta vitamin dan mineral yang sama pentingnya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Baca Juga: Manfaat Susu Soya untuk Anak yang Alergi Susu Sapi 

Zinc banyak ditemukan dalam makanan, tetapi tubuh kita tidak dapat menyerap semua zinc. Oleh sebab itu, Bunda harus tahu berapa jumlah zinc yang dibutuhkan setiap harinya, agar si Kecil mendapatkan nutrisi yang seimbang dan optimal. Sebab, pada anak-anak, kekurangan zinc dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan, penurunan nafsu makan, dan sistem imun yang melemah.

Berdasarkan rekomendasi Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, anak umur 1-3 tahun membutuhkan sekitar 3 mg zinc dalam satu hari, yang meningkat jadi 5 mg per hari setelah si Kecil berusia 4-6 tahun nanti.

Semoga tumbuh kembang si Kecil semakin optimal ya, Bun! Dan jangan lupa daftarkan diri Bunda di Klub Generasi Maju untuk dapatkan akses mudah ke banyak informasi parenting terpercaya serta beragam promo menarik lain seputar susu SGM. Gratis!

Referensi:

  1. West, H. (2018, April 19). The 10 Best Foods That Are High in Zinc. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-high-in-zinc#TOC_TITLE_HDR_2
  2. ‌Shellfish allergy - Symptoms and causes. (2022). Mayo Clinic; https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/shellfish-allergy/symptoms-causes/syc-20377503
  3. ‌Foods high in zinc. (2021, May 3). Healthdirect.gov.au; Healthdirect Australia. https://www.healthdirect.gov.au/foods-high-in-zinc
  4. ‌Office of Dietary Supplements - Zinc. (2022). Nih.gov. https://ods.od.nih.gov/factsheets/Zinc-Consumer/
  5. ‌Arora, M. (2018, April 5). Zinc for Children – Benefits & Food Resources. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/zinc-for-children-benefits-dosage-and-food-sources/
  6. ‌Qamar, S. (2014, September 11). 8 Best Zinc Rich Foods For Kids. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/best-zinc-rich-foods-for-your-kid_0091406/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline