Facebook Pixel Code Perkembangan Bayi 6 Bulan: Si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

Tahapan Perkembangan Bayi 6 Bulan yang Bunda Perlu Tahu

Tahapan Perkembangan Bayi 6 Bulan yang Bunda Perlu Tahu

Tahapan Perkembangan Bayi 6 Bulan yang Bunda Perlu Tahu

Perkembangan bayi 6 bulan pertama mencakup banyak aspek kemampuan baru yang tentu sangat membanggakan Bunda. Oleh karena itu, milestones atau pencapaian yang diraih si Kecil sangat perlu diperhatikan, Bun! Ketika si Kecil berhasil melakukan sesuatu yang baru dan menunjukkan kemajuan, ia pasti juga merasa senang jika Bunda mendukungnya.

Nah, apabila si Kecil terlihat tidak menunjukkan kemajuan, Bunda tidak perlu khawatir ya. Bunda bisa terus memberikan stimulasi yang tepat untuk membantu si Kecil terus berkembang. Sebelum itu, pahami perkembangan bayi 6 bulan pertama dalam berbagai aspek kemampuan berikut ini!

Baca Juga: Inspirasi 7 Aktivitas untuk Stimulasi Bayi 6 Bulan

Perkembangan Kemampuan Bayi 6 Bulan Pertama

  • Kemampuan Motorik Bayi 6 Bulan
    Sejak si Kecil lahir, ia sudah akan menggerakkan tubuhnya. Namun, pada perkembangan bayi usia 0-6 bulan, atau bahkan hingga beranjak besar, Bunda perlu memberikan stimulasi. Adapun yang termasuk kemampuan motorik, yakni kemampuan menggerakkan otot, memegang benda kecil, dan menulis. 

  • Kemampuan Sensorik Bayi 6 Bulan
    Berbeda dengan motorik, kemampuan sensorik meliputi berbagai indra yang dimiliki kecil. Dalam memberikan stimulasi, si Kecil perlu didukung untuk melatih indra penglihatan, penciuman, peraba, perasa, dan lainnya.

  • Kemampuan Sosial Bayi 6 Bulan
    Berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang-orang disekitar merupakan hal yang menjadi indikasi kemampuan sosial si Kecil. Sebagai contoh, pada perkembangan bayi usia 0-6 bulan, mereka mungkin akan menggunakan cara-cara komunikasi non-verbal. Saat lebih besar, mereka akan mulai berbicara.

Mengetahui Perkembangan Bayi Lebih Lanjut

Bayi perlu diperhatikan perkembangannya dan Bunda harus selalu teredukasi, apapun tahapan tumbuh kembang yang si Kecil alami, termasuk pada perkembangan bayi usia 0-6 bulan. Dengan begitu, nanti Bunda dapat memberikan stimulasi yang tepat.

1. Perkembangan Bayi Usia 1-3 Bulan

  • 1 Bulan - Si Kecil mampu menggerakkan kepala ke atasnya serta menendang saat rebahan. Kemudian, tangan si kecil akan mengepal terus-menerus dan memandang wajah orang-orang di sekitarnya.

  • 2 Bulan - Si Kecil mampu mengangkat kepala ketika perutnya menempel di lantai serta mengikuti objek yang bergerak (seperti orang atau mainan). Tak hanya itu saja, si Kecil juga sudah mulai bisa tersenyum di usia ini.

  • 3 Bulan - Si Kecil bisa mengangkat kepala hingga 7 cm di atas permukaan dan mengangkat tubuhnya dengan lengan. Pada usia ini, si Kecil juga mulai mengenali wajah yang familiar, seperti Bunda dan Ayah.

Baca Juga: Menu MPASI Umur 6 Bulan untuk Tumbuh Kembang Bayi yang Optimal

2. Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan

  • 4 Bulan - Bayi mulai bisa meluruskan kakinya, dan mengangkat kepalanya ke atas ketika perutnya menempel di permukaan datar. Lalu, si Kecil kini bisa menggoyangkan mainan dan bermain dengan jarinya sendiri serta memahami datangnya suatu suara.

  • 5 Bulan - Si Kecil mulai dapat mencari perhatian dengan membuat suara-suara tertentu, menggenggam mainan, dan memutarkan tubuh, dari yang punggungnya di permukaan menjadi perutnya yang berada di permukaan.

  • 6 Bulan - Di akhir perkembangan bayi usia 0-6 bulan ini, si Kecil sudah bisa duduk sebentar dan tanpa dukungan, memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lainnya, dan kini lebih suka berada di dekat orang-orang.

Bunda, perlu dipahami bahwa si Kecil akan tumbuh dengan cara yang berbeda dari anak lainnya. Beberapa kemampuan mungkin akan mudah dimengerti lebih cepat dan yang lainnya justru lebih lambat. Sebagai contoh, si Kecil mungkin akan lebih bisa berbicara namun tidak dapat menjaga keseimbangan, sedangkan anak lain justru sebaliknya. Bicarakan pada dokter jika ketidakmampuan tersebut berlangsung lama atau Bunda memiliki pertanyaan lanjut.

Bagaimana Bund, apakah informasi di atas memperjelas pertimbangan Bunda atau justru membuat Bunda khawatir? Perlu disadari bahwa memastikan perkembangan bayi usia 0-6 bulan tidak akan berhenti pada periode itu saja, namun selama si Kecil tumbuh hingga dewasa. Jadi, teruslah berikan si Kecil stimulasi demi pertumbuhan yang lancar.

Jangan lupa juga untuk segera daftar di Klub Generasi Maju, ya! Selain bisa terus update dengan artikel-artikel terbaru seputar tumbuh kembang anak, Bunda juga bisa kumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan berbagai hadiah dan penawaran menarik lainnya.

Baca Juga: Stimulasi Tepat Untuk Dukung Si Kecil Jadi Generasi Maju Selama Masa Pembatasan Fisik

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 0 - 6 bulan

Apa itu Growth Spurt? Kenali ...

Growth spurt adalah percepatan pertumbuhan yang terjadi di awal-awal kelahiran bayi. Ini ditandai...

Umur Berapa Bayi Bisa Duduk ...

Idealnya, bayi mulai bisa duduk dengan bantuan di sekitar umur 4-6 bulan. Lantas, di umur berapa...

Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk ...

1000 Hari Pertama Kehidupan atau HPK dimulai sejak kehamilan hingga anak berusia 2 tahun. Berikan...

IDAI: Perhatikan Hal-Hal Berikut ini ...

Resep MPASI ada banyak dan unik semua ya, Bund? Namun, sebelum menyiapkan, perhatikan empat faktor...

Perkembangan Bayi 5 Bulan, Si Kecil ...

Setelah memasuki bulan kelima, si Kecil akan menunjukkan berbagai milestones atau perubahan...

Menu MPASI Umur 6 Bulan untuk ...

Demi tumbuh kembang bayi yang optimal, Bunda perlu memberikan MPASI saat si Kecil memasuki usia 6...


Artikel Terpopuler

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya >

Atasi Buah Hati Rewel ...

Baca Selengkapnya >

Seperti Apa Perkembangan Bayi ...

Baca Selengkapnya >

Bagaimana Tumbuh Kembang Anak 0...

Baca Selengkapnya >

MPASI yang Tepat untuk ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut