Facebook Pixel Code Tahapan Tumbuh Kembang Bayi pada 6 Bulan setelah Kelahiran

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi pada 6 Bulan setelah Kelahiran

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi pada 6 Bulan setelah Kelahiran

Periode 1000 hari pertama kehidupan bayi amat penting karena berperan menentukan kesehatan dan tumbuh kembangnya hingga dewasa. Pertumbuhan buah hati sangat pesat terutama pada 6 bulan pertama setelah kelahirannya, Bun. Untuk dapat memberikan stimulasi guna mendukung tumbuh kembang optimal, yuk cari tahu lebih lanjut tahapan tumbuh kembang bayi 6 bulan berikut ini, Bun.

Berat Badan Bertambah

Pertumbuhan bayi paling mudah terlihat dari kondisi fisiknya, yaitu tinggi dan berat badan. Idealnya, berat badan bayi berusia 6 bulan adalah 3 kali lipat dibandingkan saat kelahiran. Jadi, jika buah hati lahir dengan berat 3 kilogram, berat badan idealnya pada usia 6 bulan berkisar antara 7-8 kilogram.

Gigi Mulai Tumbuh

Ketika bayi memasuki usia 6 bulan, gigi pertamanya akan mulai tumbuh. Momen ini biasa diikuti dengan buah hati mengalami demam. Buah hati pun akan lebih sering mengeluarkan air liur dan gemar menggigit benda-benda. Jika buah hati menunjukkan tanda ini, sebaiknya jauhkan benda-benda yang bisa berbahaya dari jangkauan buah hati ya, Bun.

Mulai Menggumam

Pada fase tumbuh kembang bayi 6 bulan, Bunda akan sering mendengar buah hati mulai berceloteh dengan mengeluarkan suara-suara gumaman. Pada masa ini, kemampuan berbicara bayi sudah mulai terbentuk dan akan sering bergumam. Umumnya gumaman bayi akan seputar kata-kata yang bisa dihasilkan dari bibir, seperti ma-ma-ma-ma, ba-ba-ba-ba, dan ta-ta-ta-ta.

Siap MPASI

Pemberian ASI pada 6 bulan pertama sejak bayi dilahirkan mutlak diperlukan mengingat kondisi organ pencernaan bayi yang masih sangat rentan. Namun, memasuki usia 6 bulan, organ pencernaan bayi sudah mulai berfungsi sempurna. Saluran cernanya juga sudah baik. Bunda sudah mulai bisa mencoba memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) pada usia ini. Mulailah perkenalkan MPASI yang teksturnya lembut seperti puree maupun bubur ya, Bun.

Tulang Belakang Menguat

Organ bayi lainnya yang mulai menguat saat memasuki usia 6 bulan adalah tulang belakang. Tulang belakang bayi sudah jauh lebih kuat pada usia ini dibandingkan ketika baru dilahirkan. Salah satu tandanya adalah buah hati sudah mulai bisa duduk sempurna.

Aktif Bergerak

Kondisi tulang dan sendi bayi yang makin kuat pun akan membuat buah hati Bunda semakin aktif bergerak. Memasuki usia 6 bulan, buah hati akan mampu meraih benda-benda di dekatnya hingga berguling maupun tengkurap tanpa bantuan.

Baca Juga: Tahap Perkembangan Bayi 7 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa?

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline