Facebook Pixel Code 9 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

9 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

9 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

 

Gigitan nyamuk sering kali menimbulkan rasa gatal di kulit dan meninggalkan bekas gigitan berupa bentol berwarna merah. Tidak hanya orang dewasa yang merasakannya, bayi pun rentan mengalami gigitan nyamuk ini. Untuk itu, penting bagi Bunda mengetahui bagaimana cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi dengan tepat.

Ini karena gigitan nyamuk bisa menjadi sangat mengganggu, terutama karena bayi belum mampu menghindari atau merespon gigitan tersebut. Dari yang awalnya berwarna merah, bekas gigitan tersebut perlahan-lahan bisa berubah menjadi sedikit lebih gelap. Yuk, simak artikel ini selengkapnya, Bun!

Kenapa Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam pada Bayi?

Kebanyakan gigitan nyamuk menimbulkan rasa gatal yang membuat bayi rewel. Setelah digigit, biasanya akan muncul kemerahan yang umumnya berlangsung maksimal tiga hari. Namun, bentol bekas gigitannya bisa bertahan hingga tujuh hari.

Mungkin Bunda akan memperhatikan bahwa bekas gigitan nyamuk pada bayi akan mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap dan menghitam. Lantas, kenapa bekas gigitan nyamuk bisa menghitam?

Jadi, Bun, kondisi ini disebut juga sebagai hiperpigmentasi post-inflamasi, mirip seperti yang terjadi pada bekas jerawat. Noda hitam ini cenderung memudar secara perlahan dalam beberapa minggu atau beberapa bulan. 

Singkatnya, hiperpigmentasi post-inflamasi adalah respons alami dari kulit terhadap peradangan dan upaya perbaikan jaringan kulit setelah mengalami gigitan nyamuk.

Beberapa pengobatan alami juga bisa dilakukan untuk membantu mengurangi kemerahan dan membuat bekas gigitan nyamuk menjadi tidak terlihat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Sebetulnya, bekas gigitan nyamuk tidak membahayakan, kecuali apabila menyebabkan masalah yang parah. Misalnya, si Kecil mengalami demam, rasa sakit yang tidak kunjung hilang, muncul nanah, area bentol dan kemerahan yang meluas, berkeringat, atau gigitan tersebut menimbulkan gejala DBD. Apabila terjadi tanda-tanda seperti di atas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Nah, berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang bisa Bunda lakukan: 

1. Gunakan Kompres Dingin

Salah satu cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi secara alami adalah menggunakan kompres air dingin. Tujuannya adalah untuk mengurangi pembengkakan dan rasa gatal pada bekas gigitan nyamuk. 

Pertama-tama, Bunda bisa merendam kain waslap atau handuk bersih ke dalam wadah berisi air dingin. Basahi selama beberapa saat, kemudian peras kain atau handuk sampai lembap dan airnya tidak menetes-netes.

Selanjutnya, tempatkan kain tersebut pada area bekas gigitan selama sekitar 10 menit. Ini bisa memberikan efek menenangkan pada kulit si Kecil yang gatal, Bun.

Pastikan juga kain atau handuk yang digunakan bersih dan tidak terlalu dingin, agar kulit bayi tetap nyaman selama proses ini.

2. Cegah Bayi Menggaruk Kulitnya

Bekas gigitan nyamuk memang dapat menyebabkan rasa gatal yang mengganggu. Namun, pastikan bayi tidak menggaruknya, ya, Bun.

Menggaruk bekas gigitan nyamuk bisa berisiko mengiritasi kulit bayi yang sensitif, bahkan bakteri bisa saja masuk ke dalam kulit sehingga meningkatkan risiko infeksi.

Nah, Bunda bisa memotong kuku si Kecil agar tidak berisiko melukai kulitnya. Alternatif lain, coba pasangkan sarung tangan bayi guna mencegah bayi menggaruk kulit tubuhnya.

3. Oleskan Minyak Esensial

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang menghitam yaitu dengan menggunakan minyak esensial, seperti minyak telon atau minyak kelapa.

Kedua minyak tersebut terbukti mampu menjaga kelembapan kulit tanpa mengganggu proses penyembuhan alami kulit. Namun, pastikan produk yang Bunda pilih benar-benar aman dan cocok untuk kulit bayi yang sensitif, ya.

4. Gunakan Baking Soda

Tahukah Bunda? Baking soda, atau yang kita kenal soda kue, dapat digunakan sebagai cara alami menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi, lho. 

Caranya cukup sederhana, yaitu campurkan satu sendok makan soda kue dengan air secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut secara merata pada bekas gigitan nyamuk. Lalu, diamkan selama sekitar 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Akan tetapi perlu diingat ya, Bun, selalu amati respons bayi saat menggunakan cara alami ini. Jika si Kecil terlihat tidak nyaman atau timbul tanda-tanda alergi akibat penggunaan larutan baking soda, segera hentikan penggunaan dan bilas kulitnya dengan air bersih.

5. Jaga Kebersihan Area yang Gatal

Jika kulit bayi tidak sengaja tergaruk dan mengakibatkan luka, jagalah kebersihan area kulit tersebut. Langkah pertama adalah membersihkan luka menggunakan sabun dan air. Bersihkan luka dengan lembut, hindari menggosoknya terlalu keras untuk mencegah iritasi dan menimbulkan bekas kehitaman di kulit.

6. Gunakan Lotion Calamine

Bunda dapat menggunakan lotion calamine yang aman sebagai pertolongan pertama cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi. Lotion calamine memiliki efek mendinginkan sehingga membantu menenangkan kulit yang iritasi dan mengurangi rasa gatal pada bayi.

Sebelum menggunakannya, pastikan kulit bayi Bunda sudah dalam kondisi bersih, ya. Setelah itu, tepuk-tepuk kulit hingga kering, lalu oleskan lotion calamine.

Pastikan lotion calamine yang digunakan adalah produk khusus untuk bayi. Ini akan membantu menjaga kulit bayi agar tetap sehat dan bebas dari bahan-bahan yang dapat mengiritasi. 

7. Bersihkan Kulit dengan Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu bahan alami yang bisa membantu meredakan rasa gatal dan pembengkakan pada kulit berkat kandungan senyawa anti-iritasi di dalamnya. 

Bunda bisa menghaluskan oatmeal secukupnya menggunakan blender. Pastikan tekstur oatmeal sudah benar-benar halus supaya tidak mengiritasi kulit bayi.

Kemudian, campurkan bubuk oatmeal dengan air hangat sampai membentuk pasta yang kental. Oleskan pasta ini tipis-tipis pada area bekas gigitan nyamuk. Diamkan selama sekitar 10 menit agar kulit dapat menyerap manfaatnya, dan terakhir bilas dengan air bersih. 

8. Oleskan Madu 

Madu memiliki banyak manfaat yang dapat membantu meredakan rasa gatal dan nyeri. Madu mengandung enzim katalase, yang dikenal dapat membantu meredakan peradangan ringan pada kulit.

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi secara alami menggunakan madu bisa dengan mengoleskannya secara langsung pada area kulit si Kecil yang terdapat bekas gigitan nyamuk. Biarkan madu meresap selama sekitar 10 menit, lalu bilas dengan sabun dan air bersih.

Saat melakukan cara alami ini, selalu jaga agar madu tidak tertelan oleh si Kecil. Sebagai alternatif, Bunda juga bisa membalut area yang telah diolesi madu dengan perban atau kain lembut, untuk mencegah bayi mengusap atau mencoba menggaruk area tersebut.

9. Oleskan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya adalah antiseptik alami, dan gelnya memiliki sifat yang efektif dalam meredakan gigitan nyamuk pada bayi. Gel yang terkandung dalam daun lidah buaya mengandung asam salisilat yang dapat meredakan gatal dan nyeri.

Bunda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit bayi yang terdapat gigitan nyamuk, sekaligus untuk mengurangi rasa gatal.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Nah, itu dia berbagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang perlu Bunda ketahui. Selalu perhatikan respons kulit si Kecil saat menggunakan bahan-bahan alami di atas ya, Bun. Setiap bayi memiliki karakteristik kulit yang berbeda, jadi pastikan bahwa metode ini cocok untuk kulit si Kecil dan tidak menyebabkan iritasi lebih lanjut.

Untuk mendapatkan berbagai informasi, panduan, dan fitur untuk memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil, jangan lupa kunjungi Diary Generasi Maju ya, Bun. Yuk, kunjungi sekarang juga!

Referensi:

  1. Larson, J. (2021, April 27). How to Treat a Mosquito Bite on Your Baby. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/mosquito-bites-on-babies#treatment
  2. Insect bites and insect stings. (2021, October 15). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/guides/a-z-health-reference/insect-bites-stings
  3. ‌Colleen. (2015, March 3). Treating and Preventing Mosquito Bites in Children. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/toddler/childhood-injuries/mosquito-bites-in-children.aspx
  4. ‌CDC. (2023, May 24). Mosquito Bite Symptoms and Treatment . Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/mosquitoes/mosquito-bites/symptoms.html
  5. ‌Clinic, C. (2021). Mosquito Bites: What They Look Like, Why They Itch & Treatment. Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17695-mosquito-bites
  6. ‌Aparna. (2018, July 9). Mosquito Bites on Babies – Causes and Treatment. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/mosquito-bites-in-babies-causes-and-remedies/
  7. ‌Rohit Garoo. (2015, July 23). How To Treat And Prevent Mosquito Bites In Babies? MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/mosquito-bites-in-babies_00364241/
  8. ‌0. (2015, May 27). 16 Home Remedies for Mosquito Bites. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/outdoor-health/home-remedies-for-mosquito-bites#onion

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline