Facebook Pixel Code 7 Rekomendasi Mainan Anak 2 Tahun yang Terbaik

7 Rekomendasi Mainan Anak 2 Tahun yang Terbaik

7 Rekomendasi Mainan Anak 2 Tahun yang Terbaik

 

Jika Bunda sedang mempertimbangkan membeli mainan anak 2 tahun yang bagus untuk menstimulasi perkembangan si Kecil, Yuk, simak berbagai pilihannya dalam artikel ini!

Mainan Anak 2 Tahun untuk Asah Keterampilannya

Supaya waktu bermain si Kecil di rumah semakin seru dan menyenangkan, tak ada salahnya Bunda menambah koleksi mainannya. Meskipun begitu, Bunda tetap harus bijak pilih-pilih mainan yang tepat untuknya, ya.

Jangan lupa juga, Bun, untuk selalu memperhatikan keamanan dari setiap mainan yang diberikan, ya! Sebelum memberikan mainan baru untuk si Kecil, selalu pastikan mainan tersebut memang diperuntukkan bagi anak-anak di rentang usianya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi mainan anak 2 tahun yang bisa Bunda berikan untuk si Kecil.

1. Balok Susun Warna-Warni

Salah satu rekomendasi mainan anak 2 tahun yang bisa diberikan kepada si Kecil adalah balok warna-warni. Permainan ini cocok untuk anak 2 tahun karena kemampuan anak yang sedang senang-senangnya menyusun dan mengulik sesuatu. Terlebih, bermain balok juga membutuhkan keterampilan motorik halus dan kasar. 

Menyusun balok juga membuat anak lebih bebas berimajinasi dan mengekspresikan diri sendiri. Sebab, anak-anak juga dapat mewujudkan ide-ide mereka dengan menciptakan, mengubah, dan membangun kembali sesuatu yang unik.

Yang tak kalah penting adalah bermain balok bisa mengajarkan si Kecil cara berhitung sederhana dan beberapa konsep matematika dasar, seperti ukuran besar kecil dan panjang pendek. Menarik, bukan?

Dari mainan edukasi ini, pelan-pelan tapi pasti anak akan juga belajar untuk percaya diri, mandiri untuk menyelesaikan masalah, dan berani mencoba lagi dari kesalahan.

Nah supaya waktu bermainnya lebih aman, sediakan pula balok yang berukuran besar agar ia tidak tersedak mainannya sendiri. Karena di usia ini, si Kecil masih suka memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya sebagai cara ia mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya.

2. Puzzle

Puzzle adalah contoh mainan untuk menstimulasi anak 2 tahun supaya makin cerdas. Permainan ini dapat membangun keterampilan kognitif dan motorik halusnya, sekaligus meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangannya. Puzzle biasanya punya beragam bentuk dan warna untuk disusun menjadi sebuah bentuk atau gambar yang utuh.

Dengan begitu, ia akan berlatih memungut atau mencapit kepingan puzzle dengan tangan mungilnya dan meletakkannya kembali di tempat yang benar. 

Selain itu, si Kecil bisa belajar kata-kata baru, seperti “atas”, “bawah”, “kiri”, “kanan”, “di samping”, dan lainnya saat Bunda membantu ia mencari potongan yang tepat untuk menyusun puzzle. 

Anak-anak juga akan lebih sering mendengar dan belajar tentang bilangan urut dan kata-kata yang menunjukkan posisi dalam urutan, seperti pertama, kedua, ketiga, dan terakhir ketika Bunda membantu mereka menyatukan potongan-potongan puzzle tersebut.

3. Plastisin (Mainan Lilin)

Lilin lunak tak hanya dapat merangsang kemampuan motorik halus si Kecil, tapi juga meningkatkan imajinasi dan kreativitasnya. Kenapa begitu?

Karena, mainan anak 2 tahun ini dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi karena mereka bisa mengubah lilin lunak menjadi berbagai bentuk sesuai keinginannya, seperti membuat bola, ular, mie, kue, dan lain-lain. Bunda juga bisa memberikan sendok, pisau, atau gunting plastik guna membantunya bermain lilin. 

Menariknya, saat ini mainan lilin sudah banyak yang tidak memakai bahan kimia berbahaya. Jika Bunda ragu, tidak ada salahnya membuat mainan lilin sendiri dengan bahan yang ada di rumah seperti tepung terigu, tepung kanji, garam, air dan minyak goreng.

Kemudian campurkan semua bahan tersebut hingga kalis. Supaya lebih menarik dan berwarna-warni, tambahkan sedikit pewarna makanan, Bun.

Baca Juga: Permainan Sederhana yang Bantu Perkembangan Otak si Kecil

4. Mainan Alat Masak

Jika si Kecil mulai beranjak 2 tahun, rangkaian mainan alat masak ini sangat cocok untuk melatih kemampuan motoriknya.

Saat ini sudah banyak tersedia mainan satu set dapur yang sudah disertai isinya, lho! Anak bisa sekaligus diajari untuk mengenal nama-nama makanan serta perlengkapan dapur yang akan berguna bagi masa depannya kelak. 

Cara bermainnya pun menyenangkan, lho! Bunda bisa mengajak si Kecil bermain peran untuk menjadi koki dan pembeli. Bila perlu, ajak beberapa teman-teman dekat anak untuk memainkannya bersama dengan si Kecil.

Dengan demikian, anak bisa belajar tentang berbagai kondisi dan situasi yang pernah mereka lihat sehari-hari. Ia juga bisa menggunakan imajinasinya untuk “menghidupkan” skenario cerita yang ada di di dalam benaknya. 

Bermain peran dengan alat masak juga memungkinkan anak-anak mencicipi bagaimana rasanya menjadi orang dewasa, misalnya menjadi orang tua, atau memerankan profesi tertentu. Lewat permainan ini, anak-anak bisa mempraktikkan bagaimana seorang karakter itu berdialog dan berperilaku dari situasi-situasi yang mungkin pernah mereka amati sebelumnya.

5. Mainan Dokter-Dokteran

Selain bermain masak-masakan, Bunda juga bisa memberinya perlengkapan mainan dokter-dokteran sebagai contoh mainan anak 2 tahun. Kemudian, ajak ia bermain peran menjadi dokter dan pasien. 

Sama halnya dengan poin sebelumnya, permainan ini dapat mendorong keterampilan motorik si Kecil dalam menggenggam alat mainan, seperti stetoskop atau jarum suntik plastik. Jenis permainan ini juga dapat membantu mendorong kemampuan imajinasi anak. 

Baca Juga: 8 Cara Tepat Mengajari Anak Menggambar

6. Tabel Alfabet dan Angka

Contoh mainan anak 2 tahun berikutnya adalah tabel alfabet dan angka. Lewat tabel atau bagan dinding inilah si Kecil bisa terinspirasi untuk mempelajari huruf-huruf sehingga mampu memperkaya perbendaharaan alfabet yang ia miliki sejak dini. 

Bahkan, Bunda bisa mengajari si Kecil menyusun kata-kata yang mudah, contohnya, menyusun kata S-U-S-U atau A-Y-A-H.

Selain menggunakan tabel alfabet, Bunda juga bisa menggunakan tabel ataupun bagan dinding angka 1-10. 

7. Mobil-Mobilan 

Mainan mobil-mobilan yang memiliki roda dan bisa ditarik atau didorong sangat menarik bagi anak usia 2 tahun. Meski mobil-mobilan sering dianggap sebagai mainan anak laki-laki, tapi Ayah dan Bunda juga bisa memberikan mainan mobil-mobilan kepada anak perempuan. 

Bunda bisa memberikan berbagai jenis mobil-mobilan, mulai dari mobil pribadi, ambulans, truk, pemadam kebakaran, eskavator, dan lainnya. Mainan edukasi anak 2 tahun ini juga dapat dijadikan sebagai sarana bagi si Kecil mengenal jenis-jenis kendaraan dan fungsinya.

Nah, itu tadi beberapa daftar mainan anak 2 tahun di rumah yang bisa Bunda berikan pada si Kecil. Selalu dampingi anak saat bermain juga, Bun! Karena di usia ini, anak-anak sangat suka memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya sebagai caranya untuk belajar.

Jadi, selalu bersihkan dulu mainan-mainan anak sebelum ia pegang, dan perhatikan jika ada mainan yang ukurannya terlalu kecil atau berpotensi membuatnya tersedak. 

Baca Juga: 8 Cara Membuat Mainan dari Kardus yang Seru untuk Anak

Manfaat Bermain untuk Anak-Anak

Anak usia 2 tahun sedang asyik-asyiknya dan penasaran mencoba berbagai macam mainan ataupun barang yang ada di dekatnya untuk mencari hubungan sebab akibat.

Maka, tak heran kalau seiring dengan rasa ingin tahunya yang bertambah besar, si Kecil juga semakin aktif bergerak untuk mengeksplorasi lingkungan dan benda-benda di sekitarnya. 

Bunda juga bisa melihat bahwa kemampuan motorik halus anak di usia 2 tahun ini sudah makin baik, sehingga ia bisa memegang krayon atau pensil dengan genggaman yang lebih mantap dan mahir membuat coretan dengan jelas, seperti membuat lingkaran dan garis bentuk horizontal, vertikal, ataupun diagonal. 

Tak hanya itu, anak usia 2 tahun umumnya sudah siap bersosialisasi, lebih bersemangat mencoba hal-hal baru, dan punya rasa ingin tahu yang besar untuk mengeksplorasi lebih banyak tentang dunia yang mereka lihat. Nah, melalui bermainlah anak-anak bisa belajar berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka. 

Dengan bermain, anak-anak juga punya kesempatan untuk belajar berinteraksi dan bergaul dengan anak-anak sebayanya. Anak-anak akan banyak belajar bagaimana caranya bergiliran menggunakan mainan. 

Itulah kenapa, memberikan mainan edukasi memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak pada usia 2 tahun ini. Sebab dengan bermain, anak juga sekaligus mengasah semua kemampuan yang baru ia miliki. Mulai dari keterampilan motorik, keterampilan kognitif, keterampilan sosial dan emosional, sampai keterampilan bahasa dan bicaranya.

Namun selain memberikan stimulasi yang tepat lewat mainan, penting juga untuk mengoptimalkan perkembangan si Kecil dengan makanan bergizi serta tambahan susu pertumbuhan seperti susu SGM Eksplor 1+.

Susu SGM Eksplor 1+ merupakan satu-satunya susu formula untuk anak 1 tahun dengan IronC™, yakni kombinasi unik zat besi dan vitamin C, dalam rasio 2:1 untuk memaksimalkan penyerapan semua nutrisi penting yang dibutuhkan si Kecil hingga 2x lipat. 

Susu SGM Eksplor 1+ juga dilengkapi dengan DHA, Minyak Ikan, Omega 3&6 serta nutrisi penting lainnya untuk bantu si Kecil tumbuh maksimal jadi generasi maju yang mampu berpikir cepat dan berani. ​

Tertarik mencobanya, Bu? Yuk, segera daftar di Klub Generasi Maju agar bisa terus update dengan artikel-artikel terbaru seputar tumbuh kembang anak, serta beragam promo dan penawaran menarik seputar susu SGM Eksplor.

Referensi tambahan:

  1. Verywell. (2023). The 8 Best Educational Toys for 2-Year-Olds of 2023. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/best-educational-toys-for-2-year-olds-4690060
     
  2. 31 Best Toys and Gifts for 2-Year-Olds. (2022, December 16). Good Housekeeping. https://www.goodhousekeeping.com/childrens-products/toy-reviews/g5150/best-toys-for-two-year-olds/
     
  3. 2-3 years: toddler development. (2022, December 15). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/toddlers/development/development-tracker-1-3-years/2-3-years
     
  4. Verywell. (2022). 2-Year-Old Child Development Milestones. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/2-year-old-developmental-milestones-2631964
     
  5. Brown, H. (2023, February 3). 21 of the best toys for 2 year olds. Madeformums.com; MadeForMums. https://www.madeformums.com/reviews/10-of-the-best-toys-for-2-year-olds/
     
  6. 11 Best Toys for 2-Year-Olds. (2023). Happiest Baby. https://www.happiestbaby.com/blogs/toddler/best-toys-2-year-olds
     

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline