Facebook Pixel Code 9 Ide Kegiatan Seru untuk Anak Umur 2-3 Tahun

9 Ide Kegiatan Seru untuk Anak Umur 2-3 Tahun

9 Ide Kegiatan Seru untuk Anak Umur 2-3 Tahun


Penting bagi si Kecil untuk melakukan berbagai jenis pengalaman kegiatan bermain yang berbeda, apalagi anak usia 2-3 tahun. Tidak selalu bermain di dalam ruangan, Bunda juga bisa mengajaknya melakukan kegiatan yang seru di luar ruangan untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Artikel ini akan membahas lengkap rekomendasi kegiatan yang seru dan bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak usia 2-3 tahun. Yuk, simak penjelasan selengkapnya, Bun!

Kegiatan untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak 2-3 Tahun

Bunda perlu tahu bahwa bermain di luar ruangan akan memberikan kesempatan bagi anak untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Si Kecil dapat melakukan berbagai aktivitas untuk menguji keterampilan fisik, mengekspresikan diri, serta memperkuat rasa percaya diri

Saat bermain di luar ruangan, si Kecil menggunakan semua indra untuk mendorong keterampilannya. Sebab, anak akan merasakan pengalaman yang berbeda. Ada banyak sekali hal untuk diamati, dirasakan, didengar, dan disentuh saat berada di luar ruangan.

Berikut ini rekomendasi kegiatan sekaligus permainan yang seru di luar ruangan untuk anak 2-3 tahun.

1. Kegiatan Berkebun

Banyak anak merasa senang ketika berada di luar ruangan dan menikmati kegiatan seperti menggali tanah dan menyaksikan tanaman tumbuh. Oleh karena itu, Bunda bisa mengajaknya berkebun bersama.

Kegiatan yang satu ini dapat mendidik si Kecil mengembangkan keterampilan baru seperti bertanggung jawab, memahami sebab dan akibat, melatih percaya diri, dan belajar mencintai alam. Nantinya, anak akan mengerti bahwa tanaman membutuhkan air agar bisa tumbuh. Sementara jika tidak rajin disiram air, tanaman akan mati. 

Saat melakukan aktivitas ini, Bunda sebaiknya tetap mengawasi si Kecil untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Kegiatan berkebun yang cocok untuk anak 2-3 tahun antara lain menyiram tanaman, memetik hasil kebun, dan menanam benih.

2. Bermain Pasir

Kegiatan sekaligus permainan yang seru selanjutnya yaitu berkenaan dengan pasir. Bunda bisa menyiapkan wadah plastik berukuran besar atau kolam renang anak untuk kegiatan bermain pasir. Jangan lupa siapkan alat peraga seperti gelas, sekop, dan cetakan plastik untuk bermain.

Kegiatan bermain pasir ini dapat membantu si Kecil mengembangkan kekuatan tangannya. Kekuatan tersebut penting untuk masa sekolahnya nanti, seperti untuk memotong dan menulis.

Selain itu, bermain pasir dapat mendorong kreativitas dan imajinasi anak. Saat bermain pasir, anak bahkan bisa menciptakan dunia kecilnya sendiri seperti membuat istana, gedung, dan gunung. Wah, pastinya si Kecil akan betah bermain, Bun.

Baca Juga: Pahami 6 Aspek Perkembangan Anak di Usia Dini

3. Bermain Bola

Bermain bola merupakan kegiatan sederhana yang menyenangkan untuk anak 2-3 tahun, Bun. Bermain dengan melempar, menangkap, dan menendang bola memiliki manfaat seperti melatih otot lengan dan kaki, meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta meningkatkan stamina si Kecil.

Tidak hanya itu, ketika bermain bola, si Kecil juga akan mempelajari kemampuan sosial yang penting yaitu belajar bergiliran, berbagi, dan mengikuti aturan. Jadi, cobalah untuk mengajak anak dan anggota keluarga lainnya bermain bola bersama agar permainan semakin seru.

4. Menuang Air ke dalam Botol

Bermain air sangat disukai anak-anak, sehingga mengajak si Kecil untuk melakukan kegiatan ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Bunda dapat memberikan beberapa gelas dan teko plastik kepada si Kecil untuk bermain dengan air.

Dalam kegiatan ini, biarkan ia bereksperimen dengan menuangkan air dari teko ke dalam gelas plastik. Apabila air sudah habis, Bunda bisa mengajari anak untuk memutar kran dan mengisi ulang teko dengan air.

Selain menyenangkan, aktivitas ini juga dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan serta mengembangkan keterampilan motorik halus anak.

5. Buat Rintangan

Untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar seperti berlari, melompat, dan melempar, Bunda dapat mengenalkan permainan halang rintang untuk anak.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan sebagai “penghalang” dan “perintang” dari permainan ini. Bunda dapat menggunakan kardus bekas sebagai terowongan untuk si Kecil merangkak, kursi kecil untuk area melompat, dan membuat garis dari kapur sebagai batas start dan finish-nya.

Sebelum memulai permainan, Bunda perlu memberikan contoh terlebih dahulu agar si Kecil memahami cara bermain dan menghafal area permainannya. Selain dapat melatih kemampuan motorik kasar si Kecil, bermain halang rintang juga dapat membuat anak lebih kreatif dan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

6. Petak Umpet

Permainan ini mengajarkan anak untuk memahami aturan dan konsep kerjasama dalam tim.

Sebelum bermain, pilihlah tempat yang cukup luas seperti taman untuk bermain. Sebagai permulaan, biarkan Ayah dan si Kecil menjadi tim yang bersembunyi, dan Bunda menjadi pencarinya. Ayah bisa mengajak si Kecil untuk mencari tempat persembunyian seperti di balik pohon atau semak-semak.

Setelah mulai paham aturan permainannya, si Kecil bisa bertukar peran menjadi pencari. Anak akan merasa tertarik karena ia akan menggunakan kemampuan kognitifnya untuk mengatasi tantangan dan memecahkan masalah.

7. Melukis Batu

Melukis pada medium batu juga bisa jadi alternatif aktivitas menyenangkan untuk mengisi waktu anak. Ajak si Kecil mencari batu-batu berukuran sedang dan susunlah di taman, lalu cuci dulu batu sampai bersih.

Setelah itu, minta anak untuk melukis batu-batu tersebut dengan menggunakan cat berbagai warna. Biarkan si Kecil menghias batu-batu dengan melukis berbagai bentuk, warna, dan coretan sesuai kreasinya.

Apabila sudah selesai, Bunda dapat menyusun batu-batu tersebut dengan rapi sehingga pajangan lukisan batu yang indah buatan si Kecil. Ini merupakan kegiatan kreatif dan mengasyikkan yang dapat merangsang imajinasi anak.

Baca Juga: 8 Cara Tepat Mengajari Anak Menggambar 

8. Bermain Sepeda Roda Tiga

Bersepeda roda tiga merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Ketika si Kecil mencapai usia 2 tahun, Bunda mungkin melihat ia mulai tertarik untuk belajar mengendarai sepeda roda tiga. 

Selain bermanfaat untuk keterampilan motorik, bersepeda juga meningkatkan rasa percaya diri anak. Kegiatan bersepeda akan membantu anak dalam mengembangkan keterampilan menemukan jalan, mengambil belokan dengan benar, serta menghindari rintangan yang ada di jalanan.

Setelah mahir dengan keterampilan-keterampilan tersebut, pada akhirnya si Kecil akan semakin percaya diri. Namun, penting untuk orangtua tetap mengawasi anak saat bermain sepeda, apalagi jika si Kecil belum terlalu lancar. Ajak Ayah untuk mengajari si Kecil belajar naik sepeda sampai bisa.

9. Kolase Daun Kering

Kolase adalah kegiatan menempelkan berbagai benda seperti daun, pada selembar kertas untuk membuat sebuah kerajinan tangan. Kegiatan ini dapat membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus dengan cara menyenangkan. Selain itu, ini merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran anak terhadap warna dan tekstur.

Pertama-tama, ajak si Kecil untuk mengumpulkan dedaunan kering. Setelah itu, biarkan anak berkreasi dan menggunakan imajinasinya dalam menempel daun-daun kering pada sebuah kertas.

Bunda bisa duduk bersama si Kecil saat ia melakukan kegiatan ini dan ajukan beberapa pertanyaan untuk memancing interaksi. Bunda bisa bertanya, "Wah, adik lagi buat apa nih dari daun-daun kering ini?" Setelah selesai, jangan lupa beri si Kecil pujian atas hasil karyanya ya, Bun.

Baca Juga: Cara Berkomunikasi dengan Anak Usia 2-3 Tahun 

Nah, itu dia berbagai macam kegiatan seru untuk mendukung tumbuh kembang anak usia 2-3 tahun. Kira-kira permainan mana yang menjadi favorit si Kecil, Bun?

Jangan lupa, sambil menemani anak bermain, Bunda juga harus lengkapi kebutuhan gizi si Kecil setiap hari dengan memberikan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti SGM Eksplor 1+.

SGM Eksplor merupakan satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™, kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi hingga 2x lipat.

Dilengkapi dengan DHA, Minyak Ikan, Omega 3&6 serta nutrisi penting lainnya, bantu si Kecil tumbuh maksimal jadi generasi maju yang berpikir cepat dan berani.

Ingin mencari inspirasi kegiatan lain yang juga seru untuk bantu anak belajar? Yuk, daftarkan diri Bunda jadi member Klub Generasi Maju untuk dapatkan beragam artikel serta tips terbaru seputar tumbuh kembang anak.

Referensi:

  1. Why play is important. (2022, April 19). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/newborns/play-learning/play-ideas/why-play-is-important
  2. The Power of Play: How Fun and Games Help Children Thrive. (2023). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/family-life/power-of-play/Pages/the-power-of-play-how-fun-and-games-help-children-thrive.aspx
  3. ‌7-8 months: baby development. (2022, December 14). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/7-8-months
  4. ‌Health. (2015). Gardening for children. Vic.gov.au. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/gardening-for-children
  5. ‌BabySparks. (2019). Developmental Benefits of Sand Play. Babysparks.com. https://babysparks.com/2019/10/21/developmental-benefits-of-sand-play/
  6. ‌Playing with balls: activities for children 3-6 years. (2023, May 9). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/guides/activity-guides/movement/playing-with-balls-activity
  7. ‌Tian C. (2018, September 29). Ways to Make Hide and Seek More Enjoyable for Your Child. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/ways-to-make-hide-and-seek-more-enjoyable-for-your-child/
  8. ‌Arora, M. (2018, October). 7 Things Kids Can Learn By Riding A Tricycle. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/7-things-kids-can-learn-by-riding-a-tricycle/
  9. ‌Collage: activity for children 2-6 years. (2022, April 15). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/guides/activity-guides/making-and-building/collage-activity-for-children-2-6-years
  10. ‌Verywell. (2022). Outdoor Physical Activities for Toddlers. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/outdoor-physical-activities-289698
  11. ‌Khan, A. (2019, June 18). Activities For 2 Year Olds. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/top-25-activities-for-2-year-old-toddler/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline