Facebook Pixel Code Apa Manfaat Anak Melakukan Kesalahan?

Salah Satu Manfaat Anak Melakukan Kesalahan, Si Kecil Jadi Lebih Percaya Diri!

Salah Satu Manfaat Anak Melakukan Kesalahan, Si Kecil Jadi Lebih Percaya Diri!

 

Setiap orang tua pasti ingin anaknya sukses dan bisa melakukan banyak hal. Namun, jangan sampai hal ini membuat Bunda menjadi orang tua yang tidak mau si Kecil membuat kesalahan.

Tentu saja, ketika melihat anak berbuat kesalahan bisa sangat menyakitkan. Ini sepertinya menjadi salah satu alasan utama Bunda untuk tidak membiarkan anaknya melakukan kesalahan. Apalagi naluri seorang Bunda yang selalu ingin melindungi si Kecil.

Padahal, membiarkan anak berbuat salah dapat sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Si Kecil justru bisa mendapat pelajaran penting dari kesalahan yang dilakukannya. Ini bisa meningkatkan kepercayaan dirinya ketika bangkit dari kesalahan tersebut.

"Satu-satunya kegagalan dalam hidup adalah tidak belajar dari kesalahan. Orang tua yang mencintai anaknya tanpa syarat berarti juga mencintai ketika dia melakukan kesalahan. Tujuannya adalah untuk membantu anak memperbaiki diri jika melakukan kesalahan dan belajar untuk bangkit kembali,” jelas Maureen Healy, psikolog anak.

Lalu, apa saja manfaat yang akan dirasakan anak jika Bunda membiarkannya melakukan kesalahan? Ini daftarnya.

Baca juga: Perlu Dibatasi, Ini 8 Hal yang Mungkin Terjadi Akibat Anak Sering Main Handphone

Manfaat Membiarkan Anak Melakukan Kesalahan

1. Meningkatkan Upaya dan Motivasi Anak

Carol Dweck, seorang profesor di Stanford, mempelajari pentingnya menantang anak-anak untuk belajar dari kesalahan. Penelitiannya menunjukkan bahwa selalu memuji kecerdasan anak sebenarnya dapat membuatnya cenderung tidak bertahan dalam menghadapi tantangan.

Anak-anak yang dipuji atas usaha mereka, meski melakukan kesalahan, tes kecerdasannya meningkat sebesar 30%. Sementara anak-anak yang dipuji karena kecerdasan, justru turun sebesar 20%. Ini karena anak yang melakukan kesalahan akan membuatnya termotivasi untuk belajar dari hal tersebut.

2. Membangun Kepercayaan Diri Anak

Salah satu cara membangun kepercayaan diri anak adalah dengan membuatnya memiliki perasaan berhasil yang muncul dari pembelajaran setelah dirinya melakukan kesalahan.

“Ketika anak-anak melakukan kesalahan atau gagal dalam suatu hal, kemudian mengetahui cara melakukan tugas tersebut dengan benar, mereka pasti akan mendapatkan kepercayaan diri karena mereka merasa telah mencapai prestasi yang signifikan,” kata Dr. Scott Krugman, wakil ketua departemen pediatri di sebuah rumah sakit anak.

3. Anak Sehat dan Bahagia karena Merasakan Lebih Sedikit Kecemasan

“Anak-anak yang takut melakukan kesalahan atau takut gagal cenderung lebih khawatir, tidak mau mencoba pengalaman baru, dan berisiko lebih besar terkena gangguan kecemasan,” ujar psikolog Deborah Zlotnik, Ph.D.

Jika si Kecil diajari bahwa melakukan kesalahan tidak diperbolehkan, pada akhirnya ketika dia melakukan kesalahan, dia cenderung akan menyembunyikan kesalahannya karena menganggapnya memalukan. Hal ini bisa membuat si Kecil tumbuh menjadi anak yang kurang terbuka terhadap orang tuanya.

4. Anak Belajar untuk Menerima Konsekuensi

Dr. Scott mengatakan, “Anak-anak yang ‘terlalu dilindungi’ dan tidak pernah diijinkan melakukan kesalahan, tidak belajar bagaimana menerima konsekuensinya sehingga kedepannya tidak mengambil tindakan salah yang sama, lagi dan lagi."

Ini merupakan salah satu pelajaran hidup berharga yang harus diberikan pada anak di masa kanak-kanak. Deborah menjelaskan bahwa manfaat membiarkan anak melakukan kesalahan adalah dia jadi belajar bagaimana caranya untuk pulih dan menangani masalah tersebut secara berbeda di masa depan.

5. Anak Belajar Menangani Stres dan Kekecewaan

Saat anak menghadapi konsekuensi yang didapatkannya dari melakukan kesalahan, dia mungkin akan merasa stres dan kecewa. Namun, dengan merasakan hal tersebut, anak juga belajar dan menyadari bahwa dia sebenarnya mampu menangani stres dan kekecewaan yang dirasakannya.

“Dengan demikian, seiring waktu anak menjadi lebih bertanggung jawab dengan membuat pilihan yang lebih baik, menghindari konsekuensi negatif, dan mempelajari cara yang lebih adaptif untuk menangani kesalahan,” ucap Deborah.

Baca juga: Sudahkah Bunda Melatih Kemampuan Bahasa Si Kecil Lewat Cerita?

Apa yang Tidak Boleh Dilakukan Orang Tua?

Meski Bunda harus membiarkan anak melakukan kesalahan, tetapi jangan sampai membiarkan si Kecil sendirian untuk mengatasi kesalahannya tersebut. Bunda sebagai orang tua harus berada di samping anak untuk membantu mengatasi kekecewaannya.

Misalnya saja dengan membantunya membereskan kekacauan yang dibuatnya atau bertanya pada anak kira-kira apa yang sebaiknya dia lakukan.

Nathalie de Boisgrollier, seorang pelatih parenting, mengatakan bahwa hal yang juga tidak kalah penting dilakukan saat anak membuat kesalahan adalah ada saat dia meminta kehadiran Bunda dan membantunya menemukan solusi dari kesalahannya.

Membiarkan anak melakukan kesalahan tidak hanya memperkuat tekadnya, tetapi juga membangun kepercayaan diri orang tua. Psikolog keluarga Dr, Randy Cale bilang, dengan meyakinkan anak bahwa dia dapat menangani kehidupan, Bunda juga menjadi lebih percaya bahwa dia memang benar bisa melakukannya.

Agar tumbuh kembang anak dapat selalu optimal, Bunda juga tidak boleh lupa memberikan susu sebagai tambahan nutrisi terbaik untuk si Kecil, seperti susu pertumbuhan terfortifikasi SGM Eksplor 1+.

SGM Eksplor adalah satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™, kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C, untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi hingga 2x lipat. Dilengkapi dengan DHA, Minyak Ikan, Omega 3&6 serta nutrisi penting lainnya, bantu si Kecil tumbuh maksimal jadi generasi maju yang berpikir cepat dan berani.

Jika Bunda yang ingin mendapatkan akses ke beragam konten edukatif soal pemenuhan gizi anak di usia dini, langsung daftarkan diri di Klub Generasi Maju dan menjadi member agar bisa mendapatkan promo serta penawaran menarik seputar susu SGM.

Referensi:

  1. Price-Mitchell, PhD, Marilyn. (2018, 2 Agustus). Learning from Mistakes: Helping Kids See the Good Side of Getting Things Wrong. https://www.rootsofaction.com/learning-from-mistakes/
  2. Jones, Ashley. (2019, 18 Desember). It's Hard, But Your Kids *Seriously* Benefit When You Let Them Make Mistakes. https://www.romper.com/p/let-your-child-make-mistakes-for-these-7-benefits-experts-say-19454963
  3. De Robien, Mathilde. (2019, 12 Juli). Why you should stop doing so much for your teens and let them make mistakes. https://aleteia.org/2019/12/07/why-you-should-stop-doing-so-much-for-your-teens-and-let-them-make-mistakes/
  4. Psychologies. (2011, 11 Agustus). Let your child make mistakes. https://www.psychologies.co.uk/let-your-child-make-mistakes/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline