Facebook Pixel Code Perkembangan Anak Usia 2 Tahun, Sudah Bisa Apa?

Perkembangan Anak Usia 2 Tahun, Sudah Bisa Apa?

Perkembangan Anak Usia 2 Tahun, Sudah Bisa Apa?

Si Kecil sekarang sudah genap berusia 2 tahun, ya? Nah, tahukah Bunda bahwa saat si Kecil memasuki usia 2 tahun, saraf otaknya akan membentuk hubungan yang hampir tak terhitung jumlahnya? Hal inilah yang menjadi alasan mengapa si Kecil akan menunjukkan berbagai kemampuan baru yang tidak boleh Bunda dan Ayah lewatkan.

Selain memantau tonggak pencapaian anak di usia 2 tahun, Bunda juga perlu tahu apa saja stimulasi yang tepat untuk mendukung si Kecil bertumbuh kembang dengan optimal.

Yuk, ketahui selengkapnya di sini!

Macam-Macam Perkembangan Anak Usia 2 Tahun

Pada umumnya, tumbuh kembang anak 2 tahun ditandai dengan pertambahan tinggi dan berat badan juga peningkatan kemampuan kognitif, motorik, bahasa dan komunikasi, serta keterampilan sosial dan emosional.

Setiap aspek tumbuh kembang anak ini saling berpengaruh satu sama lain, lho! Jadi, sangat penting untuk Bunda terus memantau perkembangan si Kecil.

Lalu, anak 2 tahun pada umumnya sudah bisa apa dan berkembang dalam hal apa saja, ya? 

1. Tinggi dan Berat Anak Usia 2 Tahun

Penting untuk memantau perkembangan tinggi dan berat badan anak setiap tahun, termasuk usia 2 tahun ini. Sebab, tinggi dan berat badan adalah penanda status gizi anak apakah sudah sesuai usianya atau belum.

Nah, menurut Peraturan Kementerian Kesehatan tahun 2020, acuan berat dan tinggi badan anak usia 2 tahun adalah sebagai berikut: 

  • Anak laki-laki: 9,7 - 13,6 kg dengan tinggi badan sekitar 81,7 cm sampai 90,9 cm.

  • Anak perempuan: 9 - 13 kg dengan tinggi badan sekitar 80 cm sampai 89,6 cm.

Agar lebih yakin tumbuh kembang anak usia 2 tahun sudah sesuai dari segi fisiknya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDA) menyarankan Bunda rutin memeriksakan buah hati ke Posyandu atau dokter anak.

2. Keterampilan Motorik Anak Usia 2 Tahun

Selain dari segi fisik, ada berbagai perkembangan motorik anak yang bisa Bunda perhatikan. Umumnya, anak di usia 2 tahun sudah bisa melompat, menendang bola, berlari, memanjat, berusaha berdiri dengan satu kaki walau masih sering jatuh, hingga naik turun tangga meski masih harus didampingi orang dewasa. 

Lalu, dalam hal motorik halusnya, anak juga sudah bisa memegang krayon atau pensil dengan genggaman yang lebih mantap sehingga ia makin mahir membuat coretan dengan jelas, seperti membuat lingkaran dan garis bentuk horizontal, vertikal, ataupun diagonal. 

Tak hanya itu, si Kecil sudah bisa menyusun mainan balok lebih dari 4 tingkat. Hebat ya, Bun?

3. Keterampilan Kognitif Anak Usia 2 Tahun

Dari sisi kognitifnya, sekarang anak sudah bisa menata objek sesuai dengan warna atau bentuk yang ia miliki. Si Kecil juga mampu menamai objek dengan nama-nama yang tepat, seperti buku, mobil, atau boneka. 

Anak juga kerap bermain peran, seperti main masak-masakan, dokter-dokteran, atau bermain dengan boneka favoritnya. 

Selain itu, si Kecil sudah bisa mengikuti perintah sederhana yang diminta oleh Bunda dan Ayahnya. Sebagai contoh, mengambil buku, menyimpan di tempatnya, dan melepas sepatu.

Berbagai kemampuan-kemampuan tersebut termasuk dalam kemampuan kognitif si Kecil. Tapi, faktor sensorik juga memiliki peran dalam perkembangan anak 2 tahun ini. Sebab, perkembangan sensorik juga meliputi kemajuan dalam memperhatikan lingkungan sekitar.

4. Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia 2 Tahun

Pada rentang usia 2 tahun sampai 3 tahun nanti, kemandirian anak akan semakin meningkat, Bun. Anak sudah bisa melakukan beberapa hal sendiri, seperti memakai pakaian sendiri, mencuci tangan dan mengeringkannya, menyikat gigi sendiri meski seringkali dibantu oleh Bunda, dan menyebutkan nama temannya.

Di usia ini, si Kecil juga senang ketika punya teman untuk bermain. Tapi, mungkin interaksi antara si Kecil anak dengan anak lainnya tidak akan terlalu terlihat. Terkadang, ia mungkin akan cuek ketika bermain di tempat yang sama dengan anak kecil lainnya.

Meskipun begitu, bukan berarti fase ini tidak bisa Bunda perhatikan. Sebab, si Kecil yang berusia 2 tahun akan mulai meniru perilaku Bunda, Ayah, Kakak, dan anak-anak sepantarannya. Bisa dibilang, inilah waktu bagi si Kecil mencari jati dirinya!

Si Kecil pun sudah pintar memperlihatkan emosinya, seperti ia akan ikut sedih ketika melihat temannya menangis. Tak jarang bila anak usia 2 tahun sulit mengendalikan emosinya. 

Itu kenapa di fase inilah rata-rata anak juga mengalami tantrum. Dalam kondisi tertentu yang membuatnya tak nyaman, si Kecil mungkin akan kesulitan dalam mengatur emosinya sehingga ia mengekspresikan kondisi ini dengan menangis, bahkan hingga menggigit, menendang, atau menjerit-jerit. 

Hal ini biasanya terjadi karena anak belum bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya atau berusaha ingin menyampaikan apa yang ia rasakan hingga membuatnya frustrasi.

5. Keterampilan Bahasa dan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun

Terakhir, ada pula perkembangan bahasa dan komunikasi yang perlu Bunda perhatikan di usia 2 tahun ini. Adapun beberapa tanda tumbuh kembang anak usia 2 tahun yang mulai ditunjukkan adalah sebagai berikut:

  • Mampu mengikuti perintah sederhana (seperti mengambil barang).

  • Memahami kata dan menunjuk objek yang dimaksud.

  • Mampu membuat kalimat yang terdiri sampai 2-3 kata.

  • Mampu menggelengkan kepala bila diminta melakukan sesuatu.

Tips Mendukung Tumbuh Kembang Anak Usia 2 Tahun

Ada beberapa hal yang dapat Bunda lakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak usia 2 tahun. Misalnya:

1. Ajak Si Kecil Bermain

Bermain adalah salah satu stimulasi yang penting untuk tumbuh kembang anak, tak terkecuali di dua tahun pertama usia kehidupannya. Bunda bisa mengajaknya bermain balok susun. Coba hindari si Kecil dari kegiatan pasif, seperti menonton televisi atau bermain gadget terlalu lama. 

Selain untuk perkembangan motorik kasar dan halusnya, mengajaknya bermain juga bisa bantu mengasah perkembangan otak, meningkatkan kemampuan berbahasa, dan bahkan keterampilan sosial dan emosionalnya juga. 

Terlebih di usia ini, anak-anak sudah siap bersosialisasi, lebih bersemangat mencoba hal-hal baru, dan punya rasa ingin tahu yang besar untuk mengeksplorasi lebih banyak tentang dunia yang mereka lihat. Nah, melalui bermainlah anak-anak bisa belajar berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka. 

Dengan bermain, anak-anak juga punya kesempatan untuk belajar berinteraksi dan bergaul dengan anak-anak sebayanya. Anak-anak akan banyak belajar bagaimana caranya bergiliran menggunakan mainan. 

2. Latih Kemandirian Anak

Bunda ingin melatih kemandirian anak sejak dini? Coba pakaikan si Kecil pakaian berkancing atau baju yang terdapat pengaitnya. Langkah ini dapat membantu anak memakai pakaian sendiri. 

Agar anak tidak bosan, pilihkan pakaian berkancing seminggu 2-3 kali dengan ukuran kancing yang besar. Selain memakai baju sendiri, anak juga bisa dilatih memakai sepatu atau sandal sendiri, Bun. 

Hal yang paling penting adalah tetap dampingi si Kecil saat sedang memakai barang sendiri karena bisa saja ia menemukan kesulitan dan butuh bantuan. 

3. Beri Instruksi Sederhana

Mengarahkan anak dengan instruksi sederhana juga menjadi cara untuk menstimulasi perkembangan anak usia 2 tahun.

Bunda dan Ayah bisa memberi sederet instruksi sederhana yang mudah dipahami anak, misalnya mengembalikan mainan ke tempatnya, membuang sampah, atau menaruh pakaian kotor ke dalam keranjang.

4. Bacakan Buku Cerita

Membacakan buku cerita secara rutin bisa menjadi salah satu cara stimulasi keterampilan kognitif dan bahasa anak usia 2 tahun. 

Bunda dan Ayah bisa membacakan buku cerita bergambar ukuran besar yang berwarna-warni, buku dengan gambar yang muncul (fitur pop up) atau gambar 3 dimensi, serta buku dengan gambar ilustrasi yang bertekstur untuk menarik perhatian bayi.

Libatkan bayi dengan membiarkannya membolak-balikkan halaman buku yang sudah dibaca, atau menyentuh gambar timbul yang berilustrasi dalam buku. 

Sesekali, ajak ia mengobrol sejenak mengenai gambar-gambar di dalam buku. Misalnya, “Coba tunjuk mana ya yang namanya kambing? Suara kambing gimana, dik?” Pastikan Bunda membacakan cerita dengan suara dan mimik wajah yang dibuat seheboh mungkin agar menarik, ya.

5. Penuhi Kebutuhan Gizinya

Selain dari stimulasi, gizi juga berperan sangat penting untuk mendukung proses tumbuh kembang anak di periode emasnya. Jika kebutuhan gizi si Kecil di tiga tahun pertamanya tidak terpenuhi dengan baik, hal ini akan dapat membuat pertumbuhan dan perkembangannya terganggu dan dampaknya mungkin akan terlihat hingga ia dewasa. 

Oleh karena itu, Bunda perlu memastikan setiap makanan yang dikonsumsi Si Kecil mengandung nutrisi lengkap dan seimbang untuk memenuhi kebutuhan gizinya tetap seoptimal mungkin bahkan sampai si Kecil siap masuk sekolah nanti.

Bunda juga bisa melengkapi kebutuhan gizi si Kecil setiap hari dengan memberikan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti SGM Eksplor 1+.

Karena, susu SGM Eksplor 1+ merupakan satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™, kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C dengan perbandingan 1:2 untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi hingga 2x lipat. Dilengkapi juga dengan DHA, Minyak Ikan, Omega 3&6 serta nutrisi penting lainnya, bantu si Kecil tumbuh maksimal jadi generasi maju yang berpikir cepat dan berani.

Baca Juga: Resep Makanan untuk Anak Usia 2 Tahun yang Susah Makan

Tanda-Tanda Keterlambatan Perkembangan Anak

Nah, itulah tadi berbagai aspek perkembangan anak 2 tahun serta cara-cara yang bisa Bunda lakukan untuk mendukung tumbuh kembangnya. Bila tanda-tandanya muncul pada si Kecil, Bunda dan Ayah bisa bergembira akan kemajuan itu. 

Namun, kalau belum ada, jangan khawatir! Terus berikan stimulasi lewat kegiatan atau pendekatan tertentu, ya!

Apabila anak belum menunjukkan perkembangan telah disebutkan sebelumnya, jangan khawatir. Ini karena setiap anak memiliki laju pertumbuhan yang berbeda. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis tumbuh kembang anak.

Meski begitu, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter bila si Kecil menunjukkan tanda-tanda di bawah ini, untuk memastikan kesehatan tumbuh kembang anak:

  • Anak belum bisa menggunakan benda-benda yang umum dipakai, seperti sendok, garpu, sisir, atau telepon. 

  • Anak belum bisa meniru tindakan atau kata-kata. 

  • Anak belum mampu mengikuti instruksi sederhana. 

  • Anak belum mampu menggunakan dua kata atau lebih. 

  • Anak belum dapat berjalan dengan stabil.

  • Anak mengalami kehilangan keterampilan yang sebelumnya ia kuasai.

Baca Juga: Penyebab Anak 2 Tahun Belum Bisa Bicara dan Tips Stimulasinya

Ingin mencari inspirasi kegiatan yang seru untuk bantu anak belajar sebelum mulai masuk sekolah? Yuk, jangan lupa daftarkan diri Bunda di Klub Generasi Maju untuk dapatkan akses ke banyak fitur-fitur menarik lainnya. Gratis, lho! Tunggu apalagi? Daftar sekarang!

Sumber:

  1. Baby’s Brain Begins Now: Conception to Age 3. (2021). Urbanchildinstitute.org. http://www.urbanchildinstitute.org/why-0-3/baby-and-brain

  2. CDC. (2021, July 27). Important Milestones: Your Baby By Two Years. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-2yr.html

  3. Alli, Renee. (2017, May 12). Your Child at 2: Milestones. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/guide/child-at-2-milestones#1

  4. CDC. (2021, July 27). Important Milestones: Your Baby By Two Years. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-2yr.html

  5. Sensory Processing Development Chart - Kid Sense Child Development. (2011, May 6). Kid Sense Child Development. https://childdevelopment.com.au/resources/child-development-charts/sensory-processing-developmental-chart/

  6. Important Milestones: Your Baby By Two Years. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-2yr.html

  7. IDAI | Pentingnya Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (Bagian 1). (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1

  8. 2-Year-Old Child Development Milestones. (2022). Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/2-year-old-developmental-milestones-2631964#toc-how-to-keep-your-2-year-old-safe

  9. Kelly, J. (2014, November 13). Your 2-Year-Old’s Developmental Milestones. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/toddler-development/developmental-milestones.aspx

  10. 2-3 years: toddler development. (2022, December 15). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/toddlers/development/development-tracker-1-3-years/2-3-years

  11. Morin, A. (2019, October 16). Developmental milestones for 2-year-olds. Understood.org. https://www.understood.org/en/articles/developmental-milestones-for-typical-2-year-olds

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline