Facebook Pixel Code 15 Buah untuk Bayi 10 Bulan yang Bagus untuk Kesehatannya

15 Buah untuk Bayi 10 Bulan yang Bagus untuk Kesehatannya

15 Buah untuk Bayi 10 Bulan yang Bagus untuk Kesehatannya

 

Buah untuk bayi 10 bulan idealnya tinggi zat besi dan vitamin C karena bayi rentan alami kekurangan zat besi. Buah yang bagus untuk bayi juga harusnya tinggi protein dan omega-3.

Cek rekomendasinya di sini!

Buah Apa Saja yang Boleh untuk Bayi 10 Bulan?

Buah adalah opsi yang tepat untuk menu MPASI bayi 10 bulan karena kaya serat yang mudah dicerna dan mengandung variasi nutrisi penting. Ini dia rekomendasinya:

1. Alpukat 

Alpukat adalah sumber omega 3 (ALA) dan folat yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi, serta sejumlah mineral penting termasuk zat besi dan kalium

MPASI yang tinggi omega-3 bagus untuk mendukung perkembangan kognitif bayi karena omega-3 membantu bayi cepat belajar dan mengingat banyak hal baru.

Selain itu, alpukat bagus sebagai buah untuk bayi 10 bulan karena kaya serat dan vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, hingga zinc yang baik untuk sistem imun bayi. 

2. Kurma

Buah kurma bisa menjadi pilihan makanan tinggi zat besi untuk bayi 10 bulan. Jumlah zat besi dalam kurma sekitar 0,3 mg hingga 10,4 mg per 100 g.

Kurma juga mengandung vitamin C dan serat yang meningkatkan penyerapan zat besi untuk membantu mencegah risiko anemia defisiensi besi pada bayi. 

Namun, Bunda cukup berikan bayi satu buah kurma per hari karena kandungan gula kurma cukup tinggi.

3. Pisang 

Pisang bagus sebagai buah untuk bayi 10 bulan karena kaya akan kalium, folat, vitamin B6, vitamin C, protein, dan magnesium.

Nutrisi-nutrisi tersebut membantu memelihara kesehatan sistem saraf, kesehatan kulit, penyerapan zat besi, dan tekanan darah. 

Pisang juga tinggi serat sehingga bagus dijadikan camilan bayi 10 bulan untuk mencegah dan mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.

4. Melon

Bayi 10 bulan boleh makan melon, karena buah ini mengandung folat dan vitamin C. Folat adalah vitamin B yang membantu tubuh dan otak bayi berkembang dengan baik.

Bayi juga membutuhkan folat untuk membuat sel darah merah. Jadi jika si Kecil kekurangan folat, ia bisa lebih mudah mengalami anemia.

Sementara itu, vitamin C dalam melon berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu memaksimalkan penyerapan zat besi dari sumber makanan lainnya.

Baca Juga: Panduan MPASI Bayi 10 Bulan, Aturan dan Menu Makanannya

5. Buah Naga

Buah naga bagus untuk bayi 10 bulan karena mengandung zat besi dan vitamin C.

Buah naga juga mengandung cukup banyak antioksidan dan karoten untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh, hingga kalsium, vitamin B, yang penting untuk tumbuh kembang bayi.

6. Mangga

Mangga direkomendasikan karena punya kandungan karbohidrat, serat, dan kandungan air yang tinggi. Buah ini juga kaya vitamin A, B6, C, E, K, kalium, folat, dan antioksidan. 

Nutrisi yang terkandung dalam mangga pun membantu menjaga kesehatan pencernaan, mata, dan sistem imun si Kecil. 

7. Apel 

Apel populer sebagai pilihan buah untuk bayi 10 bulan. Tidak cuma rasanya yang enak, apel juga cukup awet saat disimpan. 

Apel punya banyak serat, vitamin C, vitamin B6, dan antioksidan yang mampu mendukung perkembangan bayi. 

Apel merah memiliki antioksidan bernama anthocyanins yang baik bagi kesehatan jantung dan pencernaan.

Baca Juga: Si Kecil Suka Pilih-Pilih Makanan? Yuk, Lakukan Ini, Bun!

8. Pir 

Pir adalah sumber provitamin A, vitamin C, asam folat, dan riboflavin yang baik.

Selain itu, buah pir mengandung lebih banyak mineral dibandingkan apel, termasuk kalsium, zat besi, yodium, kalium, tembaga, magnesium, fosfor, dan selenium.

Serat dari buah pir yang cukup tinggi juga baik untuk mengatasi sembelit pada bayi MPASI.

Ditambah lagi, pir mengandung zinc dan kalium untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil.

9. Stroberi 

Stroberi diperkaya dengan vitamin C yang memperkuat sistem imun dan membantu penyerapan zat besi dari sumber makanan nabati.

Buah untuk bayi 10 bulan ini juga mengandung serat, yang meningkatkan kesehatan usus, serta folat yang menjadi energi untuk sel-sel otak.

Pilih stroberi matang yang empuk dan berukuran besar, ya, karena rasanya manis dan  tidak membuat bayi tersedak. Stroberi yang berukuran kecil lebih baik diiris tipis atau dibuat puree. 

10. Jambu Biji

Jambu adalah buah dengan kandungan vitamin C dan protein nabati yang paling banyak.

Per 100 gram jambu biji terdapat hampir 3 gram protein dan vitamin C yang hampir mencapai 300 mg untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi.

Jambu biji juga tinggi serat, vitamin B6, E, C, folat, kalium, dan asam lemak omega 3 yang penting untuk perkembangan kognitifnya.

Baca Juga: Daftar Kebutuhan Vitamin Bayi 10 Bulan dan Manfaatnya

11. Kiwi 

Selain jambu, kiwi juga sangat direkomendasikan sebagai buah untuk bayi 10 bulan karena sama-sama tinggi protein nabati. Per 200 gram kiwi bisa hampi mengandung 1,5 hingga 2 gram protein.

Kiwi mempunyai nutrisi penting lain bagi pertumbuhan awal si Kecil, seperti serat, vitamin C, dan E. 

12. Pepaya 

Bayi 10 bulan boleh makan pepaya, karena buah ini mengandung vitamin A dan C, yang merupakan nutrisi penting bagi mata, kulit, dan sistem imun si Kecil. 

Pepaya juga mengandung vitamin B untuk asupan energi, vitamin E agar sel kuat, dan serat untuk kesehatan pencernaan.

13. Nangka 

Per 100 gram nangka potong terdapat 2 gram protein, juga 13,7 mg vitamin C. Biji nangka juga tinggi protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, dan vitamin B1.

Bila bayi susah makan buah, coba perkenalkan nangka karena buah ini punya rasa manis yang pasti si Kecil suka.

Sajikan nangka dengan cara dipotong-potong atau disuwir agar mudah dikunyah bayi. Biji nangka bisa Bunda rebus atau kukus, lalu dihaluskan menjadi bahan MPASI.

14. Nanas 

Nanas adalah sumber karbohidrat, vitamin B6 dan C, folat, dan serat untuk membantu meningkatkan energi dan penyerapan zat besi, juga menjaga pencernaan dan sistem imun bayi.

15. Semangka

Buah untuk bayi 10 bulan selanjutnya adalah semangka, karena merupakan sumber vitamin C dan sumber vitamin A yang bagus.

Memberi bayi makan semangka membantu tubuhnya tetap terhidrasi, meningkatkan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh, serta meningkatkan ketajaman penglihatan.

Bila Bunda membutuhkan referensi menu MPASI bayi dengan olahan buah-buahan ini, yuk dapatkan kompilasi resep-resepnya di Panduan MPASI! 

Ingat juga untuk selalu perhatikan reaksi si Kecil setiap kali diberikan makanan baru, ya, Bun, termasuk waspadai reaksi alergi yang mungkin terjadi.

Bunda juga bisa bertanya langsung pada Sahabat Bunda Generasi Maju secara gratis jika punya pertanyaan atau kekhawatiran mengenai pola makan atau kebutuhan gizi bayi.

 

Referensi:

  1. BabyCenter. “The 10 Best Foods for Babies.” BabyCenter, www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/the-10-best-foods-for-babies_10320505.

  2. Camila Lama, MS, PhD, CNC, CPT, Siddhi . “Omega-3 Showdown: Avocado vs. Salmon.” LIVESTRONG.COM, www.livestrong.com/article/429215-avocado-vs-salmon-for-omega-3-levels/. Accessed 27 Feb. 2024.

  3. Cerami, Carla. “Iron Nutriture of the Fetus, Neonate, Infant, and Child.” Annals of Nutrition and Metabolism, vol. 71, no. Suppl. 3, 2017, pp. 8–14, www.karger.com/Article/Fulltext/481447#:~:text=Iron%20is%20a%20key%20nutrient, https://doi.org/10.1159/000481447.

  4. IDAI. “Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).” Www.idai.or.id, 10 Oct. 2018, www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi.

  5. Link, Rachael. “Should Kids Take Omega-3 Supplements?” Healthline, Healthline Media, 9 Oct. 2019, www.healthline.com/nutrition/omega-3-for-kids.

  6. NHS. “What to Feed around 6 Months - Start for Life.” Nhs.uk, 13 June 2023, www.nhs.uk/start-for-life/baby/weaning/what-to-feed-your-baby/from-around-6-months/#food-groups. Accessed 27 Feb. 2024.

  7. Sherwood, Alison. “Fruits with the Most Protein.” WebMD, 1 Dec. 2022, www.webmd.com/diet/ss/slideshow-fruits-with-most-protein.

  8. Solid Starts. “Avocados for Babies - First Food for Baby.” Solid Starts, solidstarts.com/foods/avocado/.

  9. ---. “Bananas for Babies - First Foods for Baby.” Solid Starts, solidstarts.com/foods/banana/.

  10. ---. “Can Babies Eat Apples - Solid Starts.” Solidstarts.com, solidstarts.com/foods/apple/. Accessed 27 Feb. 2024.

  11. ---. “Can Babies Eat Pineapple? - First Foods - Solid Starts.” Solidstarts.com, solidstarts.com/foods/pineapple/. Accessed 27 Feb. 2024.

  12. ---. “Dragon Fruit (Pitaya) for Babies - First Foods for Baby.” Solid Starts, solidstarts.com/foods/dragon-fruit-pitaya/.

  13. ---. “Guava (Firm) for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts.” Solidstarts.com, solidstarts.com/foods/guava-firm/. Accessed 27 Feb. 2024.

  14. ---. “Honeydew Melon - First Foods for Baby - Solid Starts.” Solidstarts.com, solidstarts.com/foods/honeydew-melon/. Accessed 27 Feb. 2024.

  15. ---. “How to Prepare Pear for Babies - First Foods - Solid Starts.” Solidstarts.com, solidstarts.com/foods/pear/.

  16. ---. “Jackfruit for Babies - First Foods for Babies - Solid Starts.” Solidstarts.com, solidstarts.com/foods/jackfruit/. Accessed 27 Feb. 2024.

  17. ---. “Kiwi for Babies - Can Babies Eat Kiwi? - Solid Starts.” Solidstarts.com, solidstarts.com/foods/kiwi/. Accessed 27 Feb. 2024.

  18. ---. “Mango for Babies - Can Babies Eat Mangoes? - Solid Starts.” Solidstarts.com, solidstarts.com/foods/mango/. Accessed 27 Feb. 2024.

  19. ---. “Papaya for Babies - First Food for Babies - Solid Starts.” Solidstarts.com, solidstarts.com/foods/papaya/. Accessed 27 Feb. 2024.

  20. ---. “Strawberries for Babies - First Foods for Baby.” Solid Starts, solidstarts.com/foods/strawberry/.

  21. ---. “Watermelon for Babies - First Foods for Baby.” Solid Starts, solidstarts.com/foods/watermelon/.

  22. ---. “When Can Babies Eat Raspberries - First Foods - Solid Starts.” Solidstarts.com, solidstarts.com/foods/raspberry/. Accessed 27 Feb. 2024.

  23. Whitbread, Daisy. “Fruits and Vegetables High in Iron.” Myfooddata, My Food Data, 19 Nov. 2010, www.myfooddata.com/articles/fruits-and-vegetables-high-in-iron.php.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline