Facebook Pixel Code 15 Camilan Bayi 11 Bulan yang Enak dan Bergizi

15 Camilan Bayi 11 Bulan yang Enak dan Bergizi

15 Camilan Bayi 11 Bulan yang Enak dan Bergizi

 

Bunda sedang mood untuk berkreasi di dapur? Yuk, buat camilan bayi 11 bulan kaya nutrisi! Eksplorasi selera si Kecil, dengan mempraktikkan beberapa ide menu di bawah ini.

Camilan Bayi 11 Bulan yang Bergizi Tinggi

Jangan cepat puas membuat camilan yang itu-itu saja buat si Kecil. Mari bersama-sama membuat camilan bayi 11 bulan ini:

1. Puree Pisang dan Alpukat

Camilan satu ini cocok untuk Bunda yang sedang buru-buru. Simpel tapi kaya serat, vitamin A, C, lemak sehat, dan antioksidan. 

Cacah satu buah pisang matang dan setengah buah alpukat mentega. Tidak perlu terlalu lembut karena bayi 11 bulan perlu makanan bertekstur.

Puree pisang dan alpukat pun siap disajikan.

2. Bola-Bola Salmon dan Bayam

Rebus bayam sebentar dan kukus salmon di panci terpisah. Campurkan keduanya di mangkuk lalu haluskan dengan garpu. 

Tambahkan secukupnya bubuk bawang putih, kecap ikan, dan kecap asin. Tambahkan tepung terigu dan telur. Bentuk menjadi bola-bola dan goreng hingga kecoklatan.

Camilan lezat nan gurih satu ini, siap diberikan pada bayi 11 bulan.

3. Telur Orak-Arik Tomat dan Keju

Kocok lepas satu butir telur. Masukkan setengah buah tomat yang telah dipotong kecil-kecil dan 1 sdm keju parut.

Goreng menjadi telur orak-arik dan menu satu ini siap disajikan sebagai menu camilan bayi 11 bulan. Mudah, Bun!

4. Smoothie Bayam dan Mangga

Smoothie ini simpel tapi jadi makanan kaya zat besi, vitamin C, serat, dan banyak nutrisi berkualitas lainnya.

Bunda hanya perlu blender 1/2 cangkir bayam yang telah direbus dan setengah buah mangga. Tanpa gula tambahan, sajikan pada si Kecil di gelas kesayangannya.

Baca Juga: Pilihan Makanan dan Tips MPASI untuk Bayi 11 Bulan

5. Bola Tahu dan Bayam

Haluskan satu kotak tahu besar dengan garpu, campurkan dengan bayam yang telah direbus sebentar. Beri bumbu berupa kecap asin, kecap ikan, dan bubuk bawang putih.

Campurkan dengan sedikit tepung terigu lalu pecahkan satu telur ke dalamnya. Aduk rata. Bentuk menjadi bola-bola lalu goreng hingga kecoklatan.

6. Pancake Mangga

Campurkan 170 ml susu dengan 1 butir telur, 1 sdm minyak sayur,1/4 sdt vanili cair, 1/4 sdt baking powder, dan 1/4 sdt soda kue. Aduk adonan hingga merata.

Di wadah lain, haluskan setengah buah mangga dengan chopper atau blender hingga menjadi pasta. Campur dengan adonan lalu goreng di teflon anti-lengket.

Rasanya yang manis dan lembut siap bikin si Kecil ketagihan, Bun!

7. Bubur Sumsum Saus Kurma

Campurkan 6 sdm tepung beras dan 2 sdm santan instan. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Tambahkan daun pandan. Masak di atas api sedang, 3-5 menit.

Untuk membuat saus kurma, rendam kurma dengan air panas lalu haluskan dengan sendok. Saring lalu siap disajikan bersama bubur sumsum sebagai camilan bayi 11 bulan. 

8. Setup Roti Pisang

Potong 10 lembar roti tawar menjadi kotak-kotak kecil. Lalu potong tipis-tipis 2 buah pisang. Tata di dalam cetakan yang telah diolesi margarin secara berurutan roti lalu pisang.

Dalam wadah lain, masukkan tepung maizena, 2 telur, dan 1 bungkus santan, aduk hingga rata. Tuang air perlahan. Masukkan adonan ke cetakan, kukus sampai matang.

9. Yogurt Topping Kiwi & Jeruk

Kiwi menawarkan nutrisi luar biasa. Mulai dari serat larut dan tak larut, serta vitamin C juga E dalam jumlah cukup, yang siap mendukung kekebalan tubuh dan fungsi organ bayi. 

Sedangkan jeruk juga menyumbang vitamin C dalam kadar tinggi. Bayi 11 bulan mungkin menolak awalnya, karena rasanya yang asam. Namun tetap coba berikan secara berkala.

10. Bola-bola Ikan

Ikan buat bayi, sangat bagus karena kaya protein, zat besi, juga omega 3. Kukus ikan apapun, boleh salmon, tuna, atau ikan kembung.  Di panci lain, rebus 2 butir kentang hingga empuk.

Kemudian, hancurkan kentang rebus dan ikan di wadah yang sama, campurkan sedikit kecap asin sebagai perasa. Bentuk menjadi bola-bola dan sajikan untuk si Kecil.

Baca Juga: Si Kecil Suka Pilih-Pilih Makanan? Yuk, Lakukan Ini, Bun!

11. Puding Mangga

Di dalam panci berisi 150 ml air, masukkan bubuk agar-agar tawar. Aduk sampai mendidih lalu matikan kompor. Di cetakan, masukkan potongan buah mangga. Tuangkan agar-agar di cetakan hingga mengeras.

Mangga mengandung serat dan karbohidrat, selain jadi buah kaya vitamin A, B6, C, E, dan K. Mangga juga mengandung kalium, folat, dan berbagai antioksidan. Sangat sehat sebagai camilan bayi 11 bulan. 

12. Apel Kukus

Simpel dan sat-set. Bila apel biasa terlalu keras untuk bayi 11 bulan, maka berikan dalam kondisi sudah dikukus.

Apel kukus lebih mudah dikunyah si Kecil, namun masih tetap bertekstur.

13. Bola-bola Ubi Ungu

Menu ini juga tidak kalah mudah dibuat. Kupas ubi ungu secukupnya lalu potong-potong dan kukus.

Setelah empuk, masukkan ke wadah dan hancurkan dengan sendok. Bentuk menjadi bola-bola atau kotak, sesuai selera Bunda. Beri topping parutan keju sebelum disajikan untuk si Kecil.

14. Puree Buah Naga dan Biskuit

Buah naga mengandung karbohidrat untuk sumber energi,  serat untuk kesehatan pencernaan, vitamin C dan K untuk penyerapan zat besi, serta antioksidan untuk menjaga sel-sel yang sehat.

Hancurkan satu atau setengah buah naga dengan garpu di dalam mangkok. Campurkan dengan remahan biskuit favorit si Kecil. Siap disajikan!

15. Lemet Jagung

Rebus atau kukus 1 buah jagung hingga matang lalu pipil. Campurkan jagung dengan santan lalu blender. Step selanjutnya, saring dan campur dengan tepung beras lalu aduk rata.

Bungkus pakai daun pisang, kukus sekitar 15 menit. Lemet jagung siap disajikan! 

Baca Juga: 8 Jenis Sayuran yang Baik untuk MPASI Bayi 6-12 Bulan

Bayi 11 Bulan Boleh Makan Snack Berapa Kali?

Meski Bunda sedang semangat membuat camilan bayi 11 bulan, tetap pertimbangkan porsinya. Dibutuhkan kandungan MPASI bayi 11 bulan sebanyak 300 kilo kalori/harinya.

Seiring bertambahnya usia, si Kecil memerlukan lebih banyak makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan energi. Namun, bukan berarti bayi sudah tidak perlu susu lagi.

Karena bayi 11 bulan butuh lebih banyak energi, Bunda bisa meningkatkan pemberian MPASI menjadi 3-4 kali sehari.

Satu kali makan kira-kira porsinya setengah mangkuk berukuran 250 ml. Di antara jadwal makanan utama, Bunda bisa memberikan 1-2 kali camilan.

Kalau Bunda kebetulan sedang kehabisan ide untuk sajikan menu MPASI buat si Kecil, langsung cek Panduan MPASI, untuk mendapatkan banyak sekali inspirasi makanan berkualitas!

 

Referensi:

1. IDAI | Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (2018). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi

2. Kiwi for Babies - Can Babies Eat Kiwi? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/kiwi/

3. Dragon Fruit (Pitaya) for Babies - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/dragon-fruit-pitaya/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut