Facebook Pixel Code 12 Penyebab Bayi 11 Bulan Susah Makan dan Cara Mengatasinya

12 Penyebab Bayi 11 Bulan Susah Makan dan Cara Mengatasinya

12 Penyebab Bayi 11 Bulan Susah Makan dan Cara Mengatasinya

 

Bayi 11 bulan susah makan wajar membuat Bunda khawatir karena takut berpengaruh pada asupan nutrisi dan berat badan si Kecil jika berlarut-larut. Cari tahu penyebabnya dan cara mengatasinya, yuk!

Penyebab Bayi 11 Bulan Susah Makan

Momen bayi susah makan itu wajar karena ia masih belajar menerima berbagai macam makanan baru. Berikut berbagai penyebab bayi susah makan yang perlu Bunda ketahui:

1. Masih Merasa Kenyang

Bayi memiliki perut kecil yang cepat terisi, sehingga sering kali bayi merasa kenyang setelah menyusu atau minum air putih.

Ketika bayi merasa kenyang dengan cairan saja, maka asupan nutrisi yang seharusnya ia terima dari makanan padat bisa terganggu. 

2. Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi sering kali jadi alasan bayi 11 bulan susah makan. Penelitian menunjukkan bahwa susah makan lebih umum terjadi saat gigi taring tumbuh.

Alasannya karena proses keluarnya gigi ke permukaan gizi bisa membuat mulut terasa nyeri dan gatal, tidak nyaman untuk dibuat mengunyah makanan. 

3. Adanya Gangguan saat Makan

Bayi memiliki rentang perhatian yang pendek, yang berarti perhatiannya mudah teralihkan oleh hal-hal di sekitarnya, Bun.

Oleh karena itu, penting untuk menerapkan aturan-aturan makan (feeding rules) yang tepat ketika waktu makan tiba.

Sebaiknya, lingkungan sekitar saat memberi makan bayi terbebas dari segala macam distraksi, seperti televisi atau gadget, agar bayi fokus untuk makan.

4. Pilih-pilih Makanan

Bayi mungkin memiliki preferensi tertentu terhadap makanan atau cenderung sensitif pada aroma dan rasa makanan yang tidak disukainya.

Nah, kondisi pilih-pilih makanan atau picky eater ini dapat menjadi penyebab bayi 11 bulan susah makan.

Beberapa bayi mungkin lebih suka makanan dengan rasa manis atau tekstur tertentu. Sementara yang lain mungkin tidak suka makanan yang memiliki aroma atau rasa yang kuat. 

5. Menganggap Makanan Sebagai Mainan

Ketika bayi melihat makanan dengan warna, ukuran, dan tekstur yang berbeda, ia mungkin menganggapnya sebagai mainan daripada sebagai makanan.

Bayi usia 11 bulan masih dalam tahap eksplorasi terhadap dunia sekitarnya, sehingga melihat makanan yang berwarna-warni jadi hal yang baru dan menyenangkan bagi si Kecil. 

Baca Juga: Rekomendasi Makanan dan Tips Pemberian MPASI Bayi Usia 11 Bulan

6. Growth Spurt Berakhir

Bayi susah makan juga bisa disebabkan oleh periode growth spurt atau percepatan pertumbuhan yang sudah berakhir. 

Ketika bayi sedang mengalami growth spurt, nafsu makannya cenderung meningkat. 

Namun, setelah periode tersebut berakhir, nafsu makan bayi kemungkinan akan menurun secara alami.

7. Perubahan Aktivitas

Tingkat aktivitas bayi juga bisa memengaruhi nafsu makannya, lho, Bun!

Bayi yang aktif cenderung makan lebih banyak karena ia menggunakan lebih banyak energi dalam aktivitas fisiknya.

Di sisi lain, pada hari-hari ketika bayi tidak begitu aktif atau lebih banyak beristirahat, nafsu makannya mungkin akan berkurang.  

8. Sembelit

Saat bayi beralih dari ASI ke makanan padat, kebiasaan buang air besarnya pun bisa berubah.

Ini karena sistem pencernaannya harus menyesuaikan dengan jenis makanan baru yang masuk ke dalam tubuhnya. 

Nah, sembelit inilah yang bisa jadi penyebab bayi 11 bulan susah makan sementara.

9. Terlalu Dipaksa untuk Makan

Apakah Bunda terlalu memaksa bayi untuk makan atau memarahi si Kecil karena terus-menerus memainkan makanannya?

Jika iya, tekanan ini bisa juga, lho, membuat bayi 11 susah makan. Tekanan berlebihan bisa membuatnya cemas dan mengganggu proses belajar makannya.

Jadi, Bunda lebih baik bersabar dan selalu ingat bahwa proses makan adalah hal yang baru bagi bayi. 

10. Bayi Merasa Lelah

Bayi susah makan bisa jadi karena ia mungkin kelelahan dan ingin tidur.

Oleh karena itu, Bunda bisa memberi makan pada bayi ketika sudah tidur siang atau dalam kondisi tidak mengantuk. 

Memberi makan pada saat yang tepat bisa membuat bayi lebih antusias dan menerima makanannya dengan baik.

11. Bosan dengan Menu Makanan

Pada dasarnya, si Kecil memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ia ingin mengeksplorasi dan mencoba makanan baru dengan tekstur MPASInya, rasa, dan aroma yang berbeda. 

Jika makanan yang diberikan itu-itu saja, ia bisa saja bosan. Inilah mengapa penting untuk memberikan variasi dalam makanannya.

12. Sedang Sakit

Seperti halnya orang dewasa, bayi juga susah makan saat mereka sakit, Bun.

Saat mengalami sakit, bayi mungkin merasa tidak nyaman atau bahkan sakit saat menelan atau mengunyah makanan. Jika kondisinya sudah membaik, nafsu makannya nanti akan turut membaik.

Cara Mengatasi Bayi 11 Bulan yang Susah Makan

Bayi susah makan memang bisa menjadi tantangan bagi Bunda. Namun, jangan khawatir, Bun. Berikut adalah beberapa cara mengatasi si Kecil yang sedang susah makan:

1. Sajikan Makanan dengan Menarik

Bayi 11 bulan sering kali lebih suka makan makanan yang penyajiannya menarik, Bun. Karena itu, Bunda bisa membuat variasi makanan untuk bayi 11 bulan yang susah makan.

Misalnya, nasi dibentuk menggunakan cetakan beruang, atau membuat wortel yang dipotong menjadi bentuk bunga. Yuk, cek lebih banyak ide resep MPASI yang enak dan bergizi di Panduan MPASI Gratis!

2. Tawarkan Penambah Nafsu Makan

Jika anak susah makan nasi, coba tawarkan makanan penambah nafsu makan dari olahan olahan susu (seperti yogurt), alpukat, ikan, atau minyak ikan.

Susu, alpukat, dan minyak ikan mengandung omega-3 yang menyebabkan peningkatan sensasi lapar dan memicu keinginan makan makanan berkarbohidrat seperti nasi.

Tawarkan juga makanan dari olahan daging sapi, telur, bayam, kacang-kacangan karena tinggi zat besi dan zinc. Penelitian membuktikan, zinc dan zat besi berdampak positif terhadap nafsu makan anak.

3. Berikan Camilan Enak

Jika bayi menolak makan makanan utama, Bunda dapat menyiapkan camilan sehat yang mengenyangkan, seperti makaroni panggang atau sandwich isi daging agar si Kecil doyan makan.

Tawarkan juga camilan mengandung vitamin C seperti es krim dari air perasan jeruk murni atau puding jeruk.

Vitamin C adalah salah satu vitamin terpenting untuk meningkatkan nafsu makan si Kecil karena dapat bantu menyerap zat besi dari makanan yang dimakannya.

4. Beri Makan dalam Porsi Lebih Kecil

Bayi 11 bulan akan terus susah makan jika selalu diberikan makanan pada satu waktu dalam jumlah yang sama.

Ini karena bayi memiliki perut yang kecil dan mudah terisi. Oleh karena itu, berikan makanan dalam porsi kecil tapi sering agar bayi tidak merasa terbebani.

5. Jangan Memaksa Bayi untuk Makan

Memaksa bayi untuk makan hanya akan membuatnya stres. Hal ini juga memungkinkan munculnya persepsi negatif tentang waktu makan dalam pikiran si Kecil, Bun.

Jadi, memaksakan bayi untuk menghabiskan makanannya sebaiknya dihindari. Bayi tentunya lebih tahu kapan ia merasa kenyang.

6. Pantau Nafsu Makan Bayi

Terkadang, momen susah makan hanya terjadi selama beberapa hari saja. Namun jika kondisi ini berlangsung selama seminggu atau lebih, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Sebab, ini bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan pada si Kecil.

7. Hindari Mengiming-imingi dengan Hadiah

Memberikan iming-iming hadiah untuk mendorongnya makan memang terlihat ampuh, karena si Kecil jadi mau makan.

Akan tetapi, sebenarnya cara ini tidak efektif karena bayi justru terbiasa makan karena ingin hadiah, bukan karena lapar dan ingin tumbuh besar jadi anak sehat.

Baca Juga: 8 Nutrisi Penting untuk Dukung Periode Emas Anak

8. Biarkan Bayi Main dengan Makanannya

Dari yang sebelumnya disuapi, sekarang cobalah untuk memberikan kesempatan si Kecil untuk makan sendiri.

Biarkan bayi bermain-main dengan makanannya, namun pastikan ia tetap mengonsumsinya di sela-sela waktu bermain. 

Nah, itu dia berbagai penyebab dan cara mengatasi bayi 11 bulan susah makan. Yang terpenting, selama berat badan dan kesehatan bayi tetap dalam kondisi normal, Bunda tidak perlu terlalu khawatir. 

Referensi:

  1. WebMD. (2022). Baby Feeding Problems. WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-feeding-problems

  2. Kumar, K. (2022, May 17). What Should I Do if My Baby Doesn’t Want to Eat? MedicineNet; MedicineNet. https://www.medicinenet.com/what_should_i_do_if_my_baby_doesnt_want_to_eat/article.htm

  3. WebMD. (2010, June 20). Why Won’t Baby Eat? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/why-wont-baby-eat

  4. Castle, J. (2023, October 22). The Most Common Reasons Your Baby Refuses to Eat. The Nourished Child. https://thenourishedchild.com/baby-refuses-to-eat/

  5. Baby Doesn’t Want to Eat? Painless Tips and Tricks. (2014). Flo.health. https://flo.health/being-a-mom/your-baby/baby-care-and-feeding/if-baby-does-not-want-to-eat

  6. Swati Patwal. (2021, April 12). 11 Reasons Why Baby Refuses To Eat And How To Help Them. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/baby-refusing-to-eat-reasons-tips-to-help_00724399/

     

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut