Nutrisi Penting dalam Ikan untuk Dukung Kecerdasan Buah Hati

Nutrisi Penting dalam Ikan untuk Dukung Kecerdasan Buah Hati

Nutrisi Penting dalam Ikan untuk Dukung Kecerdasan Buah Hati

Ikan termasuk salah satu asupan hewani dengan kualitas baik, untuk mendukung pertumbuhan fisik, otak, dan kesehatan anak. Manfaat ikan bagi buah hati bersumber dari kandungan nutrisi dalam sajian ikan. Tahukah Bunda apa saja kandungan gizi yang ada di dalamnya? Yuk, cek berikut ini:

  1. Protein

Ikan adalah salah satu sumber makanan dengan protein hewani dengan kualitas yang baik. Ini karena kandungan proteinnya dan mengandung lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan jenis protein hewani lainnya. Kandungan protein ikan biasanya bervariasi sesuai jenis ikan yang disajikan, misalnya 170 gram salmon mengandung hingga 34 gram protein dan tuna memiliki hingga 50 gram protein.

Komposisi asam amino protein ikan juga lebih lengkap dibanding dengan bahan makanan lain, salah satunya taurin, yang bekerja aktif untuk stimulus sel-sel otak anak.

Manfaat ikan bagi buah hati dari segi protein untuk mendukung pertumbuhannya. Komponen protein sangat penting untuk mendukung perkembangan otak, sistem imun tubuh, dan juga seluruh struktur tubuh, termasuk otot, kolagen, dan rambut.

  1. Lemak

Ikan mengandung asam lemak esensial yang sifatnya tidak jenuh yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol. Beberapa jenis ikan laut seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel mengandung asam lemak jenis asam lemak Omega 3, yaitu EPA, dan DHA.

Anak-anak membutuhkan DHA untuk pertumbuhan dan perkembangan kesehatan dan otak, bahkan sejak dalam masa kandungan. EPA penting untuk meredakan radang di dalam tubuh. Kombinasi dua jenis Omega 3 ini dapat menunjang keseluruhan kesehatan anak, termasuk mencegah serangkaian penyakit. Anak dianjurkan mendapatkan menu ikan, seperti ikan kembung, sarden, dan tuna minimal dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan kebaikan DHA & EPA dari ikan.

  1. Vitamin

Manfaat ikan bagi bagi dari segi vitamin antara lain:

  • Vitamin A

Beberapa ikan mengandung vitamin A atau retinol, yaitu jenis vitamin yang bisa larut dalam lemak yang bisa menjaga kesehatan jaringan tubuh, kesehatan mata dan kulit, serta mencegah penurunan sistem imunitas tubuh.

  • Vitamin B

Vitamin B6 dan B12 memiliki fungsi yang penting pada kecerdasan otak anak, termasuk membantu metabolisme asam amino dan lemak, serta mencegah anemia dan kerusakan syarat. Selain itu, vitamin B6 dan vitamin B12 bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah penyakit kardiovaskular.

  • Vitamin D

Tanpa vitamin D, vitamin D alami dari sinar matahari tidak bisa diolah secara sempurna demi kesehatan tulang anak. Salmon, makarel, dan sarden adalah contoh ikan dengan kandungan vitamin D yang bisa mencegah defisiensi sekaligus menjaga kesehatan tulang.

  1. Mineral

Mineral yang tak kalah pentingnya antara lain adalah:

  • Kalsium

Kalsium bukan saja penting untuk kekuatan gigi dan tulang, tetapi juga membantu kinerja sinyal sel- sel dalam tubuh. Fungsi sel yang baik dan impuls saraf yang bekerja maksimal, semuanya bisa didapatkan dalam sajian ikan, termasuk kepiting dan udang.

  • Magnesium

Magnesium bekerja sama dengan kalsium untuk pembentukan tulang yang kuat. Selain itu, magnesium menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes tipe 2, dan menjaga fungsi otot.

  • Zat Besi

Ikan mengandung zat besi yang mudah diserap oleh tubuh manusia dan bisa mengurangi risiko anemia.

  • Selenium

Beberapa manfaat selenium di antaranya adalah mencegah kerusakan DNA akibat radiasi atau bahan/zat kimia. Selenium juga sumber antioksidan yang baik sekaligus membantu produksinya di dalam tubuh.

Artikel Lainnya di Tahapan Bayi 7 - 12 bulan

Mengolah Ikan untuk Menu Buah ...

Dalam mengolah resep ikan untuk anak, bukan saja harus jeli memilih jenis ikan yang baik, tetapi...

Cara Cerdas Tumbuhkan Kreativitas Buah ...

Kreativitas diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk terus menerus melakukan inovasi untuk...

Resep MPASI: Bubur Biskuit Alpukat

Alpukat adalah pilihan makanan solid pertama yang ideal untuk buah hati. Teksturnya lembut dan...

Resep MPASI: Kaldu Gurih & Pisang

Pisang adalah salah satu buah favorit untuk resep MPASI karena praktis dan rasanya manis. Bubur...

Tips MPASI: Praktis Membuat Kaldu ...

Kaldu alias sari tulang, daging, atau sayuran yang direbus sangat esensial sebagai bahan dalam...

Inspirasi Menu MPASI dengan Bahan ...

Selain enak, manis, dan mudah didapatkan, pisang juga sangat baik untuk kesehatan buah hati. Tidak...

Artikel Terpopuler

Tahapan Tumbuh Kembang Anak

Baca Selengkapnya >

Bun, Ini Penyebab Bayi ...

Baca Selengkapnya >

MPASI untuk Rangsang Pertumbuhan ...

Baca Selengkapnya >

Resep MPASI: Bubur Beras ...

Baca Selengkapnya >

Tips Aktivitas untuk Mendukung ...

Baca Selengkapnya >