Facebook Pixel Code 8 Kegiatan Anak PAUD yang Seru dan Edukatif

8 Kegiatan Anak PAUD yang Seru dan Edukatif

8 Kegiatan Anak PAUD yang Seru dan Edukatif

Sudah kewajiban orang tua untuk memberikan pendidikan pada anak sejak usia dini. Sebab, ini merupakan masa emas anak untuk mengembangkan kemampuan kognitif, sosial, emosional, dan fisiknya. Oleh karena itu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting sebagai langkah awal bagi anak memasuki dunia pendidikan yang seharusnya.

PAUD mempunyai beragam kegiatan yang baik untuk meningkatkan segala aspek perkembangan pada anak. Jadi, apa saja sih kegiatan anak di PAUD? Yuk simak penjelasan selengkapnya di sini, Bun! 

Contoh Kegiatan Anak saat Masuk PAUD

PAUD bukan hanya untuk merangsang kecerdasan pada si Kecil, tetapi menyangkut seluruh keterampilannya. Menurut penelitian, pendidikan yang diberikan sejak masa awal kelahiran hingga masa usia dini akan mempunyai dampak positif pada seluruh aspek perkembangan anak.

Inti dari konsep PAUD adalah mengajarkan kepada anak cara belajar dengan kegiatan bermain yang menyenangkan. Kedua hal ini yang akan membentuk karakter si Kecil menuju dunia pendidikan selanjutnya.

Nah, berikut ini beberapa kegiatan anak yang dapat dilakukan di PAUD:

1. Bercerita

Salah satu kegiatan yang dilakukan di PAUD yaitu bercerita. Melalui bercerita, pengajar dan anak akan membangun kedekatan. Berbagai perkembangan anak juga akan semakin meningkat. 

Kegiatan bercerita akan mendorong perkembangan bahasa si Kecil. Ia akan mendapatkan kosakata baru dan mulai terampil dalam berbicara.

Selain itu, bercerita juga dapat meningkatkan konsentrasi, keterampilan membaca dan menulis. Dari segi kognitif, bercerita akan membangun memori anak untuk mengingat jalan cerita, karakter di dalamnya, dan hal-hal penting pada cerita. 

Maka dari itu, tidak ada salahnya Bunda juga sering menstimulasi si Kecil dengan membacakan buku cerita sesering mungkin.

2. Bernyanyi Bersama

Kegiatan utama di PAUD yang sering dilakukan, yaitu bernyanyi bersama. Bernyanyi dapat menjadi pendekatan pembelajaran yang membuat anak senang dan gembira. 

Melalui bernyanyi anak juga dapat mengungkapkan pikiran dan perasaannya, karena musik itu sangatlah menenangkan dan menyenangkan.

Belajar melalui musik juga sangat bermanfaat untuk perkembangan kognitif pada anak, seperti meningkatkan kemampuan bahasa dan membaca anak usia dini.

Selain itu, bernyanyi juga meningkatkan rasa kepercayaan diri anak. Apalagi jika dilakukan bersama-sama sambil diiringi gerakan menari, bernyanyi akan semakin menyenangkan.

3. Menggambar

Menggambar adalah kegiatan PAUD yang penting bagi perkembangan anak. Ternyata melalui menggambar banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan anak sejak usia dini. 

Bukan hanya menyenangkan, menggambar juga dapat meningkatkan berbagai macam keterampilan si Kecil, salah satunya perkembangan sensorik, yakni ketika semua indra dapat bekerja saat ia menggambar.

Selain itu, perkembangan motorik anak pun juga akan semakin terasah lewat kegiatan PAUD ini, misalnya ketika si Kecil memegang krayon atau alat tulis lainnya. 

Menggambar juga bisa mengajarkan anak tentang beragam warna, serta meningkatkan rasa percaya diri. Peran penting menggambar juga berkaitan dengan perkembangan kognitif pada anak, yaitu visual dan logika anak yang akan bekerja dan menghasilkan sebuah karya. Melalui coretan-coretan si Kecil itu, kreativitasnya pun akan semakin terasah.

4. Berolahraga

Kegiatan fisik ternyata juga sangat berperan penting dalam PAUD. Berolahraga akan meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat otot dan tulang, serta menyehatkan jantung. 

Menurut penelitian, anak-anak perlu berolahraga setidaknya 60 menit dalam sehari agar membantu si Kecil tidur nyenyak, menjaga daya tahan tubuh, dan memperbaiki perilaku anak.

Ketika di PAUD, aktivitas olahraga dilakukan bersama-sama. Hal ini memberikan kesempatan untuk si Kecil bersosialisasi, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan konsentrasi, dan mendorong tumbuh kembang yang sehat. 

Contoh kegiatan olahraga di PAUD yang menyenangkan adalah senam dan bermain bola tangkap,

Baca Juga: Kapan Usia Ideal Anak Masuk Sekolah PAUD?

5. Bermain di Alam

Selain kegiatan di dalam kelas, anak-anak juga perlu berkegiatan di luar lingkungan PAUD untuk mempelajari lingkungan sekitar. Salah satunya dengan mengenalkan kelestarian alam dan lingkungan. Tujuan dari kegiatan PAUD ini adalah memberikan berbagai hal yang dapat dipelajari anak dari alam. 

Belajar mengenal alam dapat memberikan kesempatan yang tidak terhingga untuk anak bereksplorasi, berkreativitas, dan memecahkan masalah.

Anak-anak akan berani bereksperimen dengan pemikiran mereka serta mendapatkan pengalaman baru yang berharga. Selain itu, perkembangan sosial anak juga akan semakin meningkat. Anak-anak akan bekerja sama untuk membuat permainan baru atau menjelajahi hal baru yang dia lihatnya. 

Selain itu, menjaga kelestarian alam juga menjadi hal penting yang harus diajarkan sejak dini. Anak-anak akan belajar lebih peduli dengan alam sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan, atau bahkan belajar menanam pohon bersama.

6. Bermain Profesi

Ketika si Kecil belajar di PAUD, ada kegiatan seru dan menyenangkan yang harus Bunda tahu, yaitu mengenalkan anak pada beberapa macam profesi. Kegiatan ini biasanya akan mengundang orang-orang yang akan menjelaskan tentang profesinya, seperti dokter, polisi, atau pemadam kebakaran.

Melalui pengenalan profesi ini akan membuat anak untuk bermimpi atau bercita-cita lebih tinggi. Alasannya, karena orang-orang dengan beragam profesi akan menginspirasi anak sebagai panutan atau tokoh nyata yang dilihatnya. 

Selain itu, kegiatan ini juga akan menambah wawasan anak tentang berbagai macam profesi yang ada. Contohnya, dokter bukan hanya ada dokter untuk menyembuhkan orang, tetapi juga ada dokter untuk menyembuhkan hewan.

7. Mengenal Anggota Tubuh

Semakin bertambahnya usia, anak akan semakin banyak mencari tahu hal baru. Mungkin salah satu hal terdekat yang ingin diketahui ialah anggota tubuh yang dimilikinya. 

Saat bersekolah di PAUD, kegiatan mengenal anggota tubuh akan dibuat semenarik dan menyenangkan mungkin. Bisa dilakukan sambil bernyanyi dan menari, atau bisa juga mengajarkan melalui cerita.

Pentingnya mengajarkan anggota tubuh, karena dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri anak dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang fungsi setiap anggota tubuh. 

Selain itu, kegiatan di PAUD ini juga dapat membantu anak untuk memahami bagian tubuh vital yang harus dilindunginya agar terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan, seperti pelecehan.

8. Bermain Peran

Bermain peran atau role play dapat menjadi kegiatan di PAUD untuk meningkatkan daya imajinasi anak dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir logisnya. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu perkembangan sosial, emosional, dan meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Anak-anak pasti akan bersemangat untuk melakukan kegiatan PAUD ini. Apalagi jika ia dapat memerankan peran yang disukainya, seperti sosok pahlawan atau tokoh tertentu. 

Rasa percaya diri anak juga akan semakin meningkat ketika bermain peran, karena ia harus tampil di hadapan banyak orang. Bahkan, bermain peran juga dapat mendukung perkembangan memori, karena anak harus memahami skenario yang dibuat.

Baca Juga: Pentingnya PAUD sebagai Awal Pendidikan si Kecil

Nah, itulah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan si Kecil ketika bersekolah di PAUD. Namun, setiap kegiatan yang diberikan pada anak seharusnya mampu menstimulasi berbagai aspek perkembangan. 

Maka dari itu, walaupun anak sudah bersekolah dan mendapatkan ilmu baru, Bunda juga harus tetap menstimulasinya di rumah agar anak semakin cerdas.

Bunda bisa mencari inspirasi kegiatan yang seru untuk menstimulasi si Kecil melalui laman Sekolah Generasi Maju. Ada berbagai kegiatan seru dan edukatif yang mudah untuk dilakukan bersama-sama di rumah agar perkembangan dan kemampuannya semakin optimal. Yuk, kunjungi sekarang juga!

Jangan lupa berikan si Kecil asupan nutrisi dari makanan bergizi dan susu pertumbuhan yang terfortifikasi seperti SGM Eksplor 3+, ya!

Susu pertumbuhan SGM Eksplor 3+ merupakan satu-satunya susu pertumbuhan anak yang diperkaya dengan IronC, yaitu kombinasi unik zat besi dan vitamin C dengan perbandingan 2:1 untuk bantu memaksimalkan penyerapan nutrisi penting yang dibutuhkan si Kecil hingga 2x lipat.

SGM Eksplor juga dilengkapi dengan minyak ikan tuna yang mengandung 2x DHA, omega 3, vitamin A, D, & E, zinc, serta nutrisi penting lainnya untuk mendukung si Kecil tumbuh maksimal menjadi generasi maju yang mampu berpikir cepat dan berani.

Referensi:

  1. LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR. (2021). GURU BERBAGI. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/lingkungan-sebagai-sumber-belajar/
  2. ‌Jenderal, D. (n.d.). DIREKTORAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20210918_184001.pdf
  3. ‌Themefisher. (2023). Data Kebudayaan Kemendikbudristek. Kemdikbud.go.id. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pustaka/paud_program
  4. ‌PAUD dan Pendidikan Keluarga Penting Dalam Mendukung Perkembangan Anak. (2019, November 6). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/paud-dan-pendidikan-keluarga-penting-dalam-mendukung-perkembangan-anak
  5. ‌Mendikbud: Pentingnya Konsep Bermain dan Belajar di Jenjang PAUD. (2019, November 18). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/mendikbud-pentingnya-konsep-bermain-dan-belajar-di-jenjang-paud
  6. ‌Importance of Storytelling in Early Childhood Education | Young Academics. (2020, June 29). Young Academics. https://www.youngacademics.com.au/how-does-storytelling-in-early-childhood-education-help-your-childs-development/
  7. ‌Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (n.d.). BERCERITA DENGAN BAHASA IBU UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI. Retrieved May 14, 2023, from https://repositori.kemdikbud.go.id/18627/1/Panduan%20Bercerita.pdf
  8. ‌Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan, P., Kosa, P., Anak, K., & Dini, U. (2019). Online) Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(1), 2685–6174. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1491792&val=17836&title=PENERAPAN%20METODE%20BERNYANYI%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20PERKEMBANGAN%20KOSA%20KATA%20ANAK%20USIA%20DINI
  9. ‌BGP KALIMANTAN SELATAN. (2023). Manfaat Menggambar bagi Perkembangan Anak. Kemdikbud.go.id. https://bgpkalsel.kemdikbud.go.id/berita-252-manfaat-menggambar-bagi-perkembangan-anak.html
  10. IDAI | Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Anak dan Remaja. (2014). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/manfaat-olahraga-bagi-kesehatan-anak-dan-remaja

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline