Facebook Pixel Code 7 Nutrisi Penting untuk Daya Tahan Tubuh Balita

7 Nutrisi Penting untuk Daya Tahan Tubuh Balita

7 Nutrisi Penting untuk Daya Tahan Tubuh Balita

 

Memastikan nutrisi lengkap dan tepat bagi balita sudah mutlak menjadi perhatian utama setiap Bunda. Nutrisi merupakan dasar pertumbuhan fisik dan mental balita, sekaligus memberikan daya tahan tubuh yang kuat. Jadi, dukung pertumbuhan balita menjadi anak sehat, kuat, dan tinggi dengan memberi asupan yang mengandung nutrisi penting berikut:

1. Zat Besi

Zat besi memegang peranan penting dalam pembentukan hemoglobin, sejenis protein dalam sel darah merah yang mengangkut oksigen di tubuh. Dengan zat besi yang tercukupi, balita bisa memiliki daya tahan tubuh yang kuat, pertumbuhan baik, serta risiko infeksi dan terjangkit penyakit lebih rendah.

Balita membutuhkan zat besi hingga lima kali lebih banyak daripada orang dewasa. Bunda boleh mencoba menyajikan menu seperti daging, kacang-kacangan, buah-buahan, serta sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam.

2. Seng / Zinc

Zinc dalam tubuh berfungsi penting dalam perbaikan sel dan pembentukan enzim untuk daya tahan dan pertumbuhan tubuh balita. Kadar seng yang cukup membantu menyembuhkan luka balita dengan lebih cepat. Tubuh manusia tidak bisa memproduksi seng secara alami. Karena itu, pastikan Bunda memberikan asupan makanan yang mengandung seng seperti daging, roti, dan produk olahan susu.

3. Lemak

Sebagai penyimpan sumber energi tubuh terbesar, lemak sangat penting bagi proses pertumbuhan otak balita. Kenyataannya, otak menggunakan 60 persen dari total energi yang dikonsumsi bayi, dan 60 persen dari otak adalah lemak. ASI merupakan sumber lemak terbaik bagi bayi. Karena itu, Bunda sangat disarankan menyusui buah hati terutama selama periode enam bulan pertama kehidupannya.

4. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam fungsi imun anak, pertumbuhan, dan proteksi terhadap infeksi. Vitamin D juga kerap dikaitkan dengan daya tahan terhadap alergi.

Sumber vitamin D terbaik ada pada sinar matahari. Meski demikian, lengkapi juga dengan asupan yang mengandung vitamin D seperti minyak ikan dan telur.

5. Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan sel darah putih untuk memerangi infeksi dan berfungsi sebagai antioksidan alami bagi perkembangan dan daya tubuh balita. Vitamin C membantu balita cepat pulih jika sakit. Selain itu, penyerapan zat besi yang penting bagi tubuh juga lebih optimal dengan vitamin C. Makanan yang kaya vitamin C bisa didapatkan dari brokoli, ubi, dan jeruk.

6. Vitamin A

Selain untuk kesehatan mata, vitamin A juga mendukung sistem daya tahan tubuh balita. Vitamin A membantu meregenerasi respons antibodi dan fungsi sel imun tubuh. Beberapa makanan yang mengandung vitamin A di antaranya telur, yogurt, sayuran hijau, dan buah-buahan berwarna oranye. 

7. Probiotik

Probiotik mendukung perkembangan bakteri baik untuk tubuh balita untuk sistem imunisasinya semakin kuat. Semakin seimbang kadar bakteri baik di dalam sistem pencernaan balita, kesehatannya juga akan semakin terjaga dari bakteri dan kuman jahat. Beberapa makanan dengan probiotik alami antara lain pisang, bawang, tomat, serta olahan susu.

Ingat  untuk selalu menambahkan nutrisi-nutrisi tambahan di atas ya untuk daya tahan tubuh balita, Bun. Lengkapi juga  menu empat sehat lima sempurna balita dengan susu balita.

Baca Juga: Cara Berkata “Tidak” kepada Balita

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline