Facebook Pixel Code 13 Cara Menidurkan Anak 1 Tahun Setelah Disapih

13 Cara Menidurkan Anak 1 Tahun Setelah Disapih

13 Cara Menidurkan Anak 1 Tahun Setelah Disapih

Salah satu tantangan dalam proses penyapihan adalah bagaimana cara menidurkan anak setelah disapih agar tidak rewel. Yuk, simak tips selengkapnya di artikel ini!

Berapa Lama Anak Rewel Ketika Disapih?

Durasi anak rewel saat disapih bisa berbeda-beda, tergantung usia, bagaimana cara menyapih, dan seberapa dekat hubungan Bunda dan si Kecil. 

Umumnya, semakin telat Bunda mulai menyapih, anak bisa semakin kesulitan menyesuaikan diri dengan perubahan kebiasaannya sehingga jadi lebih mudah rewel.

Si Kecil mungkin juga jadi lebih rewel karena harus belajar untuk tidur sendiri selama proses penyapihan.

Bagaimana Cara Menidurkan Anak Setelah Disapih?

Perubahan kebiasaan tidur anak bisa jadi tantangan tersendiri bagi Bunda, sebab menyusu sering kali membantu si Kecil mengantuk dan tenang sebelum tidur. 

Berikut adalah beberapa cara menidurkan anak setelah disapih agar nyenyak dan tidak rewel:

1. Buat Anak Kenyang Sebelum Tidur

Rasa lapar bisa membuat anak susah tidur. Apalagi jika ia sudah terbiasa menyusu hingga tertidur.

Jadi agar si Kecil tidak rewel dan minta menyusu di malam hari, pastikan ia pergi tidur sudah dalam keadaan perut kenyang.

Misalnya dengan memberikan camilan mengenyangkan, seperti buah pisang atau segelas susu SGM 1+ hangat. 

Sebaiknya berikan camilan di ruang lain (tidak di kamar tidur) agar anak tidak terbiasa harus makan di kamar yang sama di mana dia tidur.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Susu Terbaik untuk Anak 1 Tahun

2. Biasakan Anak Punya Rutinitas Sebelum Tidur

Membangun rutinitas sebelum tidur, seperti mandi dan sikat gigi, kemudian berdoa, bisa sangat membantu anak mengenali kapan waktunya harus mulai beristirahat.

Kegiatan rutin ini tidak hanya menandai akhir hari, tetapi juga membantu anak menyiapkan diri secara mental dan fisik untuk beristirahat. 

Jadi, secara tidak sadar si Kecil juga mulai memahami kapan ia harus berhenti bermain untuk bersiap-siap tidur. 

Hasilnya, proses anak untuk beranjak ke tempat tidur menjadi lebih mudah dan lancar.

Selain itu, rutinitas ini efektif dalam mengurangi kelebihan energi anak, memudahkan mereka untuk cepat merasa lelah dan siap untuk tidur.

3. Ganti Menyusui dengan Kebiasaan Baru

Menjelang malam, susui si Kecil di ruangan yang berbeda dan jauh dari waktu tidurnya untuk pelan-pelan mengurangi intensitas menyusu di malam hari.

Lalu, usahakan agar waktu tidur anak bisa tetap memberikan rasa nyaman dan aman untuknya agar si Kecil bisa cepat terlelap tanpa harus menyusui setiap malam.

Jadi, cobalah ganti kebiasaan menyusui di malam hari dengan kebiasaan baru, seperti membacakan dongeng sebelum tidur. 

Bicarakan dulu tentang perubahan rutinitas ini dengan anak, misalnya, “Adik kan sudah besar dan tadi sore juga sudah menyusu, sekarang Bunda temani tidur sambil bacain buku aja, ya.”

Bunda juga bisa menemani si Kecil sampai tertidur sambil memeluknya dan menyanyikan lagu tidur.

4. Buat Jadwal Tidur yang Konsisten

Penting untuk membuat jadwal tidur konsisten selalu di waktu yang sama agar cara menidurkan anak setelah disapih bisa efektif. 

Menjadwalkan waktu tidur yang sama setiap malam akan membantu anak terbiasa dengan rutinitas baru.

Membuat jadwal tidur teratur juga membantu tubuh si Kecil siap untuk beristirahat saat sudah mendekati waktu tidurnya.

Tidur yang cukup dan berkualitas tidak hanya penting untuk kesehatan, tetapi juga membantu dalam transisi menyapih agar anak tidak tantrum.

5. Gendong Sebelum Tidur

Menggendong anak tidak akan membuatnya jadi “bau tangan” dan manja, kok, Bun, karena justru menjadi cara menidurkan anak setelah disapih yang efektif

Hal ini karena sentuhan langsung dengan badan Bunda bisa memberikan rasa aman dan nyaman yang sama seperti sewaktu menyusui.

Bunda bisa menggendong si Kecil sambil menyanyikan lagu pengantar tidur untuk membuat proses transisi ini jadi lebih mudah dan menyenangkan baginya.

Sering-sering memeluk dan menggendongnya untuk menunjukkan rasa cinta, kasih sayang, dan dukungan pada si Kecil.

Menambahkan sentuhan lembut, seperti membelai kepala anak, dapat meningkatkan rasa tenang dan kenyamanan mereka, membuat proses tertidur menjadi lebih mudah dan cepat.

6. Buat Suasana Kamar Nyaman

Salah satu kunci untuk membantu anak cepat tidur setelah disapih adalah dengan membuat kamar tidur mereka senyaman mungkin. 

Kebersihan menjadi prioritas, jadi pastikan bahwa bantal dan seprai selalu dalam kondisi bersih dan segar.

Buat juga suhu kamar tetap pada kisaran 20-22° Celcius agar si Kecil merasa nyaman, tidak kedinginan atau kegerahan.

Suasana kamar yang nyaman tidak hanya membantu anak lebih cepat tidur, tapi juga memastikan tidurnya lebih nyenyak dan berkualitas.

Baca Juga: 7 Penyebab Anak Sulit Tidur yang Perlu Bunda Ketahui

7. Biarkan si Kecil Menangis Sampai Tidur

Salah satu cara menidurkan anak setelah disapih yang efektif adalah membiarkannya menangis sampai tertidur sendiri.

Setelah bermain seharian, ajak anak berbaring di kasur untuk membiasakan tubuhnya berganti ke kondisi “mengantuk” sehingga ia bisa tidur tanpa bantuan.

Jika si Kecil menangis di waktu ini karena tidak mau ditinggal tidur sendiri, biarkanlah si Kecil menangis sampai ia merasa lelah dan akhirnya berhenti sendiri. 

Kuatkanlah hati agar tidak cepat-cepat menggendong si Kecil untuk menghentikan tangisannya. 

Namun, sangat penting untuk memastikan bahwa semua kebutuhan dasar anak telah terpenuhi sebelum menerapkan metode ini.

Termasuk memastikan anak sudah kenyang makan, sudah buang air kecil dan BAB, dan juga sudah memakai popok baru.

Dengan cara seperti ini, anak akan lebih mudah menyesuaikan diri sehingga mereka bisa cepat merasa nyaman untuk tidur sendiri.

8. Manfaatkan White Noise

Menggunakan white noise direkomendasikan sebagai salah satu cara membantu anak cepat tidur setelah disapih.

White noise bekerja dengan menghasilkan suara seragam yang menutupi kebisingan lain di lingkungan, menciptakan suasana yang tenang dan konsisten yang mendukung tidur.

Penggunaan white noise bisa sangat membantu dalam menenangkan anak setelah disapih, memudahkan mereka untuk merasa rileks dan tidur lebih cepat. 

Alat ini bisa menjadi solusi praktis bagi Bunda yang mencari cara untuk memberikan ketenangan bagi anak.

9. Berikan Afirmasi Positif

Berikan afirmasi positif secara rutin dan telaten untuk membantu anak lebih nyaman melewati proses penyapihan dan bisa tidur mandiri. 

Dengan berkomunikasi secara konsisten, Bunda dapat menanamkan pemahaman kepada anak bahwa mereka sudah cukup besar dan mampu tidur sendiri tanpa perlu menyusu.

Anak mungkin belum dapat merespons seperti orang dewasa, tetapi mereka dapat merasakan dan memahami energi serta maksud dari kata-kata yang diucapkan Bunda. 

Oleh karena itu, mengulangi afirmasi positif seperti, "Adik sekarang sudah besar, ya, hebat lho, sudah berani belajar tidur sendiri!" dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. 

Kesabaran dan konsistensi dalam memberikan dukungan verbal ini akan memperkuat rasa aman anak dan mendorong keberhasilan mereka dalam tidur mandiri.

Baca Juga: Kenali Sleep Regression Karena Jam Tidur Anak Berubah

10. Nyanyikan Lagu Pengantar Tidur

Menyanyikan lagu pengantar tidur merupakan metode yang cukup efektif untuk membantu anak tertidur setelah disapih. 

Lagu-lagu seperti "Nina Bobo" atau melodi pengantar tidur lainnya dapat memberikan efek menenangkan pada anak. 

Melalui nyanyian sebelum tidur, anak merasa aman dan dicintai, yang membuat proses tidurnya menjadi lebih mudah dan nyaman bagi mereka. 

11. Kurangi Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Untuk memastikan anak dapat tidur dengan nyenyak setelah disapih, sangat penting membatasi paparan gadget seperti TV, tablet, atau handphone menjelang waktu tidurnya. 

Cahaya biru dari layar gadget dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang sehingga membuat anak menjadi lebih sulit untuk merasa mengantuk.

Dengan mematikan televisi dan gadget lainnya sebelum jam tidur, Bunda dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih kondusif agar anak cepat tidur dan tidak rewel.

12. Ikut Berpura-pura Tidur

Cara menidurkan anak setelah disapih lainnya dengan berpura-pura tidur di sampingnya untuk menunjukkan ini sudah waktunya untuk tenang dan bersiap tidur.

Selama proses ini, sangat penting bagi Bunda untuk menghindari kegiatan yang dapat mengalihkan perhatian, seperti menggunakan gadget atau menonton televisi.

Peluklah si Kecil untuk menawarkan rasa nyaman dan aman sampai akhirnya terlelap.

13. Konsisten dan Tegas

Terlepas dari semua tips di atas, kunci sukses untuk melatih anak tidur mandiri setelah disapih adalah konsisten dan tegas menetapkan batasan.

Jika anak minta disusui lagi, katakan tidak dengan tegas, tapi dengan cara yang penuh kasih sayang. 

Misalnya dengan berkata, “Adik kan sekarang sudah besar, sudah berani main ke taman sendiri tadi. Sudah jago makan sendiri juga, kan? Kalo sudah besar, Adik nggak perlu mimi susu lagi sama Bunda, kayak Kakak.

Konsistensi dalam pendekatan ini tidak hanya membantu anak mengerti dan menerima perubahan, tetapi juga mengajarkan mandiri dan disiplin secara bertahap. 

Nah, jika Bunda masih ingin tahu tips parenting lainnya untuk menyapih anak dengan sukses, yuk gabung menjadi member Klub Generasi Maju untuk dapatkan akses ke berbagai artikel informatif lainnya serta promo menarik seputar susu SGM!

Referensi:

  1. WebMD. (n.d.-b). Weaning your breastfed baby. WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/weaning-your-breastfed-baby 
  2. Admin. (2018, October 25). Parent-child relationship - why it’s important. Parenting NI. https://www.parentingni.org/blog/parent-child-relationship-why-its-important/
  3. Calm voices, Calmer Kids. Child Mind Institute. (2023, October 30). https://childmind.org/article/calm-voices-calmer-kids/
  4. Cleveland Clinic. (2023, December 8). When and how to sleep train your baby. https://health.clevelandclinic.org/when-and-how-to-sleep-train-your-baby
  5. Colleen de Bellefonds, C. E. (2023, December 18). How to sleep train your baby. What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/sleep/sleep-training-baby/
  6. Connecticut WIC program manual WIC 300-12 section: Nutrition ... - ct.gov. (n.d.-a). https://portal.ct.gov/-/media/Departments-and-Agencies/DPH/dph/WIC-2018/Breastfeeding/WIC-300-12-Guidelines-for-Breast-Pump-Issuance-Revised-10-3-22.pdf
  7. Department of Health & Human Services. (2020, January 1). Solutions to sleep concerns (11) - babies 6 to 12 months. Better Health Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/solutions-sleep-concerns-babies-6-12-months
  8. Food before bed: What to offer kids and when to hold back. Riley Children’s Health. (n.d.). https://www.rileychildrens.org/connections/food-before-bed-what-to-offer-kids-and-when-to-hold-back
  9. Healthyliving sleep well - home - government of Newfoundland and Labrador. (n.d.-b). https://www.gov.nl.ca/hcs/files/publications-pdf-healthyliving-sleep-well.pdf
  10. Higuera, V. (2020, February 21). What is the best room temperature for baby?. Healthline. https://www.healthline.com/health/baby/room-temperature-for-baby
  11. How does blue light affect children’s sleep? Sleep Foundation. (2024, January 12). https://www.sleepfoundation.org/children-and-sleep/how-blue-light-affects-kids-sleep
  12. Kirriliesmout. (2023, July 26). Helping children and teens use eye contact: Does it really matter? and how to talk about it without nagging. Developing Minds. https://developingminds.net.au/blog/2021/4/13/helping-children-use-eye-contact-does-it-really-matter-and-how-to-talk-about-it-without-nagging
  13. Tucker, J. (2022, August 18). Why making eye contact with Kids Is Vital. Moms. https://www.moms.com/why-making-eye-contact-with-kids-is-vital/
  14. User, G. (2020, August 4). The science behind hugging your Kids-5 benefits for you and your child. Exchange Family Center. https://www.exchangefamilycenter.org/exchange-family-center-blog/2020/4/2/the-science-behind-hugging-your-kids5-benefits-for-you-and-your-child
  15. Weaning off breastfeeding: Older children. Raising Children Network. (2022, August 24). https://raisingchildren.net.au/toddlers/nutrition-fitness/common-concerns/weaning-older-children
  16. WebMD. (n.d.). What are the benefits of singing lullabies to babies?. WebMD. https://www.webmd.com/parenting/what-to-know-lullabies 

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline