Facebook Pixel Code 7 Tips Memilih Susu Terbaik untuk Anak 1 Tahun

7 Tips Memilih Susu Terbaik untuk Anak 1 Tahun

7 Tips Memilih Susu Terbaik untuk Anak 1 Tahun


Pernahkan Bunda merasa bingung dalam menentukan susu terbaik untuk anak 1 tahun? Tidak usah khawatir. Bunda tidak sendiri. Ada banyak orang tua yang merasa bingung karena banyaknya pilihan produk, takut produk yang dipilih salah, hingga stigma kepada ibu yang menggunakan susu formula.

Lalu, bagaimana memilih susu untuk si Kecil? Apa saja yang perlu dipertimbangkan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, yuk, kita menyimak bersama paparan berikut ini!

Cara Memilih Susu Terbaik untuk Anak 1 Tahun

Terkait produk susu pertumbuhan, tidak perlu cemas. Kementerian Sosial (Kemenkes) telah menegaskan bahwa semua susu yang dijual di Indonesia aman dikonsumsi.

Kemudian, tidak perlu takut tidak bisa memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif karena sebagian ibu ada yang tidak bisa menghasilkan ASI yang sehat, sedang menjalani pengobatan, atau memiliki alasan medis lainnya.

Selain itu, tidak ada pula susu formula yang buruk. Hal yang ada adalah perbedaan kategori, bahan-bahan, dan kandungan. Dengan memahami unsur-unsur itu, Bunda akan mudah menentukan susu terbaik untuk anak 1 tahun.

1. Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa

Tip kedua atau hal pertama yang bisa Bunda lakukan saat berbelanja di sebuah toko adalah memperhatikan tanggal kadaluarsa. Langkah ini akan mempermudah Bunda dalam menyortir susu mana saja yang akan dipilih sekaligus menghindari produk yang sudah kadaluarsa.

Selain itu, memperhatikan tanggal kadaluarsa juga penting untuk memperhitungkan masa simpan saat membuka susu untuk anak 1 tahun.

Sebagai contoh, susu bubuk yang telah dibuka dari kaleng dianjurkan untuk dikonsumsi dalam waktu satu bulan. Lebih dari itu, kandungan nutrisi di dalam susu bisa menurun.

2. Perhatikan Tabel Nutrisi (Nutrition Fact) Produk

Setelah berkonsultasi dengan dokter, Bunda kini sudah tahu susu dengan bahan apa saja yang aman untuk dipakai si Kecil. Untuk itu, langkah selanjutnya adalah melihat tabel nutrisi untuk memperhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam susu.

Dengan memperhatikan bahan-bahan yang terkandung, Bunda bisa menentukan susu terbaik untuk anak 1 tahun  atau mencari alternatif lainnya.

Baca Juga: Cara Memilih Susu Terbaik untuk Anak Sekolah

3. Perhatikan Kandungan Protein

Setelah mendapatkan penjelasan terkait alergi atau kondisi dari dokter, Bunda bisa memilih sumber protein yang cocok untuk si Kecil, yakni hewani atau nabati. Biasanya, tabel pada bahan-bahan akan mencantumkan informasi jenis protein full-size, seperti susu tanpa lemak, protein whey, atau isolat protein soya/kedelai.

Selain jenis protein full-size, ada juga pilihan susu dengan protein terhidrolisis parsial atau jenis protein yang diproses lebih kecil dan protein terhidrolisis penuh yang diproses agar protein berukuran kecil.

Protein terhidrolisis diproses menjadi lebih kecil seperti ukuran ASI supaya lebih mudah dicerna atau mengurangi risiko tubuh mengenali protein tersebut alergen. Kedua susu dengan protein terhidrolisis tersebut digunakan untuk anak yang memiliki alergi susu sapi.

4. Perhatikan Kandungan Karbohidrat

Laktosa adalah sumber dari karbohidrat yang berguna memasok energi serta mengubah protein dan lemak untuk memperbaiki jaringan tubuh. Jika si Kecil tidak toleran dengan laktosa, Bunda bisa memilih produk dengan laktosa yang dikurangi. Bunda bisa mengetahui takaran laktosa yang dikurangi di tabel bahan-bahan.

Namun, Bunda juga perlu menyediakan sumber karbohidrat lainnya untuk si Kecil, seperti sukrosa dan glukosa. Meski kedua jenis gula itu aman, glukosa yang terdapat pada sirup jagung, sirup beras merah, atau sirup beras merah lebih direkomendasikan.

5. Perhatikan Kandungan Zat Besi

Susu terbaik untuk anak 1 tahun selanjutnya adalah yang susu yang diperkaya zat besi. Zat ini sangat penting untuk mengurangi tingkat anemia defisiensi pada si Kecil.

Terlebih, beberapa anak tidak memiliki cadangan zat besi yang cukup. Oleh karena itu, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan susu formula yang diperkaya zat besi untuk semua anak, baik yang tidak disusui atau disusui sebagian sejak lahir hingga usia satu tahun.

Formula rendah zat besi juga tidak dianjurkan digunakan. Bunda juga tidak perlu khawatir zat besi menyebabkan konstipasi si Kecil. Sebab, jumlah zat besi dalam susu pertumbuhan anak tidak menyebabkan konstipasi.

6. Perhatikan Harga

Harga susu anak 1 tahun bisa membuat pengeluaran bulanan secara signifikan bagi sebagian orang. Untuk itu, memperhatikan harga juga sangat penting dengan mempersiapkan budget atau tidak memaksakan membeli susu di luar anggaran.

Sebab, susu zaman sekarang umumnya mahal karena sudah difortifikasi dengan zat-zat lain, seperti vitamin, mineral, dan sebagainya.

Dengan begitu, Bunda bisa mencermati bahan-bahan pada susu dalam tabel kemasan produk. Sebab, bukan tidak mungkin ada susu dengan kandungan yang relatif sama tetapi harganya lebih murah. Selain itu, Bunda juga bisa memberikan asupan nutrisi dari sumber lainnya pada menu makanan sehari-hari.

7. Perhatikan Tipe Kemasan

Terakhir, tip memilih susu terbaik untuk anak 1 tahun adalah tipe dan keamanan kemasan. Bunda bisa mempertimbangkannya dengan frekuensi penggunaan.

Kemasan tipe kaleng bisa jadi pilihan bagus untuk susu formula bubuk karena aman dan mudah untuk disimpan. Meski begitu, harganya cukup mahal jika harus terus membeli produk dengan kemasan kaleng. Untuk itu, beberapa brand biasanya menyediakan kemasan isi ulang yang dikemas dalam kardus atau plastik.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah, hindari menyimpannya pada wadah yang transparan. Bunda bisa menyimpan pada toples yang kering dengan penutup rapat atau menutup wadah transparan dengan kertas.

Baca Juga: 5 Manfaat Zat Besi untuk Tumbuh Kembang Anak

Usahakan Berkonsultasi dengan Dokter

Berkonsultasi dengan dokter anak adalah cara yang bisa Bunda lakukan jika kebingungan dengan berbagai pertimbangan di atas. Kenapa begitu?

Dokter tidak hanya memberikan anjuran tentang kondisi dan kebutuhan anak, tapi juga akan memberikan solusi-solusi pada permasalahan si Kecil, seperti alergi atau intoleransi terhadap laktosa tertentu. Sebagai contoh, beberapa anak bisa mengalami berbagai alergi, seperti kacang-kacangan, sehingga tidak cocok mengonsumsi susu berbahan soya.

Jika Bunda sudah memilih susu yang sesuai, konsultasikan lagi dengan dokter jika ingin mengganti produk. Bunda dianjurkan menghubungi dokter jika si Kecil memiliki beberapa gejala, seperti kulit kering, bersisik, dan merah, diare, lemah dan lesu, serta muntah parah.

Bunda juga bisa bertanya berapa frekuensi anak mengonsumsi susu dan berapa takaran ideal yang cocok untuk si Kecil. Sebab, takaran susu formula bisa tergantung dengan usia dan berat badan.

Perhatikan Nutrisi Lainnya

Seperti yang Bunda ketahui, konsumsi nutrisi yang cukup mampu mendukung tumbuh kembang tubuh si Kecil. Untuk itu, pastikan si Kecil memperoleh vitamin, mineral, antioksidan, karbohidrat, serat, protein, serta lemak-lemak baik.

Salah satu susu yang bisa Bunda pilih adalah SGM Eksplor 1+ dengan IronC untuk dukung nutrisi lengkap si Kecil. Produk susu pertumbuhan nomor 1 yang majukan 75 juta anak Indonesia sejak 1954 ini dirancang dengan formulasi unik.

SGM Eksplor 1+ merupakan satu-satunya susu pertumbuhan dengan kandungan IronC™, yaitu kombinasi untuk zat besi dan vitamin C dengan perbandingan 1:2 untuk bantu memaksimalkan penyerapan nutrisi penting hingga 2x lipat.

Susu SGM Eksplor 1+ juga dilengkapi dengan minyak ikan yang mengandung 2x DHA, omega 3, vitamin A, D, & E, serat pangan, serta zat besi dan zinc tinggi untuk bantu maksimalkan pertumbuhan si Kecil serta dukung ia berpikir cepat dan berani.

Memilih susu terbaik untuk anak 1 tahun memang bukan perkara mudah. Akan tetapi, dengan sejumlah pertimbangan di atas, Bunda bisa memilih susu yang terbaik dan cocok untuk si Kecil.  

Sumber:

  1. Semua Susu Formula Yang Beredar Aman Dikonsumsi - Kemkes. Retrieved 5 December 2022, from https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20110217/15865/semua-susu-formula-yang-beredar-aman-dikonsumsi/  
  2. Why Some People Shouldn't or Can't Breastfeed - Very Well Family. Retrieved 5 December 2022, from https://www.verywellfamily.com/why-some-women-cant-breastfeed-4153606# 
  3. Everything You Need to Know About How to Prepare and Store Infant Formula - Happy Family Organics. Retrieved 5 December 2022, from https://www.happyfamilyorganics.com/learning-center/article/how-to-prep-formula/ 
  4. Choosing Formula for Your Baby: A Guide - Healthline. Retrieved 5 December 2022, from https://www.healthline.com/health/parenting/baby-formula-guide-how-to-choose-the-right-kind-for-your-kid#types-of-protein 
  5. Mengenal Susu Formula Terhidrolisis dan Manfaatnya Bagi Si Kecil - K24Klik. Retrieved 5 December 2022, from https://www.k24klik.com/blog/mengenal-susu-formula-terhidrolisis-dan-manfaatnya-bagi-si-kecil/ 
  6. Choosing Formula for Your Baby: A Guide - Healthline. Retrieved 5 December 2022, from https://www.healthline.com/health/parenting/baby-formula-guide-how-to-choose-the-right-kind-for-your-kid#carbohydrates 
  7. Choosing a Baby Formula - HealthyChildren. Retrieved 5 December 2022, from https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/formula-feeding/Pages/Choosing-an-Infant-Formula.aspx 
  8. As milk prices soar, butter and cheese makers grapple over supply - Food Dive . Retrieved 5 December 2022, from https://www.fooddive.com/news/may-2022-cpi-milk-prices-butter-cheese/625468/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline