Facebook Pixel Code Ini Tanda-tanda si Kecil akan Tumbuh Tinggi

Ini Tanda-tanda Si Kecil Akan Tumbuh Tinggi

Ini Tanda-tanda Si Kecil Akan Tumbuh Tinggi

 

Sudahkah Bunda mengetahui tanda si Kecil akan tumbuh tinggi? Hal tersebut ternyata penting untuk dipahami, lho, Bun. Sebab, tanda bayi akan tumbuh tinggi dapat membantu Bunda untuk mengetahui cara mengoptimalkannya. 

Tinggi badan bayi menjadi indikator perkembangan fisik yang sehat. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan, penambahan berat dan tinggi badan juga menandakan pertumbuhan dan status gizi yang baik. Itulah sebabnya, kedua aspek tersebut penting diukur secara rutin setiap bulan di layanan kesehatan setempat.

Penambahan tinggi si Kecil sering kali tidak disadari oleh Bunda. Padahal, si Kecil kerap menunjukkan tanda-tanda tertentu. Apa saja? Simak penjelasan berikut, yuk Bun!

Tanda-Tanda Bayi akan Tumbuh Tinggi

Tanda-tanda bahwa si Kecil akan bertambah tinggi memang sangat bervariasi, tetapi ada beberapa tanda umum yang bisa Bunda amati. Berikut tanda-tandanya!

1. Growth Spurt

Growth spurt merupakan fase bayi mengalami percepatan pertumbuhan di tahun awal kehidupannya. Selama fase tersebut, bayi akan mengalami pertambahan berat dan tinggi badan serta lingkar kepala lebih cepat dari minggu atau bulan sebelumnya. Selain itu, bayi juga memiliki kemampuan baru yang sebelumnya belum mampu ia lakukan.

2. Peningkatan Nafsu Makan 

Bunda mungkin pernah mendapati nafsu makan si Kecil meningkat atau minta menyusu terus-menerus. Tidak perlu bingung, bisa saja itu termasuk tanda bayi akan tumbuh tinggi, Bun! Perkembangan fisik membuat bayi mengalami peningkatan nafsu makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. 

3. Perubahan Pola Tidur Bayi

Karena berkembang secara fisik, si Kecil mungkin mengalami perubahan pola tidur. Bayi Bunda mungkin tidur lebih lama dari biasanya, baik tidur malam atau siang. Sebuah penelitian menemukan, bayi yang mengalami pertumbuhan tinggi biasanya tidur 4,5 jam lebih lama dan tidur siang 3 jam sehari. 

4. Perubahan Ukuran Pakaian

Bunda tentu tidak setiap saat mengukur tinggi badan si Kecil. Namun, Bunda akan menyadari pertambahan tingginya saat memakaikan pakaian. Pakaian yang biasa dipakai oleh si Kecil mungkin terlihat sempit dan kekecilan. 

5. Perubahan Emosi

Percepatan pertumbuhan fisik dapat menyebabkan perubahan emosi. Itulah sebabnya, bayi mungkin akan lebih rewel atau menangis. Hal tersebut normal dan penyebabnya bukan karena si Kecil kesakitan melainkan sebagai respon atas perubahan emosinya. Bunda tidak perlu khawatir karena hal ini bersifat sementara. 

6. Perubahan Proporsi Tubuh

Saat bertambah tinggi, proporsi tubuh juga ikut berubah. Misalnya, si Kecil mungkin mengalami pemanjangan tungkai atau pertumbuhan tulang yang lebih cepat. Selain itu, bayi mungkin juga mengalami perubahan massa dan kekuatan otot. Hal tersebut dikaitkan dengan peningkatan hormon pertumbuhan. 

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Anak Sehat Secara Fisik dan Psikis

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Tinggi Si Kecil?

Bayi akan terus bertumbuh dari kanak-kanak dan berakhir pada masa akhir remaja. Pertumbuhan tinggi bayi juga dipengaruhi oleh berbagai faktor terutama genetik. Faktor ini sama sekali tidak dapat dikontrol. Namun, Bunda bisa mengupayakan beberapa hal untuk mendukung pertumbuhan tinggi si Kecil. Bunda bisa memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Nutrisi yang Cukup

Bayi mulai diperkenalkan MPASI pada usia 6 bulan. Untuk mendukung pertumbuhan otot dan tulangnya, berikan makanan yang tinggi protein, seperti daging, telur, ikan, kacang-kacangan, dan sayuran. Bunda juga bisa memberikan makanan berkalsium tinggi seperti susu, keju, yoghurt, keju, kedelai, dan beberapa jenis sayuran. 

Namun, sebaiknya Bunda tidak menggabungkan makanan yang mengandung kalsium dan zat besi. Sebab, kalsium dapat mengganggu penyerapan zat besi pada tubuh si Kecil. Berilah jarak sekitar 1 sampai dengan 2 jam setelah mengonsumsi zat besi baru kemudian boleh makan makanan yang mengandung kalsium. 

2. Pastikan Bayi Tidur yang Cukup dan Berkualitas 

Selama tidur nyenyak, tubuh melepaskan hormon yang diperlukan tubuh untuk tumbuh. Oleh karena itu, tidur yang cukup dapat memungkinkan si Kecil tumbuh optimal. Sebaliknya, kurangnya waktu tidur pada bayi yang terus menerus dapat mengganggu pertumbuhannya. 

3. Perhatikan Postur Tubuh Bayi

Bunda sebaiknya memantau pertumbuhan si Kecil dengan melakukan pengukuran tinggi badan dan berat badannya. Hal tersebut bisa membantu Bunda mendeteksi sejak dini keterlambatan pertumbuhan pada si Kecil. 

4. Periksakan Kesehatan Secara Teratur

Bila merasa khawatir dengan tumbuh kembang si Kecil, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter. Tenaga ahli kesehatan di Puskesmas atau rumah sakit akan memberikan saran dan panduan untuk mengatasi permasalahan Bunda. 

Baca Juga: 6 Cara Sehat Menaikkan Berat Badan Bayi

Demikian penjelasan terkait tanda bayi akan tumbuh tinggi yang perlu Bunda ketahui. Meski tinggi si Kecil sebagian besar dipengaruhi faktor genetik, Bunda tetap bisa membantu mengoptimalkannya dengan pemberian nutrisi yang tepat. 

Selain itu, yuk manfaatkan fitur Grafik Pertumbuhan Anak untuk memantau tumbuh kembang si Kecil secara berkala. Gratis, lho, Bun!

Referensi: 

  1. Fadlyana. (2016). Pemantauan Pertumbuhan Anak. Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/pemantauan-pertumbuhan-anak
  2. MSD Manual. (2023). Physical Growth of Infants and Children. Msdmanuals. https://www.msdmanuals.com/home/children-s-health-issues/growth-and-development/physical-growth-of-infants-and-children
  3. Lampl & Johnson. (2011). Infant Growth in Length Follows Prolonged Sleep and Increased Naps. Ncbi.nlm.nih.gov. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3079944/
  4. Cleveland Clinic. (2023). Growth Spurts & Baby Growth Spurts. My.clevelandclinic.org https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22070-growth-spurts
  5. Nao Medical. (2023). What Does a Growth Spurt Feel Like? Understanding the Physical and Emotional Changes. Naomedical.com https://naomedical.com/info/what-does-a-growth-spurt-feel-like.html#:~:text=In%20addition%20to%20the%20physical,irritability%2C%20within%20a%20short%20period.
  6. Medical News Today. (2021). What factors influence a person's height? Medicalnewstoday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327514
  7. Mayo Clinic. (2023, August 22). Iron Supplement (Oral Route, Parenteral Route). Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/iron-supplement-oral-route-parenteral-route/precautions/drg-20070148

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline