Facebook Pixel Code 8 Stimulasi yang Tepat untuk Bayi 10 Bulan

8 Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 10 Bulan

8 Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 10 Bulan


Setiap harinya, selalu ada kejutan baru yang ditunjukkan oleh si Kecil, ya, Bun. Di usia 10 bulan, Bunda akan terkejut melihat banyak perubahan besar dalam perkembangan si Kecil. Agar tumbuh kembangnya lebih optimal, diperlukan ragam stimulasi untuk bayi 10 bulan.

Pada usia ini, bayi kecil Bunda sudah semakin mandiri dan mulai suka mengeksplorasi sekitarnya melalui berbagai cara, salah satunya merangkak. Lantas, cara stimulasi yang tepat apa lagi untuk perkembangan bayi usia 10 bulan? Yuk, simak penjelasan selengkapnya, Bun.

Bayi 10 Bulan Sudah Bisa Apa?

Ketika mencapai usia 10 bulan, si Kecil mulai menunjukkan kepribadian uniknya, Bun. Bayi terlihat senang berkomunikasi dengan Ayah dan Bunda, bahkan mampu mengekspresikan diri dengan beragam cara saat berinteraksi.

Si Kecil di usia ini juga sering menirukan apa yang dilakukan Bunda. Mungkin Bunda sering melihat bayi menyisir rambut hingga mengangkat telepon. Otak bayi ibarat spons kecil yang menyerap informasi di sekitarnya, Bun. Jadi, pastikan Bunda selalu bicara dan lakukan hal-hal yang baik di depan si Kecil. 

Bayi usia 10 bulan juga mulai mengerti instruksi sederhana seperti melambaikan tangan atau tepuk tangan, meskipun tidak selalu mengikuti instruksinya. Sebab, keinginannya untuk bermain lebih kuat daripada keinginan untuk mendengarkan perintah Bunda.

Bayi pun sudah bisa mengaitkan arti kata-kata tertentu. Ketika Bunda menyebutkan kata seperti "mobil" atau "anjing", si Kecil mungkin akan menunjuk objek yang dimaksud.

Pada usia 10 bulan, si Kecil menikmati kebebasan untuk "menjelajah" dengan berbagai cara. Beberapa bayi sudah bisa merangkak, menarik diri dari posisi duduk ke berdiri, jongkok dengan berpegangan, serta jalan merambat sambil berpegangan pada furnitur atau tangan Bunda.

Berjalan adalah kemampuan yang akan bayi capai dalam beberapa bulan mendatang, Bun. Oleh karena itu, menyiapkan area bermain yang aman sangat penting agar Bunda tidak perlu selalu mengatakan "tidak" atau khawatir tentang keselamatannya.

Sebagai contoh, memasang pagar pembatas jika ada tangga di rumah, atau menjauhkan stop kontak dan benda berbahaya lainnya dari jangkauan si Kecil. Dengan memberikan lingkungan yang aman, si Kecil dapat bermain dengan bebas dan Bunda dapat merasa lebih tenang dan nyaman.

Baca Juga: Persiapkan Ini Sebelum Membawa Bayi ke Tempat Umum 

Tanda Bayi 10 Bulan Perlu Distimulasi

Meskipun setiap bayi memiliki kecepatan tumbuh kembang yang berbeda, penting bagi Bunda untuk terus memantau kemajuan perkembangan bayi mereka agar sesuai dengan milestone (tonggak pencapaian) yang diharapkan.

Berikut beberapa tanda perkembangan umum pada bayi yang berusia 10 bulan sehingga perlu distimulasi.

  • Merangkak dan menarik badannya untuk berdiri.

  • Memahami arti beberapa kata.

  • Bergerak dari tengkurap ke posisi duduk.

  • Memahami instruksi dasar.

  • Meniru tindakan yang mudah.

  • Mencari benda tersembunyi.

  • Memberi respons jika berada di situasi yang menakutkan.

  • Memegang benda dengan cara menjepit.

  • Memiliki beberapa gigi.

Memahami perkembangan bayi dari bulan ke bulan sangatlah penting, Bun, karena stimulasi yang diberikan harus sesuai dengan usia bayi dan mengikuti pencapaian si Kecil di setiap bulannya.

Dengan memperhatikan perkembangan si Kecil secara berkala, Bunda dapat memastikan bahwa stimulasi yang diberikan sudah tepat dan efektif untuk membantu perkembangan optimal si Kecil.

Baca Juga: Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi dan Seperti Apa Ciri-Cirinya? 

Cara Stimulasi Bayi di Usia 10 Bulan

Setiap bulan, kemampuan si Kecil terus berkembang, dan sebagai orangtua, Bunda memiliki tanggung jawab untuk memberikan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat guna menstimulasi perkembangannya.

Berikut telah dirangkum beberapa cara memberikan stimulasi yang sesuai untuk bayi berusia 10 bulan.

1. Ajak Si Kecil Corat-Coret

Untuk mendorong keterampilan motorik bayi 10 bulan, menggambar adalah aktivitas yang bagus, Bun. Bunda dapat memberikan selembar kertas besar dan krayon untuk si Kecil.

Bayi mungkin belum bisa menggambar dengan baik, tetapi umumnya di usia ini banyak bayi yang sudah bisa menggenggam krayon dan menggerakkan tangannya untuk mencoba corat-coret, lho.

Keterampilan motorik ini pun penting diasah sejak dini untuk pelan-pelan mempersiapkan si Kecil belajar menulis begitu masuk usia prasekolah nanti.

Pastikan Bunda memberikan alat gambar yang aman dan selalu awasi si Kecil, ya. Sebab, bayi usia 10 bulan sedang gemar-gemarnya memasukkan benda apa pun ke dalam mulutnya.

2. Nyanyi Bersama

Cara stimulasi yang tepat untuk bayi 10 bulan lainnya yaitu menyanyi bersama. Pada usia ini, Bunda mungkin melihat bayi mulai menikmati musik dan bergerak-gerak mengikuti irama lagu.

Untuk mendorong minat si Kecil dalam hal musik, cobalah menyanyikan lagu-lagu yang ia sukai dan ajak si Kecil untuk ikut bernyanyi. Ini akan membantu mengembangkan keterampilan bahasa, ritme, dan motorik bayi dengan cara yang menyenangkan.

3. Main Lempar dan Tangkap Bola

Salah satu cara dasar untuk menstimulasi perkembangan si Kecil yakni melalui lempar dan tangkap bola.

Permainan ini berfungsi membantu memperkuat keterampilan motorik kasar dan halus serta melatih koordinasi si Kecil. Sebelum bermain, pastikan Bunda memilih bola berukuran besar, lembut, dan ringan untuk memastikan keamanan bayi di usia ini.

Cara bermainnya, ajaklah si Kecil duduk di lantai dengan jarak yang tidak terlalu jauh dengan Bunda. Selanjutnya, gulirkan bola secara perlahan ke arahnya. Ajak si Kecil untuk menggulirkan balik kepada Bunda.

Dengan aktivitas ini, Bunda membantu merangsang perkembangan motorik bayi sambil bermain dengan aman dan menyenangkan.

4. Bacakan Buku

Membacakan buku adalah stimulasi yang bagus untuk segala usia, Bun. Saat membacakan cerita, Bunda dapat menggunakan ekspresi dan nada dialog yang membuat si Kecil tetap terlibat. Cara ini juga membantu mengembangkan kemampuan daya ingatnya.

Pilihlah buku berwarna-warni dengan lebih banyak gambar dibandingkan tulisan. Si Kecil mungkin belum mengerti apa isi cerita dari buku tersebut, tapi ia akan semakin tertarik melihat gambar dan warna di sana. 

Dengan melibatkan si Kecil dalam kegiatan membaca buku, Bunda tidak hanya merangsang kemampuan ingatan bayi, tetapi juga membantu mengembangkan minat si Kecil terhadap buku dan membaca.

Baca Juga: 3 Alasan Orangtua Perlu Rutin Ceritakan Dongeng untuk Anak 

5. Sering Ngobrol dengan Si Kecil

Melakukan percakapan secara rutin dengan bayi 10 bulan merupakan cara stimulasi yang tepat. Bunda bisa membantu bayi memahami arti kata-kata dengan mengajaknya berbicara saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Bunda dapat menggambarkan apa yang sedang dilakukan atau apa yang terjadi di sekitar Bunda dan si Kecil. Contoh saat sedang memasak, Bunda dapat menjelaskan langkah-langkahnya kepada bayi dan memberikan nama-nama benda atau bahan yang digunakan. Misalnya berkata, "Yang ini namanya wortel, warnanya oranye."

Bayi pada dasarnya tertarik dengan percakapan. Semakin banyak Bunda berbicara dengan si Kecil, semakin baik perkembangannya. Berbicara dengan bayi tidak hanya membantu memperkaya kosa kata dan kemampuan bahasa si Kecil, tetapi juga memperkuat ikatan emosional antara Bunda dan si Kecil.

5. Main Balok Susun

Bunda dapat merangsang perkembangan keterampilan motorik dan kemampuan konsentrasi bayi 10 bulan dengan memberikan balok atau kubus berbagai ukuran.

Awalnya, bayi mungkin akan kesulitan menyusun balok lalu merasa kesal. Seiring berjalannya waktu, si Kecil akan dengan mudah menyusunnya tanpa harus merobohkan balok. Penting untuk memilih balok yang cukup besar agar bayi tidak dapat memasukkannya ke dalam mulut.

Bermain balok susun dapat mengembangkan keterampilan motorik, mendorong ketangkasan si Kecil, meningkatkan kemampuan daya ingat, dan melatih si Kecil dalam memecahkan masalah sehingga kemampuan kognitifnya berkembang.

6. Pancing Bayi untuk Meniru

Bayi berusia 10 bulan memiliki kemampuan yang tajam dalam mengamati dan meniru. Penelitian menunjukkan bahwa ketika bayi mengamati gerakan tubuh atau wajah orang lain, area otaknya juga akan terstimulasi.

Meniru dapat mendorong perkembangan daya ingat jangka panjang, serta memperkuat ikatan sosial dan emosional si Kecil. Untuk menstimulasi perkembangan ini, ajaklah bayi meniru gerakan sederhana seperti melambaikan tangan dan bertepuk tangan.

7. Dorong Si Kecil untuk Bergerak

Terakhir, cara stimulasi yang bagus untuk bayi 10 bulan adalah mendorongnya untuk aktif bergerak. Melakukan gerakan dan membiarkan bayi mengeksplorasi dapat membantu membangun kekuatan otot bayi untuk gerakan yang lebih rumit, seperti menarik badan untuk berdiri dan berjalan.

Nah, jika si Kecil sudah bisa merangkak, Bunda bisa coba ikut turun ke lantai kemudian merangkak bersama bayi atau bahkan bermain kejar-kejaran dengannya.

Nah, itu dia berbagai stimulasi yang bisa Bunda lakukan pada bayi usia 10 bulan agar perkembangannya semakin optimal. Jadi, kira-kira aktivitas mana yang paling disukai si Kecil, Bun?

Bunda juga bisa memantau apakah perkembangan si Kecil sudah sesuai dengan usianya atau belum dengan mengunduh E-Book Catatan Perkembangan Anak secara gratis.

Referensi:

  1. Mcilroy, T. (2021, March 22). 14 Benefits of Drawing for Children. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-drawing/
  2. 9-10 months: baby development. (2022, December 14). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/9-10-months
  3. ‌Earley, B. (2021, September 21). Best Activities for a 10-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/best-activities-10-month-old-baby
  4. ‌Khan, A. (2019, November 4). Activities for 10 Months Old Baby. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/learning-and-engaging-activities-for-10-months-old-baby/
  5. ‌Flo.health (2014) . Activities for a 10 Month Old Baby. https://flo.health/being-a-mom/your-baby/growth-and-development/activities-for-a-10-month-old-baby
  6. Watson, S. (2009, October 21). Baby Development: Your 10-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-10-month-old
  7. ‌Verywell. (2018). Your 10-Month-Old Baby’s Development and Milestones. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-10-month-old-baby-development-and-milestones-4172871
  8. ‌10-month-old baby: Development, Milestones & Growth. (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/10-month-old-baby-milestones-and-development_714
  9. 10-11 months: baby development. (2022, December 15). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/10-11-months
  10. ‌Rohit Garoo. (2014, October 30). 10-Month-Old Baby: Development, Milestones And Growth. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/babys-10th-month-a-development-guide_00103241/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline