Facebook Pixel Code Saat Pertama Membawa Bayi ke Tempat Umum

Saat Pertama Membawa Bayi Ke Tempat Umum

Saat Pertama Membawa Bayi Ke Tempat Umum

Bagi buah hati, jalan-jalan pertamanya ke luar rumah akan memberi pengalaman pertamanya berinteraksi dengan dunia selain lingkungan keluarga yang dikenalnya. Ini adalah awal buah hati bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Sebenarnya tidak ada peraturan medis yang menentukan usia yang dianjurkan untuk membawa bayi bermain ke luar rumah. Meski demikian, Bunda sebaiknya memperhatikan kondisi kesehatan dan kesiapan buah hati sebelum memutuskan membawanya jalan-jalan.  Selain itu, ada beberapa faktor eksternal yang perlu Bunda perhatikan saat pertama kali membawa buah hati jalan-jalan agar pengalaman pertamanya aman dan nyaman.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya Bunda persiapkan sebelum membawa bayi bermain ke luar rumah untuk pertama kali.

Pastikan Cuaca Bersahabat

Kondisi buah hati  yang masih berusia beberapa minggu mungkin masih rentan terhadap perubahan, termasuk cuaca. Bunda sebaiknya sangat memperhatikan kondisi cuaca sebelum mengajak buah hati berjalan-jalan ke luar rumah.

Jika cuacanya tampak kurang baik, Bunda sebaiknya mengurungkan niat mengajak bayi jalan-jalan. Saat cuaca bersahabat, inilah waktu yang pas untuk Bunda dan buah hati mengeksplorasi lingkungan sekitar rumah!

Pakaian yang Nyaman

Pakaian bisa memengaruhi kenyamanan bayi selama berada di luar rumah. Sebaiknya Bunda memilihkan pakaian yang menyerap keringat untuk bepergian ke luar rumah. Ada baiknya Bunda juga membawa jaket untuk bayi untuk berjaga-jaga bila cuaca berubah.

Hindari Suasana Terlalu Bising

Indra pendengaran bayi masih sangat peka terhadap berbagai suara. Karena itu, sebaiknya Bunda memilih tempat yang tidak terlalu ramai agar bayi terhindar dari kebisingan berlebih.

Bunda bisa mengunjungi taman di dekat rumah. Suasana taman yang tenang dapat membuat bayi merasa nyaman. Untuk pengalaman pertama membawa buah hati ke luar area rumah, sebaiknya pilih lokasi yang tidak terlalu jauh.

Ajaklah Anggota Keluarga

Mengajak serta orang yang sudah dikenal saat jalan-jalan dapat membantu membuat buah hati dan Bunda merasa lebih tenang. Bunda bisa mengajak ayah atau anggota keluarga yang juga sudah cukup akrab dengan buah hati. Selain membuat buah hati merasa lebih nyaman, Bunda  juga bisa merasa tenang karena ada yang mendampingi jika terjadi keadaan darurat.

Batasi Kontak Fisik dengan Orang Lain

Pengalaman pertama bayi bermain ke luar rumah juga menjadi awal interaksinya dengan orang lain di luar lingkaran keluarga. Meski demikian, sebaiknya Bunda usahakan untuk meminimalkan kontak fisik antara buah hati dengan orang lain, ya.

Pembatasan kontak fisik ini untuk mencegah perpindahan kuman dari tangan orang lain ke buah hati. Ini karena usia buah hati yang masih beberapa minggu sangat rentan terhadap kuman dan penyakit. Karena itu, sebaiknya Bunda melakukan berbagai tindakan pencegahan untuk melindungi kesehatan buah hati.

Careline FA

Artikel Lainnya

Apa Penyebab Kolik pada Bayi, ...

Kolik pada bayi memang bukanlah kondisi serius, tapi jangan dibiarkan begitu saja. Berikut ciri,...

Normalkah Bayi Baru Lahir Tidur ...

Bayi yang baru lahir ingin tidur terus adalah normal. Yang perlu diwaspadai adalah kebiasaan tidur...

Kenapa Bayi Sering Gumoh dan ...

Bayi umumnya gumoh 2-4 kali dalam satu hari. Apakah normal jika bayi gumoh lebih sering dari itu,...

Perkembangan Bayi 1 Bulan, Si Kecil ...

Bayi 1 bulan masih banyak tidur dan menyusu, tapi ia sudah bisa mengenali orang tuanya. Apa lagi...

Apa itu Growth Spurt? Kenali ...

Growth spurt adalah percepatan pertumbuhan yang terjadi di awal-awal kelahiran bayi. Ini ditandai...

Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk ...

1000 Hari Pertama Kehidupan atau HPK dimulai sejak kehamilan hingga anak berusia 2 tahun. Berikan...


Artikel Terpopuler

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya >

Atasi Buah Hati Rewel ...

Baca Selengkapnya >

Seperti Apa Perkembangan Bayi ...

Baca Selengkapnya >

MPASI yang Tepat untuk ...

Baca Selengkapnya >

Optimalkan Periode Emas

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut