Facebook Pixel Code Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibeli

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Disiapkan

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Disiapkan

 

Banyaknya perlengkapan bayi baru lahir yang lucu dan menggemaskan, bisa membuat para ibu ingin membeli semuanya saat berbelanja. Padahal, belum bisa dipastikan semua barang akan terpakai sehingga tidak perlu membelinya. Nah agar tidak bingung dan tidak kalap, berikut adalah daftar perlengkapan bayi baru lahir yang wajib disiapkan. 

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Disiapkan

Bun, selain menentukan waktu yang tepat membeli perlengkapan bayi, penting juga untuk tidak terburu-buru saat berbelanja. Dengan begitu, Bunda dapat memastikan bahwa pengeluaran sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan dan menghindari pembelian perlengkapan yang tidak diperlukan.

Agar tidak bingung, berikut ini daftar perlengkapan bayi baru lahir yang wajib disiapkan.

1. Pakaian Bayi

Pakaian bayi yang memiliki berbagai motif lucu mungkin menarik perhatian Bunda. Namun, sebaiknya jangan terlalu fokus pada pakaian yang menggemaskan hingga melupakan kenyamanan si Kecil. Pilihlah pakaian bayi yang terbuat dari bahan yang lembut, berukuran longgar, dan memberikan kenyamanan maksimal bagi si Kecil.

Ukuran pakaian bayi biasanya disesuaikan dengan usia, antara lain newborn (baru lahir), 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, dan 12 bulan. Meskipun demikian, ada bayi yang mungkin langsung cocok dengan pakaian berukuran 3 bulan, sehingga ukuran newborn tidak selalu diperlukan. 

Namun, perkiraan ukuran ini tidak selalu bisa diprediksi dengan pasti, Bun. Karena alasan ini, memiliki beberapa pakaian ukuran newborn tidak ada salahnya.

Bunda juga perlu ingat bahwa pertumbuhan bayi sangat cepat, sehingga sebaiknya Bunda tidak perlu membeli terlalu banyak pakaian dalam satu ukuran tertentu.

Berikut daftar perlengkapan pakaian bayi baru lahir yang perlu Bunda siapkan.

  • 7 buah baju piyama terusan yang menutupi seluruh tubuh bayi, memiliki ritsleting di bagian depan dan sepanjang kaki untuk memudahkan mengganti popok.

  • 5 buah celana bayi yang memiliki karet pinggang elastis.

  • 7 buah pakaian setelan lengan pendek.

  • 6 buah singlet bayi.

  • 5 pasang kaus kaki.

  • 2 buah topi apabila membawa bayi bepergian.

  • Baju hangat seperti jaket yang berbahan tebal tetapi lembut untuk bayi.

2. Popok Bayi

Bunda memiliki pilihan antara menggunakan popok kain atau popok sekali pakai untuk si Kecil. Sebagai informasi, rata-rata bayi akan memerlukan sekitar 12 kali penggantian popok dalam sehari. Oleh karena itu, Bunda perlu menyediakan sekitar satu lusin popok setiap harinya. 

Apabila Bunda memilih popok sekali pakai, bisa pertimbangkan untuk memulai dengan kemasan yang lebih kecil terlebih dahulu untuk berjaga-jaga apabila bayi tidak cocok dengan produk tersebut atau ukurannya tidak sesuai dengan tubuh bayi.

Baca Juga: Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Wajib Bunda Ketahui

3. Perlengkapan Mengganti Popok

Selain popok bayi, Bunda juga perlu menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir yang digunakan saat mengganti popok si Kecil. Apa saja yang dibutuhkan?

  • Ember kecil untuk mencuci popok kain.

  • Tisu basah bebas alkohol dan bebas pewangi, Bunda juga bisa menggunakan kapas bulat yang dibasahi air saat mengganti popok bayi.

  • Tisu atau kain dari bahan yang lembut untuk mengeringkan area popok agar tidak lembap.

  • Krim ruam popok untuk mencegah ruam popok atau untuk menanganinya apabila terjadi ruam.

  • Perlak alas yang anti-air sehingga mudah dibersihkan.

4. Peralatan Mandi

Bunda mungkin memiliki pertanyaan mengenai cara memandikan bayi baru lahir. Menurut panduan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sebelum tali pusar bayi lepas, Bunda bisa membersihkan bayi dengan kain lap atau spons yang telah dibasahi dengan air hangat.

Setelah tali pusar lepas, barulah Bunda bisa mulai memandikan bayi dengan merendamnya dalam air hangat dan menggunakan sabun serta sampo yang dirancang khusus untuk bayi.

Berikut ini list peralatan mandi bayi baru lahir yang perlu Bunda siapkan.

  • Bak mandi bayi.

  • Sabun dan sampo khusus bayi yang bebas pewangi sehingga tidak mengiritasi kulit.

  • 2 buah handuk mandi bayi.

  • 4 kain waslap.

  • Gunting kuku dan sisir.

Bayi baru lahir tidak perlu menggunakan krim dalam bentuk apa pun, Bun. Mengacu pada panduan IDAI, ketika merawat kulit bayi, disarankan untuk membatasi penggunaan zat-zat yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi, karena kulit si Kecil masih sangat sensitif.

5. Peralatan Menyusui

Selain perlengkapan kebutuhan bayi, Bunda juga wajib menyiapkan perlengkapan untuk menyusui. Berikut ini daftarnya.

  • 3 buah bra menyusui untuk memudahkan Bunda saat memberikan ASI pada bayi.

  • Krim puting untuk membantu meredakan rasa nyeri pada puting.

  • Pompa ASI yang dapat disesuaikan dengan anggaran Bunda, antara pompa ASI manual atau elektrik.

  • Kantong ASI.

  • Bantal menyusui untuk menopang bayi saat menyusui, juga membantu Bunda merasa lebih nyaman.

  • Sapu tangan untuk membersihkan gumoh pada bayi setelah menyusu.

Baca Juga: 9 Cara Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Baru Lahir

6. Perlengkapan Tidur

Akademi Pediatri Amerika Serikat (AAP) menyebutkan, bayi baru lahir sebaiknya tidur di permukaan yang kokoh dan rata untuk mencegah terjadinya Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS).

Agar bayi dapat tidur dengan aman, Bunda perlu menyiapkan perlengkapan tidur bayi baru lahir berikut ini.

  • Boks tidur bayi.

  • Kasur bayi yang sesuai dengan ukuran boks tidurnya.

  • Selimut.

  • 3 buah sprei untuk tempat tidur bayi.

  • Kelambu untuk menghindari bayi dari gigitan nyamuk.

  • Gendongan bayi.

Nah, itulah berbagai kebutuhan bayi baru lahir yang perlu Bunda siapkan. Sangat penting untuk merencanakan dengan baik apa yang dibutuhkan untuk bayi dan mencatat perkiraan anggaran yang diperlukan.

Jangan lupa juga siapkan tas bayi dengan banyak kantong penyimpanan dan berkapasitas besar untuk menampung semua perlengkapan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Cara Menjemur Bayi yang Benar dan Aman

Kapan Waktu yang Tepat Membeli Perlengkapan Bayi Baru Lahir?

Sebagai orang tua baru, pertanyaan yang sering muncul adalah kapan saat yang tepat untuk mulai membeli perlengkapan bayi. Sebenarnya, tidak ada patokan waktu yang benar atau salah dalam memulai persiapan perlengkapan bayi.

Bunda bebas untuk membuat daftar perlengkapan bayi baru lahir dan berbelanja kebutuhan tersebut sejak trimester pertama kehamilan atau menjelang akhir trimester.

Namun, untuk menghindari pengeluaran berlebihan, Bunda disarankan untuk mencatat dahulu kebutuhan yang paling penting dan membelinya secara bertahap.

Sebagian besar bayi akan lahir antara minggu ke-37 dan ke-41 dalam kehamilan. Oleh karena itu, sebaiknya perlengkapan bayi sudah siap pada sekitar minggu ke-35 agar persiapan persalinan terlaksana dengan baik.

Nah selain dengan membeli baru, sebenarnya tidak ada salahnya juga jika Bunda menanyakan kepada teman atau anggota keluarga apakah ada perlengkapan bayi baru lahir yang bisa dipinjamkan atau “diwariskan” untuk membantu Bunda menghemat biaya dan waktu persiapannya.

Satu lagi, nih, yang perlu Bunda persiapkan, yaitu mempersiapkan ilmu dari berbagai artikel  edukatif terkait tumbuh kembang dan perawatan bayi juga panduan menyusui ASI Eksklusif. Semua informasi ini bisa Bunda akses secara lengkap dan gratis setiap saat di Diary Generasi Maju!

Referensi:

  1. Parents. (2022). Baby Must-Haves (and Don’t-Needs) for Your Registry. Parents. https://www.parents.com/baby/gear/registries-buying-guides/baby-shopping-guide/
  2. ‌Baby must-haves: A newborn essentials checklist. (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby-products/lists-and-tips/baby-products-must-haves-for-the-first-year_59
  3. ‌Verywell. (2022). All the Essentials You Need for a Newborn Baby. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/bare-necessities-basic-baby-needs-293962
  4. ‌NHS Choices. (2023). What you’ll need for your baby. https://www.nhs.uk/conditions/baby/caring-for-a-newborn/what-you-will-need-for-your-baby/
  5. IDAI | Perawatan Bayi Baru Lahir. (2014). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/perawatan-bayi-baru-lahir
  6. ‌Preparing home for when your baby arrives. (2022, May 31). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/what-you-will-need-for-baby
  7. ‌Fernandes, R. (2022, January 20). When to Start Buying Baby Stuff - the Right Timeline to Know. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/when-to-start-buying-baby-stuff-the-right-timeline-to-know/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline