Facebook Pixel Code Perkembangan Bayi 8 Bulan Bisa Apa? Cek Di Sini

Perkembangan Bayi 8 Bulan Bisa Apa? Cek Di Sini

Perkembangan Bayi 8 Bulan Bisa Apa? Cek Di Sini

Perkembangan Bayi 8 Bulan Bisa Apa? Cek Di Sini

Selamat, Bund! Kini si Kecil sudah memasuki bulan kedelapan. Pada fase ini, perkembangan bayi 8 bulan meliputi eksplorasi, bergerak ke sana dan ke sini, dan juga belajar. Si Kecil akan sibuk berinteraksi dan juga bermain. Maka dari itu, Bunda pun mungkin akan sibuk juga ketika menemani si Kecil bermain.

Tapi, sebelum mempelajari cara bermain atau mendukung perkembangannya, simak dulu berbagai tanda perkembangan bayi 8 bulan berikut ini!

Kemampuan Motorik

Si Kecil kini sudah bisa memukul dua objek pada saat bersamaan. Lalu, tangannya pun sudah bisa memindahkan benda, dari tangan kanan ke kanan kiri, dan juga sebaliknya.

Perkembangan bayi usia 8 bulan rupanya juga saat di mana si Kecil sudah bisa duduk tanpa dukungan lagi. Jadi, jangan heran kalau dia melakukan hal tersebut sambil bermain. Bahkan, sebagian anak mungkin sudah bisa merangkak di area rumah, sehingga Bunda harus berhati-hati.

Kemampuan Komunikasi

Kemampuan berbicara si Kecil pun juga menunjukkan kemajuan yang banyak, Bund. Perkembangan bayi 8 bulan umumnya meliputi si Kecil yang sudah bisa membuat suku kata tertentu, seperti “uh”, “oh”, “eh” dan lain sebagainya. Pada usia ini, si Kecil pun akan merespons jika diajak bicara. Maka dari itu, jangan berhenti mengajaknya ngobrol ya, Bund.

Kemampuan Kognitif

Untuk kemampuan kognitif, kini si Kecil sudah memahami hubungan antara sebab dan akibat. Misalnya, kalau dia melempar barang, barang tersebut akan jatuh atau mengarah ke tujuan tertentu.

Kemampuan Emosional dan Sosial

Banyak dari tanda perkembangan bayi 8 bulan meliputi kemajuan dari segi emosional dan sosial. Misalnya, si Kecil kini sudah bisa nangis, takut, atau kabur ketika berhadapan dengan orang baru. Kemudian, kalau ada orang yang bahagia atau sedih, si Kecil mungkin akan berempati. Bahkan, si Kecil juga tidak akan sungkan menunjukkan perasaannya dengan suara, misalnya saat senang atau marah.

Cara Mendukung Perkembangan Bayi 8 Bulan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, fase ini meliputi kesibukan bayi, mulai dari gerak-gerik sampai kemampuan kognitifnya. Jadi, Bunda sebaiknya melakukan beberapa hal berikut ini guna membantu memicu perkembangannya. Simak tips mudahnya di bawah ini yuk, Bund!

  • Ajak Bayi Bicara

Si Kecil tertarik jika diajak berbicara oleh Bunda. Kegiatan berbicara bukan semerta-merta agar si Kecil mendengarkan suara Bunda atau berinteraksi saja. Tapi, dengan cara ini, si Kecil jadi belajar kata-kata baru dan juga arti dari kata tersebut.

  • Dengarkan Bayi Berbicara

Orang dewasa pasti merasa dihargai kalau didengarkan saat berbicara. Nah, begitu juga dengan anak kecil, saat Bunda memperhatikannya saat dia membuat suara-suara, si Kecil akan merasa didengar, dihargai, dan juga disayang. Kalau Bunda mendengarkannya berbicara, si Kecil pun akan termotivasi untuk terus-menerus berbicara, yang mana baik untuk perkembangannya.

  • Bermain Bersama

Karena si Kecil gemar bereksplorasi, Bunda bisa mengajaknya bermain dengan cara apa pun. Bunda bisa bernyanyi bersama, bermain cilukba, membuat suara-suara unik, atau kegiatan-kegiatan yang melatih kemampuan visualnya, seperti membaca buku anak. Lalu, ajak juga si Kecil untuk bergerak agar ototnya juga kuat.

Nah, itulah tadi berbagai tanda perkembangan bayi 8 bulan serta cara-cara yang bisa Bunda lakukan untuk mendukungnya. Sebelum memberikan stimulasi lewat kegiatan-kegiatan di atas, jangan lupa untuk baby proof atau membuat lingkungan rumah lebih aman. Sebagai contoh, kunci lemari agar tidak dibuka si Kecil, beri pagar pada ujung tangga agar si Kecil tidak memanjat, dan lain sebagainya.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Bunda dan buah hati. Selamat mencoba ya, Bund! 

Sumber:

  • Sharon,Mazel. (2021, November 2). 8-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-8.aspx

  • 8-9 months: baby development. (2020, March 13). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/8-9-months

Artikel Lainnya di Tahapan Bayi 7 - 12 bulan

Bunda, Menu MPASI 10 Bulan Apa ...

Sebelum membuat menu MPASI 10 bulan, pastikan makanannya aman dikonsumsi bayi, Bund. Simak...

Rekomendasi Menu MPASI 8 Bulan yang ...

Menu MPASI 8 bulan sebaiknya mengikutinya kebutuhan nutrisi dan energinya untuk tumbuh, berkembang,...

Perkembangan Bayi 7 Bulan, Si Kecil ...

Asyik, si Kecil sudah memasuki usia 7 bulan! Tapi, kira-kira apa saja sih, perkembangan bayi 7...

Rekomendasi 5 Menu MPASI 1 Tahun, Lezat ...

Asupan MPASI 1 tahun tentunya berbeda dengan makanan bayi usia 6 bulan. Berikut adalah beberapa...

Bunda, Berikut 5 Manfaat Imunisasi untuk ...

Bunda, Berikut 5 Manfaat Imunisasi untuk Buah Hati

Menu MPASI 6 Bulan untuk Anak ...

Menginjak usia 6 bulan sudah waktunya anak diberikan menu MPASI oleh Bunda. Berikut contoh menu...


Artikel Terpopuler

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya >

Atasi Buah Hati Rewel ...

Baca Selengkapnya >

Seperti Apa Perkembangan Bayi ...

Baca Selengkapnya >

Bagaimana Tumbuh Kembang Anak 0...

Baca Selengkapnya >

MPASI yang Tepat untuk ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut