Facebook Pixel Code 9 Ide Stimulasi untuk Bayi Usia 9 Bulan

9 Cara Menstimulasi Perkembangan Bayi 9 Bulan

9 Cara Menstimulasi Perkembangan Bayi 9 Bulan


Melihat perkembangan si Kecil menjadi momen yang paling berharga bagi orang tua. Setiap harinya, selalu saja ada kemampuan baru yang ditunjukkan bayi. Misalnya, di usia 9 bulan ini, kemampuan bicara bayi mulai berkembang dengan pesat. 

Suara ocehannya kini sudah berubah menjadi kata-kata yang lebih jelas. Tentu saja sangat menyenangkan mendengar suara si Kecil mengucapkan kata-kata seperti "ma-ma", "bye-bye", dan "da-da".

Nah, agar perkembangan bayi 9 bulan sesuai dengan usianya, Bunda bisa membantu berikan stimulasi yang menyenangkan untuk si Kecil. Lalu, bagaimana cara stimulasi yang baik untuk bayi 9 bulan? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak penjelasan selengkapnya di artikel ini, Bun!

Bayi 9 Bulan Sudah Bisa Apa Saja?

Memberi stimulasi untuk bayi 9 bulan memang penting, Bun. Akan tetapi, Bunda perlu memahami lebih dahulu seperti apa perkembangan bayi di usia ini. Pasalnya, setiap bayi mengalami perkembangan motorik dengan kecepatan yang berbeda. 

Dengan mengetahui apa saja perkembangannya, Bunda dapat memilih stimulasi yang tepat untuk si Kecil.

Memasuki usia 9 bulan, bayi akan mengalami beberapa perkembangan dan perubahan baru yang menarik, Bun. Sebagian besar bayi di usianya ini sudah bisa merangkak. Namun, jangan terlalu khawatir jika si Kecil belum bisa merangkak juga di usia ini. Sebab, bayi berkembang dengan kecepatannya sendiri sesuai dengan kemampuannya, Bun. 

Perkembangan lain pada bayi di usianya yang ke-9 bulan, yaitu si Kecil jadi lebih aktif menggunakan tangan dan suara. Bayi akan semakin terampil dalam mengambil benda-benda dan mulai membuat berbagai macam suara, termasuk untuk mengekspresikan emosinya.

Sebagai contoh, bayi 9 bulan biasanya mulai mengeksplorasi menggunakan mainan dengan cara yang lebih kompleks. Si Kecil mungkin akan mencoba membenturkan atau memukul dua mainan bersama-sama untuk melihat bagaimana suara dan gerakan yang dihasilkan.

Selain itu, si Kecil juga sudah bisa menunjukkan kemampuan untuk makan sendiri menggunakan sendok atau memegang makanan dengan tangannya.

Bayi usia 9 bulan juga sudah bisa menunjukkan kemampuan meniru suara dan gerakan. Si Kecil mungkin akan mencoba mengikuti suara yang mereka dengar, dan meniru gerakan sederhana seperti menggelengkan kepala sebagai bentuk penolakan. 

Selain penjelasan di atas, berikut adalah berbagai perkembangan yang umumnya ditunjukkan bayi usia 9 bulan dan perlu Bunda optimalkan dengan stimulasi:

  • Malu atau takut di sekitar orang asing.

  • Menunjukkan ekspresi wajah seperti senang, sedih, marah, dan terkejut.

  • Tersenyum atau tertawa saat bermain cilukba.

  • Memberi respon seperti menangis jika Bunda pergi.

  • Membuat banyak suara yang berbeda, misalnya "mamamama" atau "bababababa".

  • Mengangkat lengan ke atas minta untuk digendong.

  • Bisa duduk sendiri.

  • Memindahkan barang dari satu tangan ke tangan lainnya.

  • Mulai mengambil beberapa langkah sambil berpegangan furnitur.

  • Berdiri tanpa bantuan.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Mainan Anak 

Cara Stimulasi Perkembangan Bayi 9 Bulan

Sebagai orang tua, tentunya Bunda ingin melihat kemampuan si Kecil berkembang secara maksimal dan mengikuti perkembangan yang diharapkan pada usia tertentu. 

Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memberikan aktivitas yang menarik dan bermanfaat bagi si Kecil guna merangsang perkembangan mereka secara maksimal. 

Nah, berikut ini stimulasi yang tepat untuk bayi 9 bulan:.

1. Bermain Musik Bersama

Stimulasi yang bisa Bunda lakukan untuk bayi 9 bulan yaitu bermain musik bersama. Berikan alat musik mainan seperti drum atau gitar, setelah itu tunjukkan cara penggunaannya. 

Bunda juga bisa membuat instrumen musik dari benda sehari-hari di rumah, misalnya kaleng kopi, botol berisi beras, atau panci dan sendok kayu.

Dengan mengeksplorasi berbagai suara yang dihasilkan oleh alat musik tersebut, si Kecil akan mengembangkan keterampilan sensorik mereka. Selain itu, aktivitas ini juga dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial, seperti belajar mengambil giliran saat bermain musik bersama. 

Dan yang terpenting, stimulasi untuk bayi usia 9 bulan ini bisa menjadi menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk Bunda dan si Kecil.

2. Ajari Minum Pakai Cangkir

Bantu bayi usia 9 bulan mengembangkan keterampilan motorik dengan stimulasi sederhana, seperti mengajarinya minum dari cangkir. Tentunya membutuhkan waktu untuk mengembangkan keterampilan motorik halus serta kontrol otot mulut dari kegiatan ini.

Ini karena prosesnya melibatkan kemampuan, seperti memegang cangkir dengan jari-jari, menjaga keseimbangan saat meminum, dan mengontrol gerakan bibir dan lidah untuk menghirup air.

Selain itu, stimulasi ini juga bisa dengan mengajarinya menggunakan peralatan makan. Aktivitas ini dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata si Kecil. 

Berikan bayi sendok dan garpu serta makanan yang mudah disendok. Membiarkan bayi untuk makan bersama anggota keluarga lain dapat menjadi dorongan bagi si Kecil untuk meniru dan mengembangkan keterampilan makan tersebut, Bun.

3. Ajak Bayi Bicara

Bayi usia 9 bulan juga bisa Bunda stimulasi dengan melakukan percakapan di saat mandi atau mengganti popok. Pasalnya, bayi sangat tertarik mendengar suara obrolan. Jadi, semakin sering Bunda berbicara, semakin baik bagi perkembangan kognitifnya.

Selama berinteraksi dengan si Kecil, beri tahu mereka tentang apa yang sedang Bunda lakukan dan gunakan kata-kata sederhana yang mudah dipahami. 

Misalnya, Bunda dapat menggambarkan langkah-langkah saat memandikan bayi dengan mengatakan "sekarang Bunda akan mencuci rambutmu dengan air hangat, ya!"

4. Latihan Merangkak

Stimulasi selanjutnya adalah latihan merangkak. Pasalnya dengan mendorong bayi untuk bergerak akan membangun kekuatan otot bayi untuk gerakan yang lebih kompleks seperti berdiri atau berjalan. 

Bunda bisa berbaring di lantai, kemudian tekuk kedua kaki untuk membentuk terowongan dan dorong bayi untuk merangkak melaluinya. 

Stimulasi ini akan membantu mengembangkan keterampilan motorik kasar si Kecil, seperti kekuatan tubuh, koordinasi, dan keberanian dalam melalui rintangan. 

Baca Juga: Tahapan Perkembangan dan Pertumbuhan Anak Usia 0-3 Tahun

5. Eksperimen dengan Tekstur

Bunda dapat memberikan kesempatan bagi si Kecil untuk bereksperimen dengan berbagai tekstur untuk membangun kemampuan sensorik mereka. Misalnya, berikan es batu, beras, dan yoghurt. 

Ketiga benda tersebut mempunyai tekstur yang berbeda-beda. Lalu, biarkan si Kecil untuk menggenggam, atau merabanya. Stimulasi untuk bayi usia 9 bulan ini dapat membantu mengembangkan persepsi sensori seperti rasa dingin, lengket, atau tekstur kasar.

Saat melakukan aktivitas ini, selalu dampingi si Kecil karena bayi usia 9 bulan masih suka memasukkan benda apa saja ke dalam mulutnya. Oleh karena itu, pilihlah mainan atau benda yang sesuai usia bayi dan tidak membahayakannya.

6. Membaca Buku

Membacakan buku untuk bayi merupakan stimulasi yang baik bahkan untuk segala usia, Bun.

Melibatkan bayi dalam kegiatan membaca dapat mengembangkan imajinasi bayi, membantu mendorong kemampuan bahasa, dan mempersiapkan si Kecil untuk proses belajar membaca di kemudian hari.

Saat membacakan buku kepada bayi, Bunda dapat menyebutkan gambar-gambar yang ada. Jelaskan juga berbagai warna, bentuk, atau objek yang terlihat di dalam gambar. 

Selain itu, Bunda juga bisa menyesuaikan intonasi atau mengubah suara sedikit agar pengalaman membaca menjadi lebih menarik dan menyenangkan untuk si Kecil.

7. Bermain Air

Tahukah Bunda, bermain air bisa memberikan pengalaman belajar untuk si Kecil?. Bayi dapat bermain dengan gelembung air yang dapat membantu mengembangkan koordinasi tangan dan matanya. Selain itu, bayi juga dapat mengeksplorasi dan merasakan stimulasi indera mereka ketika mandi.

Jangan lupa untuk mengajarinya memeras air dari spons atau memercikkan air. Saat bayi memeras spons, ia akan melihat perubahan bentuk spons yang menyusut. Ini dapat membantu mendorong kemampuan motorik halus si Kecil.

Jadi, manfaatkan waktu mandi sebagai pengalaman belajar dan mengembangkan kemampuan mereka, ya, Bun!

8. Bermain di Luar Ruangan

Ketika Bunda berada di luar dan bersama si Kecil, mereka akan mendapatkan banyak pengalaman yang berbeda. Di luar ruangan, ada begitu banyak hal yang dapat dilihat, dicium, didengar, dan disentuh oleh bayi.

Di luar ruangan, seperti taman akan memberikan stimulasi visual yang beragam pada bayi usia 9 bulan. Si Kecil dapat melihat warna-warna alam, seperti pohon dengan dedaunan berwarna hijau, bunga yang berwarna-warni, atau langit yang biru. 

Si Kecil juga mungkin dapat melihat hewan-hewan, seperti burung atau serangga, yang bergerak di sekitar mereka.

9. Ajarkan Bahasa Isyarat

Selanjutnya, Bunda bisa mengajari si Kecil bahasa isyarat seperti melambai "da-dah" atau menggelengkan kepala sebagai arti kata "tidak" sebagai stimulasi bayi usia 9 bulan. 

Bahasa isyarat ini dapat membantu bayi untuk berkomunikasi dengan Bunda sebelum mereka mampu menggunakan kata-kata.

Selain itu, belajar menggunakan gerakan ini juga bisa membantu bayi untuk mengekspresikan diri. Misalnya, dengan mengajari gerakan "kiss-bye" yang bisa menjadi ekspresi si Kecil menunjukkan kasih sayang atau tepuk tangan sebagai tanda bayi sedang merasa senang.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai cara stimulasi yang tepat untuk bayi 8 bulan. Lakukan stimulasi ini secara rutin agar si Kecil tumbuh dan berkembang dengan optimal sesuai dengan usianya. 


Jangan lupa juga untuk selalu memantau tumbuh kembang bayi dari bulan ke bulan melalui Catatan Perkembangan Anak. Semoga artikel ini bermanfaat, ya, Bun!

Referensi:

  1. Earley, B. (2021, September 20). Best Activities for a 9-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/best-activities-for-a-9-month-old
  2. 9-10 months: baby development. (2022, December 14). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/9-10-months
  3. ‌Khan, A. (2018, May 22). 15 Best Activities for 9 Months Old Baby. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-activities-for-9-month-old-baby/
  4. ‌Baby Games | Games for 7-9 Month Old Babies | Pathways.org. (2022, June 28). Pathways.org. https://pathways.org/growth-development/7-9-months/games/
  5. ‌CDC. (2023, January 9). Important Milestones: Your Baby By Nine Months. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-9mo.html
  6. ‌Verywell. (2018). Your 9-Month-Old Baby’s Development and Milestones. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-9-month-old-baby-development-and-milestones-4172786
  7. ‌Masters, M. (2018, December 27). 9-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-9.aspx
  8. ‌Watson, S. (2009, October 12). Baby Development: Your 9-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-9-month-old
  9. ‌Kelly, J. (2021, October 22). How to Help Your Child Drink From an Open Cup. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/toddler/use-cup/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline