Facebook Pixel Code 7 Cara Menyiapkan Anak Hadapi Hari Pertama Sekolah

7 Cara Menyiapkan Anak Hadapi Hari Pertama Sekolah

7 Cara Menyiapkan Anak Hadapi Hari Pertama Sekolah


Ketika anak mulai memasuki rentang usia 3 sampai 5 tahun, ia dapat mulai mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Saat memasuki PAUD, anak-anak diperkenalkan dengan konsep belajar sambil bermain. Ini dapat memupuk rasa cinta mereka terhadap belajar sejak dini dengan cara yang menyenangkan. Itu kenapa PAUD bisa menjadi langkah awal yang penting bagi anak agar siap memasuki dunia sekolah. Nah, sebelum memulai hari pertamanya bersekolah, yuk simak ulasan di bawah ini untuk mencari tahu apa saja yang perlu Bunda siapkan untuk si Kecil!

Tips Hari Pertama Anak Masuk Sekolah PAUD

Tahukah Bunda kalau 90% perkembangan otak anak tercapai di usia 5 tahun? Ini termasuk kemampuan kognitif, sosial, emosional, serta fisiknya. Perkembangan otak yang optimal merupakan pondasi penting untuk mendukung kemampuan belajar si Kecil.

Oleh karena itu, memasuki usia pra-sekolah (usia 3-5 tahun), penting untuk Bunda mulai mengenalkan si Kecil dengan konsep bersekolah di PAUD untuk mendukung perkembangan otak si Kecil yang pesat dan kesiapan belajarnya.

Bersekolah akan membuat dunia si Kecil mulai terbuka lebar untuk belajar, mengeksplorasi, dan memuaskan rasa ingin tahunya terhadap hal-hal di sekitarnya.

Selain itu, dengan bersekolah anak akan lebih mandiri. Ia juga akan menemukan banyak hal baru dan mengikuti aturan yang ada. Kesuksesan anak menjalani kehidupan sekolah amat berperan penting untuk membangun kepercayaan dirinya. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi dan bagaimana cara interaksi sosial di sekolah dan di rumah yang berbeda.

Dari yang biasanya buang air ditemani Bunda, makan harus disuapi, hingga banyak hal lainnya yang harus dibantu, semua itu akan berubah ketika si Kecil berada di sekolah. Maka dari itu, dibutuhkan kesiapan yang matang agar si Kecil dapat lebih berani dan mandiri saat bersekolah nanti.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Bunda lakukan untuk mempersiapkan si Kecil saat hari pertama sekolah.

1. Jelaskan Pentingnya Bersekolah

Sebelum menjelaskan pada si Kecil kenapa harus bersekolah, sebaiknya Bunda pahami dulu apa manfaat yang harus dicapai anak masuk PAUD. Masa golden age anak itu penting untuk tumbuh kembangnya, sehingga sangat baik jika anak mulai bersekolah di PAUD. Menurut sebuah penelitian, stimulasi pendidikan sejak dini pada anak akan berdampak positif pada seluruh aspek perkembangannya.

Hal penting untuk dicapai anak saat PAUD yaitu kesenangan dalam menjalankan segala aktivitas yang ada di sekolah. Nantinya, ini akan membuat si Kecil terbiasa saat masuk dunia pendidikan pada tahapan selanjutnya.

Maka dari itu, Bunda perlu mengajak si Kecil untuk melihat-lihat sekolahnya, menunjukkan apa saja yang ada di sekolah, hingga apa saja yang bisa dilakukan saat di sekolah. Hal ini akan membuat anak menjadi tertarik untuk memulai hari pertamanya di sekolah.

2. Terangkan Apa yang Dilakukan Anak di Sekolah

Membujuk anak untuk memulai hari pertama sekolah memang akan menyulitkan Bunda, karena ada banyak hal yang mungkin ditakutkan oleh si Kecil. Agar anak bersemangat dan berani untuk bersekolah, sejak awal Bunda mesti mulai memberi tahu ia apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di sekolah.

Si Kecil perlu diberikan pengertian rutinitas-rutinitas yang ada di sekolah, seperti membaca buku, mendengarkan instruksi guru, bernyanyi dan bermain bersama, serta makan bekal bersama.

Umumnya, konsep pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah mengenalkan anak bagaimana rasanya belajar sambil bermain. Dengan begitu, anak dapat membentuk karakter dirinya sendiri ketika bersekolah. Jika sudah menemukan kesenangannya, ia akan menjadi suka bersekolah dan belajar.

3. Siapkan Sarapan yang Bergizi

Agar dapat mendukung perkembangan otaknya yang optimal, Bunda tentu perlu memperhatikan kelengkapan nutrisi si Kecil terutama nutrisi untuk perkembangan otaknya. 

Supaya anak semakin bersemangat untuk sekolah, hal yang harus Bunda persiapkan ialah menu sarapan yang tidak cuma enak tapi harus bergizi tinggi dan lengkap. Sarapan sehat harus mengandung berbagai nutrisi penting, seperti serat, protein, dan karbohidrat.

Dengan menyiapkan menu sarapan yang bergizi, anak akan semakin siap dan bersemangat untuk bersekolah di hari itu. Sebab, sarapan bisa dibilang seperti bensin yang menjadi bahan bakar mobil. Agar bisa terus melaju mulus seharian tanpa mogok-mogok, tangki bensin mobil harus terisi penuh.

Begitu juga perut si Kecil. Supaya si Kecil bisa terus bermain dan belajar dengan maksimal, perutnya harus terisi penuh oleh bahan bakar berupa gizi dari makanan. Semua gizi yang diserap tubuh dari menu sarapan si Kecil akan disalurkan ke otak untuk membantunya bekerja optimal untuk belajar dan menyimpan informasi baru.

Selain menu sarapan, penting juga untuk Bunda melengkapi nutrisinya dengan SGM Eksplor 3+, satu-satunya dengan IronC™ yang mendukung 2x penyerapan nutrisi penting, serta dilengkapi DHA, Minyak Ikan Tuna, Omega 3&6, dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung perkembangan kognitif si Kecil yang maksimal, dan siapkan prestasi si Kecil di sekolah.

4. Antar Anak di Hari Pertama Sekolah

Suasana sekolah nantinya akan menjadi lingkungan baru yang akan selalu dirasakan oleh si Kecil ketika mulai memasuki dunia pendidikan. Nah, Bunda jangan pernah menyepelekan pentingnya mengantar anak di hari pertama sekolah, ya.

Mengantar anak sekolah merupakan kesempatan membangun hubungan positif dengan lingkungan pendidikan di rumah dan sekolah. Hal ini membantu si Kecil untuk mulai beradaptasi dari yang biasanya belajar hanya di rumah, menjadi belajar dan bertemu dengan orang-orang baru di sekolah.

Selain itu, manfaat mengantar anak sekolah bukan hanya menjalin hubungan antara orang tua dan anak, tetapi juga menjalin hubungan harmonis dengan orang-orang di lingkungan sekolah, seperti guru dan orang tua murid lainnya. Jadi, Bunda dapat mengetahui bagaimana kondisi lingkungan sekolahnya dan seperti apa perkembangan si Kecil ketika di sekolah nanti.

5. Berikan Pujian pada Si Kecil

Memberikan pujian mempunyai dampak yang sangat baik ke semua orang, termasuk pada anak. Memberikan pujian yang positif kepada anak akan meningkatkan rasa percaya diri dan semangatnya, Bun. Untuk itu, sebaiknya Bunda memberikan sanjungan saat si Kecil selesai bersekolah atau sebelum memulai sekolah.

Ucapan pujian, gerakan tubuh, ekspresi wajah, pelukan, hingga “tos” akan membangkitkan rasa bangga pada diri si Kecil. Anak yang mempunyai rasa percaya diri yang positif cenderung mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah, sehingga ia tidak akan merasa putus asa. Si Kecil juga akan menjadi lebih produktif dalam kesehariannya, lho, Bun.

Baca Juga: Kapan Usia Ideal Anak Masuk Sekolah PAUD?

6. Ingatkan Anak untuk Menghormati Guru

Tips hari pertama anak masuk sekolah berikutnya yaitu mengajarkan si Kecil agar dapat menghormati guru sejak hari pertama. Di sekolah, peran guru bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pengganti orang tua. Gurulah yang akan membantu anak dalam memperoleh ilmu, memotivasi, bahkan membantunya untuk lebih percaya diri.

Menjalin hubungan baik dengan guru juga menjadi langkah yang penting, Bun. Ini karena guru merupakan “orang tua” yang bertanggung jawab saat si Kecil di sekolah. Maka, Bunda dapat bekerja sama dan berkomunikasi dengan guru mengenai perkembangan si Kecil di sekolah. 

7. Latih Kemandirian Anak

Ketika berada di sekolah, berarti Bunda tidak akan bisa berada di samping si Kecil. Untuk itu, penting menumbuhkan kemandirian pada anak sebelum bersekolah. Karena kemandirian pada anak mempunyai banyak manfaat seperti meningkatkan rasa percaya diri, menjadi lebih bertanggung jawab, memperkuat mental, meningkatkan kreativitas, serta lebih tanggap dalam berpikir maupun bertindak.

Bunda dapat mengajarkan kemandirian pada si Kecil sejak dini dengan membiasakan merapikan mainannya sendiri, makan sendiri, dan menyiapkan peralatan sekolahnya. Dengan begitu si Kecil akan lebih termotivasi untuk semangat bersekolah karena merasa sudah besar dan hebat.

Sebenarnya hari pertama anak sekolah merupakan awal perjalanan panjangnya berada di rumah keduanya. Sekolah akan menjadi tempat ia belajar dan menemukan hal-hal baru. Jadi, peran Bunda sangatlah penting untuk mendukungnya terutama pada hari pertama sekolah. 

Semoga artikel ini dapat membantu Bunda menemukan cara terbaik menghadapi hari pertama si Kecil ketika sekolah nanti, ya!

Bunda ingin mencari tips persiapan masuk sekolah lainnya? Kunjungi laman Sekolah Generasi Maju, yuk! Di sini, Bunda bisa dapatkan tips nutrisi hingga pedoman tumbuh kembang dan pedoman pola asuh untuk maksimalkan perkembangan kognitif si Kecil!

Referensi:

  1. Pentingnya Tahun Pertama Pendidikan Bagi Anak Usia Dini. (2020, July 16). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/07/pentingnya-tahun-pertama-pendidikan-bagi-anak-usia-dini
  2. ‌Jenderal, D. (n.d.). DIREKTORAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20210918_184001.pdf
  3. ‌CDC. (2021, February 11). Preschooler (3-5 years old). Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/ncbddd/childdevelopment/positiveparenting/preschoolers.html
  4. ‌Helping Your Child Adjust to Preschool (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/adjust-to-preschool.html
  5. ‌IDAI | Kapan Anak Siap untuk Sekolah? (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kapan-anak-siap-untuk-sekolah
  6. ‌PAUD dan Pendidikan Keluarga Penting Dalam Mendukung Perkembangan Anak. (2019, November 6). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/paud-dan-pendidikan-keluarga-penting-dalam-mendukung-perkembangan-anak
  7. ‌Mendikbud: Pentingnya Konsep Bermain dan Belajar di Jenjang PAUD. (2019, November 18). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/mendikbud-pentingnya-konsep-bermain-dan-belajar-di-jenjang-paud
  8. ‌Why school supplies are so important?, a project from Ms. Agate. (2023). DonorsChoose. https://www.donorschoose.org/project/why-school-supplies-are-so-important/6681095/
  9. ‌Mari Antar Anak Di Hari Pertama Sekolah - BGP PROV. SUMATERA SELATAN. (2017, October 3). BGP PROV. SUMATERA SELATAN. https://bgpsumsel.kemdikbud.go.id/mari-antar-anak-di-hari-pertama-sekolah/
  10. ‌Pendidikan, K., Kebudayaan, D., Pendidikan, S., & Tua, O. (n.d.). Menumbuhkan Kemandirian pada Anak C3.2.SPOT.024. Retrieved May 13, 2023, from https://repositori.kemdikbud.go.id/9762/1/MENUMBUHKAN%20KEMANDIRIAN%20PADA%20ANAK.pdf

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline