Facebook Pixel Code 8 Ide Mainan dari Kardus yang Seru untuk Anak

8 Cara Membuat Mainan dari Kardus yang Seru untuk Anak

8 Cara Membuat Mainan dari Kardus yang Seru untuk Anak


Bunda punya kardus bekas di rumah? Sebagai salah satu cara untuk merangsang anak berpikir cepat, Bunda dapat mengajak si Kecil “menyulap” kardus bekas menjadi mainan yang seru dan bermanfaat bagi si Kecil, lho! Yuk, intip apa saja ide mainan dan cara membuatnya!

Kenapa Mainan Penting untuk Anak?

Seperti yang kita tahu bahwa mainan tidak bisa terpisahkan dari si Kecil dalam kesehariannya. Bermain tidak hanya menyenangkan bagi anak-anak, tapi juga dapat meningkatkan tumbuh kembang si Kecil.

Mainan bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan motorik dan kognitif anak. Sebab, bermain memberikan anak banyak cara untuk mempelajari hal-hal baru dengan cara yang tidak membosankan.

Selain itu, bermain juga memiliki berbagai manfaat untuk anak sebagai berikut:

  • Membangun kepercayaan diri.

  • Memahami lebih baik bagaimana dunia bekerja.

  • Mengembangkan keterampilan sosial, bahasa, dan komunikasi.

  • Belajar mengenal kepedulian terhadap sesama dan lingkungan.

  • Mendorong keterampilan fisik.

Meski memiliki ragam manfaat, Bunda harus selektif dalam memilih mainan agar kegunaan yang didapat anak tersebut semakin optimal. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Edukatif untuk Anak 1 Tahun

Ide Mainan dari Kardus dan Cara Membuatnya

Seiring bertambahnya usia, keterampilan fisik anak dan cara ia bermain pun ikut berubah. Anak usia 3 tahun akan menjadi lebih kreatif dan lebih banyak bereksperimen dengan mainan dan mulai menyalurkan ide untuk membuatnya.

Nah, ada beragam kreasi cara untuk membuat mainan dari kardus yang bisa Bunda coba bersama si Kecil. Tentunya mainan ini juga bermanfaat untuk tumbuh kembangnya.

Yuk, siapkan bahan-bahannya dan ikuti cara membuat mainan DIY atau dibuat sendiri dari kardus berikut ini, Bun.

1. Parkir Mobil-mobilan

Kardus bekas bisa dibuat menjadi mainan parkir mobil-mobilan. Anak laki dan perempuan sama-sama bisa memainkannya, kok!

Cara membuatnya sangat mudah, Bun. Potong kardus menjadi persegi panjang hingga menyerupai rangka mobil tiruan. Lalu, buatlah garis-garis seperti zona parkir. Warnai bagian kotaknya menggunakan pensil warna atau crayon.

Untuk memudahkan anak belajar warna, pilihlah warna primer berbeda seperti merah, kuning, dan hijau.

Setelah jadi, ajak si Kecil memarkirkan mobil sesuai dengan warna pada kardus. Selain melatih motorik dan koordinasi mata dan tangannya, ini juga bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengajarkan warna pada si Kecil.

2. Televisi

Ide mainan dari kardus selanjutnya adalah membuat televisi. Di dalam kotak televisi, minta si Kecil untuk pura-pura bernyanyi atau bercerita, setelah itu berikan pujian atas penampilannya.

Memuji penampilan anak bisa meningkatkan rasa percaya diri pada si Kecil karena sudah berani mencoba sesuatu yang baru. Bunda bisa bilang, “Wah, suara anak Bunda bagus dan merdu sekali!”

Untuk membuat televisi mainan, Bunda perlu kardus yang berukuran besar agar anak bisa masuk ke dalamnya. Kemudian potong bagian luar kardus menjadi bentuk persegi panjang mirip seperti televisi tabung. Mudah, bukan?

3. Kartu Memori

Kardus bekas juga bisa dibuat menjadi mainan edukasi kartu memori, Bun. Mainan DIY dari kardus ini bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan kecepatan berpikir si Kecil. Selain itu, si Kecil dilatih untuk mengambil keputusan yang tepat saat bermain.

Cara membuat kartu memori adalah pertama-tama memotong kardus berbentuk persegi panjang menjadi beberapa bagian. Buatlah gambar pada potongan kardus tersebut dan pastikan setiap gambar mempunyai pasangannya.

Gambar pada kartu memori cukup yang sederhana saja, Bun, misalnya berupa huruf, angka, atau bisa juga sketsa sederhana ekspresi wajah seperti senyum, sedih, dan terkejut.

Baca Juga: Permainan untuk Anak Perempuan yang Mengasah Otak

4. Rumah Boneka

Nah, selain itu Bunda bisa juga memanfaatkan kardus bekas menjadi rumah boneka. Mainan ini termasuk ke dalam permainan pura-pura yang membebaskan si Kecil untuk menggunakan imajinasinya. Imajinasi si Kecil akan semakin kompleks dengan banyaknya karakter yang dimainkan, sehingga memberinya lebih banyak tantangan.

Cara membuat mainan rumah-rumahan untuk boneka dari kardus yakni dengan membuat pola berbentuk kotak untuk menjadi sekat ruangan.

Setelah itu, tempelkan sekat menggunakan lem. Potong kardus menjadi segitiga dan tempelkan sebagai atapnya. Agar rumah boneka semakin menarik, Bunda bisa mengajak si Kecil untuk mewarnainya.

5. Jam Mainan 

Kardus bekas juga bisa dibuat menjadi jam mainan. Mainan ini tentunya bermanfaat untuk si Kecil memahami cara membaca jam. Apabila anak sudah paham, Bunda bisa memberi kesempatan pada si Kecil untuk menyetel jam ke waktu yang disebutkan.

Cara membuat jam mainan dari kardus yaitu potonglah kardus berbentuk lingkaran. Setelah itu, beri lubang pada bagian tengah.

Bunda bisa menggunakan stik es krim sebagai jarum jamnya. Kemudian tulis angka pada kardus seperti jam pada umumnya. Jam dari kardus siap dimainkan si Kecil.

6. Gitar

Ide mainan DIY dari kardus selanjutnya yaitu gitar-gitaran dari kardus bekas. Perlu Bunda ketahui bahwa bermain alat musik dapat mendorong perkembangan fisik si Kecil melalui berbagai cara, seperti saat memetik gitar mainan.

Permainan ini juga melatih imajinasi si Kecil dengan membayangkan menjadi gitaris handal saat bermain gitar.

Untuk membuatnya, Bunda bisa menggunakan kotak tisu bekas dan pasangkan karet sebagai senar gitarnya di dua sisi panjang kotak. Agar gitar mainan lebih menarik, warnai terlebih dahulu kotak tisu bekas tersebut.

Baca Juga: Ajak Si Kecil Aktif Bermain Bersama Kakak dan Adik dengan 5 Permainan Anak Ini

7. Sortir Warna

Selain itu, Bunda bisa memanfaatkan kardus bekas menjadi mainan sortir warna. Permainan ini tentunya sangat bagus untuk mengenalkan warna pada anak.

Mampu membedakan warna juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, yaitu saat memahami konsep visual dan kata-kata. Oleh karena itu, membantu anak belajar warna sangat penting sejak usia dini.

Cara membuat mainan sortir warna yaitu dengan membuat beberapa lubang pada sebuah kardus. Setiap lubang diberikan warna yang berbeda.

Untuk bermain sortir warna, Bunda membutuhkan pom-pom warna-warni. Setelah itu, minta si Kecil memasukkan pom-pom sesuai dengan warna pada lubang.

8. Puzzle Bentuk

Rekomendasi mainan terakhir yang bisa dibuat dari kardus yaitu puzzle bentuk. Mainan ini bermanfaat untuk mengenalkan si Kecil berbagai bentuk seperti lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang.

Permainan ini juga membutuhkan kemampuan konsentrasi yang besar, sehingga mendorong kemampuan berpikirnya.

Cara membuatnya dimulai dengan menggambar pola bentuk pada sebuah kardus. Setelah itu potong pola tersebut. Tarik dan lipat kardus sebagai knop, tempelkan knop di atas pola menggunakan lem. Bunda bisa membuat berbagai bentuk pola agar anak semakin tertantang memainkannya. 

Nah, itu dia berbagai ide cara membuat mainan dari kardus yang bisa Bunda buat di rumah. Kira-kira mainan mana nih yang paling seru untuk si Kecil?

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Mainan untuk Anak 

Nah, tahukah Bunda kalau perkembangan si Kecil terus berlanjut pesat sampai ia berusia 5 tahun nanti? Yuk, maksimalkan periode emas si Kecil di usia prasekolah ini agar jadi Anak Generasi Maju lewat ragam aktivitas edukasi dan panduan dari para ahli dengan ikutan Sekolah Generasi Maju

Jangan lupa juga daftarkan diri Bunda di Klub Generasi Maju untuk dapatkan akses istimewa ke berbagai promo menarik seputar produk SGM serta beragam artikel parenting terbaru untuk menyiapkan anak masuk sekolah!

Referensi:

  • Mrunal. (2018, April 4). How to Teach Colours to Toddlers and Preschoolers. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-teach-colours-to-toddlers-and-preschoolers/
  • Self-esteem in children: 1-8 years. (2021, May 7). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/toddlers/behaviour/understanding-behaviour/about-self-esteem
  • Mcilroy, T. (2019, August 2). A Teacher’s Guide to 10 Must-Have Educational Toys for 4 Year Olds. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/educational-toys-for-4-year-olds/
  • Step By Step Instructions on How to Teach Your Child to Tell Time. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/teach-your-child-to-tell-time-5208351
  • 5 Benefits of Pretend Play. Parents. https://www.parents.com/benefits-of-pretend-play-6828493
  • BabySparks. (2020). How Playing with Musical Instruments Benefits Toddlers. Babysparks.com. https://babysparks.com/2020/01/07/how-playing-with-musical-instruments-benefits-toddlers/
  • Stacking, sorting and stringing: toddler development. (2022). BabyCentre UK. https://www.babycentre.co.uk/a556923/stacking-sorting-and-stringing-toddler-development
  • Why play is important. (2022, April 19). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/newborns/play-learning/play-ideas/why-play-is-important
     

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline