Facebook Pixel Code Susu yang Bagus untuk Anak 2 Tahun Susah Makan

Kandungan Susu yang Bagus untuk Anak 2 Tahun Susah Makan

Kandungan Susu yang Bagus untuk Anak 2 Tahun Susah Makan

 

Susu penting sebagai asupan pelengkap yang bantu penuhi kebutuhan nutrisi anak ketika susah makan. Yuk, cari tahu seperti apa susu yang bagus untuk anak 2 tahun yang susah makan! 

Kandungan Susu yang Penting untuk Anak 2 Tahun 

Susu adalah sumber makronutrien (protein, lemak, dan karbohidrat) untuk asupan kalori tambahan anak, sekaligus menjadi sumber vitamin dan mineral penting seperti:

  • Zat besi: optimalkan perkembangan otak, mendukung imun, dan mencegah anemia.

  • Vitamin C: maksimalkan penyerapan zat besi, optimalkan sistem kekebalan tubuh anak. 

  • Omega-3 dan DHA: Mendukung perkembangan otak dan fungsi kognitif.

  • Kalsium & vitamin D: Memperkuat tulang dan gigi anak. 

  • Zinc: Membantu pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh.

Anak-anak perlu minum susu karena mereka bergerak lebih aktif yang cenderung membuat mereka susah makan. Artinya, anak-anak bisa kehilangan cadangan nutrisi dan cairan tubuh lebih cepat daripada orang dewasa.

Susu Formula yang Bagus untuk Anak 2 Tahun

Susu yang bagus untuk anak 2 tahun yang susah makan idealnya terfortifikasi berbagai nutrisi penting. Lalu, apa saja kandungan susu yang bagus untuk anak 2 yang susah makan?

1. Diperkaya Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anak mengalami anemia defisiensi besi yang salah satu gejalanya adalah hilangnya nafsu makan. Zat besi yang cukup akan mencegah anak terkena anemia.

Penelitian juga membuktikan, asupan zat besi tambahan di luar makanan sehari-hari membantu meningkatkan nafsu makan anak.

2. Ada Kandungan Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting untuk memaksimalkan penyerapan zat besi dari makanan. Proses penyerapan yang lebih efisien ini secara tidak langsung bantu memperbaiki nafsu makan anak.

Vitamin C juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil untuk melindunginya dari penyakit infeksi. Seperti yang bunda tahu, mudah sakit dapat membuat anak tidak nafsu makan.

3. Terfortifikasi Omega-3

Omega-3 sudah lama dikenal pamornya sebagai nutrisi penting untuk perkembangan otak.

Namun, penelitian membuktikan asupan omega-3 tambahan selain dari makanan juga bantu merangsang sensasi lapar dan menambah nafsu makan anak sehingga meningkatkan asupan karbohidrat.

4. Mengandung Minyak Ikan

Susu yang bagus untuk anak 2 tahun yang susah makan idealnya mengandung minyak ikan.

Ini karena asupan omega-3 dari minyak ikan diteliti mampu meningkatkan sensasi lapar dan keinginan makan), dan juga menurunkan rasa kenyang sehingga anak mau makan dengan lahap.

5. Tinggi Zinc

Penelitian membuktikan bahwa kombinasi asupan zinc dan zat besi dapat bantu meningkatkan nafsu makan yang nantinya akan berdampak menambah berat badan anak.

Zinc banyak ditemukan dalam daging, tahu, telur, dan sayuran. Zinc juga sering difortifikasi dalam susu formula pertumbuhan untuk bantu cukupi kebutuhan gizi anak yang susah makan.

6. Kaya Vitamin D

Asupan vitamin D tambahan dari susu terfortifikasi penting untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Kekurangan vitamin D dapat menghambat produksi hormon pengatur nafsu makan tertentu. Kekurangan vitamin D juga dapat membuat anak mudah lelah lesu sehingga tidak nafsu makan.

Nah, susu yang bagus untuk anak 2 tahun yang susah makan idealnya harus mengandung semua zat gizi penting di atas, seperti SGM Eksplor 1+.

SGM Eksplor 1+, merupakan satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™*, kombinasi unik zat besi & vitamin C dengan rasio tepat yang terbukti bantu maksimalkan penyerapan zat besi hingga 2x lipat.

Susu pertumbuhan untuk anak 2 tahun ini juga dilengkapi dengan DHA dari minyak ikan tuna, omega-3 dan 6, serta protein, vitamin D, zinc, dan kalsium untuk dukung pertumbuhan maksimal si Kecil.

Baca Juga: 10 Ide Resep Makanan Anak 2 Tahun yang Susah Makan

Cara Agar Anak 2 Tahun Mau Minum Susu 

Membiasakan minum susu untuk anak 2 tahun penting karena bisa jadi tambahan asupan energi dan nutrisi yang ia butuhkan. Namun, di usia ini anak mungkin masih suka pilih-pilih makanan, termasuk susu. 

Berikut adalah beberapa tips supaya anak 2 tahun mau minum susu:

  • Berikan Gelas yang Lucu: Biarkan si Kecil memilih sendiri gelas yang mau ia pakai atau biarkan ia mendekorasi gelasnya dengan berbagai stiker yang menggemaskan.

  • Pastikan Suhu Susu Tepat: Agar anak mau minum susu, Jangan sampai susu yang disajikan terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Sajikan Susu dengan Biskuit: Anak biasanya lebih selera dengan camilan. Sajikanlah susu dengan sekeping biskuit tawar untuk dicelup-celup seperti snack. 

  • Buat Jadwal Minum Susu: Biasakan buat jadwal minum susu setiap hari, tapi tidak terlalu mepet dengan jadwal makan nasi supaya ia tetap mau makan menu utamanya.

  • Pilih yang Rasanya Enak: Seperti SGM Eksplor dengan dua varian rasa vanila dan madu karena 99% anak menyukai kelezatan dari susu ini.

Baca Juga: Cek Bedanya Kandungan Susu Pertumbuhan vs UHT untuk Anak!

Setiap kali si Kecil habiskan susunya, pujilah kesuksesan si Kecil. Tetap puji si Kecil meski ia hanya minum sedikit karena itu akan membuatnya makin semangat minum susu  sampai habis di lain waktu.

Tertarik mencoba berikan susu SGM untuk si Kecil? Langsung gabung saja di Klub Generasi Maju untuk cek promo dan penawaran menarik hingga kesempatan dapat hadiah eksklusif dari setiap pembelian susu SGM Eksplor!

Referensi:

  1. FirstCry Parenting . “Essential Tips on How to Get Your Child to Drink Milk.” Parenting.firstcry.com, parenting.firstcry.com/articles/easy-and-effective-ways-to-make-kids-to-drink-milk/.

  2. Healthline. “Baby Refusing the Bottle? Try These Tips.” Healthline, 29 June 2020, www.healthline.com/health/baby/baby-refusing-bottle. Accessed 14 May 2024.

  3. ---. “How Much Milk Should a Toddler Drink? Nutrition and More.” Healthline, 22 Dec. 2020, www.healthline.com/health/childrens-health/how-much-milk-should-a-toddler-drink.

  4. Parents. “Why Your Toddler Won’t Drink Milk from a Sippy Cup.” Parents, www.parents.com/toddlers-preschoolers/feeding/why-does-my-daughter-only-drink-milk-from-a-bottle/. 

  5. Watson, Stephanie. “Infant Nutrition: The First 6 Months.” WebMD, WebMD, 27 Dec. 2013, www.webmd.com/parenting/baby/nutrition.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut