Facebook Pixel Code 7 Perlengkapan Stimulasi untuk Bayi agar Gesit Merangkak

7 Perlengkapan Stimulasi agar Si Kecil Makin Gesit Merangkak

7 Perlengkapan Stimulasi agar Si Kecil Makin Gesit Merangkak

Ada banyak perlengkapan stimulasi untuk bayi agar cepat merangkak. Mungkin, Bunda membutuhkannya. Sebab, merangkak merupakan keterampilan yang penting dikuasai bayi antara usia 7 hingga 10 bulan. Bayi perlu mengkoordinasikan gerakan lengan dan kakinya secara seimbang untuk bisa merangkak.

Child and Family Development mengungkap sejumlah alasan pentingnya stimulasi merangkak untuk bayi, antara lain agar si Kecil belajar mengkoordinasikan dua sisi tubuh, si Kecil bisa menjelajah sekitarnya dengan cara yang berbeda, hingga mempertajam sensorinya. 

Perlengkapan Stimulasi untuk Bayi agar Pandai Merangkak

Agar si Kecil semakin pandai merangkak, tentu Bunda membutuhkan berbagai perlengkapan pendukung. Di rumah, mungkin sudah banyak memilih mainan bayi. Namun, Bunda perlu memilih jenis tertentu yang bisa memacu bayi beraktivitas saat tengkurap. Beberapa mainan juga bisa dimanfaatkan untuk memancing si Kecil menggerakkan tangan serta lututnya saat belajar merangkak. 

Apa saja sih perlengkapan yang dibutuhkan agar si kecil semakin Gesit merangkak? Simak ulasan berikut! 

1. Matras

Bunda bisa menggunakan matras saat tummy time untuk memotivasi si Kecil. Saat tengkurap, bayi akan berlatih mengangkat kepalanya dan mendorong anggota tubuh lainnya untuk bergerak.

Warna-warna kontras dan gambar menarik pada matras akan membuat bayi tertarik dan semakin betah menghabiskan waktunya untuk tengkurap. Si Kecil juga mengembangkan koordinasi tangan dan matanya untuk meraih gambar-gambar menarik pada matras tersebut. Berbagai tekstur di permukaan matras juga bisa membantu sensorinya. 

2. Mainan Kerincing (Rattle) 

Rattle atau mainan yang berbunyi gemerincing biasanya menarik perhatian bayi karena warna dan suaranya. 

Bunda bisa meletakkan mainan tersebut di luar jangkauan si Kecil agar memotivasi bergerak. Bayi akan merangkak mendekati rapel tersebut. Saat Bunda menggerakkannya ke kanan ke kiri dia juga akan mengikutinya. Ini bermanfaat untuk melatih leher dan bahunya. 

Baca Juga: 9 Cara Menstimulasi Perkembangan Bayi 9 Bulan

4. Bola Bayi 

Bola atau mainan yang bisa menggelinding lainnya ternyata bisa memacu bayi untuk bergerak saat merangkak. Pilihlah bola khusus bayi karena biasanya memiliki bentuk yang mudah digenggam oleh bayi. Jenis bola ini juga tidak akan menggelinding terlalu jauh. Jadi, sangat memungkinkan bagi bayi untuk mengejarnya. 

5. Terowongan

Saat bayi sudah mulai mahir merangkak, Bunda bisa mengajak si Kecil untuk menjelajahi terowongan. Merangkak di dalam terowongan ternyata memiliki banyak manfaat, antara lain mengaktifkan koordinasi tubuh dan kemampuan mobilitasnya. Selain itu, fokus si kecil akan ikut terasah saat menjelajah untuk mencari jalan keluar. 

6. Bantal 

Siapa sangka bantal-bantal yang Bunda punya di rumah ternyata bisa merangsang bayi agar pandai merangkak. Caranya, letakkan tumpukkan bantal di salah satu sudut ruangan. Bunda bisa bersembunyi di salah satu sisi bantal kemudian panggil si Kecil.

Dia akan berusaha menghampiri Bunda dengan cara memanjat bantal atau memilih rute yang lain. Kesannya sederhana ya Bunda? Namun ini bisa membantu menguatkan otot tangan dan  kakinya serta menstimulasi keseimbangannya Selain itu, menempatkan bantal sebagai rintangan juga bisa mengasah keterampilan berpikir.

7. Mainan yang Bisa Bergerak 

Sebagaimana bola, mainan yang bergerak juga membantu bayi merangkak lebih aktif. Berikan boneka atau mobil-mobilan yang bergerak akan mencuri perhatiannya. Bayi pun akan berusaha menggerakan tubuh untuk meraihnya.

Tangan dan kaki si Kecil akan terstimulasi untuk merangkak. Selain itu, mainan ini juga bisa melatih fokus dan koordinasi matanya. Namun, Bunda juga perlu waspada karena bayi cenderung memasukkan benda ke mulutnya. Dikhawatirkan ada komponen mainan yang tertelan.

Baca Juga: Seperti Apa Perkembangan Bayi dari Bulan ke Bulan? 

Hal yang Harus Diperhatikan saat Temani Bayi Merangkak

Penggunaan mainan memang bisa membantu si Kecil pandai merangkak. Namun, keterlibatan Bunda juga tidak kalah penting dalam proses stimulasi. Bunda bisa ikut bermain bersama si Kecil, seperti merangkak bersama atau bermain cilukba sambil bersembunyi. Selain itu, perhatikan hal-hal berikut ini Bunda!

  • Jangan meninggalkan bayi merangkak tanpa pengawasan karena saat sudah mahir bisa saja dia merangkak memanjat dan menuruni tangga. 

  • Hindari meletakkan benda-benda yang berpotensi membahayakan di lantai, seperti pisau, gunting, dan benda-benda kecil yang mudah masuk ke dalam mulut. 

  • Jangan lupa konsisten Bunda. Stimulasi aktif yang berkelanjutan akan membantu perkembangan si Kecil lebih optimal. 

  • Stimulasi memang penting tetapi jangan terlalu memaksa si Kecil, Bunda. Sebab, perkembangan setiap bayi berbeda-beda. 

Itulah berbagai perlengkapan yang bisa Bunda manfaatkan untuk menstimulasi bayi agar pandai merangkak. Ingat Bunda, merangkak merupakan fase penting yang berpengaruh pada tumbuh kembang si Kecil. Dukungan Bunda akan sangat berarti untuknya!

Jangan lupa untuk terus memantau pertumbuhan dan perkembangan si Kecil dengan Panduan Tumbuh Kembang. Gratis!

Referensi:

  1. Crawling:Good for the Body and Brain. Child and Family Development.
  2. https://www.childandfamilydevelopment.com/wp-content/uploads/2019/08/CFD-Thrive-Updated-Crawling.pdf
  3. Movement: Babies 8 to 12 Months (2021). Healthy Children Org.
  4. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Movement-8-to-12-Months.aspx
  5. Andrew J. Leo, Karen E. Adolph, and Sarah E. Berger. Developmental Continuity? Crawling, Cruising, and Walking (2012). National Library of Medicine. 
  6. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3050596/
  7. Carolin Theuring et al. How and when infants learn to climb stairs (2007). Published on Science Direct. 
  8. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0163638306000750?via%3Dihub
  9. Anthony D Okely, et al. Tummy Time and Infant Health Outcomes: A Systematic Review (2020). National Library of Medicine. 
  10. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32371428/
  11. Paediatric physiotherapy advice for the development of crawling (Accessed in July 2023). National Health Service: Children and Family Health Surrey.  
  12. https://childrenshealthsurrey.nhs.uk/application/files/4516/1124/6491/Advice_for_the_development_of_crawling.pdf

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline