Facebook Pixel Code Cara Memijat Bayi yang Tepat, Bisa Bunda Praktikkan di Rumah!

Cara Memijat Bayi yang Tepat, Bisa Bunda Praktikkan di Rumah!

Cara Memijat Bayi yang Tepat, Bisa Bunda Praktikkan di Rumah!

Siapa nih Bunda yang rajin memijat bayinya? Pijat untuk bayi memang memiliki banyak manfaat, tidak hanya membuat tubuhnya menjadi rileks tetapi juga bisa menstimulasi tumbuh kembangnya. 

Selain memakai jasa terapis, Bunda juga bisa memijat sendiri si Kecil di rumah, loh! 

Pijat bayi yang dilakukan oleh Bunda akan memberikan dampak luar biasa untuk perkembangan. Bahkan, National Perinatal Association mengungkap manfaat pijat bayi oleh ibu, yakni memberikan quality time untuk mereka, meningkatkan kadar oksitosin (hormon kebahagiaan) pada Bunda dan bayi, serta mendukung ikatan emosional lewat interaksi yang menyenangkan bagi keduanya. 

Manfaat Pijat untuk Bayi 

Pijat untuk bayi memiliki manfaat yang luar bisa baik secara fisiologis, psikologis, dan sosial. Secara garis besar pijat bayi memiliki sejumlah manfaat, antara lain meningkatkan stimulasi, relaksasi, memperlancar sirkulasi, serta meningkatkan bonding orang tua dan si Kecil. Tidak hanya itu, ada manfaat lain pijat bayi yang harus Bunda ketahui. Apa saja? Berikut daftarnya! 

  • Merasa dicintai: saat Bunda membelai tubuhnya dengan lembut akan timbul rasa percaya diri, dihargai dan disayangi. 

  • Meningkatkan kekebalan tubuh: memijat tubuh bayi dapat meningkatkan sirkulasi dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, pijat bisa mengurangi rasa sakit dari penyakit tertentu. 

  • Membuat tubuh rileks: otot bayi juga perlu dimanjakan dengan pijatan lembut. Pijat bisa membuat otot dan persendian lebih rileks. 

  • Meningkatkan kualitas tidur: apakah bayi Bunda sering rewel saat malam hari? Mungkin si Kecil sedang butuh dipijat. Pijat bisa membuat bayi tidur lebih cepat dan lebih nyenyak karena jarang terbangun pada malam hari. 

  • Mengatasi masalah pencernaan: pijat dapat meringankan gejala kembung, konstipasi, kolik, dan diare. 

  • Mempererat ikatan Bunda dan si Kecil: kontak fisik skin to skin saat proses pemijatan mendukung terbentuknya kelekatan (bonding) yang kuat bagi keduanya. 

Baca Juga: 8 Aktivitas Stimulasi untuk Bayi Usia 8 Bulan

Cara Memijat Bayi yang Tepat dari Kepala Hingga Kaki 

Pijat bayi pada dasarnya adalah membelai tubuh bayi dengan lembut dan berirama menggunakan tangan.

Namun, sebaiknya Bunda tidak asal-asalan saat memijat si Kecil. Mulailah dengan tahap persiapan, yakni menyiapkan ruangan dan berbagai perlengkapan, seperti alas dan minyak/lotion pijat.

Baringkan bayi secara terlentang, buka pakaian, serta popoknya. Posisikan kaki dekat dengan pemijat. Kemudian, Bunda bisa mulai memijat si Kecil. Langkah pijat bayi berikut ini bisa dilakukan selama 20 hingga 30 menit sesuai dengan kebutuhan.

1. Bahu, Lengan, dan Tangan 

Letakkan kedua tangan Bunda di dada bayi kemudian usap naik perlahan menuju bahu. Beri tekanan lembut kedua lengangnya secara bersamaan.

Biarkan otot-ototnya rileks sampai si Kecil meluruskan tangannya. Urut pelan ke arah pergelangan dengan melingkarkan telunjuk dan ibu jari ke lengan. Jangan lupa, buka genggaman tangannya kemudian pijat telapak, punggung tangan, dan jari-jarinya. 

2. Dada

Lakukan pijatan setengah melingkar di sekitar puting dada bayi. Caranya, letakkan dua jari (telunjuk dan tengah) dari kedua tangan di tengah dada. Lalu dorong ke atas dan ke luar sekitar bagian luar puting si Kecil. Ulangi beberapa kali. 

3. Perut 

Tempatkan satu tangan horizontal di perut, tepat di bawah dada dan satu tangan lagi di bawahnya. Buat gerakan turun secara bergantian. Ulangi beberapa kali. Kemudian letakkan dua jari di sekitar pusar lalu buat gerakkan searah jarum jam ke arah pinggul. Setelah itu, buat gerakan setengah lingkaran di sekitar pusar dengan telapak tangan. Ingat Bunda, beri tekanan yang ringan selama memijat perut bayi. 

4. Kaki 

Pegang pergelangan kaki bayi dengan satu tangan. Tempatkan tangan lainnya horizontal di bagian atasnya paha. Buat pergelangan tangan ke arah luar dan putar jari-jari Bunda ke bagian betisnya.  Pijat ke bawah bagian luar kaki hingga mata kaki. 

5. Telapak Kaki 

Tempatkan ibu jari tangan di tengah telapak kaki dekat tumit. Tekan perlahan dengan gerakan melingkar. Ulangi membelai bagian tengah kaki ke pangkal jari kaki. Lakukan ini dua kali pada setiap kaki. Jangan sampai terlewat memijat tumitnya dengan pijatan seperti gerakan mencubit dengan telunjuk dan ibu jari. Tarik-tarik ringan jari-jari kakinya. 

Baca Juga: 7 Cara Menjemur Bayi yang Benar dan Aman

6. Punggung 

Tengkurapkan bayi untuk memijat punggungnya. Letakkan kedua telapak tangan secara horizontal di punggung bayi. Lalu buat gerakan meluncur ke bawah secara bergantian selama beberapa kali. Pijat bagian bahu dengan meremas-remasnya perlahan dan dengan tekanan ringan. Lalu lakukan pijatan untuk membuat tulang belakangnya menjadi rileks. Caranya, posisikan ibu jari di kedua sisi tulang belakang, lalu lakukan gerakan memutar kecil sambil digerakkan menuju pantatnya. 

7. Kepala dan Wajah 

Tidak hanya tubuh bagian kepala juga perlu mendapat sentuhan. Gunakan kedua tangan bunda untuk memberikan usapan lembut di area kepala kemudian turun ke pipi. Pijat juga bagian pelipis, dahi, dan pipinya dengan ibu jari. Bagian atas mulut juga menjadi area yang tidak luput dari sentuhan tangan Bunda. Tekan-tekan lembut bagian tersebut dengan kedua ibu jari. Ingat Bunda untuk selalu memberikan tekanan yang sangat ringan dan lembut selama memijat. 

Nah, itu dia langkah-langkah pijat untuk bayi yang bisa Bunda lakukan di rumah. Dengan mengikuti cara pijat bayi yang tepat, si Kecil akan memperoleh manfaat yang optimal. 

Selain rutin memijat si Kecil, pantau juga tumbuh kembangnya melalui Catatan Perkembangan Anak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat! 

 

Referensi: 

  1. Mona Elgohail, Ph.D., Pamela A. Geller. The Power of Touch: Benefits of Infant Massage for Infants and Their Parents (2021). National Perinatal Association. https://neonatologytoday.org/Archive/PDF_paper/NeonatologyToday_2021_5_16_5_73_76.pdf
  2. Tiffany Field. Pediatric Massage Therapy Research: A Narrative Review (2019). University of Miami/Miller School of Medicine, Fielding Graduate University.https://www.mdpi.com/2227-9067/6/6/78/htm
  3. Baby Massage (2004). Dr Alan Heath, Nicki Bainbridge, Julie Fisher. A Dorling Kindersley Book. https://www.academia.edu/11580205/Baby_Massage
  4. Ainurrizma Tri Hartanti, dkk. Effectiveness of Infant Massage on Strengthening Bonding and Improving Sleep Quality. (2019). Indonesian Journal of Medicine. https://theijmed.com/index.php?journal=theijmed&page=article&op=view&path%5B%5D=188&path%5B%5D=116
  5. Ayşe Gürol , Sevinç Polat. The Effects of Baby Massage on Attachment between Mother and their Infants. (2012). National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25030689/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline