Facebook Pixel Code 8 Ide Aktivitas Bermain untuk Anak 1-2 Tahun

8 Ide Aktivitas untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak 1-2 Tahun

8 Ide Aktivitas untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak 1-2 Tahun

Pada usia 1 tahun, anak sedang mengalami perkembangan yang pesat dengan kemampuan baru untuk berjalan dan keterampilan bahasa yang terus meningkat, Bun. Nah, untuk membantunya menguasai keterampilan baru, pastikan Bunda memberikan aktivitas atau kegiatan untuk anak 1-2 tahun.

Pada rentang usia 1-2 tahun, si Kecil mulai mengeksplorasi segala sesuatunya secara mandiri, memahami hubungan sebab dan akibat, serta aktif terlibat dengan orang-orang di sekitarnya. Lalu, apa saja sih aktivitas yang cocok untuk anak 1-2 tahun? Yuk, simak rekomendasinya berikut ini, Bun!

Ide Kegiatan untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak 1-2 Tahun

Pada dasarnya, aktivitas fisik mempunyai peran dalam kegiatan bermain dan belajar pada anak. Ketika terlibat dalam aktivitas bersama Ayah dan Bunda serta anggota keluarga lainnya, anak dapat memperkuat hubungan dalam keluarga. 

Ragam aktivitas ini dapat membantu anak mengembangkan keterampilan motorik, bahasa, sosial, dan komunikasi. Melakukan aktivitas fisik juga akan memberikan kesenangan bagi anak-anak.

Nah, berikut telah dirangkum berbagai aktivitas untuk dukung tumbuh kembang anak 1-2 tahun.

1. Berjalan di Taman

Aktivitas seru untuk anak usia 1-2 tahun adalah berjalan di taman atau mengeksplorasi alam. Alam bisa menjadi sumber pengetahuan baru untuk anak usia dini. Biarkan si Kecil merasakan sensasi berjalan di atas rumput tanpa alas kaki yang akan membantu anak merasakan berbagai tekstur yang berbeda. Ajak anak berdiri di bangku taman untuk menguatkan keterampilan motorik kasarnya.

Selain itu, untuk membantu perkembangan bahasa anak, Bunda bisa bercerita saat berada di luar ruangan, menunjuk dan mengatakan benda atau binatang yang ada di sekitarnya. Dengan bermain di luar ruangan seperti taman, anak akan menemukan banyak hal baru yang pastinya membuatnya antusias dan meningkatkan rasa ingin tahunya, Bun.

2. Bermain Halang Rintang

Permainan halang rintang bisa menjadi aktivitas fisik yang seru dan bermanfaat untuk si Kecil, Bun. Aktivitas ini bermanfaat untuk melatih keterampilan motorik kasar anak 1-2 tahun. Dalam permainan ini, anak akan dihadapkan pada berbagai macam rintangan yang membutuhkan beragam cara melewatinya seperti merangkak, melompat, dan melempar bola.

Bunda dapat membuat rintangan yang berbeda agar permainan semakin menarik dan menyenangkan. Sebagai contoh, minta anak untuk melewati rintangan dengan merangkak di bawah meja atau berjalan seimbang mengikuti garis lurus sebelum mereka dapat melanjutkan rintangan selanjutnya.

Dengan memberikan variasi dalam permainan halang rintang ini, Bunda dapat mendorong anak untuk berpikir secara kreatif, mengembangkan koordinasi motorik kasar, dan meningkatkan daya tahan fisik si Kecil.

Baca Juga: Pahami 6 Aspek Perkembangan Anak di Usia Dini

3. Menemukan Mainan

Selanjutnya, kegiatan yang tidak kalah seru untuk anak 1-2 tahun adalah menemukan mainan. Beberapa keterampilan yang dipelajari anak ketika melakukan aktivitas ini antara lain kemampuan mendengarkan, memecahkan masalah, keterampilan sosial, dan meningkatkan memori.

Cara bermainnya yaitu dengan menyembunyikan mainan di berbagai sudut dalam rumah. Lalu, ajak anak untuk menemukan mainan tersebut. 

Bunda bisa ikut menjelajahi bersama si Kecil sambil memberikan petunjuk. Misalnya sambil berkata, "Carilah kotak berwarna hijau di bawah meja makan." Aktivitas ini sederhana tapi bermanfaat untuk si Kecil, Bun.

4. Melempar dan Menangkap Bola

Bermain dengan bola merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan motorik, termasuk koordinasi mata dan tangan si Kecil. Keterampilan motorik merupakan bagian penting dari perkembangan anak, Bun. Mulai dari menggelinding, menangkap, menendang, menggiring, hingga menangkap bola mempunyai manfaat motorik secara keseluruhan untuk si Kecil.

Nah, untuk anak 1-2 tahun, Bunda bisa mengajaknya bermain melempar dan menangkap bola. Aktivitas ini menjadi cara yang bagus untuk mengajari anak tentang bergiliran, sehingga dapat mengembangkan kemampuan sosial pada si Kecil. Si Kecil juga akan belajar cara berbagi, mengikuti aturan, dan cara bernegosiasi.

5. Bermain Mengisi Air

Anak-anak sangat suka bermain air, jadi mengajak si Kecil untuk mengikuti aktivitas ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Bunda dapat memberikan anak beberapa gelas plastik dan teko untuk bermain dengan air. 

Biarkan mereka mencoba menuangkan air dari teko ke dalam gelas plastik. Setelah air sudah habis, ajarkan anak memutar kran untuk mengisi ulang teko dengan air.

Aktivitas ini tidak hanya seru, tetapi juga memberikan kesempatan bagi anak untuk belajar dan mengembangkan keterampilan motorik halus serta koordinasi tangan dan mata si Kecil.

Baca Juga: Perkembangan Motorik Anak Usia 1-3 Tahun dan Tips Stimulasinya

6. Menyiram Tanaman

Kegiatan yang bisa dilakukan untuk anak 1-2 tahun yaitu mengajak si Kecil menyiram tanaman. Tunjukkan pada anak cara yang benar untuk menyirami tanaman, seperti mengarahkan air ke akar tanaman. Ketika menyiram tanaman, anak akan akan belajar bagaimana air diserap oleh akar tanaman dan mengalir menuju daun. Proses ini disebut fotosintesis, yang merupakan proses penting bagi tanaman karena berfungsi sebagai sumber makanannya.

Anak akan menyadari bahwa tumbuhan membutuhkan air untuk tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, aktivitas ini sangat bermanfaat untuk melatih perkembangan kognitif, memahami sebab dan akibat, serta keterampilan sensorik si Kecil, Bun.

7. Bernyanyi Lagu “Kepala, Pundak, Lutut, Kaki”

Tahukah Bunda? Menyanyikan lagu "Kepala, Pundak, Lutut, Kaki" merupakan aktivitas yang bagus untuk mengajari anak tentang berbagai bagian tubuh serta meningkatkan koordinasi si Kecil. 

Melalui permainan ini, anak dapat mengembangkan keterampilan motorik halus dengan mengikuti gerakan tangan dan memegang bagian tubuh yang sesuai dengan lagu tersebut.

Bernyanyi lagu ini juga membantu si Kecil mendorong keterampilan bahasa sehingga dapat menyebutkan nama-nama bagian tubuh. Selain itu, aktivitas ini melibatkan anak untuk bernyanyi dan menari, sehingga dapat meningkatkan daya tarik dan rasa gembira saat bermain.

8. Berjalan di Atas Bantal

Siapa sangka, bantal juga bisa menjadi alat permainan yang seru dan bermanfaat lho, Bun! Cukup letakkan beberapa bantal di lantai dan ajak si Kecil untuk berjalan di atasnya. Aktivitas ini tidak hanya menyenangkan, tapi juga menjadi cara yang baik dalam melatih keseimbangan anak. 

Dengan berjalan di atas bantal, anak akan merasakan permukaan yang tidak stabil, sehingga ia perlu mempertahankan keseimbangan tubuh dengan hati-hati. Ini akan melibatkan keterampilan motorik dan keseimbangan yang penting untuk perkembangan fisik si Kecil. 

Nah, itu dia berbagai macam kegiatan seru dan edukatif untuk mendukung tumbuh kembang anak usia 1-2 tahun. Kira-kira permainan mana yang menjadi favorit si Kecil, Bun?

Baca Juga: Anak Tidak Suka Main di Luar? Mungkin Ini Sebabnya, Bun 

Jangan lupa, sambil menemani anak bermain, Bunda juga harus lengkapi kebutuhan gizi si Kecil setiap hari dengan memberikan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti  SGM Eksplor 1+.

Karena, susu SGM Eksplor 1+ adalah satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™, kombinasi unik zat besi & vitamin C untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi penting yang diperlukan si Kecil hingga 2x lipat. Dilengkapi juga dengan DHA, minyak ikan, Omega 3 & 6, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu si Kecil tumbuh maksimal jadi generasi maju yang berpikir cepat dan berani. 

Ingin mencari inspirasi kegiatan lain yang juga seru untuk bantu anak belajar? Yuk, daftarkan diri Bunda jadi member Klub Generasi Maju untuk dapatkan beragam artikel serta tips terbaru seputar tumbuh kembang anak.

Referensi: 

  1. Parents. (2014). 11 Fun Learning Activities for 1-Year-Olds. Parents. https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/activities/indoor/11-fun-activities-for-1-year-olds/
  2. ‌Earley, B. (2021, September 21). Best Activities for a 1-Year-Old. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/best-activities-for-1-year-old
  3. ‌Arora, M. (2018, October). Top 15 Activities for a 1-Year-Old. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/top-15-activities-for-1-year-old/
  4. ‌Parents. (2014). 12 Fun Learning Activities for 2-Year-Olds. Parents. https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/activities/indoor/11-fun-activities-for-2-year-olds/
  5. ‌Khan, A. (2019, June 18). Activities For 2 Year Olds. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/top-25-activities-for-2-year-old-toddler/
  6. ‌Physical activity for babies and children: why and how much. (2023, February 22). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/toddlers/nutrition-fitness/physical-activity/physical-activity-how-much
  7. ‌Verywell. (2022). Playing With Balls: Benefits for Little Ones and Games to Try. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/why-your-child-should-be-playing-with-balls-289705
  8. ‌Heads, shoulders, knees and toes. (2022). BabyCentre UK. https://www.babycentre.co.uk/a1041057/heads-shoulders-knees-and-toes
  9. ‌Mitha Shameer. (2015, January 28). 10 Fun Physical Activities For Toddlers. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/fun-physical-activities-for-toddlers_00177255/
  10. ‌Bermain Sains. (n.d.). https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/anggun/images/2020/12_buku_BDR/Bermain_Sains-2.pdf

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline