Facebook Pixel Code 10 Cara Stimulasi Bayi 1 Bulan yang Terbaik dan Mudah

10 Cara Stimulasi Bayi 1 Bulan untuk Tumbuh Kembangnya

10 Cara Stimulasi Bayi 1 Bulan untuk Tumbuh Kembangnya

 

Selamat, Bunda, Si Kecil sudah genap berusia 1 bulan! Nah, ini saatnya Bunda untuk tahu cara stimulasi bayi 1 bulan yang tepat agar perkembangan si Kecil makin optimal.

Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Kenapa Bayi 1 Bulan Perlu Distimulasi?

Memberikan stimulasi yang tepat dapat membantu si Kecil membangun dan memperkuat jaringan saraf di otaknya selama 1000 Hari Pertama Kehidupan.

Semakin banyak dan kuat jaringan saraf di otak, ilmu-ilmu baru ini akan menetap sebagai pengetahuan permanen yang akan digunakan si Kecil untuk belajar keterampilan baru lain selama.

Jadi, memberikan stimulasi sejak dini justru dapat membantu optimalkan fungsi kognitif bayi untuk mencapai setiap milestone perkembangan dari bulan ke bulan dengan lebih cepat.

Ide Aktivitas Stimulasi Bayi 1 Bulan

Stimulasi sangat penting agar si Kecil bisa meraih keterampilan baru dan berkembang sesuai tahapan usianya. Lalu, apa saja aktivitas stimulasi yang dapat membantu si Kecil berkembang optimal?

1. Menengkurapkan Bayi (Tummy Time)

Menengkurapkan bayi (tummy time) merupakan salah satu cara stimulasi bayi 1 bulan yang bagus untuk perkembangan otot-otot fisik dan motoriknya.

Kekuatan otot fisik inilah yang akan menjadi pondasi untuk bayi bisa belajar berguling, merangkak, duduk, berdiri bahkan berjalan secara bertahap di bulan-bulan berikutnya. 

Lantas, bagaimana cara melakukan tummy time? Untuk bayi 1 bulan, cobalah tengkurapkan si Kecil di atas dada Bunda atau di permukaan datar seperti lantai yang beralaskan selimut atau matras busa tipis. Lakukan selama 3-5 menit sebanyak 2-3 kali sehari.

Agar si Kecil betah tengkurap, tempatkan atau goyangkan mainan yang bentuk dan warnanya menarik agar ia terpancing meraih dan mengambilnya.

Setelah si Kecil terbiasa, Bunda bisa tingkatkan durasinya pelan-pelan. Pastikan Bunda selalu mengawasi si Kecil selama sedang tummy time, ya.

2. Sering-Sering Beri Sentuhan

Bayi ternyata sangat senang disentuh, lho, karena sentuhan fisik dapat membuat si Kecil merasa nyaman, diperhatikan, dan dicintai. 

Jadi, cobalah berikan stimulasi bayi 1 bulan lewat sentuhan langsung dengan kulit Bunda, seperti menggendong, memeluk, mencium, mengelus, atau memberinya pijatan lembut. Memberikan pijatan lembut juga bisa membantu menenangkan si Kecil saat sedang rewel.

Selain itu, mendapatkan sentuhan langsung dari Bunda juga membantu si Kecil merasa nyaman sehingga bisa mengatur suhu tubuh dan pernapasannya sendiri.

Bayi yang sering dipeluk, dibelai, digendong, dan dicium bahkan bisa tumbuh menjadi pribadi berkarakter supel dan penyayang, lho!

3. Ajak Bayi Bicara

Meski si Kecil belum bisa merespons dengan kata-katanya sendiri, Ayah dan Bunda tetap perlu sering-sering mengajak si Kecil ngobrol, lho. Tujuannya agar ia terbiasa mendengar suara orang tuanya sendiri.

Secara tidak langsung, cara ini juga bagus sebagai stimulasi bayi 1 bulan untuk mendukung perkembangan bahasa si Kecil karena akan semakin banyak kata baru yang ia dengar. Mengajak ngobrol bayi juga bantu membangun keterampilan mendengarkan dan mengingat, dan memperkaya “tabungan” kosa katanya

Bunda bisa coba ceritakan apa saja yang sedang Bunda sehari-hari kepada si Kecil, seperti saat tummy time, memandikan bayi, memakaikan pakaian, mengganti popok, serta ketika menyusu. 

Bunda juga bisa merespon atau membalas suara yang dikeluarkan bayi, serta menggunakan dan meniru suara si Kecil. 

4. Tersenyum Kepadanya

Tersenyumlah setiap kali memandang si Kecil atau ketika ia sedang menatap Bunda. 

Ketika melihat Bunda tersenyum, si Kecil akan melepas hormon alami dalam tubuhnya yang membuat bayi merasa aman dan nyaman. 

Tak hanya itu, tersenyum pada bayi juga mampu mendukung perkembangan otaknya dan membangun bonding yang kuat dengan Bunda. Dengan begitu, lama kelamaan bayi akan terstimulasi untuk meresponnya dengan tersenyum. 

5. Berikan Mainan Gantung

Stimulasi bayi 1 bulan lainnya yang juga bagus untuk melatih koordinasi mata adalah memberikan mainan gantung yang bisa digerakkan.

Bunda bisa menggantung mainan di atas tempat tidur bayi, atau goyang-goyangkan di depan si Kecil saat ia sedang belajar tengkurap.

Melihat mainan yang bergerak atau menggantung akan melatih pergerakan mata bayi untuk mengikuti arah objek. Bunda juga dapat merangsang kemampuan motoriknya dalam meraih benda lewat mainan ini, lho.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Mainan untuk Bayi Usia 0-12 Bulan

6. Kontak Mata yang Intim

Saat sedang mengobrol atau merawat bayi, misalnya saat menyusui, pertahankan kontak mata yang hangat dengan penuh kasih sayang. Melakukan kontak mata sangat penting untuk membangun ikatan batin yang kuat antara Bunda dan si Kecil.

Ikatan batin akan meningkatkan rasa aman dan memungkinkan otak bayi tumbuh dan berkembang sesuai jalurnya. Semakin si Kecil merasa terhubung dan selaras dengan orang tuanya, keterampilan emosionalnya juga akan semakin cepat berkembang.

Selain itu, ketika si Kecil melihat mata dan wajah Bunda, ia mulai membuat koneksi antara ekspresi dan perasaan Bunda. Misalnya, senyuman berarti kebahagiaan. Bayi kemudian belajar bagaimana caranya merespon ekspresi tersebut dan mengembangkan kemampuan untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain.

Penelitian menunjukkan tatapan mata sebenarnya menyinkronkan gelombang otak Bunda dengan gelombang otak bayi. Keselarasan ini merupakan langkah pertama dalam menciptakan gaya komunikasi yang sehat antara orang tua dan anak seiring usianya bertambah.

Jadi, coba tatap mata bayi sambil tersenyum atau mengajaknya bicara. Bunda juga bisa memanggil namanya dari agak jauh untuk memancing si Kecil menoleh atau mencari arah sumber suara. 

7. Gerakkan Kaki Bayi Seperti Sedang Bersepeda

Menggerakkan kaki layaknya sedang bersepeda dipercaya bagus untuk stimulasi bayi 1 bulan.

Aktivitas ini dapat membantu mengencangkan otot-otot kaki agar si Kecil bersiap merangkak dan berjalan suatu hari nanti. Bunda bisa melakukan stimulasi ini selama beberapa menit tiap harinya.

8. Bacakan Buku

Membacakan buku dengan suara keras adalah aktivitas stimulasi bayi 1 bulan yang luar biasa untuk perkembangan kognitif si Kecil sampai bertahun-tahun yang akan datang.

Semakin banyak cerita yang Anda bacakan, semakin banyak kata yang akan didengar bayi Anda dan semakin baik pula perkembangan bahasanya sejak dini. Sebab, mendengar kata-kata akan membantu membangun jaringan kosakata yang berlimpah di otak bayi.

Bayi yang terbiasa mendengar orang tuanya berbicara dan sering dibacakan cerita cenderung mengetahui lebih banyak kata pada usia 2 tahun dibandingkan anak-anak yang tidak pernah dibacakan cerita.

9. Main Pesawat-pesawatan

Bayi sangat senang digendong. Nah sebagai stimulasi bayi umur 1 bulan untuk melatih penglihatan dan memberikannya suasana baru, sesekali cobalah permainan pesawatan-pesawatan.

Caranya, duduk kemudian gendong bayi menghadap ke bawah menggunakan lengan Bunda di perutnya untuk menopangnya. Angkat bayi tinggi di atas badan Bunda sambil diayunkan pelan-pelan dari satu sisi ke yang lain. Bunda juga bisa membuat suara mesin pesawat untuk menghibur si Kecil.

Selalu waspada dan hati-hati saat melakukan stimulasi ini, ya. Diayun-ayunkan terlalu cepat atau kencang bisa membuat bayi pusing dan mungkin muntah.

10. Sit-Up

Bunda bisa bantu memperkuat otot leher si Kecil dengan melakukan stimulasi bayi 1 bulan ini. Caranya mudah, baringkan bayi telentang di atas selimut dan Bunda duduk di depan kakinya.

Pegang erat dua sudut atas selimut di dekat kepalanya dan tarik ke atas dengan lembut sehingga badan si Kecil terangkat maju ke arah badan Bunda. Baringkan si Kecil kembali dengan gerakan perlahan.

Ulangi ini beberapa kali dan hentikan ketika si Kecil sudah mulai menunjukkan tanda-tanda overstimulasi dengan menggeliat atau memalingkan muka.

Baca Juga: Hal yang Perlu Dihindari saat Memberi Stimulasi pada Bayi

Waspada Tanda-Tanda Keterlambatan Perkembangan Bayi 1 Bulan

Dengan stimulasi yang tepat, bayi idealnya bisa belajar berbagai keterampilan baru yang akan memudahkan si Kecil mencapai milestone di usia selanjutnya.

Namun jika Bunda melihat bayi tampak tidak meraih keterampilan baru setelah distimulasi. Hal ini bisa menandakan bayi mengalami gangguan atau kondisi kesehatan tertentu yang bisa menghambat tumbuh kembangnya.

Beberapa tanda keterlambatan perkembangan yang mungkin terjadi dan harus diwaspadai pada usia 1 bulan adalah:

  • Bayi tidak dapat menyusu dengan baik.

  • Bayi tidur 16 jam lebih dalam satu hari. 

  • Bayi tidak bisa menggerakkan tangan dan kakinya. 

  • Bayi tidak merespon ketika melihat atau mendengar suara dari orang tuanya.

  • Bayi tidak mengeluarkan suara.

  • Bayi tidak terkejut saat mendengar suara kencang atau keras.

Jika sudah melakukan berbagai cara stimulasi bayi 1 bulan tapi tumbuh kembangnya masih belum sesuai usianya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Sama halnya jika ada hal-hal mencurigakan lain terkait tumbuh kembangnya. 

Bunda juga bisa memastikan perkembangan anak sudah sesuai tahapan usianya atau belum serta tips stimulasinya lewat fitur Catatan Perkembangan Anak, lho. Tunggu apalagi? Yuk, coba sekarang!

 

Referensi:

  1. 1-Month Infant Developmental Milestones | Help Me Grow MN. (2023). Helpmegrowmn.org. https://helpmegrowmn.org/HMG/DevelopMilestone/1Month/index.html
     
  2. Watson, S. (2009, October 20). Baby Development: Your 1-month-old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-1-month
     
  3. Overstimulation: babies and children. (2021, July 2). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/newborns/behaviour/common-concerns/overstimulation#what-is-overstimulation-nav-title
     
  4. 1-month-old baby: Development, Milestones & Growth. (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/1-month-old-baby-milestones-and-development_1077
     
  5. Your 2-Week-Old Baby’s Development & Milestones. (2018). Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-2-week-old-baby-development-and-milestones-4169757#toc-2-week-old-baby-development
     
  6. Chertoff, J. (2021, May 27). Guide to Tummy Time: When to Start and How to Make Tummy Time Fun. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/tummy-time#benefits
     
  7. 1-2 months: newborn development. (2022, December 13). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/newborns/development/development-tracker/1-2-months
     
  8. Your baby’s growth and development - 1 month old. (2021, September 22). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-1-month-old
     
  9. russ. (2021, August 10). How to Stimulate Your Child’s Vision. Optometrists.org. https://www.optometrists.org/childrens-vision/a-guide-to-eye-turns/how-to-stimulate-your-childs-vision/
     

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline