Facebook Pixel Code Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar dan Manfaatnya

Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar dan Manfaatnya

Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar dan Manfaatnya

 

Sebelum gigi pertama tumbuh, kebersihan mulut dan gusi bayi harus dijaga dengan baik agar terbebas dari masalah kesehatan. Lalu, bagaimana cara membersihkan lidah bayi yang benar? 

Cara Membersihkan Lidah Bayi Sesuai Usia

Bukan hanya orang dewasa, bayi juga perlu dibersihkan bagian lidahnya. Namun, beda usia bayi, beda cara membersihkannya. Ikuti cara berikut untuk bersihkan lidah bayi sesuai usia:

1. Bayi Usia 0-6 Bulan

Untuk bayi 0-6 bulan yang belum mendapat asupan makanan lain selain ASI, cukup bersihkan lidah dengan kain kasa steril dan air hangat suam kuku untuk rendaman. Caranya:

  • Cuci tangan dulu dengan sabun dan air mengalir.
  • Telentangkan bayi di pangkuan menghadap Bunda, sangga belakang kepalanya dengan tangan yang bebas.  
  • Lilitkan sehelai kain kasa tipis di jari telunjuk lalu celupkan sampai di ruas jari pertama dalam air hangat.
  • Buka mulut bayi dengan lembut, lalu usap lidahnya dengan jari tersebut menggunakan gerakan melingkar.

Bersihkan juga sepanjang gusi bayi dan bagian dalam pipinya dengan gerakan menggesek lembut ke satu arah (bukan digosok bolak-balik). Bersihkan lidah bayi setidaknya sekali sehari.

2. Bayi Usia 6 Bulan ke Atas

Cara membersihkan lidah bayi yang sudah mulai makan MPASI dan tumbuh gigi adalah pakai sikat gigi berbulu lembut serta pasta gigi khusus bayi seukuran butir beras. Ikuti langkah berikut:

  • Cuci tangan Bunda menggunakan sabun dan air mengalir.
  • Dudukkan bayi di baby chair atau pangku di atas lutut Bunda dengan kepala menempel di dada. 
  • Sikat seluruh lidah bayi pakai sikat gigi dengan gerakan lingkaran kecil yang lembut
  • Lanjutkan dengan menyikat gigi, gusi dan bagian dalam pipinya dengan gerakan memutar yang lembut secara perlahan.

Idealnya, lidah dan gigi bayi usia 6 bulan ke atas harus dibersihkan dua kali sehari.

Baca Juga: 5 Cara Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi yang Aman

3. Setelah Usia 12 Bulan

Jika si Kecil sudah berusia 12 bulan atau lebih, Bunda bisa mulai ajarkan caranya sikat gigi dan membersihkan lidah sendiri. Berikut ini urutan cara membersihkan lidah anak usia 12 bulan: 

  • Basahi sikat gigi menggunakan air matang.
  • Oleskan pasta gigi pada sikat gigi yang sudah basah.
  • Contohkan pada si Kecil bagaimana Bunda menyikat gigi dan lidah yang benar.
  • Selanjutnya, minta si Kecil untuk melakukan hal yang sama.
  • Berikan penjelasan kepada si Kecil, seperti "julurkan lidahnya dan sikatlah dengan lembut."
  • Awasi terus saat anak menyikat lidah dan giginya sendiri untuk mengantisipasi risiko tersedak.

Di usia ini, ajarkan juga cara untuk berkumur-kumur setelah menyikat gigi dan tidak menelan pasta gigi. Biasakan anak menyikat gigi dan membersihkan lidah 2 kali sehari.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi si Kecil yang Rewel saat Tumbuh Gigi

Apa Manfaat Membersihkan Lidah Bayi?

Membersihkan lidah itu bagian penting dari perawatan bayi karena bayi mempunyai air liur yang lebih sedikit dibandingkan orang dewasa. Jadi, mulut bayi belum bisa “membilas” sisa-sisa” ASI-nya sendiri.

Membiarkan sisa ASI di mulut bayi selama berhari-hari dapat menyebabkan timbulnya kerak lidah berwarna putih. Hal ini tidak berbahaya, tapi bisa membuat si Kecil rewel.

Lidah yang dibiarkan kotor juga rentan mengalami sariawan dan infeksi jamur yang memicu nyeri dan membuat si Kecil rewel dan bahkan sulit makan. 

Memahami cara membersihkan lidah bayi itu penting untuk mempertahankan kesehatan oral yang baik. Bunda juga bisa kontak Sahabat Bunda Generasi Maju untuk konsultasi soal perawatan dan kesehatan bayi, lho!

Referensi:

  1. WebMD. (2021, May 9). What to Know About a Baby Tongue Cleaner. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/what-to-know-baby-tongue-cleaner
  2. ‌Higuera, V. (2020, June 18). Cleaning Your Baby’s Tongue at Any Age. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/how-to-clean-baby-tongue#takeaway
  3. Tips On How To Clean Tongue Of Your Newborn - Healing Hospital. (2023, January 31). Healing Hospital -. https://healinghospital.co.in/tips-on-how-to-clean-tongue-of-your-newborn-2/
  4. ‌IDAI | Kapan Anak Mulai Menggosok Gigi? (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kapan-anak-mulai-menggosok-gigi
  5. ‌Cleaning Your Baby’s Tongue and Mouth (All Ages) | Worldwide Pediatrics Group. (2022, May 21). Worldwide Pediatrics Group |. https://www.toplinemd.com/worldwide-pediatrics/cleaning-your-babys-tongue-and-mouth-all-ages/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut