Facebook Pixel Code Bayi Sering Memasukkan Benda ke Mulut? Lakukan Hal Ini Bun!

Bayi Sering Memasukkan Benda ke Mulut? Lakukan Hal Ini Bun!

Bayi Sering Memasukkan Benda ke Mulut? Lakukan Hal Ini Bun!

 

Melihat si Kecil tumbuh sehat memang sangat membahagiakan, ya Bun? Namun, terkadang ada perilaku si Kecil yang membuat Bunda khawatir. Salah satunya kebiasaan bayi sering memasukkan benda ke mulut. 

Tahukah Bunda? Bayi 10-12 bulan juga sering memasukkan benda ke dalam mulut. Kebiasaan tersebut merupakan hal wajar bahkan menjadi salah satu karakteristik perkembangan si Kecil. 

Biasanya, bayi mulai memasukkan berbagai benda ke mulutnya pada  usia 3-4 bulan ketika ia sudah bisa menggenggam benda. Lantas, bagaimana cara menyikapi kebiasaan tersebut? Lebih baik dilarang atau dibiarkan? Simak penjelasan berikut, Bunda! 

Kenapa Bayi Sering Memasukkan Benda ke Mulut?

Kebiasaan bayi yang sering memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya disebut mouthing. Ternyata, ada sejumlah penyebab yang mendasari si Kecil senang memasukkan benda ke mulutnya. Apa saja Bunda? Berikut uraiannya!

1. Bayi Sedang Bereksplorasi

Bayi tumbuh dengan rasa penasaran yang tinggi untuk mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Memasukkan benda ke dalam mulut merupakan cara si Kecil untuk mengenal benda-benda di sekitarnya. Kebiasaan tersebut merupakan hal yang normal dalam fase tumbuh kembang bayi. 

2. Tanda Anak Tumbuh Gigi

Gigi pertama si Kecil muncul antara usia 5 bulan dan 7 bulan. Saat tumbuh, giginya akan muncul menembus gusi sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Bayi biasanya akan terus-menerus memasukkan jari atau kepalan tangan ke dalam mulut sebagai respon ketidaknyamanannya. 

3. Penasaran dengan Tekstur dan Rasa Benda

Beberapa bayi mungkin menikmati tekstur, rasa, dan sensasi sebuah benda di mulut mereka. Bayi belum mengembangkan sensori taktik (indera peraba) yang baik sehingga menggunakan mulutnya untuk merasakan tekstur sebuah benda. 

4. Memenuhi Kebutuhan Emosionalnya 

Saat lapar, mengantuk, atau tidak nyaman biasanya si Kecil menjadi rewel dan menangis. Memasukkan tangan dan benda ke dalam mulut merupakan aktivitas yang membuatnya menjadi lebih tenang dan rileks. 

Baca Juga: 7 Perlengkapan Stimulasi agar Si Kecil Makin Gesit Merangkak

Manfaat Memasukkan Benda ke dalam Mulut untuk Si Kecil

Bunda tidak perlu melarang si Kecil ketika ia memasukkan benda ke mulutnya. Tentu saja dengan catatan, benda tersebut tidak membahayakannya. Sebab, ternyata mouthing pada bayi memiliki sejumlah manfaat. 

1. Mendukung Proses Belajar Berbicara

Aktivitas mouthing berpengaruh pada proses vokalisasi dini pada bayi. Proses vokalisasi merupakan proses awal bayi belajar bahasa sebelum ia bisa mengucapkan kata pertamanya. 

Contohnya adalah mengoceh, mengeluarkan suara huruf vokal, atau suara-suara lain yang belum berbentuk kata-kata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayi mengeksplorasi suara yang dihasilkan saat ia memasukkan objek ke mulutnya. Hal ini akan sangat membantu si Kecil dalam belajar berbicara. 

2. Bantu Kesiapan Bayi untuk MPASI

Mouthing dapat mendukung kesiapan bayi untuk makan makanan padat. Mengeksplorasi benda dengan mulut dapat mengasah kekuatan otot di mulutnya. Hal ini penting untuk mempersiapkan bayi belajar mengunyah. 

Selain itu, si Kecil juga belajar koordinasi tangan-mata dengan mengambil objek dan memasukkannya ke mulut. Nantinya si Kecil akan lebih mudah belajar makan sendiri dengan menggunakan sendok. 

3. Merangsang Kekebalan Tubuh 

Tidak hanya fisik dan otak, kekebalan tubuh bayi juga berkembang seiring dengan usianya. Saat si Kecil memasukkan benda ke mulut, sistem kekebalan tubuh akan belajar mengenali virus, kuman, dan bakteri. Tubuh kemudian akan mencari cara terbaik untuk membangun kekebalan dalam proses melindungi diri. 

Lakukan Hal Ini agar si Kecil Tetap Sehat dan Aman 

Meski berdampak positif, aktivitas mouthing pada bayi tetap saja berisiko, seperti tertelan, keracunan, terluka, dan terpapar benda panas atau berbahaya. Untuk itu, ada sejumlah tips untuk menjaga kesehatan dan keamanan si Kecil:

  • Tempatkan si Kecil untuk selalu dalam pengawasan Bunda. 

  • Ajarkan si Kecil benda yang aman dan tidak aman untuk dimasukkan ke mulut. 

  • Berikan teether, yakni mainan yang didesain untuk digigit dan dimasukkan ke mulut bayi. 

  • Pastikan area bermain bayi bebas dari benda kecil dan berbahaya, seperti benda tajam, koin, tutup botol, peniti, maupun jarum. 

  • Simpan obat atau benda beracun di tempat yang aman. 

  • Jauhkan makanan dan minuman panas dari jangkauan bayi

  • Jaga kebersihan mainan dan area bermain 

  • Waspadai risiko tersedak atau tertelan benda kecil. Bunda mungkin perlu belajar penanganan bila si Kecil tidak sengaja menelan benda asing. 

Baca Juga: MPASI untuk Rangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Demikian penjelasan tentang alasan si Kecil sering memasukkan benda ke mulut serta bagaimana Bunda harus menyikapinya. Rupanya, kebiasaan tersebut adalah hal yang normal bahkan termasuk ke dalam fase perkembangan si Kecil. 

Meski demikian, kebanyakan bayi akan berhenti memasukkan benda ke mulutnya pada usia 3 tahun

Pantau tumbuh kembang bayi dengan memanfaatkan tools Grafik Pertumbuhan anak. Bunda bisa memanfaatkan skala pengukuran berat dan tinggi interaktif sesuai pedoman WHO untuk si Kecil. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Referensi: 

  1. CDC. (2021). Milestone Moments. Cdc.gov. https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/pdf/parents_pdfs/milestonemomentseng508.pdf
  2. Fagan & Iverson. (2007). The Influence of Mouthing on Infant Vocalization. PubMed, Infancy. 2007; 11(2): 191–202. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2600509/#R1
  3. Stanford Medicine. (2023, August 14). Teething. Stanfordchildrens.org. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=teething-90-P01873
  4. Fessler et al. (2004). Infant mouthing Behavior: The Immunocalibration Hypothesis. Med Hypotheses. 2004;63(6):925-32. https://doi.org/10.1016/j.mehy.2004.08.004
  5. AAP. (2017). Safety for Your Child: Birth to 6 Months. Healthychildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Safety-for-Your-Child-Birth-to-6-Months.aspx
  6. NHS Foundation. (2015). Advice to support Mouthing, Licking, Chewing & Biting. Therapy.barnsleychildrenshealth.co.uk https://therapy.barnsleychildrenshealth.co.uk/uploads/optimadmin/document/document/51/Oral_motor_activity_ideas.pdf
  7. Raising Children. (2023, August 14). Child safety at home. Raisingchildren.net.au https://raisingchildren.net.au/toddlers/safety/home-pets/home-safety#promoting-child-safety-at-home-nav-title

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline