Facebook Pixel Code Nutrisi untuk Bantu Dukung Tumbuh Kembang Anak Usia 3 Tahun ke Atas

Nutrisi untuk Bantu Dukung Tumbuh Kembang Anak Usia 3 Tahun ke Atas

Nutrisi untuk Bantu Dukung Tumbuh Kembang Anak Usia 3 Tahun ke Atas

Nutrisi untuk Bantu Dukung Tumbuh Kembang Anak Usia 3 Tahun ke Atas

Nutrisi seimbang penting didapatkan oleh si Kecil yang sedang bertumbuh, terlebih bila si Kecil sudah memasuki usia 3 tahun. Beberapa nutrisi meliputi protein, lemak, karbohidrat, vitamin c, dan zat besi harus diberikan pada anak. 

Menurut WHO, jika si Kecil gagal mendapatkan nutrisi-nutrisi di atas, si Kecil menjadi lebih rentan sakit. Si Kecil juga bisa mengalami keterlambatan perkembangan mental dan motorik yang berpengaruh hingga si Kecil tumbuh dewasa. 

Maka dari itu, artikel ini menjelaskan tahapan perkembangan ideal anak usia 3 tahun beserta kandungan nutrisi untuk dukung pertumbuhannya, seperti yang terdapat pada susu SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC*.

Tahapan perkembangan anak 3 tahun

Dilansir dari healthykids.org, terdapat empat perkembangan yang umumnya dialami oleh si Kecil yang berusia 3 tahun. Perkembangan anak 3 tahun yang dimaksud meliputi perkembangan sosial, bahasa, kognitif, dan fisik.

Pada perkembangan sosial dan emosional, si Kecil mulai tertarik melakukan hal baru, bekerja sama dengan teman sebaya dan meniru orang lain. Selain itu, si Kecil juga sudah bisa memandang dirinya secara utuh, baik secara fisik, jiwa maupun pikiran.

Sementara untuk perkembangan bahasa, si Kecil sudah mulai bisa berbicara dalam lima sampai enam kata sehingga si Kecil akan mulai terlibat dalam obrolan singkat dan bercerita dengan orang lain

Lalu untuk perkembangan kognitif, si Kecil akan lebih memahami konsep angka dan jumlah (seperti 'satu' dan 'dua'), menyebutkan nama-nama warna dengan benar dan memahami konsep waktu.

Pada perkembangan fisik, si Kecil yang berusia 3 tahun mulai bisa melompat, naik tangga tanpa bantuan orang dewasa, dan melempar serta menangkap bola.

Untuk lebih mendukung tumbuh kembang dan kecerdasan si Kecil yang berusia 3 tahun, Bunda dapat memberikan nutrisi untuk si Kecil dengan memenuhi asupan makanan harian yang mengandung nutrisi dan gizi seimbang. Bunda dapat mengikuti panduan lengkap dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia.

Berdasarkan panduan AKG, rata-rata perkembangan anak 3 tahun ke atas membutuhkan gizi dan menu makanan sebagai berikut:

- Karbohidrat (nasi, kentang, roti, pasta): 215 g

- Protein (telur, ikan, daging, ayam, kacang-kacangan):  20 g

- Lemak (margarin dan minyak untuk memasak): 45 g

- Kalsium (susu, keju, sayuran hijau): 650 mg

Bila Bunda masih ragu, sebaiknya konsultasikan dengan tenaga kesehatan anak untuk menentukan rekomendasi makanan yang tepat agar pertumbuhan anak optimal.

Susu sebagai tambahan nutrisi untuk bantu dukung tumbuh kembang si Kecil yang berusia 3 tahun ke atas

Selain makanan, susu bubuk terfortifikasi merupakan nutrisi tambahan yang dapat Bunda berikan untuk bantu lengkapi nutrisi harian anak usia 3 hingga 5 tahun. Setiap harinya, anak direkomendasikan untuk minum susu sebanyak 2-2½ gelas (453 gram – 567 gram).

Susu SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC untuk bantu dukung tumbuh kembang si Kecil 

Bunda juga bisa bantu lengkapi nutrisi si Kecil dengan susu bubuk terfortifikasi, seperti SGM Eksplor 3 Plus.

Susu SGM Eksplor 3 Plus mengandung nutrisi-nutrisi yang baik untuk bantu dukung tumbuh kembang si Kecil yang menginjak usia 3 tahun, meliputi:

IronC*

Kekurangan zat besi dapat mempengaruhi tumbuh kembang si Kecil, mulai dari pertumbuhan fisik yang terhambat, kurang fokus dan berkonsentrasi, serta sulit bersosialisasi.

Selain itu, kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan gangguan pada sistem motorik dan sensorik pada si Kecil dan membuat imunitasnya menurun sehingga si Kecil rentan terserang penyakit.

SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx mengandung IronC* yang merupakan kombinasi dari vitamin zat besi dan vitamin C.      

Zat besi adalah kandungan nutrisi yang bisa ditemukan dalam sel darah merah, dan berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Sementara, vitamin C telah terbukti dapat mendukung penyerapan zat besi secara optimal dalam tubuh. Dengan mengonsumsinya, si Kecil akan terhindar dari risiko kekurangan zat besi dan pertumbuhannya akan menjadi lebih optimal.

Maka dari itu, salah satu pertimbangan yang dapat Bunda perhatikan saat membeli susu bubuk terfortifikasi adalah kandungan IronC*.

Omega 3 & Omega 6

Baik omega 3 dan omega 6 merupakan komponen penting yang bagus untuk kecerdasan otak dan meningkatkan konsentrasi pada si Kecil. Keduanya juga mampu mencegah berbagai penyakit kronis sejak dini, seperti diabetes, hipertensi, dan kanker.

Serat Pangan

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition, serat pangan dapat menurunkan risiko si Kecil terserang demam dan diare.

Tak hanya itu, serat pangan juga mampu menjaga kesehatan saluran cerna si Kecil sehingga daya tahan tubuhnya akan menjadi lebih optimal.

Susu SGM Eksplor 3 Pro-gress Maxx dengan IronC juga mengandung nutrisi penting lain seperti kalsium, zinc, DHA, Kolin, Biotin, Fosfor, Magnesium dan Asam Amino Esensial. 

Jadi, jangan lupa ya Bunda, bantu lengkapi nutrisi si Kecil yang berusia 3 tahun ke atas dengan SGM Eksplor Pro-gress Maxx 3 Plus yang mengandung IronC*.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SGM Eksplor Pro-gress Maxx 3 Plus dengan IronC* Bunda bisa klik di sini.

*IronC: Kombinasi zat besi dan vitamin C

 

Referensi:

Early child development – Nutrition and the early years. World Health Organization. (2021). Retrieved 21 January 2021, from https://www.who.int/topics/early-child-development/child-nutrition/en/. (HON Certified)

Developmental Milestones: 3 to 4 Year Olds. HealthyChildren.org. (2021). Retrieved 4 February 2021, from https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/preschool/Pages/Developmental-Milestones-3-to-4-Year-Olds.aspx

Abbaspour, N., Hurrell, R., & Kelishadi, R. (2014). Review on iron and its importance for human health. Journal Of Research In Medical Sciences. Retrieved 4 February 2021, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3999603/

Lohner, S., Jakobik, V., Mihályi, K., Soldi, S., Vasileiadis, S., & Theis, S. et al. (2021). Inulin-Type Fructan Supplementation of 3- to 6-Year-Old Children Is Associated with Higher Fecal Bifidobacterium Concentrations and Fewer Febrile Episodes Requiring Medical Attention. Oxford University Press. Retrieved 21 January 2021, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6074834/. (HON Certified)

The importance of omega-3 and omega-6 fatty acids. Eufic.org. (2021). Retrieved 21 January 2021, from https://www.eufic.org/en/whats-in-food/article/the-importance-of-omega-3-and-omega-6-fatty-acids. (HON Certified)

Daftar Makanan yang Baik untuk Menunjang Tinggi dan Pertumbuhan Anak Usia 3 Tahun. Hello Sehat. (2021). Retrieved 5 March 2021, from https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/makanan-anak-3-tahun/

 

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 3 - 5 tahun

Benarkah Si Kecil yang Tidak ...

Zat Besi merupakan nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif si...

Susu Anak untuk Pertumbuhan Tulang, ...

Susu anak untuk pertumbuhan tulang bisa mendukung si kecil tumbuh tinggi dan sehat. Yuk, kenali...

5 Cara agar Anak jadi Generasi ...

Cara mendorong agar anak percaya diri dan berani adalah dengan bermain bersama. Kok bisa? Temukan...

3 Alasan Orangtua Perlu Rutin Ceritakan ...

Membacakan buku cerita dan dongeng merupakan ajang pembelajaran bagi anak sebelum sekolah. Ini dia...

Sarapan Kaya Zat Besi Ternyata ...

Sarapan adalah bagian penting untuk menambah energi si Kecil dalam belajar. Apa saja manfaat...

Tidak Sulit, Ini Cara untuk ...

Meningkatkan konsentrasi si Kecil dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan penuhi...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan