Facebook Pixel Code Pola Hidup Bersih dan Sehat si Kecil saat New Normal

Pola Hidup Bersih dan Sehat si Kecil saat New Normal

Pola Hidup Bersih dan Sehat si Kecil saat New Normal

Pola Hidup Bersih dan Sehat si Kecil saat New Normal

Bunda, kondisi new normal membuat kita bisa beraktivitas seperti biasa asalkan kita menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah penularan penyakit. Menurut Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK, salah satu hal terpenting dalam new normal adalah memastikan si Kecil mendapatkan asupan gizi seimbang agar daya tahan tubuhnya terjaga. Selain itu, si Kecil juga sebaiknya melakukan aktivitas fisik rutin dan tidur dengan cukup.

Meskipun mall dan taman bermain sudah mulai dibuka, Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK mengimbau agar Bunda tidak membawa si Kecil ke tempat ramai dahulu. “Risiko si Kecil tertular penyakit masih cukup tinggi, sementara penggunaan masker yang terlalu lama dikhawatirkan bisa menyebabkan si Kecil sesak napas,” ujar dr. Diana. Namun jika si Kecil harus keluar rumah karena alasan kuat, pastikan Bunda tetap menerapkan PHBS sesuai anjuran pemerintah. Bunda, mari simak tips dr. Diana agar Bunda dan si Kecil tetap aman dan sehat saat di rumah maupun di luar rumah.

 

5 Tips PHBS Saat di Rumah:

  • Makan bergizi.“Prinsipnya, terapkan pola gizi seimbang dan variasikan jenis makanan. Usahakan agar setiap porsi mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral,” kata dr. Diana. Frekuensi makan adalah 3 kali makan besar dan 2-3 kali selingan. Selain itu, perbanyak konsumsi buah dan sayur dengan kandungan vitamin dan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti vitamin C, D, E, dan seng.
  • Sering cuci tangan.Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20-30 detik adalah cara paling ampuh untuk membunuh kuman dan virus yang menempel di tangan.
  • Aktivitas fisik rutin.Aktivitas fisik rutin. Kemenkes menyarankan agar Bunda dan si kecil melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari untuk menjaga kesehatan. Di tengah new normal, aktivitas fisik sebaiknya dilakukan di rumah atau di tempat terbuka yang tidak ramai.
  • Istirahat cukup.Kemenkes merekomendasikan agar Bunda tidur selama 7-8 jam, sementara si Kecil 11-13 jam per hari. Tidur yang cukup dapat mendukung daya tahan tubuh.
  • Menjaga kebersihan lingkungan.Untuk menjaga kebersihan rumah, pel lantai setiap hari. Bersihkan dengan desinfektan peralatan yang sering disentuh tangan seperti gagang pintu, gagang kulkas, pegangan tangga, hand phone, meja, kursi, dan lain-lain.

 

5 Tips PHBS Saat di luar Rumah:

  • Gunakan Hand Sanitizer. Sebaiknya membersihkan tangan dengan hand sanitizer hanya dilakukan jika Bunda tidak menemukan tempat cuci tangan. Menurut WHO, kandungan alkohol yang disarankan adalah minimal 60 %.
  • Hindari menyentuh wajah. Hilangkan kebiasaan menyentuh area segitiga wajah yaitu mata, hidung, dan mulut. Umumnya, penyakit masuk ke tubuh melalui tiga pintu tersebut.
  • Pakai masker. Virus penyakit tertentu dapat menular melalui droplet, yaitu cairan yang keluar ketika batuk, bersin atau percikan air liur saat berbicara. Oleh sebab itu, kenakan masker untuk melindungi diri sendiri maupun orang lain.
  • Terapkan Etika batuk dan bersin. Jangan menutup mulut dengan tangan ketika batuk atau bersin. Gunakanlah tisu, sapu tangan, atau tutup mulut dengan lipatan lengan.
  • Hindari berkerumun dan jaga jarak aman. Menurut penelitian, percikan droplet keluar dari mulut rata-rata sejauh 1,8 meter. Oleh karena itu jaga jarak dengan orang lain minimal sejauh dua meter. Jangan berkerumun karena berpotensi terjadi penularan penyakit. Hindari sentuhan fisik seperti bersalaman, karena bisa menjadi media perpindahan virus penyakit dari tangan ke tangan.

Selama Bunda menerapkan PHBS dengan benar, niscaya daya tahan tubuh si Kecil akan lebih terjaga. Selain itu, Bunda juga bisa berikan si Kecil segelas susu pertumbuhan setiap pagi dan malam. “Susu dapat diberikan untuk menambah dan memenuhi kebutuhan kalori harian,” kata dr. Diana. Dapatkan informasi lainnya tentang nutrisi dan tumbuh kembang si Kecil, melalui carelinesgm@sarihusada.co.id atau telepon ke nomor 0800 1 360 360.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 3 - 5 tahun

Benarkah Si Kecil yang Tidak ...

Zat Besi merupakan nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif si...

Susu Anak untuk Pertumbuhan Tulang, ...

Susu anak untuk pertumbuhan tulang bisa mendukung si kecil tumbuh tinggi dan sehat. Yuk, kenali...

5 Cara agar Anak jadi Generasi ...

Cara mendorong agar anak percaya diri dan berani adalah dengan bermain bersama. Kok bisa? Temukan...

3 Alasan Orangtua Perlu Rutin Ceritakan ...

Membacakan buku cerita dan dongeng merupakan ajang pembelajaran bagi anak sebelum sekolah. Ini dia...

Nutrisi untuk Bantu Dukung Tumbuh ...

Nutrisi seimbang penting didapatkan si Kecil, terutama yang memasuki usia 3 tahun. Salah satunya...

Sarapan Kaya Zat Besi Ternyata ...

Sarapan adalah bagian penting untuk menambah energi si Kecil dalam belajar. Apa saja manfaat...


Artikel Terpopuler

Tips Mendapatkan Sumber Vitamin ...

Baca Selengkapnya >

Tips Mudah Atur Pola ...

Baca Selengkapnya >

Olah dan Simpan MPASI ...

Baca Selengkapnya >

Cara Melatih si Kecil ...

Baca Selengkapnya >

5 Tips MPASI Bergizi untuk ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan