Facebook Pixel Code 15 Mainan Edukasi Anak 5 Tahun untuk Stimulasi Terbaik

15 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 5 Tahun

15 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 5 Tahun

 

Bunda, mari cari tahu ragam pilihan mainan edukasi anak 5 tahun. Bermain adalah cara yang menyenangkan bagi anak untuk belajar dan mengembangkan berbagai keterampilan baru.

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 5 Tahun

Menginjak usia 5 tahun, Bunda bisa sediakan mainan edukasi yang sesuai dengan usia si Kecil. Berikut ragam mainan untuk anak 5 tahun yang edukatif:

1. Permainan Papan (Board Game)

Anak usia prasekolah mulai suka bermain dengan teman sebayanya, tapi masih tidak terbiasa menerima kekalahan.

Jadi, cobalah berikan board game sebagai mainan anak 5 tahun, seperti ular tangga, halma, dan monopoli untuk melatih sportivitas dan mengajarkan tentang aturan. 

Melalui board game, anak juga belajar cara berpikir cepat untuk menyusun strategi serta keterampilan sosial penting seperti bergantian atau bergiliran, bekerja sama, dan menghargai kemenangan.

2. Balok Susun

Melalui permainan ini, anak belajar bagaimana cara mengambil satu balok tanpa menjatuhkan balok lainnya.

Selama prosesnya, anak akan melatih koordinasi mata dan tangan, berpikir cepat memikirkan cara menyusun yang kokoh, serta membantu si Kecil belajar memecahkan masalah. 

Permainan ini akan lebih seru jika dimainkan bersama dengan teman atau anggota keluarga lainnya. Oleh karena itu, Bunda bisa mengajak Ayah untuk bergabung bermain.

3. Congklak

Mainan tradisional seperti congklak juga bagus untuk mainan edukasi anak 5 tahun karena punya banyak sekali manfaat. 

Dengang bermain congklak, anak bisa sambil belajar berhitung dengan cara yang menyenangkan.

Si Kecil akan belajar menyebutkan urutan angka saat memindahkan biji congklak dari lubang ke lubang lainnya, serta melakukan penambahan saat mengumpulkan biji-biji tersebut.

Selain itu, permainan ini juga membantu anak berpikir logis serta memahami konsep penuh dan kosong yang merupakan konsep dasar dalam matematika.

4. Puzzle

Puzzle jadi salah satu rekomendasi mainan edukasi anak 5 tahun yang bagus untuk mengasah keterampilan berpikir si Kecil memecahkan masalah. 

Permainan puzzle dapat membantu anak mengembangkan koordinasi tangan-mata serta mengembangkan otot jari dan tangan dengan mengambil kepingan-kepingan kecil.

Bermain puzzle juga membantu anak belajar bernalar dan kegigihan untuk mengatasi rasa frustasi saat berusaha mencocokkan setiap potongan puzzle sampai membentuk gambar utuh.

5. Bola Bekel

Di usia 5 tahun, anak lebih suka bermain dengan temannya daripada sendirian. Nah, bola bekel bisa jadi pilihan untuk dimainkan ramai-ramai.

Bermain bola bekel dapat meningkatkan kemampuan berpikir, daya ingat, dan fokus anak karena si Kecil harus melewati beberapa tahap.

Pertama mengambil biji sebanyak satu buah, kemudian selanjutnya mengambil dua buah, dan mengulangi seterusnya.

Permainan ini juga bisa menjadi cara mengatasi anak sulit bersosialisasi karena bermain bekel ramai-ramai membutuhkan komunikasi. 

Adanya komunikasi antar pemain seperti menyimak aturan bermain, saling menghitung skor, atau bernyanyi saat bermain juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa si Kecil.

Baca Juga: Cara Menstimulasi Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah

6. Magnet Alfabet

Anak-anak usia prasekolah biasanya sudah mulai belajar mengenal huruf dan angka. Pengenalan ini penting karena menjadi dasar dalam proses membaca dan menulis. 

Kemampuan untuk mengenali huruf akan membantu si Kecil dalam memahami kata-kata baru dan meningkatkan kosakatanya.

Untuk membantu mengembangkan keterampilan ini, Bunda dapat menggunakan metode yang menyenangkan seperti bermain dengan magnet alfabet.

7. Kartu Memori

Selanjutnya, kartu memori juga bisa jadi pilihan mainan edukasi anak 5 tahun. Permainan ini membantu mengasah kemampuan berpikir, konsentrasi, dan rentang perhatian anak. 

Dengan kartu memori ini, anak akan mencoba untuk menemukan pasangan gambar dari yang tersedia dengan membuka kartu lainnya satu per satu.

Melalui permainan ini, anak diberi kesempatan untuk mencoba hal baru tanpa takut gagal, serta mengasah kemampuan daya ingat dan konsentrasi si Kecil dengan cara menyenangkan. 

Bunda juga bisa mencari ide-ide aktivitas edukatif serta stimulasi tepat lainnya dengan mengunjungi Sekolah Generasi Maju untuk mendukung si Kecil tumbuh optimal, lho!

8. Alat Musik Mainan

Belajar bermain piano, biola, gitar, dan drum tidak hanya mengembangkan bakat musik anak, tetapi juga mendorong perkembangan keterampilan motorik halus.

Saat memainkan alat musik, anak perlu mengkoordinasikan gerakan jari-jari dan tangan dengan baik.

Selain itu, bermain alat musik juga membutuhkan keterampilan mendengarkan yang baik dan meningkatkan rentang perhatian anak. 

Baca Juga: 9 Ide Permainan Seru untuk Anak Usia 4-5 Tahun

9. Jam Kayu Manual

Mengajarkan anak cara membaca jam bisa menjadi tugas yang sulit karena anak perlu mengetahui dahulu konsep matematika. Namun, anak perlu tahu dulu apa itu jam, menit, dan detik. 

Ketika anak mulai memahami konsep tersebut, berikanlah kesempatan kepada si Kecil untuk mengatur jam ke waktu tertentu yang Bunda sebutkan.

Sebagai contoh, Bunda bisa mengatakan, "Coba atur jam agar menunjukkan pukul 5," dan biarkan anak memutar jarum jam sesuai dengan instruksi yang diberikan.

10. Eksperimen Sains Sederhana

Mainan edukasi anak 5 tahun lain yaitu eksperimen sains sederhana. Salah satu yang menarik dan mudah dilakukan adalah menggunakan permen warna-warni, piring berwarna putih dan air. 

Caranya sederhana, pertama-tama susunlah permen warna-warni secara melingkar di atas piring. Kemudian, tuangkan air di tengah lingkaran permen hingga menyentuh permukaan permen.

Hasilnya, si Kecil akan melihat warna pelangi yang terbentuk di dalam air tersebut.

Fenomena ini terjadi karena lapisan salut warna-warni pada permen, yang mengandung gula larut dalam air dan membentuk warna-warna yang berbeda.

Baca Juga: 10 Contoh Kegiatan Motorik untuk Anak TK

11. Sepeda

Saat bersepeda, anak dapat bertemu dengan teman baru, meningkatkan keterampilan komunikasinya dan membangun interaksi yang positif dengan anak sebayanya. 

Selain menyenangkan karena bisa dilakukan bersama-sama, bersepeda juga bagus untuk melatih anak jadi lebih percaya diri dan mandiri.

Mengayuh sepeda dapat meningkatkan keterampilan motorik dan koordinasi gerak anak, serta memperkuat otot-otot di seluruh tubuhnya.

12. Papan Keseimbangan

Papan keseimbangan merupakan mainan edukasi anak 5 tahun yang membantu mengembangkan keterampilan motorik inti, seperti keseimbangan dan juga koordinasi.

Selain itu, papan keseimbangan dapat membantu anak dalam memperbaiki postur tubuhnya.

Biasanya papan keseimbangan terbuat dari bahan kayu yang ringan dan memiliki bentuk melengkung, sehingga mudah dibawa dari satu tempat ke tempat lain.

13. Menggambar dan Mewarnai

Untuk mendorong perkembangan motoriknya, Bunda dapat memberikan crayon atau pensil warna kepada si Kecil dan membiarkannya menggambar serta mewarnai sesuai imajinasinya.

Melalui kegiatan ini, anak tidak hanya mengasah keterampilan motorik halus, tetapi juga mengembangkan kreativitasnya, Bun.

Menggambar juga termasuk metode pembelajaran PAUD yang sering dilakukan, karena membuat belajar jadi lebih menyenangkan.

14. Lompat Tali

Ada banyak mainan edukasi anak 5 tahun yang bermanfaat untuk merangsang motorik kasar, termasuk lompat tali. Permainan ini dapat merangsang pertumbuhan otot-otot besar si Kecil.

Lompat tali biasanya dimulai dengan tingkat dasar, di mana anak mulai melompat dengan satu kaki di atas tali yang digerakkan seperti ular. 

Kemudian, tingkat kesulitan permainan ini akan meningkat, dengan tinggi tali yang disesuaikan dengan kemampuan melompat anak.

15. Permainan Gunting dan Tempel Origami

Permainan gunting dan menempel origami merupakan pilihan mainan edukasi anak 5 tahun. Permainan ini dapat melatih dalam koordinasi anak dan menguatkan otot-otot di jari-jarinya.

Selain itu, mainan ini baik untuk merangsang kreativitas anak, karena anak dapat menciptakan berbagai bentuk dari kertas origami.

Namun sebelum bermain, pastikan gunting yang digunakan sesuai untuk anak-anak, agar kegiatan ini dapat dilakukan dengan aman tanpa risiko yang tidak diinginkan.

Nah, itu dia ragam rekomendasi mainan edukasi anak 5 tahun yang seru. Jangan lupa bantu lengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan SGM Eksplor 5+ setiap hari, ya.

SGM Eksplor 5+ dilengkapi dengan IronC, kombinasi unik zat besi & vitamin C, serta minyak ikan, DHA, Omega 3&6, tinggi kalsium & vitamin D, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu teruskan nutrisi si Kecil agar ia siap belajar.

Yuk, gabung di Klub Generasi Maju sekarang juga untuk dapatkan akses istimewa ke berbagai penawaran menarik seputar susu SGM serta fitur edukatif lainnya terkait stimulasi anak. Gratis!

 

Referensi:

  1. Stacking and building games: children 3-6 years. (2023, May 9). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/guides/activity-guides/making-and-building/stacking-and-building-games#
  2. Arora, M. (2018, July 20). 7 Amazing Health Benefits of Cycling for Kids. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/amazing-health-benefits-of-cycling-for-kids/
  3. ‌McIlroy, T. (2021, August 24). 13 Benefits of Puzzles for Child Development. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-puzzles/
  4. ‌McIlroy, T. (2020, September 18). The Benefits of Learning Through Play + The 16 Best Activities for Learning. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-learning-through-play/
  5. ‌Ahmed, A. (2014, August 24). 13 Amazing Advantages Of Coloring Pages For Your Child’s Development. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/amazing-advantages-coloring-pages-childs-development_0086656/
  6. ‌Bermain Sains. (n.d.). https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/anggun/images/2020/12_buku_BDR/Bermain_Sains-2.pdf
  7. YR, Al Ningsih. (2021, Mei 29). ‌Manfaat Permainan Tradisional Bola Bekel Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/download/11570/7361
  8. ‌Susanti Susanti, Heri Yusuf Muslihin, & Sumardi Sumardi. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Lompat Tali bagi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. 5(1), 80–89. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39690
  9. ‌Shaili. (2023, January 17). Teach Preschool Kids: Letter Recognition & Its Importance. Firstcry Intelli Education. https://www.firstcry.com/intelli/articles/letter-recognition-for-preschoolers-importance-and-activities/
  10. ‌Memory game for kids: 3-6 years. (2023, May 9). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/guides/activity-guides/thinking-and-brain-games/memory-game
  11. ‌Smart Toys for Every Age (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.html
  12. ‌Step By Step Instructions on How to Teach Your Child to Tell Time. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/teach-your-child-to-tell-time-5208351
  13. IDAI | Pemilihan Mainan Anak sesuai Fase Perkembangan. (2017). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/cerdas-memilih-mainan-anak
  14. ‌5-6 years: child development. (2022, December 16). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/school-age/development/development-tracker/5-6-years

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline