Facebook Pixel Code 10 Cara Belajar Menghitung Anak TK yang Menyenangkan

10 Cara Belajar Menghitung Anak TK yang Menyenangkan

10 Cara Belajar Menghitung Anak TK yang Menyenangkan

 

Berhitung adalah keterampilan matematika dasar yang sudah mulai bisa diajarkan pada anak TK. Lalu, apa saja cara belajar menghitung anak TK yang bisa si Kecil coba di rumah?

Kapan Mengajari Anak Berhitung?

Anak-anak biasanya sudah mengenal angka satu digit (angka 1, 2, 3) di usia 2-3 tahun. Namun, di usia ini anak masih hanya mengenal konsep lambang bilangan secara abstrak.

Anak-anak usia 1-3 tahun belum paham konsep angka dan bilangan, urutan angka, dan belum bisa menggunakan angka untuk berhitung. 

Ketika menginjak usia 4 tahun, si Kecil sudah bisa belajar berhitung 1-5 secara berurutan. Dalam artian ia sudah tahu urutan angka pertama adalah 1, kemudian 2, 3, 4, dan 5.

Anak usia 3-4 tahun juga masih belajar memahami kuantitas. si Kecil tahu angka 2 itu apa, tapi belum mengerti benar “2 bola” itu seberapa banyak.

Barulah pada usia 4-6 tahun, anak bisa berhitung dengan lengkap dan mencocokkan angka satu sampai sepuluh dengan banyak jumlah benda yang ada di depannya.

Misalnya, 3 biskuit berarti ada sebanyak 3 buah yang bisa dibagikan pada Ayah, Bunda, dan dirinya sendiri. Ini berarti ia benar-benar bisa menghitung.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Supaya Anak Cerdas di Masa Prasekolah

Cara Belajar Menghitung untuk Anak TK

Bagaimana cara mengajarkan si Kecil berhitung terkait erat dengan perkembangan kognitif anak.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Bunda lakukan agar kegiatan berhitung bersama si Kecil menjadi lebih menyenangkan: 

1. Menggunakan Jari Tangan 

Cara belajar menghitung anak TK yang termudah adalah mengajari si Kecil berhitung menggunakan jari tangan (jarimatika). 

Si Kecil bisa menghitung angka dari 1 hingga 10 menggunakan kesepuluh jarinya. 

Selain itu, Bunda dapat mencoba menanyakan kepada si Kecil ada berapa anggota keluarga di rumah sambil menunjukkan jumlah jari yang sesuai. 

Sebagai gambaran, ada 5 orang anggota keluarga di rumah, lalu Bunda tunjukkan lima jari ke si Kecil dan biarkan mereka menjawabnya. 

2. Berhitung Sambil Bernyanyi

Kini banyak sekali lagu yang dibuat untuk belajar menghitung anak TK. Apalagi, musik dan nyanyian dapat menjadi sarana bagi si Kecil agar kegiatan belajarnya lebih menyenangkan. 

Misalnya, Bunda bisa menyanyikan lagu “Satu-Satu Aku Sayang Ibu” yang liriknya mudah dipahami si Kecil, sambil menunjukkan jari 1, 2, dan 3.

Bisa juga dengan melibatkan anggota keluarga yang lain. Jadi, Bunda tinggal mengubah liriknya lagunya sesuai dengan jumlah anggota keluarga yang ada di rumah. 

Menyanyi juga turut melatih anak agar lebih percaya diri, meningkatkan daya ingat, serta memperbanyak penguasaan kosakatanya.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Ajarkan Anak Belajar Menulis Sejak TK

3. Menghitung Langkah

Cara belajar menghitung anak TK bisa dilakukan sambil berjalan atau menaiki anak tangga bersama si Kecil sambil menghitung di setiap langkahnya.

Bunda dapat meminta anak untuk menghitung setiap langkah atau setiap tangga yang mereka naiki. 

Nah, Bunda dapat memulainya terlebih dahulu setiap kali si Kecil melangkah maju, dan kemudian mereka akan mengikuti ucapan Bunda. 

4. Menghitung Batu Bersama

Memulai belajar menghitung anak TK juga bisa dari dengan hal-hal sederhana, seperti mengumpulkan batu-batu kecil di sekitaran halaman. 

Setelah batu dikumpulkan, Bunda dan si Kecil dapat bersama-sama menghitungnya. 

Cara belajar menghitung seperti ini tentu saja amat menyenangkan bagi si Kecil, karena dilakukan di luar ruangan sehingga mereka tidak cepat bosan.

5. Menghitung Pot Tanaman

Bantu si Kecil belajar menghitung dengan menggunakan objek pot tanaman di sekitar rumah. 

Sambil berkeliling halaman rumah, Bunda bisa mengajak anak untuk menghitung berapa pot tanaman di sekitar. Terus bimbing dan dampingi si Kecil selama proses menghitung ya, Bun. 

Usai menghitung, Bunda dan si Kecil bisa menuliskan berapa banyak pot tanaman yang ada di halaman.

6. Menghitung Benda di Ruang Tamu

Selain di halaman, Bunda dan si Kecil juga  belajar berhitung menggunakan benda-benda yang ada di ruang tamu menggunakan meja dan kursi.

Jadi, Bunda tinggal meminta si Kecil menghitung berapa jumlah kursi atau meja yang ada di ruangan tersebut. 

Sebelum memulainya, pastikan Bunda sudah memberitahu letak dari masing-masing benda tersebut supaya memudahkan si Kecil menghitungnya dengan tepat.

Agar cara belajar menghitung anak TK ini tidak membosankan bagi si Kecil, sisipkan juga kegiatan lain yang menyenangkan, seperti menggambar, bernyanyi, hingga menari.

Baca Juga: 9 Cara Seru Belajar Menulis Angka untuk Anak TK

7. Menghitung Sendok dan Garpu 

Banyak kegiatan menghitung seru yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil yang memasuki usia TK.

Salah satu yang bisa Bunda lakukan adalah menghitung sendok dan garpu di ruang makan. 

Bunda dapat melatih berhitung menggunakan beberapa sendok dan meminta si Kecil untuk menghitung jumlahnya. 

8. Menghitung dengan Bermain Bola

Bola adalah salah satu benda yang bisa digunakan sebagai media belajar anak TK. 

Bunda bisa mengajak si Kecil untuk bermain bola bersama di dalam atau luar ruangan. Lalu, ajak ia menghitung setiap kali melemparkan bola ke arah Bunda. 

9. Memasukkan Kancing ke Toples

Memasukkan kancing ke dalam toples juga menjadi salah satu cara belajar menghitung yang bisa Bunda lakukan di rumah.

Siapkan toples dan beberapa kancing berukuran besar. Kemudian, meminta si Kecil untuk memasukkan 5 buah kancing ke dalam toples.

Selanjutnya, minta kembali si Kecil untuk memasukkan 10 kancing atau lebih ke dalam toples bersama Bunda. 

10. Menghitung Mainan

Beberapa mainan anak edukatif bisa menjadi alat belajar menghitung anak TK.

Ketika anak sudah selesai bermain, Bunda dan si Kecil dapat bersama-sama menghitung jumlah mainan yang hendak dirapikan atau dikembalikan ke tempat semula.

Mengapa Anak Harus Belajar Berhitung?

Berhitung adalah keterampilan dasar yang penting untuk membantu anak memahami konsep matematika sejak dini.

Keterampilan berhitung yang baik juga menjadi dasar untuk penguasaan konsep matematika yang lebih kompleks di sekolah dan membantu si Kecil memahami konsep IPTEK.
Manfaat belajar menghitung untuk kehidupan sehari-hari anak, di antaranya: 

  • Anak mampu berpikir logis untuk memecahkan masalah.

  • Anak mampu menalar, menganalisis, menghubungkan, dan membuktikan suatu masalah untuk menguji kebenarannya.

  • Menyampaikan pemikirannya menggunakan pemikiran kritis dan konkret.

  • Anak mampu mengukur dan membandingkan objek (besar/kecil, banyak/sedikit)

  • Anak mampu membandingkan objek dan ruang (meja kecil di ruangan besar), dan membandingkan bentuk dua dan tiga dimensi.

  • Anak bisa menjelaskan letak (lokasi), jarak, dan pergerakan benda.

  • Lebih percaya diri dalam menyelesaikan tugas sekolah yang melibatkan hitung-hitungan.

Stimulasi yang rutin dan bervariasi adalah pondasi penting untuk mendukung proses belajar menghitung anak TK.

Namun, penting juga untuk Bunda terus melanjutkan penuhi kebutuhan nutrisi optimal si Kecil dari makanan dan dampingan susu pertumbuhan SGM Eksplor 3+ yang terfortifikasi DHA, Minyak Ikan, serta Omega 3&6 untuk mendukung perkembangan kognitif si Kecil di masa prasekolah.

SGM Eksplor 3+ juga dilengkapi dengan IronC, kombinasi unik zat besi & vitamin C untuk maksimalkan penyerapan nutrisi penting untuk bantu si Kecil agar ia siap belajar.

Yuk, daftar Klub Generasi Maju untuk dapatkan promo serta penawaran menarik seputar susu SGM! Di sini Bunda juga dapatkan beragam inspirasi pola asuh anak untuk maksimalkan perkembangan kognitifnya.

Referensi:

  • Help Children Understand the Meaning of Counting. (2024). Better Kid Care. https://extension.psu.edu/programs/betterkidcare/parents-families/families-count/help-children-understand-the-meaning-of-counting 

  • Menyenangkan, Y., Anak, D., & Rumah, D. (n.d.). Bermain Matematika. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/anggun/images/2020/12_buku_BDR/Bermain_Matematika_yang_menyenangkan_dengan_anak_dirumah.pdf 

  • Logsdon, A. (2021, July 30). Teaching preschool kids how to count with simple strategies. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/teaching-your-preschooler-how-to-count-2162482

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline