Facebook Pixel Code Apa Saja Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah?

Apa Saja Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah?

Apa Saja Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah?


Pada dasarnya, hak dan kewajiban adalah hal penting yang harus dimiliki dan dilakukan oleh setiap orang, termasuk bagi anak sekolah. Penting bagi Bunda untuk mengetahui hak dan kewajiban anak di sekolah dengan baik agar tercipta keseimbangan antara keduanya. 

Pasal 31 Ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan bahwa setiap warga negara berhak untuk memperoleh pendidikan. Oleh karena itu, hak anak untuk mendapatkan pendidikan telah diatur secara tegas dalam undang-undang tersebut. Sementara itu, kewajiban anak di sekolah tidak hanya belajar saja, Bun. Ada banyak kewajiban yang harus dipenuhi si Kecil. Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut!

Apa Saja Kewajiban Anak di Sekolah?

Umumnya, setiap sekolah memiliki peraturan yang berbeda-beda, termasuk ketentuan mengenai kewajiban siswa di sekolah. Betapa pentingnya mengajari anak untuk menaati segala kewajiban yang ada di sekolah, Bun. Sebab, hal ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang teratur dan disiplin sehingga pembelajaran di sekolah dapat berlangsung dengan efektif.

Sekolah mempunyai peran penting dalam mengajarkan ketaatan pada anak. Jika tidak taat menjalani kewajiban, anak akan menghadapi konsekuensi yang berlaku seperti mendapat hukuman di sekolah hingga dikeluarkan.

Konsekuensi tersebut membantu anak untuk memahami setiap perilaku yang dilakukan ada akibatnya. Maka dari itu, anak perlu mematuhi kewajiban agar terhindar dari konsekuensi yang tidak diinginkan.

Nah, berikut ini berbagai kewajiban anak di sekolah yang harus ditaati. Simak penjelasannya, Bun.

1. Datang ke Sekolah Tepat Waktu

Kewajiban yang harus ditaati anak yaitu datang tepat waktu ke sekolah. Sebab, anak yang tepat waktu cenderung mengawali harinya lebih tenang, santai, dan siap untuk belajar. 

Sementara itu, anak yang datang terlambat sering merasa stres dan anak jadi malu sehingga butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan jadwal mereka. Anak yang datang terlambat dapat mengganggu pembelajaran di kelas dan mempengaruhi murid-murid lainnya.

Maka dari itu, agar anak tidak terlambat datang ke sekolah, Bunda bisa selalu ingatkan si Kecil untuk tidak tidur terlalu larut di malam sebelumnya, bangun pagi sesuai jadwal, serta menyiapkan seragam, sepatu, dan buku pelajaran pada malam hari agar tidak terburu-buru.

2. Memakai Seragam Sekolah

Bunda pasti paham bahwa setiap sekolah memiliki aturan tentang penggunaan seragam bagi siswanya. Misalnya, bagi anak Sekolah Dasar (SD) pakaian yang digunakan adalah atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna merah.

Nah, penggunaan seragam sekolah ini bertujuan untuk membuat tampilan yang rapi, meningkatkan disiplin, dan keteraturan siswa dalam mengikuti proses pendidikan di sekolah. Jadi, pastikan si Kecil memakai seragam sekolah sesuai dengan aturan yang ada, ya.

3. Menyelesaikan Tugas Sekolah

Selanjutnya, anak mempunyai kewajiban untuk menyelesaikan tugas di sekolah sesuai waktu yang ditentukan. Kebanyakan anak mungkin merasa kesal dengan tugas sekolah yang diberikan guru. Padahal, tugas sekolah berperan penting untuk si Kecil, lho, Bun. Mengerjakan tugas sekolah dapat membantu anak memperkuat pemahaman dan pengetahuannya tentang mata pelajaran yang sedang dipelajari. 

Nah, Bunda bisa menetapkan jadwal si Kecil secara teratur untuk membantunya menyelesaikan tugas dengan lebih mudah. Misalnya, ada anak yang lebih suka mengerjakan tugas sekolah di sore hari setelah bermain dan ada juga yang dapat menyelesaikan tugas sekolah setelah makan malam. 

Yang terpenting, Bunda harus ingatkan si Kecil agar patuh pada jadwalnya tersebut. Jangan biarkan anak menunda-nunda dalam mengerjakan tugas sekolah sampai menjelang waktu tidur.

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

4. Menghargai Diri Sendiri dan Orang Lain

Kewajiban anak di sekolah lainnya yaitu menghargai orang lain di sekitarnya, seperti guru dan teman. Selain itu, penting untuk menghargai lingkungan sekitar sekolah. 

Maka dari itu, sebelum belajar menghargai orang lain dan lingkungan, ada baiknya si Kecil diajarkan untuk menghargai diri sendiri. Sebab menghargai diri sendiri merupakan dasar dari rasa hormat. Jika tidak bisa menghargai diri sendiri, akan sulit bagi anak untuk bisa menghargai orang lain, Bun.

Langkah menghargai diri sendiri bisa dimulai dengan mengajarkan si Kecil membicarakan hal-hal yang positif. Anak mudah meniru orang sekitarnya termasuk orang tuanya. Oleh karena itu, Bunda dapat mulai menghindari berbicara hal-hal yang negatif mengenai berbagai hal termasuk kepada diri sendiri dan orang lain.

5. Menyiapkan Keperluan Sekolah

Salah satu pentingnya anak menaati kewajiban di sekolah adalah menyiapkan perlengkapan yang diperlukan untuk belajar termasuk pensil, pulpen, buku tulis, dan buku pelajaran. 

Dengan begitu, anak akan menjadi termotivasi dan semangat untuk bersekolah, Bun. Studi menunjukkan bahwa anak yang mempunyai perlengkapan sekolah sendiri dapat meningkatkan kreativitas, nilai sekolah, serta sikap yang baik terhadap proses belajar, perilaku, dan hubungan dengan teman sebaya.

Nah, supaya si Kecil semakin semangat untuk sekolah, Bunda bisa menyiapkan perlengkapan yang disukai anak. Misalnya, alat tulis dan sampul buku tulis dengan gambar atau tokoh favoritnya. Yang tidak kalah penting, pastikan menyiapkan segala keperluan sekolah pada malam sebelumnya agar tidak ada perlengkapan yang tertinggal, Bun.

Baca Juga: Kapan Usia Ideal Anak Masuk Sekolah PAUD? 

6. Menghormati Guru

Anak di sekolah juga wajib menghormati dan mematuhi nasihat guru. Beri tahu pada anak pentingnya untuk menghormati guru karena guru merupakan sosok yang bertanggung jawab dalam mendidik dan mengajarkan berbagai ilmu kepada siswanya.

Menghormati guru membuat anak dapat memperoleh pengajaran dan pemahaman yang lebih baik, serta membangun hubungan yang erat dengan para pengajar. Dengan begitu, proses belajar dapat berjalan secara lancar dan efektif.

7. Menjaga dan Merawat Fasilitas Sekolah

Anak juga mempunyai tanggung jawab untuk menjaga dan merawat fasilitas yang ada di sekolah termasuk gedung, halaman, dan perabotan yang ada, Bun. Pada dasarnya, sekolah merupakan tempat bagi si Kecil untuk memperoleh pendidikan dan belajar. Maka dari itu, sekolah perlu dirawat dan dijaga agar lingkungan tersebut menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.

Fasilitas sekolah juga berperan sebagai alat bantu dalam menunjang proses pembelajaran siswa di sekolah. Ingatkan selalu pada si Kecil untuk menjaga kebersihan bukan hanya di rumah tapi juga di sekolah. Selain itu, hindari mencoret-coret atau merusak meja, kursi, dan tembok sekolah.

8. Mengikuti Kegiatan Belajar dengan Baik

Selanjutnya, anak punya kewajiban untuk mengikuti proses kegiatan belajar dengan baik di sekolah, Bun. Pada umumnya proses pembelajaran itu sebuah proses interaksi antara guru dan muridnya yang berisi segala aktivitas di dalamnya.

Untuk itu, anak wajib mengikuti pembelajaran dengan baik agar dapat menerima segala pembelajaran yang diberikan oleh guru. Apabila ada materi yang belum dipahami, anak juga diwajibkan untuk bertanya pada guru. Jika si Kecil aktif dalam proses pembelajaran, ini dapat membantunya mengembangkan bakat yang ia miliki.

Baca Juga: Fase Perkembangan Psikologi Anak Usia Sekolah 

Nah, itu dia berbagai kewajiban anak di sekolah yang perlu ditaati si Kecil, Bun. Jika ingin mencari inspirasi kegiatan yang juga seru untuk si Kecil usia prasekolah, kunjungi laman Sekolah Generasi Maju. Ada berbagai kegiatan seru dan edukatif yang mudah untuk dilakukan bersama-sama di rumah agar perkembangan dan kemampuannya semakin optimal. Yuk, kunjungi sekarang juga!

Referensi:

  1. Mary. (2022). The Importance Of Obedience In Schools – GoGreenva.org. Gogreenva.org. https://www.gogreenva.org/the-importance-of-obedience-in-schools/
  2. ‌Punctuality - the benefits of your child arriving on time each day and ways you can help. | Stanhope Primary School. (2022). Stanhopeprimary.co.uk; Stanhope Primary School. https://www.stanhopeprimary.co.uk/2-punctuality-click-here-to-see-the-benefits-of-yo/
  3. ‌Karakter, P. (n.d.). In Titis Setiadi Trisnawan (p. 2017). Retrieved May 12, 2023, from https://repository.ump.ac.id/3695/2/BAB%20I.pdf
  4. ‌Penuhi Hak Pendidikan Anak Melalui Pendidikan Inklusif. (2021). Ditpsd.kemdikbud.go.id. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/penuhi-hak-pendidikan-anak-melalui-pendidikan-inklusif
  5. ‌Howe, Z. (2019, March 28). The Importance of Homework and the Role Teachers and Parents play in achievement. ResearchGate; unknown. https://www.researchgate.net/publication/343689882_The_Importance_of_Homework_and_the_Role_Teachers_and_Parents_play_in_achievement
  6. ‌How to Help: Show That You Think Education and Homework Are Important -- Helping Your Child With Homework. (2005). Ed.gov. http://www.ed.gov/parents/academic/help/homework/part5.html
  7. ‌Hamrick, C. (2021, October 4). Teaching Kids Respect for Self and Others - Kids First Community. Kids First Community. https://www.kidsfirstcommunity.com/teaching-kids-respect/
  8. ‌Pembina Ingatkan Siswa Pentingnya Menghormati Guru. (2023). Kemenag.go.id. https://kalsel.kemenag.go.id/berita/573930/Pembina-Ingatkan-Siswa-Penting
  9. ‌BAB I PENDAHULUAN. (n.d.). Retrieved May 12, 2023, from http://repository.unika.ac.id/19003/2/14.N2.0033%20MAWAR%20LUPITA%20AZTRI%20%287.46%29..pdf%20BAB%20I.pdf
  10. ‌Responsibilities of Students - Burnaby Schools - School District 41, Burnaby, BC, Canada. (2014, September 7). Burnaby Schools. https://burnabyschools.ca/responsibilities-of-students/
  11. ‌Rights and responsibilities of pupils and parents. (2023). Angus Council. https://www.angus.gov.uk/schools_and_young_people/parents/rights_and_responsibilities_of_pupils_and_parents

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline