Facebook Pixel Code 7 Permainan yang Mendidik untuk Anak 3 Tahun

7 Permainan yang Mendidik untuk Anak 3 Tahun

7 Permainan yang Mendidik untuk Anak 3 Tahun

 

Ada banyak pilihan mainan yang punya banyak manfaat mendidik untuk perkembangan anak di usia 3 tahun. Jadi, sangat penting untuk Bunda bisa memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya pada si Kecil untuk bermain. 

Bermain mampu mengembangkan kognitif anak melalui pemikiran kreatif untuk memecahkan masalah dan menguasai konsep-konsep baru. Bermain juga baik untuk mengontrol fisik, melatih otot-otot tangan, dan menghasilkan gerakan baru yang pada akhirnya juga bisa membantu membangun kepercayaan diri anak.

Yuk, simak rekomendasi permainannya, Bun!

Rekomendasi Permainan Mendidik Seru untuk Anak 3 Tahun

Ketika mencapai usia 3 tahun, anak mulai mempersiapkan dirinya untuk memasuki prasekolah. Si Kecil juga cepat mengembangkan keterampilan baru, seperti menggambar bentuk lingkaran hingga berinteraksi dengan teman sebaya saat bermain.

Pada usia inilah, penting bagi Bunda memperhatikan tumbuh kembangnya dengan memberikan stimulasi yang tepat melalui permainan. Menurut para ahli, bermain memiliki peran penting dalam memanfaatkan proses perkembangan kognitif yang semakin kompleks pada anak, sehingga membantu anak agar siap belajar berbagai konsep dengan lebih efektif.

Berikut rekomendasi permainan mendidik untuk anak usia 3 tahun.

1. Petak Umpet

Melalui permainan ini, anak usia 3 tahun diajarkan untuk memahami aturan serta konsep kerjasama dalam tim. Sebelum memulai permainan, disarankan untuk memilih lokasi yang cukup luas, seperti taman atau playground.

Saat mulai bermain, biarkan Ayah dan anak berperan sebagai tim yang bersembunyi, sedangkan Bunda bertindak sebagai yang mencari. Ayah dapat mengajak si Kecil menemukan tempat persembunyian yang kreatif, seperti di balik perosotan ukuran besar atau di antara semak-semak. 

Setelah memahami aturan permainannya, si Kecil dapat bergantian menjadi pencari. Hal ini akan membangkitkan minatnya karena anak akan menggunakan kemampuan kognitif untuk menghadapi tantangan dan mengatasi masalah yang muncul.

2. Bermain Puzzle

Bermain puzzle dapat mendidik anak agar lebih sabar dan berkonsentrasi. Permainan ini juga dapat meningkatkan perkembangan motorik si Kecil. Selain itu, bermain puzzle cocok untuk melatih kemampuan mengingat dan memecahkan masalah.

Untuk menyelesaikannya, anak akan berupaya menyusun potongan gambar agar sesuai dengan posisinya hingga benar.

Sebagai langkah awal, Bunda bisa memberikan puzzle dengan jumlah keping yang sedikit. Ketika si Kecil mulai lebih mahir menyelesaikannya, barulah berikan jumlah kepingan yang lebih banyak. Hal ini akan meningkatkan kemampuan menghafal bentuk dan kesabarannya.

Baca Juga: 10 Contoh Kegiatan Motorik Kasar dan Halus untuk Anak TK (4-5 Tahun)

3. Bermain Halang Rintang

Untuk melatih beragam kemampuan si Kecil, Bunda bisa mengajaknya bermain halang rintang. Ada beragam kegiatan yang bisa dijadikan "halangan" atau "rintangan” dalam permainan ini. 

Bunda bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah seperti kardus untuk dijadikan terowongan, yang nantinya si Kecil akan melewatinya. Bisa juga menggunakan kursi sebagai arena melompat, dan membuat garis memakai tali sebagai tanda finish untuk dilalui.

Sebelum memulai permainan, penting bagi Bunda untuk memberikan contoh terlebih dahulu agar si Kecil dapat memahami cara bermain dan mengingat area permainan. Selain bermanfaat pada perkembangan motorik kasar anak, bermain halang rintang juga dapat merangsang kreativitas serta meningkatkan daya tahan tubuhnya.

4. Bermain Pasir

Bermain pasir menjadi aktivitas menyenangkan dan mendidik untuk anak usia 3 tahun. Dalam permainan ini, Bunda dapat menyiapkan wadah plastik besar atau kolam renang anak untuk bermain pasir. Setelah itu, berikan pula peralatan untuk bermain pasir seperti gelas, sekop, atau cetakan plastik agar si Kecil dapat bermain dengan lebih kreatif. 

Kegiatan bermain pasir ini bermanfaat dalam membantu perkembangan kemampuan motorik halus anak. Kemampuan motorik halus yang berkembang pada tahap ini akan memiliki peran penting dalam aktivitas sekolah nantinya, seperti dalam kegiatan menulis dan menggunting kertas.

Bukan hanya itu, bermain pasir juga mampu merangsang daya kreativitas dan imajinasi anak. Ketika bermain pasir, anak dapat dengan mudah membentuk dunia imajinasinya sendiri, seperti membangun istana, objek-objek di sekitarnya, dan bahkan gedung. Hal ini tentu akan membuat anak merasa betah dan semangat bermain.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Anak Sehat Secara Fisik dan Psikis

5. Bermain Tebak Perbedaan Gambar

Permainan ini dapat mendidik anak 3 tahun agar lebih fokus, Bun. Cara membuat permainan ini cukup sederhana. Bunda cukup dengan membuat dua gambar yang terlihat serupa, tetapi sebenarnya memiliki beberapa objek yang berbeda di antara keduanya. Atau, Bunda juga bisa mencarinya di buku aktivitas anak.

Aktivitas ini melatih keterampilan fokusnya terhadap suatu informasi, sehingga anak akan lebih teliti lagi untuk menyelesaikan permainan tersebut. Selain itu, permainan ini mampu melatih kemampuan memori jangka pendek anak ketika ia membandingkan objek-objek dalam gambar di sisi kiri dan kanannya.

Ketika anak dilatih untuk menemukan perbedaan, bagian otak yang disebut lobus frontal, yang merupakan bagian terbesar otak berada di bagian depan, akan ikut terlatih. Proses ini secara langsung berhubungan dengan perkembangan kemampuan perencanaan dan daya konsentrasi mereka, Bun.

6. Bermain Tebak-tebakan Benda

Permainan menebak benda dengan mata tertutup juga merupakan kegiatan seru dan dapat mendidik anak usia 3 tahun jadi lebih pintar. Kebanyakan anak lebih mengandalkan indra penglihatan dan pendengarannya dibandingkan dengan indra perabanya untuk mengeksplorasi benda-benda di sekitar.

Maka dari itu, permainan ini difokuskan untuk melatih indra peraba si Kecil. Melalui permainan ini, Bunda bisa membantu si Kecil dalam mengenali berbagai objek berdasarkan bentuk dan teksturnya.

Cara mainnya sederhana. Letakkan beberapa benda seperti bola, kaus kaki, buah, kunci, pensil, sisir, remote, atau mainan yang dimiliki si Kecil ke dalam sebuah tas. Kemudian, ajak anak menutup mata dan mengambil satu benda dari dalam tas. Anak perlu menggunakan tangan untuk meraba dan merasakan benda, lalu mencoba menebak benda yang dipegangnya.

7. Bermain Tebak Pola

Mengajak si Kecil bermain dengan pola menjadi salah satu permainan yang berguna untuk melatih fokusnya, Bun.

Kemampuan fokus merupakan salah satu keterampilan yang penting bagi perkembangan kognitif anak usia 3 tahun. Menurut hasil penelitian, anak-anak dengan kemampuan fokus yang baik mampu menyelesaikan tugas dengan akurat dan cepat.

Bunda dapat bermain tebak pola dengan menggunakan balok dan mengurutkannya sesuai dengan bentuknya. Permainan ini dapat memperkuat daya ingat dan meningkatkan konsentrasi anak.

Anak-anak yang menikmati permainan ini umumnya akan fokus dalam mencari bentuk yang sesuai dengan balok yang ada. Melakukan permainan ini berulang-ulang, akan berdampak pada peningkatan kemampuan memori jangka panjang si Kecil, lho, Bun.

Nah, demikian beberapa rekomendasi permainan yang mendidik untuk anak usia 3 tahun yang bisa Bunda berikan pada si Kecil. Pada usia ini, anak cenderung lebih aktif dalam bermain. Maka dari itu, pastikan selalu pantau anak dengan baik setiap bermain, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada si Kecil.

Jangan lupa juga kunjungi Sekolah Generasi Maju untuk mendapatkan pedoman lengkap seputar tips stimulasi dan cara memaksimalkan perkembangan si Kecil untuk siapkan prestasinya. Yuk, kunjungi sekarang juga, Bun!

Referensi:

  1. Health. (2015). Gardening for children. Vic.gov.au. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/gardening-for-children
  2. ‌The importance of focus and self-control for young children. (2016, April 19). Child & Family Development. https://www.canr.msu.edu/news/the_importance_of_focus_and_self_control_for_young_children
  3. ‌‌BabySparks. (2019). Developmental Benefits of Sand Play. Babysparks.com. https://babysparks.com/2019/10/21/developmental-benefits-of-sand-play/
  4. Verywell. (2022). Outdoor Physical Activities for Toddlers. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/outdoor-physical-activities-289698
  5. ‌Chitnis, R. (2018, April 11). Top 45 Indoor Games for Kids To Play. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/top-40-fun-indoor-games-for-kids/
  6. Bharatan, N. (2020, October 13). 36 Fun And Interesting Learning Activities For 3-Year-Olds. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/learning-activities-for-3-year-olds_00662867/
  7. ‌Smith, L. (2022, May 13). How to Choose Toys for Preschoolers. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/how-to-choose-toys-for-preschoolers
  8. ‌Smart Toys for Every Age (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.html
  9. ‌Tian C. (2018, September 29). Ways to Make Hide and Seek More Enjoyable for Your Child. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/ways-to-make-hide-and-seek-more-enjoyable-for-your-child/
  10. ‌Harshita Makvana. (2014, May 20). 25 Fun Loving Outdoor Activities And Games For Toddlers. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/fun-loving-outdoor-activities-games-toddlers_0074230/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline