Facebook Pixel Code Manfaat Musik untuk Perkembangan Bahasa Bayi

Manfaat Musik Bagi Perkembangan Bahasa Bayi, Bunda Wajib Tahu

Manfaat Musik Bagi Perkembangan Bahasa Bayi, Bunda Wajib Tahu

 

Tak hanya menyenangkan, mengenalkan musik sejak dini pada bayi bermanfaat untuk stimulasi perkembangan bahasanya. Selain meningkatkan bonding, menikmati musik bersama si Kecil pun bisa menjadi momen untuk belajar dengan cara yang seru! Memang, apa saja ya manfaat dan tips mengenalkan musik untuk si Kecil? Simak ulasan lengkapnya berikut ini yuk, Bunda.

Manfaat Musik Bagi Perkembangan Bahasa Bayi

Bunda, sudah banyak penelitian mengenai manfaat musik bagi janin hingga orang dewasa. Musik kerap dikaitkan dengan manfaat stimulasi berbagai aspek perkembangan, regulasi emosi, dan meningkatkan mood jadi lebih bahagia.

Pada bayi, ada sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa stimulasi dengan musik bisa membantu perkembangan bahasa yang lebih baik.

Sebuah studi menunjukkan fakta bahwa perkembangan bahasa bayi bisa berkembang lebih baik saat diperdengarkan musik.

Selama satu bulan, sebanyak 39 bayi dibagi menjadi dua kelompok. Grup pertama sebanyak 20 bayi, diperdengarkan rekaman lagu anak-anak dan diarahkan untuk bergerak mengikuti irama. Sementara itu, kelompok kedua sebanyak 19 bayi, tidak didengarkan musik dan hanya diberikan berbagai jenis mainan seperti mobil dan balok.

Hasilnya, kelompok bayi yang didengarkan musik menunjukkan hasil positif pada respon otaknya, dibandingkan kelompok bayi yang tidak distimulasi musik. Peneliti juga mengungkapkan bahwa stimulasi ini berdampak baik pada aspek kognitif yang lebih luas.

Lalu, penelitian yang dilakukan di Lab Musik Harvard pada 2020 mengungkap fakta positif lainnya. Sebanyak 144 bayi di Amerika ikut serta dalam penelitian ini, Bunda.

Peneliti memberikan tontonan animasi dari dua karakter yang bernyanyi lullaby atau musik pengantar tidur. Hasilnya, didapati bahwa bayi pun lebih rileks saat mendengarkan lullaby yang bahkan terdengar asing bagi mereka.

Melansir WebMD, mengenalkan musik, khususnya lullaby  bisa membantu keterampilan bahasa dan literasi yang kuat. Menstimulasinya dengan rutin juga bisa membantu bayi untuk mulai bicara lebih awal, lho.

Baca Juga: Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun dan Tips Stimulasinya

Cara Menstimulasi Bayi Lewat Musik

Saat ini, pastinya sudah ada banyak cara sederhana yang bisa Bunda lakukan untuk menstimulasi bayi melalui musik. Ini dia berbagai tipsnya, Bun.

1. Bernyanyi Bersama saat Beraktivitas

Misalnya saja saat si Kecil hendak makan, mandi, atau melakukan aktivitas lainnya, Bunda bisa menciptakan suasana menyenangkan dengan bernyanyi. 

Tak perlu bingung Bun, karena saat ini sudah ada banyak lagu anak-anak yang bisa Bunda temukan di berbagai media sosial. Contohnya saja lagu Nina Bobo dan Pelangi-pelangi.

Jangan lupa untuk terus diulang sampai si Kecil hafal!

2. Mengajarkan Lagu Sambil Tepuk Tangan dan Menggerakkan Badan

Dengan cara sederhana, Bunda bisa membuat suara dengan mengajarkan tepuk tangan dan menggerakkan badan. Selain mengenalkan musik dari hal sederhana, aktivitas ini membantu stimulasi motorik bayi.

Baca Juga: Manfaat Ajarkan Anak Main Alat Musik dan Bernyanyi Bersama

3. Memberikan Mainan Alat Musik

Saat ini, sudah ada banyak mainan alat musik untuk berbagai usia, tak terkecuali bagi bayi. Bunda bisa pilih mainan piano, terompet, maracas, maupun mainan lain yang mudah dimainkan si Kecil. 

Selain itu, Bunda juga bisa melirik mainan gantung yang mengeluarkan musik ketika diputar atau dimainkan.

Namun, pastikan memilih mainan aman yang berbahan food grade, bebas BPA, dan berlabel SNI ta, Bun.

Baca Juga: Yuk, Buat Sendiri 7 Mainan Alat Musik dari Benda Sekitar

4. Membaca Buku Cerita

Bunda juga bisa membacakan buku cerita dengan disertai nyanyian dan nada untuk beberapa bagian. Selain itu, saat ini juga sudah ada banyak buku interaktif yang sudah didesain untuk bisa mengeluarkan musik atau bunyi tertentu yang menarik. Bunda bisa cari di toko buku terdekat.

5. Mengenalkan Bunyi-bunyian Lain

Tak hanya dengan mainan, Bunda juga bisa mengenalkan musik dan bunyi dari benda-benda di sekitar. Sebagai contoh, Bunda bisa mengenalkan bunyi mengetuk pintu, suara hujan turun, atau suara menginjak daun kering.

Sambil mengenalkan nama-nama hewan, Bunda juga bisa mengajarkan suara beberapa jenis hewan. Lebih menarik lagi kalau sambil melihat langsung hewan tersebut atau lewat gambar. Jangan lupa putarkan juga lagu bertema hewan, ya.

Nah, itulah penjelasan manfaat stimulasi musik untuk perkembangan bahasa bayi serta cara sederhana untuk menstimulasinya. Selain perkembangan bahasa, musik diketahui juga memiliki manfaat untuk perkembangan kognitif, stimulasi sensori, peningkatan keterampilan sosial, ekspresi emosi dan kemampuan mengontrol diri sendiri, kreativitas, konsentrasi, hingga meningkatkan ikatan batin dengan Bunda.

Jangan lupa juga untuk selalu memantau tumbuh kembang bayi dari bulan ke bulan melalui Catatan Perkembangan Anak. Gratis, lho, Bun!

Referensi:

  1. Molly McElroy. (2016). Music improves baby brain responses to music and speech. https://www.washington.edu/news/2016/04/25/music-improves-baby-brain-responses-to-music-and-speech/
  2. Jeffrey Weishaupt. (2022). What to Know About Lullabies. https://www.webmd.com/parenting/what-to-know-lullabies
  3. Manisha Aggarwal-Schifellite. (2020). Research shows lullabies in any language relax babies. Thttps://news.harvard.edu/gazette/story/2020/10/research-shows-lullabies-in-any-language-relax-babies/
  4. Dr. Ibrahim H. Baltagi. (n.d) How music affects your baby’s brain: Mini Parenting Master Class. https://www.unicef.org/parenting/child-development/how-music-affects-your-babys-brain-class.
  5. Marygrace Taylor. (2021). Musical Play for Babies and Toddlers. https://www.whattoexpect.com/first-year/playtime/music-baby-development/
  6. Amy Novotney. (2013). Music as medicine. American Psychological Association. https://www.apa.org/monitor/2013/11/music

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline