Facebook Pixel Code Berat Badan Ideal Balita Usia 1–5 Tahun Menurut WHO

Ketahui Berat Badan Ideal Balita (Anak Usia 1-5 Tahun)

Ketahui Berat Badan Ideal Balita (Anak Usia 1-5 Tahun)

 

Penting untuk tiap orang tua mengetahui berapa rata-rata berat badan ideal balita di masing-masing tahapan usia. Sebab, berat badan merupakan salah satu indikator yang menilai apakah asupan nutrisi anak sudah mencukupi atau belum untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Lalu, seperti apa berat badan ideal balita usia 1-5 tahun dan bagaimana cara yang sehat untuk mencapainya? Simak selengkapnya pada artikel ini ya, Bun.

Berat Badan Ideal Balita Usia 1-5 Tahun

Selama tahun pertama kehidupannya, anak mengalami perkembangan yang signifikan. Sepanjang periode ini, rata-rata pertumbuhan anak mengalami peningkatan panjang tubuh sekitar 25 centimeter (cm) dan peningkatan berat badan sebanyak tiga kali lipat dari berat lahirnya.

Namun, setelah mencapai tahap ini, Bunda mungkin akan mengamati bahwa pertumbuhan si Kecil di tahap selanjutnya tidak secepat yang terjadi selama tahun pertama. Seiring bertambah usia dan semakin aktif si Kecil dalam menjalani aktivitas sehari-hari, balita akan mengalami perubahan dalam bentuk dan proporsi tubuhnya. Ia mulai memiliki tubuh yang lebih ramping karena perkembangan otot yang meningkat dan adanya penurunan lemak.

Meski demikian, pertumbuhan yang sehat pada anak biasanya mengikuti pola yang konsisten. Pola pertumbuhan yang konsisten adalah tanda bahwa anak sedang mengalami perkembangan yang baik dan menerima asupan nutrisi yang mencukupi. Untuk mengetahui berat badan ideal pada anak, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyusun tabel berat badan ideal balita sesuai usianya.

Berikut adalah berat badan ideal untuk anak 1-5 tahun sesuai standar WHO dalam ukuran kilogram (kg) untuk anak berjenis kelamin laki-laki:

  • Anak usia 1 tahun: 7,7 - 12 kg.

  • Anak usia 2 tahun: 9,7 - 15,3 kg.

  • Anak usia 3 tahun: 11,3 - 18,3 kg.

  • Anak usia 4 tahun: 12,7 - 21,2 kg.

  • Anak usia 5 tahun: 14,1 - 24,2 kg.

Sementara itu, berat badan ideal balita 1-5 tahun sesuai standar WHO untuk anak berjenis kelamin perempuan adalah sebagai berikut:

  • Anak usia 1 tahun: 7 - 11,5 kg.

  • Anak usia 2 tahun: 9 - 14,8 kg.

  • Anak usia 3 tahun: 10,8 - 18,1 kg.

  • Anak usia 4 tahun: 12,3 - 21,5 kg.

  • Anak usia 5 tahun: 13,7 - 24,9 kg.

Penting untuk diketahui, bahwa setiap anak akan mengalami pertumbuhan dengan tingkat kecepatan yang berbeda-beda. Maka dari itu, untuk memastikan tidak adanya kelainan dalam pertumbuhan anak, diperlukan pengukuran berat dan tinggi badan si Kecil secara teratur dengan rutin mengajak si Kecil ke posyandu, dokter anak, atau fasilitas kesehatan lainnya.

Setelah si Kecil melewati usia 1 tahun, frekuensi pengukuran berat badan sebaiknya dilakukan setiap tiga bulan. Meskipun pertumbuhan anak sedikit melambat, tetaplah memantau perkembangannya secara rutin.

Baca Juga: Daftar Kebutuhan Gizi Balita Usia 1-5 Tahun yang Wajib Dipenuhi 

Cara Menaikkan Berat Badan Balita

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak, seperti faktor genetik, kelainan kongenital atau bawaan, dan hormonal, serta faktor ekstrinsik seperti kualitas dan kuantitas nutrisi, penyakit kronis, dan gangguan emosional. Semua faktor ini perlu dipertimbangkan dalam memantau dan memahami perkembangan anak dengan baik.

Meskipun dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut, Bunda juga dapat melakukan beberapa cara ini untuk mendukung berat badan ideal balita:

1. Memberi Makanan Bergizi Seimbang

Untuk mencapai berat badan ideal balita, Bunda harus memastikan si Kecil mendapat menu makanan yang bergizi dan nutrisi seimbang. Hal ini memang sudah menjadi kewajiban sebagai orang tua untuk menyediakan menu makanan mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, serta vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup sesuai usianya.

2. Memberikan Cemilan Sehat Berkalori

Meningkatkan berat badan balita agar ideal bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalori. Perlu Bunda ketahui, anak usia 2-3 tahun membutuhkan sekitar 1.000 kilokalori (kkal) per hari, sedangkan anak usia 4-8 tahun memerlukan sekitar 1.200 - 1.400 kkal per hari.

Untuk menambahkan kalori pada si Kecil, Bunda dapat menyajikan makanan atau camilan yang tinggi kalori seperti alpukat, daging, salmon, kacang-kacangan, dan telur.

3. Membuat Tampilan Makanan Lebih Menarik

Yang namanya anak balita pasti ada kalanya susah makan atau tiba-tiba “protes” dengan melakukan Gerakan Tutup Mulut (GTM).  Sebab, anak usia 1-5 tahun cenderung cepat bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Untuk meningkatkan nafsu makan balita, Bunda juga perlu menciptakan tampilan makanan menjadi lebih menarik dan kreatif juga dapat membantu meningkatkan minat anak terhadap makanan yang Bunda sajikan.

Bunda dapat berkreasi dengan membentuk makanan menjadi bunga menggunakan cetakan atau menambah bahan makanan berwarna menarik.

Baca Juga: Ukuran Lingkar Kepala Anak yang ideal Menurut Usia

4. Mengatur Jadwal Makan

Memberikan makan pada anak memang dapat menjadi tantangan tersendiri bagi Bunda, apalagi ketika si Kecil mulai menolak untuk makan.

Untuk itu, penting untuk mengatur waktu makan sejak dini dengan baik. Anak yang melewatkan waktu makan dapat merusak kebiasaan makan yang baik dan pada akhirnya anak mengalami kekurangan berat badan.

Dengan menjadwalkan waktu makan secara teratur dan konsisten mengikuti jadwal, Bunda dapat memastikan bahwa si Kecil mendapatkan asupan kalori dan nutrisi yang cukup setiap harinya. Bunda dapat menjadwalkan untuk anak makan tiga kali sehari dengan tambahan dua kali makanan selingan di antaranya.

5. Waktu Tidur yang Cukup

Selain memberikan makanan bergizi lengkap, waktu tidur yang cukup juga sangat penting dalam menaikkan berat badan balita agar ideal. Setiap anak membutuhkan waktu tidur yang bervariasi tergantung pada usia dan sesuai kebutuhannya.

Menurut panduan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), anak usia 2 tahun memerlukan waktu tidur sekitar 13 jam setiap harinya, termasuk tidur siang. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan tidur akan berkurang. Saat usia 3-4 tahun, waktu tidur menjadi 12 jam per hari dan usia 5 tahun membutuhkan 11 jam dalam sehari.

Tidur memiliki peran yang sangat penting dalam proses pertumbuhan. Sebab, saat tidur tubuh memiliki kesempatan untuk melakukan pemulihan diri dan melaksanakan proses-proses penting seperti produksi hormon pertumbuhan.

Baca Juga: Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 1-5 Tahun

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai berat badan ideal balita atau anak usia 1-5 tahun. Yang terpenting Bunda memahami bahwa setiap anak memiliki pertumbuhan yang berbeda satu sama lain. Berat badan hanyalah salah satu indikator, tetapi bukan satu-satunya yang harus diperhatikan. Selalu konsultasikan dengan dokter anak atau ahli gizi jika Bunda memiliki kekhawatiran tentang pertumbuhan atau berat badan si Kecil.

Selain memberikan asupan nutrisi lewat makanan, Bunda dapat memenuhi kebutuhan gizinya dengan memberikan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti susu SGM Eksplor 1+

Susu SGM Eksplor 1+ merupakan satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™, kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C, untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi hingga 2x lipat.

Dilengkapi dengan DHA, Minyak Ikan, Omega 3&6 serta nutrisi penting lainnya, bantu si Kecil tumbuh maksimal jadi generasi maju yang berpikir cepat dan berani.

Referensi:

  1. ‌Growth and Your 2- to 3-Year-Old (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2019). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/growth-2-to-3.html
  2. ‌Verywell. (2022). Healthy Strategies to Help Your Child Gain Weight. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/high-calorie-foods-2633938
  3. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2023). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2034/bagaimana-mengatasi-berat-badan-kurang-pada-anak
  4. ‌IDAI | Kurva Pertumbuhan WHO. (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/professional-resources/kurva-pertumbuhan/kurva-pertumbuhan-who
  5. ‌IDAI | Pentingnya Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (Bagian 1). (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1
  6. ‌Your Child’s Growth (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/childs-growth.html
  7. Growth and Your 1- to 2-Year-Old (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2019). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/grow12yr.html
  8. IDAI | Perkembangan Tidur Normal Pada Batita. (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/perkembangan-tidur-normal-pada-batita

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline