Facebook Pixel Code 10 Makanan Penambah Nafsu Makan Anak yang Bergizi

10 Penambah Nafsu Makan Anak yang Bergizi

10 Penambah Nafsu Makan Anak yang Bergizi

 

Jika si Kecil sedang melancarkan aksi GTM, yuk siasati menu makannya dengan penambah nafsu makan anak. Temukan daftarnya pada ulasan berikut ini!

Rekomendasi Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

Kunci utama agar anak mau makan lahap adalah memberikan makanan yang bisa memicu nafsu makan. Misalnya seperti:

1. Ikan

Ikan seperti kembung, salmon, tuna, sarden, teri, nila dan lele bantu menambah nafsu makan karena mengandung omega-3.

Selain itu, masih banyak manfaat lain dari konsumsi ikan kaya omega 3 seperti bantu optimalkan perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan si Kecil. 

2. Minyak Ikan

Hasil penelitian menunjukkan, konsumsi makanan sehari-hari pada umumnya belum dapat memenuhi kebutuhan omega-3 anak. 

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan itu sekaligus memancing nafsu makan anak adalah dengan pemberian minyak ikan.

Omega-3 dalam minyak ikan bisa merangsang nafsu makan pada anak yang kehilangan nafsu makan dan mengurangi kembung yang bisa membuat anak tidak selera makan.

Baca Juga: Berbagai Kebaikan dan Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

3. Temulawak

Temulawak mengandung zat kurkumin dan minyak atsiri, yang terbukti mampu mendukung kinerja pankreas dan empedu untuk membuat proses pencernaan berjalan lebih baik. 

Proses pencernaan yang baik akan bantu memicu keinginan anak untuk makan ketika waktu makan tiba.

Zat kurkumin juga dipercaya dapat mempercepat pengosongan lambung sehingga memicu perasaan lapar dan meningkatkan nafsu makan pada anak yang susah makan.

4. Madu

Madu merupakan penambah nafsu makan anak yang manjur karena kaya gula alami bernama glukosa dan fruktosa. 

Kedua zat gizi tersebut dapat bantu meningkatkan kemampuan sistem pencernaan si Kecil dalam menyerap makanan. 

Ketika penyerapan makanan berlangsung optimal, selera makan anak akan menjadi lebih baik. Dengan demikian ia akan lebih lahap makan. 

5. Kunyit

Sama seperti temulawak, kunyit juga mengandung zat kurkumin yang dapat membantu proses pencernaan berjalan optimal. 

Sebab kunyit efektif mengurangi rasa mual, perut kembung, dan peradangan dalam usus. Oleh karena itu, kunyit dapat bantu meningkatkan nafsu makan si Kecil.

Bunda bisa berikan kunyit bisa dalam bentuk jamu kunyit asam, atau dicampur pada bahan makanan yang lain seperti nasi kuning untuk menambah nafsu makan anak.

6. Jahe

Terkadang anak kehilangan nafsu makan karena perutnya merasa tidak nyaman. Mungkin ia merasa mual atau kembung. 

Sejumlah penelitian menunjukkan jahe merupakan bahan alami yang efektif untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut. 

Untuk menjadikan jahe penambah nafsu makan anak 1 tahun, Bunda dapat memberikannya dalam bentuk teh. Jahe diseduh dengan air panas lalu ditambah dengan satu sendok teh madu. 

Baca Juga: Anak 1 Tahun Susah Makan? Ini 10 Cara Mengatasinya!

7. Seafood

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine menunjukkan, anak yang kekurangan zinc memiliki selera makan yang lebih rendah. 

Untuk memenuhi asupan zinc si Kecil, Bunda bisa memberikan berbagai jenis seafood alias makanan laut. Contohnya adalah kerang-kerangan, kepiting, sarden, dan salmon. 

8. Kacang-kacangan

Selain seafood, kacang-kacangan seperti mete, almond, dan kacang tanah juga tinggi akan mineral zinc yang bagus untuk menambah nafsu makan anak.

Perlu selalu diingat juga, Bun, anak 1 tahun sebaiknya jangan dulu diberikan kacang bulat-bulat sebagai camilan karena berisiko membuat tersedak. 

Olah dulu kacang-kacangannya menjadi selai atau digerus halus sebagai taburan topping.

9. Daging Sapi

Masalah tidak nafsu makan sering kali disepelekan atas alasan bosan dengan menu makan yang itu-itu saja.

Namun, tidak nafsu makan bisa jadi perwujudan gejala anemia defisiensi zat besi yang tidak terdeteksi. 

Untuk mengatasinya, berikanlah menu makanan tinggi zat besi seperti daging sapi. Barengi dengan makanan kaya vitamin C agar penyerapan zat besi semakin optimal. 

10. Gandum Utuh

Ketika jumlah vitamin B1 di dalam tubuh anak kurang, otaknya dapat terganggu dalam mengenali rasa lapar dan kenyang. 

Hal ini membuat si Kecil cenderung merasa perutnya sudah penuh, padahal sebetulnya ia masih kekurangan asupan makanan. 

Untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi ini, Bunda bisa memberikan makanan yang terbuat dari gandum utuh. Contohnya roti gandum, sereal, pasta, oatmeal, atau beras merah. 

Itulah sejumlah makanan alami yang dapat menjadi penambah nafsu makan anak. Bunda dapat mengkreasikannya menjadi berbagai macam hidangan agar si Kecil mau lahap makan.

Baca Juga: Resep Menu Makan Enak untuk Anak 1 Tahun yang Susah Makan 

Jangan lupa dampingi terus menu makan sehari-hari si Kecil dengan susu pertumbuhan yang difortifikasi semua gizi penting untuk tumbuh kembangnya, seperti SGM Eksplor 1+.

SGM Eksplor satu-satunya susu pertumbuhan yang diperkaya IronC™, formula unik antara zat besi dan vitamin C untuk optimalkan penyerapan nutrisi penting, juga minyak ikan tuna, omega 3, zinc, dan gizi lainnya.

Jika nafsu makannya meningkat, kebutuhan gizi si Kecil pun dapat tercukupi. Namun apabila ia masih tidak mau makan sampai berhari-hari, jangan ragu langsung konsultasi ke dokter, ya!.

Bunda juga bisa bertanya langsung ke Sahabat Bunda Generasi Maju terkait cara-cara yang ampuh agar anak mau makan dan minum susu.

Referensi:

  1. Moradi, S., Mohamadreza Alivand, Yaser KhajeBishak, Mohamad AsghariJafarabadi, Alipour, M., Chilibeck, P. D., & Alipour, B. (2021). The effect of omega3 fatty acid supplementation on PPARγ and UCP2 expressions, resting energy expenditure, and appetite in athletes. BMC Sports Science, Medicine & Rehabilitation, 13(1). https://doi.org/10.1186/s13102-021-00266-4

  2. Masters, M. (2015, January 28). Best Fish for Toddlers and Kids. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/toddler-nutrition/fish-for-toddlers.aspx

  3. Renny F, Yuni Sufyanti Arief, & Ni. (2010). Curcuma and Honey Increases Body Weight of Toddler. Jurnal Ners, 5(1), 49–54. https://media.neliti.com/media/publications/119219-ID-none.pdf

  4. Zinc can improve appetite of 2-6 years old children by affecting some CEBQ subscales like EOE and FR .Though zinc deficiency in our study was estimated to have a low frequency of about 4% ,and zinc deficiency seems not to be a main problem in Iranian children, but positive impact of this micronutrient showed that it can promote the calorie intake in anorexic children. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4320702/#:~:text=Zinc%20has%20shown%20to%20be,peptide%20that%20secrets%20from%20stomach.

  5. Foods high in zinc. (2023, September 7). Healthdirect.gov.au; Healthdirect Australia. https://www.healthdirect.gov.au/foods-high-in-zinc#:~:text=sources%20of%20zinc%3F-,The%20best%20source%20of%20zinc%20is%20oysters%2C%20but%20it's%20also,breakfast%20cereals%2C%20and%20dairy%20products.

  6. Van, G. (2020, October 26). 14 Signs of Iron Deficiency Anemia. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/iron-deficiency-signs-symptoms#in-children

  7. IDAI | Pastikan Bayi Anda Cukup Zat Besi? (2017). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pastikan-bayi-anda-cukup-zat-besi

  8. Office of Dietary Supplements - Thiamin. (2020). Nih.gov. https://ods.od.nih.gov/factsheets/Thiamin-HealthProfessional/#:~:text=Food%20sources%20of%20thiamin%20include,cereals%20and%20bread%20%5B8%5D.

  9. West, H. (2018, April 19). The 10 Best Foods That Are High in Zinc. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-high-in-zinc#TOC_TITLE_HDR_6

  10. Panoff, L. (2018, May 18). What Is Thiamine Deficiency? All You Need to Know. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/thiamine-deficiency-symptoms#8-symptoms

  11. The whole truth about whole grains. (2022). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/whole-grains/art-20047826

  12. 15 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Secara Ilmiah, Perkuat Imun! (2017). Jogjaprov.go.id. https://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/15-manfaat-kunyit-untuk-kesehatan-secara-ilmiah-perkuat-imun#:~:text=Kunyit%20mengandung%20zat%20kurkumin%20yang%20bekerja%20meningkatkan%20daya%20tahan%20tubuh.

  13. Ajmera, R. (2023, March 28). Can Ginger and Turmeric Help Fight Pain and Sickness? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/turmeric-and-ginger#side-effects

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut