Facebook Pixel Code Cara Menidurkan Bayi Baru Lahir agar Nyenyak

Cara Jitu Menidurkan Bayi Baru Lahir agar Nyenyak

Cara Jitu Menidurkan Bayi Baru Lahir agar Nyenyak

Pada dasarnya, kualitas tidur bayi berperan penting dalam perkembangan fisik dan emosionalnya. Bayi yang mendapatkan tidur cukup tanpa sering terbangun akan merasa lebih energik dan cenderung tidak rewel di hari berikutnya. Namun, berapa ideal sebenarnya kebutuhan tidur bayi baru lahir? Nah, melalui artikel ini akan membahas lengkap mengenai cara jitu menidurkan bayi baru lahir serta faktor penyebab si Kecil sulit tidur nyenyak. Yuk, simak berikut ini!

Kebutuhan Tidur Bayi Baru Lahir

Setiap bayi baru lahir memiliki pola tidur yang unik, sehingga sulit untuk mengetahui berapa lama bayi akan tidur setiap harinya.

Namun secara umum, rata-rata kebutuhan tidur bayi baru lahir yaitu antara 16 hingga 20 jam sehari. Sementara itu, pembagian periode tidur bayi bervariasi antara 20 menit hingga 4 jam.

Pola tidur bayi baru lahir juga sering kali mengalami perubahan, Bun. Mungkin hari ini si Kecil tidur lebih sebentar dari biasanya, tapi pada hari berikutnya bayi akan tidur lebih banyak untuk "mengejar" waktu tidurnya yang kurang.

Sebenarnya tidak masalah jika Bunda membiarkan bayi tidur sebanyak yang mereka butuhkan, asalkan si Kecil bangun untuk menyusu setiap 2 hingga 3 jam, berat badan bayi mengalami peningkatan, dan bayi tetap buang air kecil dan besar.

Baca Juga: Normalkah Bayi Baru Lahir Tidur Terus? Ini Jawabannya

Kenapa Bayi Baru Lahir Sulit Tidur Nyenyak?

Periode bulan-bulan pertama kehidupan bayi bisa menjadi tantangan yang berat bagi para orang tua. Bahkan, Ayah dan Bunda sering terjaga pada malam hari untuk merawat si Kecil.

Beberapa bayi mulai tidur "sepanjang malam" selama 5-6 jam pada usia 2-3 bulan, tetapi ada juga yang tidak mengikuti pola tersebut.

Ada berbagai macam alasan mengapa bayi sulit tidur nyenyak pada malam hari, yakni sebagai berikut.

  • Bayi sedang lapar. Perut bayi baru lahir berukuran kecil dan tidak dapat menampung banyak asupan. Oleh karena itu, wajar bagi si Kecil untuk tidur hanya selama dua atau tiga jam sebelum mereka perlu diberi air susu ibu (ASI) lagi.

  • Bayi mencari kenyamanan dan kehangatan dari Bunda saat malam hari. 

  • Bayi membutuhkan bantuan dari Bunda untuk menenangkan diri dan mengenali bahwa ini saatnya untuk tidur. Pada usia ini, bayi belum memiliki kemampuan untuk memahami waktu tidur. 

  • Bayi mungkin mengalami kondisi kesehatan seperti sakit, tumbuh gigi, atau percepatan pertumbuhan (growth spurt). Ketika bayi sedang merasa tidak nyaman tentu kualitas tidurnya bisa terganggu. 

Bayi yang mudah terbangun pada malam hari tentunya membuat jam tidur Bunda akan ikut terganggu. Tentunya kondisi ini akan membuat Bunda lelah jika terjadi terus-menerus.

Apabila merasakan lelah yang berkelanjutan, Bunda dapat merasakan sedih, mudah murung, tersinggung, dan merasa tidak berarti. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kebutuhan tidur bayi baru lahir dan Bundanya tercukupi. 

Cara Menidurkan Bayi Baru Lahir agar Nyenyak

Proses menidurkan bayi merupakan bagian yang penting dalam menjaga tidur bayi. Jika bayi mengalami kesulitan untuk tidur, hal ini dapat memengaruhi baik kualitas maupun kuantitas tidurnya.

Berikut ragam cara menidurkan bayi baru lahir agar dapat tidur nyenyak.

1. Letakkan Bayi di Tempat Tidur dalam Keadaan Mengantuk

Menempatkan bayi yang mengantuk di tempat tidur memiliki manfaat penting untuk menuju proses tertidur. Saat mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan dan mengantuk, segera tempatkan bayi di tempat yang nyaman.

Tempat tidur yang nyaman dapat membantu menciptakan lingkungan memudahkan proses tidur. Hal tersebut tentu akan membuat si Kecil lebih mudah untuk terlelap dalam waktu yang lebih singkat.

2. Waktu Tidur Harus Konsisten

Penting untuk meletakkan bayi di tempat tidur pada waktu dan tempat yang sama setiap malam. Ini akan membantu menciptakan rutinitas tidur konsisten dan membantu bayi mengenali bahwa sudah waktunya ia untuk tidur.

Ketika jadwal tidur terganggu oleh liburan atau peristiwa tertentu, usahakan untuk kembali ke rutinitas agar si Kecil dapat beradaptasi dengan mudah, Bun.

3. Pahami Tanda Bayi Mengantuk

Tips menidurkan bayi baru lahir selanjutnya, yaitu Bunda harus memahami tanda-tanda bayi mengantuk. Nah, jika Bunda melihat tanda-tanda kantuk pada si Kecil, sebaiknya segera menempatkannya untuk tidur.

Tanda bayi mengantuk antara lain menggosok mata, menarik telinga, dan menjadi lebih rewel dari biasanya. Mengenali tanda-tanda tersebut penting karena apabila terlalu lelah, si Kecil jadi sulit untuk tenang dan proses menuju tidur akan lebih lama.

4. Ciptakan Rutinitas Tidur

Cobalah membuat rutinitas tidur satu jam sebelum Bunda menidurkan si Kecil. Misalnya dengan membacakan buku, memakaikan baju tidur panjang yang nyaman, menyanyikan lagu pengantar tidur, hingga memberikan pijatan untuk bayi.

Memberikan pijatan yang lembut pada bayi juga bisa menjadi pilihan. Kegiatan ini memberikan efek menenangkan dan nyaman, sehingga proses tidur akan lebih cepat sekaligus meningkatkan kualitas tidur bayi. Saat rutinitas ini dengan konsisten, si Kecil nantinya akan paham misalnya ketika dikenakan baju tidur panjang artinya sudah masuk jam tidur.

5. Pastikan Ruangan yang Nyaman

Pastikan suasana kamar si Kecil sudah nyaman, dengan suhu yang cukup dan suasana yang tenang. Hindari kebiasaan membuat bayi tidur di ruangan yang ramai dengan orang. Pilihlah baju tidur yang nyaman dan menyerap keringat, tapi tetap menjaga bayi agar tidak kedinginan.

Jika menggunakan AC di ruang tidur, pastikan suhu sesuai agar bayi tidak merasa terlalu dingin atau panas. Apabila memakai kipas angin, hindari mengarahkannya secara langsung ke tubuh bayi supaya si Kecil tidak kedinginan.

6. Ajari Bayi Rutinitas Siang dan Malam

Penting untuk mengajarkan si Kecil rutinitas antara siang dan malam. Sebagai contoh, saat siang hari, Bunda bisa mengajak bayi bermain atau beraktivitas. Namun, ketika mendekati waktu tidur malam, setelah bayi selesai menyusu, ciptakan suasana yang nyaman dan tenang untuk tidur.

Selain itu, menyalakan lampu dengan cahaya redup saat tidur dapat membantu bayi memahami perbedaan antara siang dan malam. Dengan meredupkan cahaya, bayi akan mulai mengaitkan suasana tersebut dengan waktu tidur pada malam hari.

7. Pastikan Bayi Tidur Terlentang

Untuk mencegah risiko SIDS (sindrom kematian bayi mendadak), Bunda harus selalu letakkan bayi dalam posisi terlentang untuk tidur. Pastikan untuk tidak menaruh mainan, boneka, bantal, dan selimut di kasur bayi. Gunakan juga permukaan kasur yang rata dan kokoh, serta memakai sprei kasur dengan ukuran yang pas.

Ada kalanya bayi akan terbangun saat tidur malamnya. Nah, ketika si Kecil terbangun di tengah malam, suara, dan lampu di ruangan harus sama dengan saat mereka tertidur. Jika Bunda perlu menyusui atau mengganti popok bayi pada malam hari, matikan lampu dan usahakan untuk bicara seminimal mungkin. Terlalu banyak rangsangan dapat membuat bayi sulit untuk tidur kembali.

Baca Juga: Cara Menyusui Bayi yang Benar agar si Kecil Tumbuh Optimal

Melihat bayi tumbuh dan berkembang dengan baik, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Bunda. Nah, Bunda juga bisa mengetahui lebih banyak tentang perkembangan bayi dari bulan ke bulan melalui fitur Catatan Perkembangan Anak, lho! 

Itu dia penjelasan lengkap mengenai cara menidurkan bayi baru lahir. Dengan begitu, semoga si Kecil dapat tidur dengan nyenyak ya, Bun.

Referensi:

  1. Sleep and Your Newborn (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/sleepnewborn.html
  2. ‌NHS Choices. (2023). Helping your baby to sleep. https://www.nhs.uk/conditions/baby/caring-for-a-newborn/helping-your-baby-to-sleep/
  3. Expert tips to help baby sleep through the night. (2023). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/baby-sleep/art-20045014
  4. ‌Parents. (2015). The Best Baby Sleep Tips Ever. Parents. https://www.parents.com/baby/sleep/tips/the-best-baby-sleep-tips-ever/
  5. ‌O’Connor, A. (2015, September 29). Newborn and Baby Sleep Basics. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/newborn-sleep.aspx
  6. ‌Newborn sleep schedule: How much newborns sleep. (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/sleep/baby-sleep-basics-birth-to-3-months_7654
  7. ‌Parents. (2014). How to Get Baby to Sleep Through the Night. Parents. https://www.parents.com/baby/sleep/issues/5-sleep-through-the-night-strategies/
  8. ‌How can I get my baby to sleep through the night? (2022). BabyCentre UK. https://www.babycentre.co.uk/a123/how-can-i-get-my-baby-to-sleep-through-the-night
  9. ‌WebMD. (2012, October 18). Help Your Baby Sleep Through the Night. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/nighttime
  10. ‌IDAI | Pentingnya Proses Menidurkan si Kecil. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/pentingnya-proses-menidurkan-si-kecil

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline