Facebook Pixel Code Susu Kacang Kedelai

Susu Kacang Kedelai

Susu Kacang Kedelai
Susu Kacang Kedelai
Icon Food Child
Icon Duration 30m

Susu Kacang Kedelai

Bahan-Bahan yang Diperlukan :

¼ kg kacang kedelai yang sudah dicuci bersih

½ gelas gula pasir                             

3 lbr daun pandan, ikat

6 gelas air

 

Cara Membuat Susu Kacang Kedelai :

  1. Rendam kedelai yang dimasukkan dalam air hangat selama 24 jam. Kemudian bila sudah mekar baru cuci bersih dan buang kulitnya
  2. Blender kedelai dengan menambahkan 6 gelas air hingga benar-benar halus. Kemudian saring
  3. Rebuslah dengan api sedang dan sambil dicampur dengan gula dan daun pandan. Jangan lupa untuk aduk-aduk hingga mendidih. Namun jagalah jangan sampai meluap
  4. Setelah dingin saring dengan menggunakan kain katun yang bersih. Susu kacang kedelai yang nikmat siap dinikmati dengan suhu dingin atau hangat

Bagaimana Bun, cukup mudah bukan membuat menu sehat anak susu kacang kedelai? Dengan bahan yang mudah diperoleh di mana pun dan harga yang terjangkau, Bunda bisa membuat susu kacang kedelai di rumah untuk temani aktivitas anak dan anggota keluarga lain.

Jangan lupa ya Bunda, untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil sehari-hari. Pastikan menerapkan pola makan lengkap dan seimbang sehingga si Kecil mendapatkan nutrisi yang adekuat untuk mendukung tumbuh kembang optimalnya. Bunda juga bisa bantu lengkapi nutrisinya dengan SGM Eksplor Complinutri, dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3, Omega 6, Serat Pangan, Zinc dan Vitamin C, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lainnya.

 

Selamat berkreasi resep sehat dengan si Kecil ya Bunda!

Susu Kacang Kedelai

Kedelai merupakan kacang-kacangan yang kaya akan protein. Bahan satu ini juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti serat, vitamin D, kalsium, dan zat besi. Bahan satu ini sering dikenal sebagai bahan utama untuk membuat bahan menu masakan harian seperti tempe atau tahu.

Namun, bukan hanya dijadikan sebagai makanan saja, kedelai bisa juga diolah menjadi menu sehat anak seperti susu kacang kedelai. Sebenarnya, susu kacang kedelai merupakan minuman yang memiliki rasa nikmat dan juga menyehatkan yang berasal dari sari pati kedelai. Minuman ini diperoleh dengan cara digiling dan direbus di dalam air. Kemudian diambil sarinya yang berwarna putih mirip dengan susu.

Susu kacang kedelai cukup sering disajikan sebagai cemilan sehat untuk anak karena berperan dalam proses tumbuh kembang anak. Salah satu alasannya karena rendah lemak jenuh, tidak memiliki kandungan laktosa, dan tidak memiliki kandungan kolesterol. Susu kacang kedelai pun termasuk minuman yang cukup aman di lambung dan mudah dicerna oleh pencernaan anak. Ini berkat kandungan serat di dalamnya yang bagus untuk kesehatan saluran pencernaan. Baiknya lagi, susu kacang kedelai juga bisa meminimalisir terjadinya sembelit pada pencernaan anak.

Bukan hanya itu, menu sehat anak ini juga mengandung vitamin D. Manfaat vitamin D untuk anak bagus untuk kesehatan tulang, membentuk sistem imun untuk memberikan perlindungan selama masa pertumbuhan, mengatur jumlah kalsium yang ada dalam darah, dan melawan infeksi. Selain itu, seng (zinc) yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh, serta vitamin B12 yang berperan dalam memperlancar produksi sel darah merah.

Sebenarnya untuk mendapatkan susu kacang kedelai tidaklah sulit karena sudah banyak dijual oleh pedagang gerobak, dijual dalam kemasan yang bisa kita temui di beberapa tempat perbelanjaan seperti minimarket atau supermarket bahkan tersedia juga sebagai menu harian sederhana di beberapa tempat makan.

Namun, tidak ada salahnya lho untuk membuat susu kacang kedelai sebagai menu masakan harian di rumah. Untuk membuat susu kedelai tidak sesulit yang dibayangkan, Bunda. Yuk ikuti cara membuat susu kacang kedelai dengan bahan dan cara membuatnya untuk 4 porsi berikut ini.


Nilai Gizi per Resep

Energi: 1424.24 kkal

Protein: 91.25 gram

Karbohidrat: 175.65 gram

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut