Facebook Pixel Code 6 Rekomendasi Mainan untuk Anak 1 Tahun

6 Rekomendasi Mainan untuk Anak 1 Tahun

6 Rekomendasi Mainan untuk Anak 1 Tahun

6 Rekomendasi Mainan untuk Anak 1 Tahun

6 Rekomendasi Mainan untuk Anak 1 Tahun

Yang namanya anak kecil pasti sangat suka mainan. Untuk anak, fungsi mainan itu sendiri lebih dari sekadar barang yang bisa dikoleksi. Mainan yang tepat bisa membantu anak-anak untuk mempelajari banyak hal baru dan menstimulasi keterampilan motorik, sensorik, dan kognitif si Kecil. Nah idealnya, anak mendapatkan mainan yang sesuai dengan tahapan umurnya, Bun. Untuk anak di usia 1 tahun ini, mainan apa yang bisa Bunda berikan?

Kenapa Mainan Anak Harus Sesuai Umur?

Memilihkan mainan untuk anak idealnya harus sesuai dengan tahapan usianya saat ini. Karena, anak kecil memiliki pemahaman dan tingkat kemampuan yang berbeda di setiap tahapan usia. Jadi, tidak semua jenis mainan boleh dan bisa dimainkan oleh anak-anak. 

Contohnya saja, mainan pistol-pistolan berpeluru karet atau busa mungkin belum cocok diberikan pada anak 1 tahun karena ia belum mengerti cara memainkannya dengan aman dan apa konsekuensinya jika menembakkan peluru itu ke orang lain.

Begitu pula sebaliknya, jika si Kecil yang diberikan mainan kerincingan bayi padahal usianya sudah 1 tahun. Mungkin ia bisa memainkannya, tapi ia tidak memperoleh keterampilan baru karena ia tidak mendapatkan “ilmu” yang baru.

Nah selain mempertimbangkan dari aspek perkembangannya, pemilihan mainan juga harus sesuai umur untuk memastikan keamanannya. Sebagai contoh, anak di umur 1 tahun ini mungkin belum cocok diberikan balok kayu atau potongan puzzle yang kecil-kecil.

Selain karena butuh keterampilan berpikir yang lebih kompleks untuk menyelesaikannya, mainan yang berukuran sangat mini bisa membuat anak tersedak.  Sebab, anak-anak masih suka memasukkan segala sesuatu yang bisa ia raih ke dalam mulutnya.

Oleh karena itu, penting bagi Bunda memberikan mainan untuk anak yang sesuai dengan usianya.

Mainan Apa yang Bagus untuk Anak 1 Tahun?

Ketika memasuki usia 1 tahun, si Kecil sudah lebih aktif, punya rasa ingin tahu yang lebih tinggi, dan makin ekspresif. Semua ini bisa Bunda lihat dari anak yang sudah mampu meraih atau mengambil benda di sekitar, kemudian menggenggam dan menjatuhkan atau melemparnya.  Anak Bunda mungkin juga sudah mulai berceloteh banyak hal serta dapat berdiri sendiri dan jalan beberapa langkah. 

Dari segi kognitifnya, anak umur 1 tahun sudah lebih mengerti perbedaan pola dan bentuk dari benda-benda yang ia lihat. Ia juga sudah memahami bahwa ketika ada benda yang tiba-tiba disembunyikan, tidak berarti benda itu hilang atau habis. 

Misalnya, ketika Bunda mencoba untuk menyembunyikan boneka di belakang badan Bunda. Pada usia ini si Kecil sudah tidak lagi menangis karena kehilangan, tapi akan mencoba celingak-celinguk untuk mencari ke mana boneka itu Bunda pindahkan.

Nah untuk membantu anak tumbuh dan belajar hal-hal baru di umur 1 tahun ini, Bunda bisa memberikan pilihan mainan seperti:

1. Meja Aktivitas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, anak 1 tahun biasanya sangat aktif bergerak untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya karena tingkat energi si Kecil juga sedang tinggi-tingginya. 

Bunda bisa memberikan meja aktivitas (learning table) supaya anak dapat memfokuskan energinya untuk mengutak-atik banyak permainan sekaligus hanya dalam satu barang.

Mainan meja aktivitas bentuknya seperti meja biasa yang dilengkapi dengan tambahan mainan-mainan, seperti tombol-tombol yang mengeluarkan bunyi, setir, tuas, bola-bola, hingga buku untuk merangsang keterampilan motorik anak, indera pendengaran dan penglihatannya, sampai kemampuan fokusnya secara bersamaan.

2. Puzzle Cocokkan Benda

Puzzle yang dimaksud di sini bukanlah kepingan karton yang disusun satu per satu sampai memperlihatkan gambar seutuhnya, ya, Bun. Tapi berupa kepingan mainan plastik 3 dimensi dengan macam-macam bentuk, seperti bintang, bulan, bulat atau lingkaran, persegi yang memiliki “rumah”nya masing-masing dan bisa dibongkar pasang. 

Cara memainkannya, Bunda bisa sebar mainan-mainan ini dan minta si Kecil untuk mengembalikan kepingan tersebut ke “rumah” yang sesuai bentuknya.

Misalnya jika anak memegang kepingan yang berbentuk bintang, coba pandu anak untuk mencari mana “rumah” yang berbentuk bintang. Biarkan si Kecil mencocokkan sendiri kepingannya dengan bentuk setiap rumah, sampai kepingan tersebut bisa ia masukkan ke tempat yang benar.

Kenapa mainan ini bagus untuk anak umur 1 tahun? Di usia ini, anak sudah bisa meraih dan menggenggam benda di sekitarnya, dan bisa melepaskan genggamannya. Akan tetapi, ia masih butuh waktu untuk belajar memasukkan kepingan ke dalam wadah dengan benar. Jadi, permainan ini bisa membantunya mengasah kemampuan baru. 

3. Ring Donat

Konsep mainan ini hampir sama dengan puzzle di atas. Ring donat membuat si Kecil belajar coba-coba menyusun kepingan donat ke dalam tiang dengan urutan yang benar. Selain itu, mainan ring donat juga bagus untuk merangsang kemampuan mencapit yang lebih baik.

Selama bermain ring donat ini, kemampuan berpikir si Kecil akan terus dilatih untuk bisa menemukan donat mana yang bisa muat lebih dulu masuk ke tiang. Ketika salah satu ring donat yang ia pilih tidak bisa masuk sampai ke dasar tiang, ia akan mencoba dengan yang lain. Dari sini, anak akan belajar memahami perbedaan ukuran besar dan kecil.

Untuk bisa menyusun donat warna-warni ini, si Kecil juga akan lebih banyak menggunakan “capitan” jari telunjuk dan jempolnya ketika mengambil dan “menjatuhkan” donat ke dalam tiang. Gerakan mencapit yang digunakan si Kecil saat mengambil ring donat akan membantu meningkatkan kekuatan dan ketangkasan ibu jari dan jari telunjuknya.

Genggaman inilah yang akan menjadi fondasi untuk anak bisa memegang peralatan makannya sendiri dan memegang pensil ketika nantinya mereka masuk sekolah.

Mainan donat juga membantu anak belajar tentang warna-warna lho!

4. Boneka 

Anak usia 1 tahun umumnya sudah bisa berceloteh banyak hal dan hampir mampu menirukan aktivitas yang dilakukan orang lain. Jadi, mereka juga mulai menyukai role playing atau bermain peran.

Jika si Kecil terlihat sering melakukan role playing, inilah saatnya yang tepat bagi Ayah dan Bunda untuk membelikannya mainan boneka. Bunda bisa memilih boneka dengan tekstur lembut untuk melengkapi kegiatan bermainnya. 

Apa manfaat dari bermain boneka untuk si Kecil? Tanpa Bunda sadari, bermain boneka sambil bermain peran menyiakan si Kecil untuk berinteraksi dengan teman sebayanya. Setiap peran yang ia mainkan akan mengajarkan mereka bagaimana cara bersosialisasi di berbagai situasi dan lingkungan.

5. Mainan Musik

Di usianya yang ke-1 tahun, ketertarikan si Kecil terhadap hal yang berbunyi semakin meningkat. Hal ini bisa Bunda manfaatkan dengan memberikannya mainan musik, seperti xylophone (alat musik dari plastik atau kayu yang dipukul), buku cerita yang ada narasinya, atau keyboard kecil. 

Biarkan si Kecil bermain musik dengan nada-nada yang ia tentukan sendiri, Bunda atau Ayah juga bisa mencontohkan satu lagu yang ia kenal agar si Kecil semakin tertarik bermain dengan mainan musik ini.

6. Buku Sensori

Buku sensori adalah salah satu permainan yang perlu Bunda perkenalkan pada si Kecil sejak dini. Permainan ini bertujuan untuk melatih beberapa panca inderanya secara bersamaan, seperti penglihatan, pendengaran, peraba, dan penciuman.

Bunda tidak perlu menunggu si Kecil bisa membaca untuk memberikan mainan ini, karena ia akan merasa senang melihat tampilan buku yang bagus seperti buku sensori. Kenapa dibilang bagus?

Buku ini akan mengenalkan si Kecil dengan berbagai tekstur yang belum pernah ia rasakan sebelumnya, seperti tekstur berbulu, tekstur licin, atau yang berkerut.

Selain tekstur, ada juga buku sensori yang melatih indera penciuman si Kecil, di sana akan ada beberapa contoh benda atau makanan yang memiliki wangi khas dan si Kecil akan mencium wangi tersebut untuk pertama kali. Menarik, bukan?

Bagaimana Cara Memilih Mainan yang Aman untuk si Kecil?

Setelah melihat kemampuan dan kesukaannya, Bunda juga harus tahu cara memilih mainan untuk anak 1 tahun yang aman. Sebab, ada beberapa yang harus Bunda dan Ayah perhatikan ketika hendak membeli mainan. Misalnya:

  • Pastikan Bunda dan Ayah melihat tanda ISO pada mainan si Kecil. Ini artinya mainan yang dipilih telah memenuhi persyaratan dan peraturan yang dikhususkan untuk mainan anak.

  • Pastikan mainan tersebut sesuai dengan usia si Kecil. Mainan yang memiliki fitur-fitur kecil dan mudah copot, seperti mata plastik pada boneka akan berbahaya jika tersedak pada balita di bawah 3 tahun.

  • Perhatikan bentuk mainan yang Bunda dan Ayah hendak beli. Waspada dengan mainan yang memiliki ujung yang tajam, ukurannya terlalu kecil, atau yang terlalu keras.

  • Periksa mainan secara teratur. Segera perbaiki jika terlihat ada kerusakan dari mainan si Kecil, seperti benang yang lepas, isian mainan yang terlepas, atau ada yang patah.

Untuk mendukung Si Kecil bermain sambil belajar seoptimal mungkin, pastikan Bunda juga mendampinginya dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat, ya!

Selain dari makanan yang baik untuk otak anak, Bunda bisa memberikan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti SGM Eksplor 1 Plus Pro-gress Maxx

Susu pertumbuhan terfortifikasi SGM Eksplor 1 Plus Pro-gress Maxx menjadi satu-satunya susu pertumbuhan yang mengandung IronC, yaitu kombinasi unik antara zat besi dan vitamin C dengan perbandingan 1:2 untuk memaksimalkan penyerapan zat besi hingga 2x lipat. SGM Eksplor 1Plus Pro-gress Maxx dengan IronC, dukung nutrisi lengkap anak, bantu Ia tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Selain itu, susu pertumbuhan SGM Eksplor 1Plus Pro-gress Maxx juga dilengkapi dengan minyak ikan tuna. Tahukah Bunda? Minyak ikan tuna adalah salah satu minyak ikan terbaik karena mengandung 2x DHA, serta Omega 3, Vitamin A, D, & E, serta Zat Besi yang lebih tinggi dibanding ikan lainnya.

Minyak ikan tuna juga memiliki kandungan DHA:EPA dengan rasio khusus 4:1 yang menurut Functional Neurological Center pada tahun 2022 bagus untuk perkembangan & pertumbuhan otak anak, lho!

Tertarik mencoba? Yuk, Bun, bergabung sekarang di Klub Generasi Maju untuk dapatkan berbagai promo menarik seputar susu SGM. Bunda juga bisa kumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk ditukar dengan berbagai hadiah, termasuk pilihan mainan yang bagus untuk anak!

Referensi:

  1. Happiest Baby. https://www.happiestbaby.com/blogs/toddler/best-toys-1-year-old Diakses pada 14 Oktober 2022
     
  2. Made for Moms. https://www.madeformums.com/reviews/10-of-the-best-toys-for-1-year-olds/ Diakses pada 14 Oktober 2022
     
  3. Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/best-baby-toys-under-1-4153327 Diakses pada 14 Oktober 2022
     
  4. What to Expect. https://www.whattoexpect.com/baby-products/gift-guides/best-toys-1-year-olds/ Diakses pada 14 Oktober 2022
     

Artikel Lainnya di Tahapan 1 Tahun

6 Camilan Anak 1-3 Tahun yang ...

Anak usia 1-3 tahun pasti suka makan camilan. Berikut adalah rekomendasi camilan anak yang sehat...

Ketahui Tinggi Badan Anak yang ...

Tinggi badan setiap anak pasti berbeda-beda karena tergantung pada usia, berat, dan faktor genetik....

7 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan ...

Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain nutrisi dari makanan,...

5 Perkembangan Motorik Anak 1-3 Tahun ...

Si Kecil akan menunjukkan berbagai macam perkembangan motorik yang perlu Bunda perhatikan dan...

Rekomendasi 5 Menu MPASI 1 Tahun, Lezat ...

Asupan MPASI 1 tahun tentunya berbeda dengan makanan bayi usia 6 bulan. Berikut adalah beberapa...

Memahami Penyebab dan Cara Mencegah ...

Penyebab anemia pada anak cukup beragam. Berikut apa saja yang menyebabkan anemia terjadi pada anak...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Tahapan Perkembangan dan Pertumbuhan ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut