Facebook Pixel Code 9 Buah yang Mengandung Zat Besi Tinggi untuk Anak

9 Rekomendasi Buah yang Mengandung Zat Besi untuk Anak

9 Rekomendasi Buah yang Mengandung Zat Besi untuk Anak

 

Zat besi menjadi salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan si Kecil. Ini karena anak-anak merupakan salah satu kelompok usia yang rentan mengalami kekurangan zat besi. Zat besi tidak hanya bisa didapatkan dari asupan makanan seperti daging dan sayuran, melainkan juga ragam buah-buahan. Apa saja macam-macam buah yang mengandung zat besi untuk diberikan pada anak?

Apa Pentingnya Zat Besi untuk Anak?

Zat besi memiliki peran penting dalam proses pembentukan hemoglobin, yaitu protein yang terdapat dalam sel darah merah. Tugas hemoglobin dalam tubuh adalah untuk mengangkut oksigen ke seluruh organ dan jaringan tubuh.

Jadi, kekurangan zat besi akan membuat tubuh anak tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, sehingga fungsi tubuh menjadi terganggu.

Selain itu, zat besi juga memiliki peran penting dalam pembentukan hormon yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh si Kecil. Maka, penting bagi Bunda mencukupi asupan zat besi pada si Kecil dengan memberikannya makanan kaya zat besi.

Salah satu bahaya kekurangan zat besi, yaitu dapat mengakibatkan si Kecil mengalami anemia defisiensi besi atau ADB.

Penyakit ini dapat berdampak negatif terhadap tumbuh kembang si Kecil secara keseluruhan. Sebab, dapat mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh, yang pada akhirnya meningkatkan risiko terkena infeksi.

Untuk mengoptimalkan upaya pemenuhan zat besi, Bunda dapat memberikan si Kecil ragam sumber makanan yang mengandung vitamin C. Sebab, vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari sumber makanan seperti buah-buahan.

Oleh karena itu, mengkonsumsi buah-buahan bukan hanya baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin bagi tubuh anak, tetapi beberapa buah dapat memenuhi asupan zat besi yang optimal bagi tubuh.

Baca Juga: Tanda dan Ciri-Ciri Kekurangan Zat Besi pada Anak

Pilihan Buah yang Mengandung Zat Besi

Sadar akan peran penting zat besi dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, Bunda harus tahu apa saja sumber makanan yang mengandung zat gizi tersebut. Hal ini dikarenakan tubuh tidak dapat menghasilkan nutrisi tersebut secara alami, sehingga anak membutuhkan zat besi melalui konsumsi makanan.

Walaupun sumber makanan protein hewani dapat memberikan zat besi yang cukup baik, memberikan buah-buahan juga menjadi solusi sumber zat besi efektif bagi anak.

Berikut beberapa jenis buah yang mengandung zat besi untuk Bunda berikan pada si Kecil:

1. Buah Naga

Buah naga juga menjadi contoh buah yang mengandung zat besi. Dalam 100 gram buah naga, mengandung sekitar 0,4 milligram zat besi. Selain zat besi, buah naga juga mengandung serat, vitamin C, dan vitamin A. 

Mengkonsumsi buah naga dapat berkontribusi pada kesehatan sistem pencernaan si Kecil karena serat dan kandungan airnya yang membantu memperbaiki kondisi usus, juga mencegah sembelit pada anak.

2. Kurma

Kurma juga bisa menjadi pilihan buah kaya zat besi yang dapat membantu mencegah si Kecil dari risiko anemia pada anak. Selain itu, kurma mengandung berbagai nutrisi penting lainnya seperti kalsium, kalium, magnesium, hingga zinc. 

Namun  yang perlu Bunda ingat, jangan terlalu banyak memberikan kurma pada anak, ya. Karena, buah kurma mengandung gula kurang lebih sebanyak 66%.

3. Plum Kering

Plum adalah buah yang kaya akan protein dan karbohidrat, dua makronutrien ini paling dibutuhkan untuk perkembangan anak. Tidak hanya itu, plum juga mengandung banyak mineral dan vitamin, termasuk zat besi yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh anak menjadi lebih kuat.

4. Stroberi

Selain zat besi, stroberi juga mengandung jumlah vitamin C tinggi yang dikenal bermanfaat untuk mencegah anemia pada anak

Kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, termasuk melindungi sel darah merah agar tetap utuh dan tidak mengalami kerusakan.

Tak hanya itu, buah berwarna merah ini juga disebut baik untuk perkembangan tulang dan membantu fungsi jantung, otot, serta saraf.

Untuk memberikannya pada si Kecil, Bunda bisa menyajikannya langsung setelah dicuci bersih, atau dapat mengolahnya dalam bentuk jus dan puding buah. 

Tak ada salahnya Bunda membuat es krim atau es lolipop dari buah stroberi. Cara membuatnya mudah, kok. Cukup haluskan beberapa buah stroberi, kemudian campurkan dengan susu cair putih. Selanjutnya, bekukan dalam cetakan es.

5. Apel

Buah kaya zat besi berikutnya adalah mangga. Mangga juga mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, folat, hingga serat yang tinggi.

Kandungan nutrisi tersebut akan memberikan si Kecil tambahan energi, menjaga kesehatan kulit, dan melancarkan pencernaan. Buah ini juga kaya akan senyawa bioaktif yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak secara menyeluruh.

6. Kismis

Dibandingkan dengan buah anggur, kismis memiliki jumlah zat besi dan B6 yang lebih tinggi, tetapi juga lebih banyak gula. Selain itu, kismis juga mengandung serat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 2 gram per porsi. Oleh karena itu, kismis juga baik dikonsumsi untuk anak yang mengalami sembelit. 

Namun, Bunda baru bisa memberikan kismis setidaknya saat anak berusia di atas 18 bulan, karena kismis (atau buah kering) pada umumnya menimbulkan bahaya tersedak. 

Sebaiknya, Bunda selalu pastikan kismis dipotong kecil-kecil atau direndam dalam air sebelum diberikan kepada anak untuk mengurangi risiko tersedak.

7. Semangka

Bunda ingin memberikan buah yang mengandung zat besi tinggi, tetapi segar untuk dijadikan camilan di siang hari si Kecil? Semangka jadi pilihan yang tepat karena buah ini diperkaya dengan serat dan air.

Buah semangka memiliki kandungan air sebanyak 93% dan sejumlah mikronutrien penting, seperti vitamin B, vitamin C, fosfor, dan kalsium, yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh si Kecil.

Nutrisi yang terdapat dalam semangka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung pertumbuhan tulang, dan menjaga kesehatan pencernaan karena tingginya kandungan serat. Selain itu, semangka juga mengandung likopen, yakni jenis antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Baca Juga: Pilihan Camilan Sehat untuk Anak yang Mudah dan Lezat

8. Alpukat

Selain memiliki kandungan zat besi, alpukat juga merupakan sumber serat sehat, bahkan satu buah alpukat diketahui mengandung 9 gram serat. 

Kandungan lemak yang tinggi pada alpukat juga menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi si Kecil. 

Memilih alpukat matang memang gampang-gampang susah, Bun. Pilihlah buah alpukat yang kulitnya berwarna hijau tua dan terasa kasar serta bergelombang.

Alpukat yang masih mentah akan terasa keras saat dipegang. Sementara, alpukat matang terasa agak lembek saat ditekan.

9. Aprikot Kering

Buah kering sering menjadi pilihan untuk mendapatkan zat besi yang tinggi dari buah-buahan, karena nutrisinya lebih padat. Misalnya, dalam 100 gram aprikot kering mengandung sekitar 3 milligram zat besi.

Meskipun kaya akan nutrisi, konsumsi aprikot bisa menyebabkan perut kembung dan penuh gas. Oleh karena itu, Bunda harus pastikan si Kecil tidak mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan, ya.

Nah, itulah rekomendasi buah yang mengandung zat besi tinggi untuk mendukung kesehatan si Kecil.

Baca Juga: Macam-Macam Sayuran Tinggi Zat Besi untuk Anak

Yuk, ketahui resiko kekurangan zat besi si Kecil melalui Iron Check Tools. Di sini, Bunda akan mengetahui apakah si Kecil mengalami risiko defisiensi zat besi berdasarkan konsumsi makanannya. 

Selain memenuhi nutrisi lewat buah yang mengandung zat besi, Bunda bisa memaksimalkan asupan si Kecil melalui pemberian susu pertumbuhan terfortifikasi seperti SGM Eksplor 1+ yang tersedia dalam rasa madu dan vanila lezat, pasti disukai si Kecil.

Susu SGM 1+ adalah satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™, kombinasi unik zat besi & vitamin C untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi penting yang diperlukan si Kecil hingga 2x lipat. Dilengkapi juga dengan DHA, minyak ikan, Omega 3 & 6, serta nutrisi penting lainnya untuk bantu si Kecil tumbuh maksimal. 

Referensi:

  1. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/182/anemia-defisiensi-besi-pada-anak
  2. ‌Meyer, M. (2016, November 29). Vitamin C and Iron: A Perfect Match – Food Insight. Food Insight. https://foodinsight.org/vitamin-c-and-iron-a-perfect-match/
  3. ‌IDAI | Pastikan Bayi Anda Cukup Zat Besi? (2017). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pastikan-bayi-anda-cukup-zat-besi
  4. ‌Swati Patwal. (2021, May 28). Dragon Fruit For Babies: Benefits, Precautions And Recipes. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/dragon-fruit-for-babies-benefits-recipes_00737451/
  5. ‌Aarohi Achwal. (2018, April 26). Strawberries for Babies – Health Benefits and Risks. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/strawberries-for-babies-health-benefits-and-risks/
  6. ‌Swati Patwal. (2022, January 18). Mango For Babies: Nutritional Value, Benefits, And Recipes. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/mango-for-baby-benefits-recipes-tips_00804133/
  7. ‌Swati Patwal. (2014, December 31). 7 Amazing Health Benefits Of Watermelon For Babies. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/health-benefits-of-watermelon-for-babies_00120447/
  8. Verywell. (2021). There’s Some Controversy About Whether Raisins are Healthy or Not. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/raisins-health-food-or-junk-food-2633964‌
  9. Rohit Garoo. (2016, February 4). 11 Tasty And Easy-To-Make Avocado Baby Food Recipes. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/avocado-for-babies_00389342/
  10. ‌Hari, A. (2022, June 23). Plum For Babies - When to Introduce, Benefits and Precautions. Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/plum-for-babies-when-to-introduce-benefits-and-precautions/
  11. ‌(2021, June 9). LIVESTRONG.COM. https://www.livestrong.com/article/466680-fruits-containing-high-iron/

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline