Facebook Pixel Code Buku Cerita Bantu Stimulasi Perkembangan Otak Anak

Buku Cerita Bantu Stimulasi Perkembangan Otak si Kecil

Buku Cerita Bantu Stimulasi Perkembangan Otak si Kecil

Buku Cerita Bantu Stimulasi Perkembangan Otak si Kecil

Bunda, ada satu kegiatan menyenangkan di rumah yang bisa membantu stimulasi otak si Kecil, lho. Bunda bisa membacakan buku cerita untuk si Kecil sambil mengajaknya melihat isi buku tersebut. Banyak penelitian menunjukkan, kegiatan bembaca buku cerita bersama si Kecil ternyata bermanfaat bagi tumbuh kembangnya.

Studi lain menunjukkan bahwa membaca buku bersama berkaitan erat dengan aktivitas area otak yang berperan dalam keterampilan berbahasa dan membaca. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kualitas hubungan antara Bunda dan si Kecil karena adanya interaksi timbal balik selama membaca. Yuk, simak beberapa tips untuk memilih dan membacakan buku untuk si Kecil.

Pilih Buku Fiksi

Si Kecil mungkin memang belum mengerti isi cerita dari buku yang Bunda bacakan. Namun, ia bisa melihat beragam warna dan menangkap alunan suara Bunda ketika membacakannya. Karena itu, sebaiknya Bunda memilih buku fiksi dengan isi cerita beragam untuk dibacakan kepada si Kecil.

Gunakan Irama

Ketika membacakan buku cerita untuk bayi, Bunda sebaiknya menggunakan intonasi suara yang berirama. Nada suara Bunda akan menarik perhatian si Kecil untuk terus menyimak cerita yang dibacakan. Perhatikan agar suara Bunda tidak terlalu keras.

Tingkatkan Interaksi

Saat membacakan cerita dari buku, Bunda bisa melakukan interaksi dengan si Kecil seperti membelainya. Bunda sebaiknya juga menanyakan apakah si Kecil bisa menebak kelanjutan dari cerita yang dibacakan. Cara lain adalah menunjukkan gambar di buku kepada si Kecil. Bunda bisa mengarahkan jemari si Kecil menelusuri tulisan dan gambar pada buku cerita.

Mainkan Ekspresi

Gunakan ekspresi wajah Bunda untuk menggambarkan emosi bahagia, sedih, bingung, takut, dan sebagainya. Selain membuat si Kecil lebih tertarik mendengarkan Bunda, permainan ekspresi juga bisa mengenalkannya pada berbagai jenis emosi.

Ulangi Bacaan Favoritnya

Bacakan buku cerita favoritnya berkali-kali. Membaca ulang cerita yang sudah pernah ia dengar dapat membantu membangun rasa percaya dirinya sekaligus keterampilannya berbahasa.

Ternyata, selama di rumah pun Bunda bisa tetap mendukung perkembangan otak si Kecil. Carilah buku-buku menarik yang bisa menarik perhatiannya. Selain membaca, ajak si Kecil untuk rajin mencuci tangan selama 30 detik dan melakukan olahraga rutin di rumah. Jangan lupa untuk memastikan si Kecil beristirahat dengan cukup setelah berkegiatan.

Tak hanya stimulasi, si Kecil juga membutuhkan asupan gizi agar fungsi otaknya bisa berkembang dengan optimal. Saat memasak, pastikan makanan matang dengan sempurna ya, Bun. Untuk menambah informasi terkait nutrisi dan tumbuh kembang anak, Bunda bisa mengirimkan pertanyaan melalui carelinesgm@sarihusada.co.id atau nomor 0800 1 360 360.

Artikel Lainnya di Tahapan Bayi 7 - 12 bulan

Pemberian MPASI 6 Bulan Pertama yang ...

Si kecil yang memasuki usia 6 bulan akan mendapatkan MPASI untuk pertama kalinya. Maka, Bunda perlu...

5 Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

Ada kalanya Bunda berhadapan dengan bayi yang susah makan, karena kondisi tertentu. Simak beberapa...

Ini Makanan yang Baik untuk ...

Untuk meningkatkan kecerdasan otak anak, Bunda bisa memberikan makanan kaya nutrisi untuk bayi usia...

Mengolah Ikan untuk Menu Buah ...

Dalam mengolah resep ikan untuk anak, bukan saja harus jeli memilih jenis ikan yang baik, tetapi...

Nutrisi Penting Dalam Ikan Untuk ...

Ikan termasuk salah satu asupan hewani dengan kualitas baik, untuk mendukung pertumbuhan fisik,...

Cara Cerdas Tumbuhkan Kreativitas Buah ...

Kreativitas diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk terus menerus melakukan inovasi untuk...


Artikel Terpopuler

Tahapan Tumbuh Kembang Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya >

Atasi Buah Hati Rewel ...

Baca Selengkapnya >

Penyebab Bayi Rewel Setelah ...

Baca Selengkapnya >

MPASI untuk Rangsang Pertumbuhan ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjutSAYA SETUJU