Facebook Pixel Code Tips Memberikan Roti untuk Makanan Pendamping ASI

Tips Memberikan Roti untuk Makanan Pendamping ASI

Tips Memberikan Roti untuk Makanan Pendamping ASI

Bunda boleh saja menggunakan roti sebagai bahan MPASI. Namun, Bunda sebaiknya perhatikan hal berikut dalam memberikan makanan berbahan dasar roti untuk bayi.

  1. Sesuaikan dengan Usia

Bayi  yang baru menginjak usia 6 bulan dan memasuki awal masa MPASI belum bisa langsung makan makanan padat dalam porsi banyak. Karena itu, Bunda sebaiknya memperhatikan tekstur MPASI, porsi, dan kandungan nutrisi agar sesuai kebutuhan dan usia buah hati. Selain itu, pastikan MPASI yang diberikan teksturnya sangat halus.

Setelah buah hati terbiasa dengan makanan selain ASI, barulah Bunda dapat memberikan menu MPASI yang lebih bervariasi. Bunda bisa memberikan MPASI berbahan roti dengan kombinasi bahan lain yang mengandung protein, serat, dan vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi harian buah hati.

  1. Berikan Jenis Makanan Bervariasi

Alangkah baiknya Bunda memberikan MPASI dari berbagai jenis variasi bahan makanan dengan cara mengolah yang berbeda-beda. Masa MPASI adalah waktu yang tepat bagi buah hati untuk mengenal berbagai rasa dan tekstur makanan. Jika buah hati menolak jenis makanan tertentu, Bunda bisa coba mengolahnya dengan cara berbeda.

Sebaiknya Bunda tidak memaksakan makanan tertentu kepada buah hati sebab bisa berisiko menimbulkan trauma terhadap makanan tersebut. Hal ini juga dapat makanan tertentu dapat memengaruhi mood dan pola makan buah hati dalam jangka panjang.

  1. Pastikan Tekstur MPASI Lembut dan Lunak

Tekstur MPASI yang diberikan kepada buah hati sebaiknya lembut, lunak, dan mudah larut. Ini dapat memudahkan buah hati Bunda dalam melumatnya. Roti sebaiknya dipotong kecil-kecil agar mudah larut saat diolah menjadi MPASI. Pastikan MPASI berbahan roti aman untuk dikonsumsi buah hati. MPASI berbahan roti bisa membahayakan buah hati apabila potongannya terlalu besar atau teksturnya kasar. Ini dapat menimbulkan risiko tersedak saat buah hati memakannya.

  1. Terjamin Kebersihannya

Daya tahan buah hati juga belum sekuat orang dewasa. Karena itu, penting bagi Bunda untuk memperhatikan kebersihan bahan yang digunakan untuk MPASI.

Bakteri atau virus yang terdapat pada roti yang diolah secara tidak higienis atau sudah kedaluwarsa dapat sangat berbahaya bagi buah hati. Karena itu, sebaiknya Bunda memastikan roti yang akan diolah menjadi MPASI dalam kondisi bagus. Pastikan tanggal kedaluwarsa roti pada kemasannya saat membeli.

Itulah beberapa tips yang sebaiknya Bunda perhatikan saat mengolah MPASI berbahan roti untuk buah hati. Semoga tips tersebut bisa membantu Bunda dalam memenuhi asupan nutrisi dan gizi buah hati ya, Bun.

Artikel Lainnya

5 Cara Mengatasi Batuk pada Bayi ...

Bayi batuk pasti membuat orang tua bingung dan resah. Untuk itu, yuk cari tahu cara cepat mengatasi...

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada ...

Bayi yang berusia kurang 6 bulan sering mengalami hidung tersumbat. Coba sejumlah cara ini untuk...

5 Penyebab Bayi Susah Makan di ...

Bayi susah makan bisa membuat Bunda bingung. Yuk Bun ketahui apa saja penyebab dan cara...

Rekomendasi Cemilan Bayi 8 Bulan, Apa ...

Apa saja jenis cemilan yang aman untuk bayi 8 bulan? Lihat rekomendasi dan contoh snack bayi yang...

Panduan Pemberian MPASI untuk Bayi 7 ...

Memasuki usia 7 bulan, bayi sudah boleh makan MPASI yang teksturnya agak kasar sebanyak 2-3 kali...

Rekomendasi Menu MPASI 8 Bulan yang ...

Menu MPASI 8 bulan sebaiknya mengikutinya kebutuhan nutrisi dan energinya untuk tumbuh, berkembang,...


Artikel Terpopuler

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya >

Atasi Buah Hati Rewel ...

Baca Selengkapnya >

Seperti Apa Perkembangan Bayi ...

Baca Selengkapnya >

MPASI yang Tepat untuk ...

Baca Selengkapnya >

Optimalkan Periode Emas

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut