Facebook Pixel Code Stimulasi Fisik Bayi dengan Permainan Sederhana

Stimulasi Fisik Bayi dengan Permainan Sederhana

Stimulasi Fisik Bayi dengan Permainan Sederhana

Saat Si Kecil berusia 0-6 bulan, ia mulai bisa mengenali wajah, merespons suara, berguling, hingga mengoceh kata sederhana. Pada tahap ini, si Kecil membutuhkan stimulasi agar ia bisa belajar tentang dunia sekitarnya, sekaligus menjalin ikatan dengan orang tua. Berikan si Kecil variasi rangsangan yang dapat mendukung perkembangan otak dan fisiknya, salah satunya adalah melalui suasana bermain yang penuh kasih sayang.

Stimulasi sebaiknya diberikan sedini mungkin dan terus menerus. Bahkan, kurangnya stimulasi bisa menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang si Kecil. Bunda tidak perlu khawatir. Meskipun di rumah saja, Bunda bisa tetap memberi si Kecil stimulasi fisik sederhana

  1. Melacak

Gunakan mainan kecil yang lembut dan berwarna-warni. Posisikan bayi telentang dan pegang mainan di depan wajahnya. Goyangkan mainan secara perlahan. Sentuhkan mainan sesekali pada tubuh si Kecil untuk menarik perhatiannya. Gerakkan mainan dari satu sisi ke sisi lain dan biarkan si Kecil mengikuti mainan tersebut dengan pandangan matanya. Latihan ini sangat cocok untuk melatih pengembangan kemampuan visual.

  1. Menari

Gendong si Kecil sambil mendengarkan lagu. Gerakkan tubuh Bunda dengan lembut dan ikuti alunan musik seolah sedang berdansa dengan si Kecil. Stimulasi ini sangat baik untuk meningkatkan ikatan antara Bunda dan si Kecil. Selain itu, permainan ini berguna untuk perkembangan emosional dan mendorong si Kecil memiliki minat terhadap musik.

  1. Bernyanyi

Lagu “Nina Bobo” tak hanya berguna untuk mengantar tidur, tetapi juga berpengaruh terhadap kemampuan jangka panjang anak. Bunda bisa menyanyikan lagu anak atau mengarang lagu sendiri yang kelak bisa menjadi kenangan tersendiri bagi si Kecil. Ketika mendengar Bunda bernyanyi, si Kecil berlatih untuk mendengarkan dan meregulasi emosi.

  1. Becermin

Gunakanlah cermin yang aman untuk bayi. Perlihatkan bayangannya sendiri dalam cermin dan beritahukan bahwa itu pantulan bayangannya. Perlihatkan juga bayangan Bunda dalam cermin dan tanyakan kepada si Kecil apakah ia mengenalinya. Permainan ini dapat melatih beberapa keterampilan seperti perkembangan visual, sosialisasi, dan perkembangan emosional si Kecil

  1. Terbang

Baringkan perut si Kecil di atas pangkuan dan letakkan tangan bunda di bagian tengah tubuh si Kecil untuk menopangnya. Angkat si Kecil dengan lembut dan gerakkan tubuhnya ke atas, ke bawah, ke belakang, dan ke depan, seperti roket yang meluncur ke luar angkasa. Agar aktivitas ini lebih menyenangkan, Bunda bisa menambahkan efek suara. Latihan terbang seperti ini dapat melatih gerakan tubuh bayi.

Tidak rumit kan, Bun? Meskipun sederhana, stimulasi yang Bunda berikan secara konsisten dan bervariasi tentu bisa mendukung tumbuh kembangnya. Jangan lupa, si Kecil juga butuh asupan nutrisi yang tepat. Saat memasak, pastikan makanan matang dengan sempurna ya, Bun. Setelah beraktivitas, biarkan si Kecil beritirahat dengan cukup.

Sebelum memegang si Kecil, selalu cuci tangan Bunda selama 30 detik, ya. Untuk informasi lain terkait nutrisi dan tumbuh kembang anak, Bunda bisa mengirimkan pertanyaan melalui carelinesgm@sarihusada.co.id atau nomor 0800 1 360 360.

Artikel Lainnya

8 Ide Stimulasi untuk Maksimalkan Perkembangan ...

Bayi 4 bulan umumnya sudah bisa berceloteh dan berguling. Seperti apa cara stimulasinya yang tepat...

Ketahui Umur Berapa Bayi Bisa ...

Bayi sudah bisa melihat jelas dan memfokuskan pandangannya menginjak umur 12 bulan. Ini tahapan dan...

Umur Berapa Bayi Bisa Tengkurap?

Bayi umumnya bisa tengkurap setelah usia 3 bulan ketika sudah lebih mahir mengangkat dan menahan...

Umur Berapa Bayi Bisa Bicara? ...

Bayi umumnya mulai belajar bicara kata sederhana, seperti “mama” atau “papa” di usia 6-12...

Umur Berapa Bayi Bisa Duduk ...

Idealnya, bayi mulai bisa duduk dengan bantuan di sekitar umur 4-6 bulan. Lantas, di umur berapa...

Perkembangan Bayi 5 Bulan, Si Kecil ...

Setelah memasuki bulan kelima, si Kecil akan menunjukkan berbagai milestones atau perubahan...


Artikel Terpopuler

Tips Menyiapkan MPASI untuk ...

Baca Selengkapnya >

Atasi Buah Hati Rewel ...

Baca Selengkapnya >

Seperti Apa Perkembangan Bayi ...

Baca Selengkapnya >

MPASI yang Tepat untuk ...

Baca Selengkapnya >

Optimalkan Periode Emas

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut