Facebook Pixel Code Kenali Beragam Manfaat Bermain Outdoor untuk Anak

Manfaat Bermain Outdoor untuk Anak, Mulai dari Perkembangan Fisik hingga Sosialnya

Manfaat Bermain Outdoor untuk Anak, Mulai dari Perkembangan Fisik hingga Sosialnya

 

Orang tua mana yang tidak ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat, berwawasan luas, serta mandiri dan penuh kasih sayang? Ternyata, Bunda bisa membuat si Kecil seperti itu dengan mengajaknya keluar rumah sejak dini.

Secara umum, anak yang lebih banyak bermain di luar ruangan dibandingkan di dalam ruangan, berkaitan dengan peningkatan perkembangan motorik serta penurunan tingkat obesitas serta risiko miopia (rabun jauh).

Baca juga: 6 Cara Ampuh Mengatasi Diare pada Anak

Manfaat Kesehatan Anak Bermain Outdoor

Anak yang lebih banyak bermain di luar ruangan dapat merasakan beberapa manfaat kesehatan, sepertiberikut.

1. Keterampilan Motorik Meningkat

Bermain di luar memungkinkan anak mengembangkan keterampilan motorik yang lebih maju dibandingkan yang menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan, seperti ketangkasan, keseimbangan, dan koordinasi.

2. Indeks Massa Tubuh Lebih Rendah

Ada dua alasan utama peningkatan tajam angka obesitas pada anak, yakni makan lebih banyak dan kurang bergerak. Nah, anak yang lebih sering bermain di luar membuatnya lebih energik dibandingkan yang tidak banyak bergerak sehingga kecil kemungkinannya mengalami obesitas.

3. Mengurangi Risiko Rabun Jauh

Faktor genetika berperan besar dalam menentukan berkembang atau tidaknya seorang anak menderita miopia atau rabun jauh. Namun, waktu yang dihabiskan di luar ruangan ternyata juga berpengaruh.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan cenderung tidak mengalami rabun jauh. Menurut para peneliti, ini karena bermain di luar ruangan memberikan mata istirahat dari “pekerjaan jarak dekat”, seperti membaca, dan mata mendapat manfaat dari paparan sinar matahari yang cerah.

4. Mendapat Cukup Sinar Matahari

Banyak manfaat dari sinar matahari, seperti membantu anak menjaga ritme tidur yang sehat, memastikan dirinya mendapatkan cukup vitamin D, bahkan penting untuk pertumbuhan tulang, fungsi otot, dan bahkan waktu pubertasnya nanti.

Untuk otak, sinar matahari juga bisa membantu anak berkonsentrasi dan dapat meningkatkan pembentukan sinapsisnya, yang menjadi kunci dari fungsi otak, terutama untuk ingatan atau memori.

Manfaat Perkembangan Emosional Anak Bermain Outdoor

Anak yang bermain di luar ruangan atau outdoor cenderung lebih kuat secara emosional disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

1. Menumbuhkan Kemandirian

Penelitian menunjukkan bahwa bermain di luar ruangan membantu anak-anak membangun rasa kemandirian. Meski saat bermain Bunda berada di dekatnya, tetapi ini bisa memberi anak perasaan kebebasan yang jarang dialaminya di lingkungan lain.

Kebebasan ini memungkinkan anak menciptakan permainan baru bersama teman, mencoba hal baru, dan mempelajari batasan serta kemampuannya.

2. Belajar Refleksi Diri

Ini adalah bagian penting dari pembelajaran anak mengatasi tekanan kehidupan sehari-hari. Selama bermain outdoor yang tidak terstruktur, si Kecil dapat belajar mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru yang membuatnya mengalami berbagai emosi, salah satunya respons terhadap kegagalan dan kesuksesan.

3. Membangun Ketahanan

Anak-anak zaman sekarang terbiasa dengan lingkungan yang nyaman dan kepuasan instan. Namun, dengan menghabiskan waktu di alam yang tidak dapat diprediksi, ini dapat membantu anak belajar menghadapi kesulitan emosional dan fisik sehingga lebih mampu mengatasi ketakutan dan stres.

Baca juga: Permainan Sederhana Bantu Perkembangan Otak si Kecil

Manfaat Sosial Anak Bermain Outdoor

Tahukah Bunda kalau anak yang bermain di luar ruangan juga akan mendapatkan manfaat sosial untuknya? Ini beberapa diantaranya.

1. Lebih Mudah Berkomunikasi dengan Orang Lain

Anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan biasanya tidak terlalu merasa takut karena merasa memiliki cukup ruang untuk bernapas dan bergerak. Hal ini dapat membuatnya lebih nyaman untuk membuka diri dan berbagi perasaan dengan orang dewasa yang dipercayai.

2. Kesadaran Diri yang Lebih Besar

Bermain outdoor memungkinkan anak mengembangkan keterampilan observasi dan penalaran dan juga memungkinkannya melihat dunia dari sudut pandang berbeda. Anak jadi belajar konsep-konsep seperti sebab dan akibat ketika bermain bersama orang lain, baik anak seusianya maupun orang dewasa.

3. Lebih Mampu Menjalin Hubungan dengan Orang Lain

Penelitian menunjukkan, anak-anak yang menghabiskan waktu bermain di luar cenderung tidak menjadi pelaku bullying di kemudian hari. Ini kemungkinan karena anak lebih mudah bergaul dan merasakan interaksi positif dengan teman-temannya.

Selain bermain di luar ruangan, hal penting lainnya yang juga tidak boleh Bunda lupakan adalah mencukupi asupan makanan si Kecil dengan gizi yang seimbang. Salah satu caranya dengan memberikan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti susu SGM Eksplor 1+.

SGM Eksplor adalah satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™, yaitu kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C, untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi hingga 2x lipat. Dilengkapi dengan DHA, Minyak Ikan, Omega 3&6 serta nutrisi penting lainnya, yang bantu si Kecil tumbuh maksimal jadi generasi maju yang berpikir cepat dan berani.

Jika Bunda yang ingin mendapatkan akses ke beragam konten edukatif soal pemenuhan gizi anak di usia dini, bisa langsung mendaftarkan diri di Klub Generasi Maju. Dengan menjadi member, Bunda bisa mendapatkan promo serta penawaran menarik seputar susu SGM.

 

Referensi:

  1. Glassy, Danette, MD, FAAP dan Pooja Tandon, MD, FAAP,. American Academy of Pediatrics. (2023, 19 April). Playing Outside: Why It’s Important for Kids. Healthychildren.org. https://www.healthychildren.org/English/family-life/power-of-play/Pages/playing-outside-why-its-important-for-kids.aspx#:~:text=Playing%20outside%20promotes%20curiosity%2C%20creativity,had%20less%20anger%20and%20aggression.
  2. Dewar, Ph.D., Gwen. (2022, Juni). 12 benefits of outdoor play (and tips for helping kids reap these benefits). Parenting Science. https://parentingscience.com/benefits-of-outdoor-play/
  3. Miracle. (-). Why Should My Child Play Outside? Benefits of Outdoor Play for Kids. https://www.miracle-recreation.com/blog/why-should-my-child-play-outside-benefits-of-outdoor-play-for-kids/?lang=can 

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline