Facebook Pixel Code Bolehkah Bayi Makan Nasi? Ini Jawabannya

Bolehkah Bayi Makan Nasi? Ini Jawabannya

Bolehkah Bayi Makan Nasi? Ini Jawabannya

 

Banyak Bunda yang bingung kapan sebaiknya mulai memberikan nasi kepada bayinya. Iya, memang sebaiknya kapan ya, Bun, waktu yang tepat memberikan nasi kepada si Kecil? Apakah bisa diberikan sejak awal MPASI, atau menunggu usia si Kecil 1 tahun?

Umur Berapa Bayi Boleh Makan Nasi?

Pada usia 6 bulan, bayi sudah mendapatkan MPASI (Makanan Pendamping ASI) di mana pemberiannya minimal 3 kali makan besar sehari (sarapan, makan siang, dan malam), ditambah dengan ASI dan camilan sehat lainnya. Mengenai ASI ini, Bunda bisa diberikan di antara jadwal makan.

Nah, khusus untuk nasi, kapankah jenis makanan ini bisa diberikan kepada bayi? Hal ini sering sekali dipertanyakan ibu-ibu di Indonesia. Wajar, mengingat masyarakat Indonesia sehari-harinya memang mengonsumsi nasi. 

Bunda, bayi sebenarnya sudah bisa diberikan nasi sejak awal MPASI, namun teksturnya harus menyesuaikan usianya, ya. 

Seperti ketika usia bayi masih 6-7 bulan, ia sudah menerima nasi, tapi masih dalam bentuk puree. Setelah itu, saat bayi mulai berlatih mengonsumsi makanan yang lebih kasar di usia 7-8 bulan, tekstur nasi bisa ditingkatkan menjadi bubur saring. Bunda bisa memadukan bubur nasi dengan sayuran, daging ayam, hati ayam, dan ikan agar nutrisinya lebih beragam. 

Selanjutnya di usia 9-10 bulan, bayi sudah bisa menerima tekstur makanan yang lebih kasar seperti nasi tim yang disaring sebagian. Barulah di usia 10-12 bulan, Bunda bisa mulai melatih bayi mengonsumsi makanan seperti yang dikonsumsi orang tuanya, hanya saja dalam tekstur yang lebih lembek.

Jadi, Bunda jangan bingung lagi ya kapan bisa memberikan si Kecil nasi. 

Baca Juga: Ketahui Tahapan Tekstur MPASI Bayi Sesuai Usianya

Tanda-tanda Bayi Siap Makan MPASI Berbahan Dasar Nasi

Perhatikan beberapa tanda bayi siap mengonsumsi MPASI berikut ini, ya, Bunda: 

  • Sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan. Ini penting untuk memastikan bayi mampu menelan dengan aman dan belajar makan sendiri menggunakan tangannya.

  • Kontrol lehernya baik agar mampu menjaga kepalanya tetap stabil dan tegak. Ini juga penting agar bayi mampu menelan dengan aman. 

  • Sudah bisa memasukkan benda ke mulutnya. Dengan kata lain, koordinasi tangan dan matanya sudah baik dan bisa digunakan untuk makan.

  • Tampak tertarik dengan yang Bunda makan, misalnya tidak mengalihkan pandangannya saat Bunda sedang makan. Bahkan, ia berusaha mencondongkan tubuhnya ke depan dan membuka mulutnya seolah mencari gigitan. 

Tahapan Perkembangan dan Tahapan MPASI Bayi

Kemampuan bayi berkembang seiring dengan pertambahan usianya. Namun begitu, meski usianya sama, tidak semua bayi mengalami perkembangan yang sama. Dengan kata lain, tiap bayi memiliki perkembangannya masing-masing.  

Tapi secara umum, tabel di bawah ini menggambarkan tahapan MPASI bayi menyesuaikan dengan perkembangan usianya. Disimak ya, Bunda. 

Usia, Perkembangan Anak, dan Tahapan MPASI 0-2 Tahun

Dalam hal makan, kemampuan oromotor (mengunyah dan menelan) bayi berkembang mengikuti usianya. Itulah mengapa, Bunda harus memerhatikan dengan benar tekstur MPASI yang diberikan kepada bayi. Hal ini tentu saja untuk menghindari risiko bayi tersedak dan masalah pencernaan pada bayi. Seperti dimulai dari puree (encer), bubur kental, bubur saring, bubur tim hingga makanan dewasa.

Baca Juga: Panduan MPASI Bayi 10 Bulan Serta Ide Resepnya

Saat usia bayi 12 bulan, ketika kemampuan oromotornya sudah jauh lebih baik, Bunda bisa memberikan makanan keluarga. Jangan lupa juga perhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh si Kecil ya, Bunda, harus seimbang antara protein, lemak, dan seratnya. Misalnya saja, mencampur nasi dengan sup kaldu, daging cincang kasar, atau kuah soto. Selamat mencoba, Bun. 

 

Referensi:

  1. National Health Service. (2022). Your baby's first solid foods. https://www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/babys-first-solid-foods/

  2. The Nourished Child. (2023, August 9). Is Cereal Rice Safe for Baby?. https://thenourishedchild.com/rice-cereal-for-babies/

  3. Ruth A Lawrence. (2016, May 26). Baby Food for Thought: How Safe is Rice Cereal. https://www.urmc.rochester.edu/news/publications/health-matters/baby-food-for-thought-how-safe-is-rice-cereal

  4. Medical News Today. (2022, December 22). What to Know about Rice. www.medicalnewstoday.com. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318699

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline